GO-SEND by GO-JEK, Kirim Barang Tanpa Worried


Mba, kalau bisa dokumennya dikirim hari ini ya mba, supaya paymentnya bisa kita process.
Ohgitu ya mba? 
Iya mba, dan kalau bisa dokumennya bisa sampai hari ini juga ya mba. Mungkin bisa pakai jasa GO-SEND.
Oke deh mba. Saya usahakan.

Yah begitulah secuplik percakapan antara saya dan klien. Sebagai pekerja professional, apapun profesimu, pastinya setidaknya pernah mengalami hal seperti itu kan ya? Hmmm, gak hanya pekerja professional aja sih, online shop juga termasuk sih. Saya menjadi bukti dan saksi hidup (sailah).

Jadi curhat sedikit ya sebelum saya kenal dan ada GO-SEND. Jadi gini ceritanya, waktu itu di toko online saya menjual sebuah gaun batik (dress cheongsam) seharga 450ribu rupiah. Si calon customer saya ini tinggalnya di Balikpapan. Saya langsung memberikan list tarif kirimnya reguler dan one day service adalah sekian. Saya memang termasuk olshop yang tidak pernah membebankan calon customer harus bayar ongkos kirim sekian. Kalaupun mereka keberatan, tidak jarang saya juga membebaskan ongkos kirim ke mereka. Maklum, karena bagi saya service dan kepuasan pelanggan is still number one. Gak cuma ongkos kirim aja, sebelum mereka melakukan payment saya juga sertakan bahwa pengiriman barang akan dilakukan H+3 sesuai dengan SOP kami. Jika ibu atau bapak memilih one day service, bisa memilih jasa pengiriman barang yang one day service, yang tentunya 3x lipat lenih mahal.

Suatu waktu calon customer saya ini salah memilih ongkos kirim, yang harusnya one day service tapi malah pilih yang reguler. Sudah ditransfer pulak? Sesaat dia terima SMS notifikasi dari saya, dia langsung bertanya, kenapa ongkos kirimnya jadi H+3? Kan saya pilihnya yang one day service? (Jadi setiap ada customer yang melakukan pembayaran saya dan tim selalu menberikan SMS notifikasi bahwa terima kasih atas pembayarannya. Selanjutnya pengiriman akan kami proses sesuai dengan ongkos kirim yang dipilih yaitu reguler H+3). Dengan tulisan capslock yang bikin mata melotot lihatnya. Kesel bin dongkol rasanya, kesalahan dia tapi kita harus berusaha kalem bin lembut ke customer. 

Akhirnya dengan nada marah tapi penuh kelembutan (ahaha gimana ini coba?), saya SMS balik, bahwa pilihan ongkos kirim yang ia pilih adalah reguler, bukan one day service. Dulu masih belum ada fitur whatsapp di smartphone, jadi saya agak susah untuk mengirimkan screen capture percakapan dan history pembayaran dia. Kalau sekarang sih gampang, tinggal send aja via whatsapp, masalah bisa solved. 

Akhirnya, dia minta maaf kepada saya, dan tetap minta dikirim via kurir yang one day service.

Jualan online emang susah-susah gampang ya. Yagitu, kita gak bisa mengedukasi semua valon customer untuk bisa bersikap benar. Calon customer juga berpikir bahwa kita sebagai e-commerce merangkap sskaligus jasa pengiriman barang. Udah jelas-jelas saya bilang bahwa saya hanyalah online shop saja. Untuk pengiriman bisa dicek di website yang tertera, baik cek ongkir maupun status deliverynya.

Oke, kembali lagi ke topik di awal yang saya harus mengirim dokumen. Sebenarnya saya agak-agak takut menggunakan GO-SEND, takut mahal sebenarnya, karena saya belum pernah. Finally karena begitu mudah dan murahnya, akhirnya saya jadi juga menggunakan GO-SEND.

Cara menggunakan GO-SEND :

Sebenarnya sama aja basically dengan menggunakan GO-JEK. Karena saya sangat fasih menggunakan GO-JEK, jadi saat membuka GO-SEND sudah tidak asing lagi.

1. Buka aplikasi GO-JEK
2. Pilih fitur GO-SEND
3. Masukkan alamat tujuan.


4. Klik NEXT.
5. Isikan data-data si penerima. Bayarnya juga bisa pakai GO-PAY.

Tinggal ORDER deh.


Tinggal menunggu abang GO-JEK nya pick up deh. Kita bisa ngopi-ngopi dulu atau mengerjakan hal lainnya.

Kalau sekarang untuk jasa pengiriman barang yang one day service, atau kirim barang di hari yang sama, lebih banyak menggunakan GO-SEND. Alasan saya menggunakan GO-SEND bukan yang lainnya :

1. GO-SEND memiliki kelebihan pengiriman tanpa batas (batas waktu dan jarak). Coba kalau pengiriman yang lain, adanya cuma di jam office hour.
2. Diskon 15% jika kamu menggunakan GO-PAY
3. Live tracking. Kamu jadi bisa melihat proses pengiriman barang kamu secara langsung melalui aplikasi GO-JEK.
4. Coverage asuransi up to 10 million.
5. Tidak terbatas jarak. Maksimal 40 km di jangkauan yang sama.
6. Service Level Assistance nya adalah 1-2 jam sampai kepada alamat tujuan.

Saya happy bukan hanya sebagai online seller, sebagai buyer juga saya happy, karena saya pernah mendapat pengiriman barang dari e-commerce langganan saya dengan menggunakan GO-SEND. Maklum waktu itu saya ingin memakai bajunya buat baju dresscode acara blogger. Jadinya yagitu deh, pesen online, pilih-pilih, klik-klik, processing, selesai deh!

Ada beberapa e-commerce yang sudah menjadi partner dari GO-SEND yaitu : Elevenia, Tokopedia, Jakmall.com, Shopee, Bukalapak, Erafone, Blibli, Lazada, Babyzania, MatahariMall, dan StyleTheOri.

Pasti salah satunya toko langganan kamu kaaan?


1 comment

  1. Aku belum pernah nyoba kirim barang pake gosend tapi so far aku puas dengan layanan gocar, gojek dan gofoodnya. Next time kalo butuh kirim dokumen aku pasti pakai gosend.

    ReplyDelete