Ini Bahayanya Kalau Kamu Meminjamkan Barang Ini Kepada Oranglain


Pernah gak sih kamu meminjamkan barang kepada oranglain? Pasti pernah dong yaa. Either barang-barang yang sering kamu pakai sehari-hari atau yang jarang kamu pakai. 

Dulu waktu aku kuliah, aku pernah denger ada temenku yang pinjam sikat gigi ke temennya. Waktu itu kami lagi ada praktek kerja lapangan (PKL) di luar kota. Karena mungkin si temenku ini gak bawa sikat gigi, mungkin jadi ya santai aja pinjem sikat gigi ke temen yang lain. Pas denger kayak gitu, aku langsung mendadak geleuh euy, alias jijay! Masa iya sikat gigi aja mau pinjem? 


Nah, sebenarnya barang apa aja sih yang gak boleh dipinjamkan kepada oranglain?

1. Sisir

Mungkin kamu anggap sepele, ah cuma sisir aja. Tapi tahukah kamu bahwa temanmu itu rambutnya sehat atau tidak? Atau malah ketombean? Contoh nyata, karena ini pengalaman aku sendiri aku pernah meminjamkan sisir aku kepada temenku. Waktu itu aku masih sekolah kalau gak salah. Nah, temen sekolahku itu pinjem sisir sama aku. Karena aku gak mikir macem-macem langsunglah aku kasih. 

Dalam waktu singkat, kurang dari sebulan, alhasil rambut aku KUTUAN sekepala-pala dong! Jijay gak sih? Sampai mamaku pusing sendiri untuk nyembuhin kulit kepala aku. Waktu terkena kutu aku masih belum ngeh gara-gara apa awalnya. Saat ditelusuri ke belakang, ternyata gara-gara aku pinjemin sisir ke oranglain. Doh fatal banget! Mau maksud baik malahan jadi kena penyakit!

2. Sikat gigi

Please atuhlah kalau sikat gigi gak usah pinjemlah. Beli aja di supermarket atau minimarket terdekatlah. Seandainya menginap di hotel juga pasti disediakan. Kalaupun gak disediakan, beli di warung juga pasti ada.

Tahukah kamu bahwa meminjamkan sikat gigi bisa menjadi salah satu alat untuk menularkan penyakit herpes? 

3. Lipstik atau Lip gloss

Lipstik juga bisa jadi wadah penyebaran penyakit herpes dengan air liur dan selaput lendir.

Kalau kepepet, dan ingin pinjam lipstik dari teman, mungkin bisa dioleskan pakai tangan sendiri. Atau kalau bawa kuas bibir, bisa memakai kuas bibir sendiri. 

4. Bedak

Menurut aku sih bedak juga sebaiknya gak usah pinjam meminjam. Karena bedak kan pakai spons langsung bersentuhan dengan kulit kan?

5. Handuk

Handuk setelah pakai biasanya lembab. Handuk yang lembab akan jadi wadah yang paling baik untuk berkembangnya bakteri dan jamur. Jika kamu pinjamkan kepada oranglain, bisa berpotensi terkena penyakit kulit seperti panu dan sebagainya. Kecuali kalau pakai handuknya bersama keluarga, mungkin itu lain persoalan ya :)

6. Earphone

Pernah suka pinjam meminjamkan earphone? Hmm sebaiknya jangan. Kalaupun kepepet ingin meminjamkan mungkin bisa dibersihkan terlebih dahulu setelah dipakai.

Jujur aja aku pribadi kasih pinjam ke suami juga ada term conditionnya. Suamiku udah taulah karakter aku. Aku paling gak suka bekas pakai. Jadi kalau habis minjem earphoneku, dia udah tau, harus dibersihkan dan harus dilipat dengan rapih dan dikembalikan dengan cantik di tempatnya.

7. Kuas atau Sponge Make Up

Karena bersentuhan langsung dengan kulit sebaiknya hindari meminjam dan pinjam sponge make up dengan oranglain. Karena bisa menularkan penyakit kulit. Kecuali setelah pakai dibersihkan kembali.

Sebisa mungkin hindari kontak langsung skin to skin dengan oranglain. Sebenarnya hal ini sepele tapi bisa membahayakan yang sebenarnya kita gak sadar karena gak terlihat secara kasat mata. Aku terserah aja kalau ada yang bilang aku pelit atau sombong, karena kan ini untuk kesehatan aku. Kalau aku sakit, situ mau nanggung? :D

Itu aja sih yang mau aku sharing soal pinjam meminjam barang dan bahayanya. Kalau ada yang mau menambahkan boleh banget ya.

Semoga bermanfaat.

7 comments

  1. Salam kenal Kak Oline. Aku setuju banget sama list-nya. Enggak deh buat pinjemin 7 barang di atas. Mungkin pinjemin baju juga nggak bisa sembarangan. Karena sama aja kan ya, nempel di kulit. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Damar.
      Ahh iyaaa. Bener banget. Baju! Baju jg gak boleh pinjam meminjam dr dan ke oranglain ya.
      Makasih udah mampir ya.

      Delete
  2. Masih agak susah menolak kalo hubungannya sama kosmetik hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Makanya kmrn pas pinjem lisptik aku juga pasti tak potong ujungnya. Tp kmrn aku gak jadi pakai sih 😂

      Delete
  3. aakkk pinjem2an sikat gigi? oh nooooo

    ReplyDelete
  4. Ampun deh mbak, kalau udah tau kayak gitu saya ngga bakal join punya temen saya lagi hehe

    ReplyDelete