Berikut 5 Hal Yang Bikin Saya Jatuh Cinta dengan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro

Bokeh is my middle name :) - Sumber: Pribadi

Saat memutuskan membeli smartphone salah satu fitur yang paling mendasar yang menjadi keputusan orang untuk membeli adalah fitur kameranya. Apalagi saat ini udah banyak ya smartphone-smartphone baru menghadirkan fitur yang mumpuni (jadi walaupun orang-orang sudah memiliki DSLR, tetap butuh fitur kamera keren). Tapi sebenarnya apa yang membedakan smartphone ini dengan smartphone lain? Apa alasan ASUS mengeluarkan smartphone Zenfone 4 Selfie Pro?

Sebelumnya saya juga telah membahas tentang Zenfone 4 Selfie, coba teman-teman baca dulu biar bisa bedain :) "Hands on and Review : ASUS Zenfone 4 Selfie ZD553KL"

Kalau dari namanya saya yakin semua orang udah bisa menebak, bahwa smartphone yang akan saya ceritakan disini adalah professional  dalam hal selfie. Tapi sebenarnya ada hal lain yang bikin saya jatuh cinta dengan smartphone yang satu ini. Saya jelaskan di bawah ya. Nanti saya akan lebih concern bahas kepada fitur camera karena paling banyak bisa di explore dari fitur cameranya.

Disclaimer :

Apa yang saya review disini adalah based on my experience selama pemakaian sendiri kurang lebih hampir 2 minggu, bukan hand on review at launch saja.

Jadi ceritanya sepulang dari acara ASUS Zenfone 4 series launch kemarin, saya berkesempatan untuk "mencicipi' salah satu smartphone ASUS terbaru, yang baru saja launch yaitu ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Saya coba ulas satu persatu ya untuk fitur dan designnya.

Zenfone 4 Selfie Pro seakan tidak bisa lepas dari tangan saya :) - Sumber: Pribadi

Design

Sangat tipis dan ringan, beratnya hanya 147 gram saja. Hybrid Dual SIM (Nano SIM dan dual stand by). Di bagian tengah ada tombol tapi itu tidak bisa di klik, hanya touch screen. Saya agak canggung dengan kehadiran si tombol tengah ini, karena dari penampakannya seperti bisa klik, tapi ternyata hanya bisa di touch screen saja :)

Mewah - Sumber: Pribadi

Tombol bagian tengah itu gunanya untuk fitur fingerprint scanner, yang berfungsi sebagai home, berlokasi di bagian bawah layar, diantara navigasi back (sebelah kiri) dan all apps (sebelah kanan). Kedua tombol tersebut sudah dilengkapi backlight, jadi saat kondisi low light atau gelap, masih bisa terlihat. ASUS juga menyematkan fungsi ekstra di tombol All Apps di smartphone ini. Jadi bila tombol itu ditahan beberapa detik, maka suatu perintah bisa dijalankan, dengan mengambil opsi screenshoot, membuka menu, dan mengaktifkan fitur split screen.

Slot USB, Headset dan Speaker dan Mic - Sumber: Pribadi

Untuk lokasi LED Flash ditempatkan disamping kiri dan earpiece. Selain itu proximity sensor dan light sensor juga ada di samping kiri earpiece. 

Display

Layarnya 5.5" dan sudah AMOLED capacitive touchscreen 16M colours.

Untuk layarnya sih overal masih sama widenya dengan Zenfone 3 :)

Dimensi

Saya coba bandingkan dengan Zenfone 3 punya saya. Untuk dimensi Zenfone 4 Selfie Pro adalah 154 x 74.8 x 6.9 mm. Sedangkan untuk si Zenfone 3 152.6 x 77.4 x 7.7 mm (Zenfone 3). Lebih besar sedikit dari Zenfone 3. Tidak masalah sih bagi saya. Saya menonton masih sangat leluasa, and still handy on my bag.

Lebih panjang, lebih tipis dan lebih keren dari Zenfone 3 saya :) - Sumber: Pribadi



Platform

Untuk urusan dapur pacu, sudah dilengkapi teknologi terkini, mulai dari OS Android 7.1.1 (Nougat ZenUI 4.0). Performa yang tinggi yaitu Qualcomm Snapdragon 625 dengan CPU Octa-Core 2.0 Ghz Cortex-A53. 

Front Camera

Untuk fitur cameranya perlu diacungi jempol, walaupun rata-rata sebagian reviewer yang pernah saya baca tidak begitu menyukai fitur portraitnya. Untuk cameranya Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan kamera Sony Exmor RS IMX362 dengan aperture f/1.8. 

Bagaimana Cara Kerja Dual Pixel Image tersebut?

ASUS mengoptimalkan fungsi dual pixel image sensor yang dimiliki sehingga jumlah photodioda yang bertugas untuk menangkap cahaya bisa mencapai dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan sensor konvensional pada resolusi yang sama. Metode ini akan meningkatkan informasi yang dapat ditangkap oleh sensor untuk meningkatkan kemampuan kamera. Dan akhirnya, dikombinasikan dengan teknologi ASUS PixelMaster Camera dilengkapi dengan dual pixel sensor dengan pixel size besar, yaitu 1.4 micron, yang secara smart akan menghasilkan sebuah foto kualitas tinggi dengan resolusi 24MP.

Dual Pixel Image - Sumber: Pribadi

Di camera Zenfone 4 Selfie Pro ada fitur untuk selfie dan wefie. Untuk selfie smartphone ini memiliki 2 pilihan, yaitu fitur portrait (blur on background atau bokeh) dan fitur normal.

Background tampak normal - Sumber: Pribadi

Fitur Portrait bisa blur bagian backgroundnya - Sumber: Pribadi

Untuk pilihan wefie juga bisa dipilih antara portrait (bokeh) mode, atau normal (standard) seperti di bawah ini.

Wide dengan latar belakang normal - Sumber: Pribadi

Wide dengan latar belakang bokeh - Sumber: Pribadi

Lalu saya juga mencoba untuk main camera portrait mode vs normal mode kondisi outdoor.

Portrait mode (16:9) - Sumber: Pribadi

Normal Mode (16:9) - Sumber: Pribadi

Normal mode dengan latar belakang normal - Sumber: Pribadi

Portrait mode dengan latar belakang bokeh - Sumber: Pribadi

Selain itu cameranya sudah Geo-tagging. Touch focus, face detection, HDR dan panorama. Jadi fokusnya sangat cepat. 

Foto dengan fitur HDR On kondisi low light - Sumber: Pribadi

Dual Selfie Camera, Lebih Sensitif, 200% Lebih Luas

Di Zenfone 4 Selfie Pro memiliki fitur wide angle 120°. Jadi kamu bisa mengambil object (wefie) dengan leluasa, dengan memaksimalkan si dual selfie ini. Lebih banyak object yang bisa masuk ke dalam frame, lebih banyak pemandangan yang bisa dicapture dalam frame, lalu ada efek beautification dengan sensitivitas cahaya sampai 2x lebih baik. 

Aplikasi Selfie Master 

Aplikasi yang buat kamu jadi Selfie Master : ) - Sumber: Pribadi

Di Zenfone 4 Selfie Pro dilengkapi fitur selfie meter. Jadi di dalamnya terdapat fitur-fitur yang semuanya berhubungan dengan camera dan beautificationnya bisa langsung di adjust.

Kedua foto ini diambil dengan menggunakan selfie master dengan level yang berbeda. Bisa kamu lihat sendiri perbedaan warna tonenya ya. Ini saya tidak memakai fitur portrait. Tetep kece kan kamera depannya? :)

Gimana ketjeh gak? :) - Sumber: Pribadi

Tetep Ketjeh kan :) - Sumber: Pribadi

Lokasi Penyimpanan foto dengan Selfie Master

Jika kamu memakai fitur selfie master, nanti saat kamu masuk ke dalam file explorer atau folder di smartphone kamu, akan masuk ke folder yang namanya Selfie Master. Namanya juga berubah mengikuti lokasinya. Seperti contoh di bawah ini.

Liat tulisan diatas kiri deh, itu nama filenya - Sumber: Pribadi

Main Camera

Untuk kamera belakang memiliki sistem Phase Detection Autofocus (PDAF), yaitu berfungsi untuk menemukan fokus dengan sangat cepat, hanya dalam 0.03 detik saja. Selain itu main camera ini bisa mengambil object dalam file RAW (Biasanya digunakan untuk para fotografer profesional, yang lebih menyukai file RAW ketimbang JPEG, karena filenya leluasa untuk di edit Adobe Photoshop atau Adobe Light Room).

Main camera (kamera belakang) ini juga memiliki fitur super low light HDR. Fungsi ini dimungkinkan karena ASUS memiliki teknologi yang disebut dengan ASUS Superpixel Enginer sehingga Zenfone 4 Selfie Pro mampu menghasilkan foto HDR di kondisi low light sangat baik.

Front Camera

Untuk front camera (kamera depan untuk selfie), kemampuan low light HDR nya juga oke banget. Karena cahaya yang dihasilkan sangat soft. Jadi tidak terlalu terkesan memakai blitz.

Selfie dengan flash depan di dalam mobil yang gelap - Sumber: Pribadi

Cara menggunakan Selfie Master pada sosial media (Instagram)

Fitur Selfie Master bisa langsung digunakan saat kamu ingin posting di social media. 

Caranya, jadi pertama selfie master kamu harus (baca: wajib) terkoneksi dulu dengan akun social media kamu. Setelah oke, kamu buka instagram kamu, dan logo selfie master muncul di pojok kiri atas seperti di bawah ini. Nah, jika kamu membutuhkan fitur beautification sebelum live di instastory, kamu bisa klik selfie masternya, kamu bisa atur levelnya mau di level berapa.

Simbol Selfie Master di IG, liat di foto kiri atas - Sumber: Pribadi

Untuk mengaktifkan fitur screencapture pada Zenfone 4 series kali ini masih sama, yaitu tahan tombol all apps sebelah kanan agak lama, baru bisa tercapture sempurna. Tapi sebelumnya, aktifkan dulu fiturnya.

Caranya :

Open setting >> ASUS Customized Settings >> Recent Apps Key >> Tap and Hold to take screenshoot




So, selama hampir 2 minggu ini, ada 5 hal yang bikin saya makin jatuh cinta terhadap smartphone ini adalah :)

1. Selfie Master 

Karena saya termasuk pribadi yang tidak pernah lepas dari streaming dan snapgram, jadi fitur selfie meter sangat berguna untuk saya. 

2. Video kualitas 4K dengan teknologi EIS (Electronic Image Stabilization)

Walaupun di seri terdahulunya sudah dilengkapi dengan EIS, tapi di Zenfone 4 Selfie Pro sudah lebih baik kualitas videonya.

3. 24MP Dual Pixel 

Dual Pixel Camera Technology ini bikin saya malas membawa kamera SLR dengan lensa bokeh lagi. Cukup dengan 1 smartphone Zenfone 4 Selfie Pro untuk keperluan share di Instagram aja sepertinya sudah cukup.

4. Fast Charging dan Safe Battery

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro dilengkapi dengan procesor octa-core Qualcomm Snapdragon 625. Processor ini menawarkan performa yang sangat baik dan disertai oleh efisiensi energi yang sangat tinggi. Zenfone 4 Selfie Pro juga fast charging dengan arus up to 10W (5V/2A) untuk mengisi baterai 3000mAh yang digunakan.

Saya mencoba Vlog dari jam 7 pagi sampai dengan jam 4 sore, baterai masih tersisa 70%, sungguh hemat!

5. Makin Sering Selfie

Saya jadi makin sering selfie kemana-mana. Saya paling suka dengan fitur portrait modenya, baik di main camera maupun di front camera.

Overall sih setelah pakai hampir 2 minggu saya puas banget akan performa si Zenfone 4 Selfie Pro ini. Baterai tahan lama, kamera depannya oke, buat video juga bisa disandingkan dengan mirrorless saya. Memory juga cukup besar. Jadi sepertinya gak ada alasan lain saya memilih smartphone lain. Dengan harga IDR 4,999 juta (update Okt 2017) worth it to buy.

Ohya, kalau kamu berminat untuk meminangnya,  biar gak susah, kamu bisa membelinya secara online, sekarang Lazada officially sudah ready stocknya. Zenfone 4 Selfie Pro tersedia hadir dalam 3 varian warna yaitu Rogue Red, Sunlight Gold dan Deepsea Black.



Semoga review saya bisa bermanfaat ya. Dan kamu yang mau mendapatkan penawaran spesial untuk ASUS Zenfone 4 Selfie dan Pro bisa klik disini :)

14 comments

  1. Hasil fotonya bisa bagus banget. :D Suka deh.

    ReplyDelete
  2. Mupeng lihat asus zenfone 4 selfie. :D Bagus banget buat keperluan blog.

    ReplyDelete
  3. Wah kece ya body smartphone nya. Kualitas kamera nya bikin nggak perlu beli DSLR

    ReplyDelete
  4. keren, baru kali ini ada hp yg kamera depannya bisa bagus hasilnya sama kyk kamera belakang

    ReplyDelete
  5. hasil foto selfienya bisa kasih kesan mebut ya mba oline di wajah... duh bagus banget jadi kepengen.. dimensinya juga tipis, syukaaaa

    ReplyDelete
  6. Keren smartphone nya,dg kualitas kamera yang jernih bgt hasilnya. Blm lagi fitur2 pendukungnya kaya efek bokeh yg lagi kekinian

    ReplyDelete
  7. teknologi kamera dan lensanya bagus, bukaan 1.8f mempermudah kita saat kondisi minim cahaya. Tapi memang untuk efek bokehnya beda dengan yang dihasilkan sama DSLR.

    ReplyDelete
  8. Efek bokehnya cakep tuh mba. Kapan ngajak selfie bareng neh.

    ReplyDelete
  9. Bener juga nih kalau dibilang selfie master oleh mba oline.. keliatan di foto hasil-hasilnya okeh bangetttt !

    ReplyDelete
  10. mumpuni sekali specs si asus ini yaaaak ... jadi pengen coba iiiiih ...

    ReplyDelete
  11. Hasil fotonya bagus nih, jernih.

    ReplyDelete
  12. wuah sekarang foto bokeh udah bisa dari handphone dong ya, kece nih ASUS Zenfone 4 Selfie Pro, fitur selfie-nya pun kece

    ReplyDelete