Hands on and Review : ASUS Zenfone 4 Selfie ZD553KL

Doc : Pribadi

Para penggemar selfie di tanah air sepertinya akan terus bertambah jumlahnya, karena kami ini terus dimanjakan oleh smartphone yang memiliki fitur kamera yang sangat mumpuni. Kami? Yes, termasuk saya. Saya adalah termasuk salah seorang yang gemar selfie. Salah satunya ASUS Zenfone 4 Selfie. Dan di artikel saya ini saya mencoba untuk mengulas si Zenfone selfie ini.

Disclamer 
Apa yang saya tulis disini adalah sebenar-benarnya, menurut pengalaman saya sendiri. Apa yang saya lihat dan saya rasakan.

Jadi saya sempat mengulas si Zenfone selfie ini di acara ASUS Zenfone 4 Series Launch kemarin. Jadi si Zenfone 4 Selfie ini adalah generasi penerus dari Zenfone selfie yang pernah dirilis pertengahan tahun 2015 lalu, dan merupakan pelengkap dari lini smartphone dual camera depan milik Zenfone 4 Selfie.

Walaupun saya cuma punya waktu 1 hari, tapi saya sempat mencoba semua fitur-fiturnya. So, let's try to figure out all the fiture!

Dual Selfie Camera System

Sepertinya saat ini baru ASUS saja yang mengeluarkan smartphone dengan dual camera system untuk kamera depan dan kamera belakang, mulai dari varian mid-high, sampai varian flag-shipnya. Dan Zenfone 4 Selfie ini adalah salah satu varian mainstream yang disediakan, yang memiliki dual camera system. Pastinya di bagian depan ada selfie camera.



Front Camera up to 20MP

Untuk kamera depannya memiliki resolusi 20MP. Ada fitur dual selfie, yaitu fitur yang memungkinkan kita mengambil foto selfie dengan lebih banyak object, pemandangan dan, ada efek beautification dan ada fitur selfie master, yaitu aplikasi untuk editing foto, video langsung. 

Wide Angle 120°

Zenfone 4 Selfie memiliki fitur kamera resolusi 8MP dengan wide angle 120°. Jadi saat kita ingin wefie dan butuh space yang lebih besar, kita tinggal aktifkan saja fitur wide anglenya.

Di bawah ini aku masih belajar menggunakan front camera wide view. Hasilnya backgroundnya nampak blur (bokeh). Kalau gak mau bokeh, fitur portraitnya bisa di non aktifkan.

Me and mba Rien
Atau seperti ini hasilnya



Triple Shot dan ZENUI 4.0

ASUS Zenfone 4 Selfie dilengkapi dengan triple slot SIM tray di bagian kiri. Jadi kita bisa memakai 2 sim card sekaligus memory card di dalamnya. Jadi gak perlu gantian, antara simcard atau memory card ya? Kalau di Zenfone 3 saya seperti itu, saya harus memilih antara memory card atau sim card. Tentunya saya lebih memilih memory card :) Tapi tidak dengan si Zenfone 4 Selfie ini. Sudah bisa aktif dua-duanya nih kartunya. Apalagi 2 slot sim card ini sudah support LTE, jadi user gak usah cabut pasang dan memindahkan posisi sim cardnya.  

Memory Card Capacity

Buat yang hobby selfie, terkadang memory standard aja tidak cukup. ASUS sudah memikirkan hal itu, jadi di Zenfone 4 Selfie ini sudah dilengkapi dengan slot MicroSD yang bisa support kartu MicroSD big size capacity, up to 2GB. Akkk.. gokil banget ya!

Sistem Operasi

Untuk sistem operasinya sudah Android Nougat 7.1.1 yang dilengkapi dengan antarmuka ZenUI 4.0. Dibanding sebelumnya, ZenUI 4.0 sekarang tampil lebih light, simple and responsive. Jadi dari 35 buah aplikasi yang terinstalkan di ZenUI dulu, sekarang ASUS hanya menyediakan 19 aplikasi yang dinilai benar-benar esensial dan penting bagi para usersnya. 

Sekarang loading prosesnya juga lebih cepat, dan juga tampilan antarmuka ZenUI 4.0 sekarang lebih fresh dengan design dan icon terbaru. 

Softlight LED Flash dan Portrait Mode

Zenfone selfie memiliki softlight flash pada kamera depannya. Jadi ini bukan LED Flash biasa, tapi sudah teknologi softlight LED FLash yang digunakan dan memancarkan cahaya dengan intensitas yang cukup pada object. Jadi gak terlalu kayak hard banget lightingnya. Jadi si softlight LED Flash ini membuat tekstur kulit si usersnya tampak lebih halus dan hasil fotonya juga menghasilkan tone yang lebih bagus. 

Portrait Mode, untuk smartphone jaman sekarang sudah banyak kita temui fitur yang satu ini. Kenapa? Kalau saya analisa, semua orang ingin hasil foto selfienya tamppak sempurna, sama halnya seperti saat kita difoto oleh kamera profesional (mirrorless atau DSLR). Jadi portrait mode itu sama seperti kamu mengaktifkan Depth-of-field. Jadi saat kamu selfie, sekeliling background kamu jadi ngeblur (bokeh), object lebih fokus. 

Main Camera 16 MP with RealTone Flash 

Kamera depan sudah oke, kamera belakang juga lebih oke lagi. Kamera belakang memiliki resolusi 16MP dengan view yang lebih luas, up to 80o. Dengan sistem Phase Detection AutoFocus (PDAF), kamera dapat menemukan fokus dengan sangat cepat. Hanya dalam waktu 0.03 detik. 

Kamera belakang sudah dilengkapi dengan kemampuan penstabil video secara elektronik saat recording resolusi HD (1920 x 1080). Kamera juga bisa memberikan hasil foto yang sempurna pada kondisi low light karena ada fitur si RealTone Flash ini, yang bisa memberikan pencahayaan dengan intensitas yang pas. 

Zenfone 4 Selfie VS Zenfone 4 Selfie Pro



Kalau dilihat sekilas tampak sama dan serupa. So, what's make the different of that of two? Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya apa perbedaan diantara kedua smartphone diatas, selain harganya yang pasti? :)

Jadi untuk Zenfone Selfie Pro dikhususkan untuk penggemar fanatik aktivitas selfie ataupun wefie. Sedangkan Zenfone Selfie ditujukan untuk yang lebih casual. 


Dan inilah hasil selfieku dengan si cantik Zenfone 4 Selfie. Kemampuan front camera 20MP dengan portrait mode Zenfone 4 selfie seperti ini.

Front camera 20MP

Price : IDR 3.499.000

So, what do you think? Apakah kamu berminat untuk meminangnya? :)

23 comments

  1. Selain tersepona sama model koreanya, asus zenfone 4 selfie juga bikin jatuh cinta. :D

    ReplyDelete
  2. Pengen miliki ini. :'D Mupeng banget dah.

    ReplyDelete
  3. waaaa review yg lengkap euy. ternyata asus zenfone 4 selfie menarik yaaaak.

    ReplyDelete
  4. Canggih juga nih ponsel... Wiih kalo ngikutin perkembangan teknologi, makiiin mupeeeeng.

    ReplyDelete
  5. Asus emang gokillll... mantab jaya banget nihh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Asus oh Asus... Aku belum pernah loh punya hape merk ini, kalau baca reviewnya menggiurkan banget. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Aku juga suka wefie ama keluarga dan teman-teman Mbak, kehadiran Zenfone Selfie ini bikin moment2 kebersamaan akan terkenang lebih indah. Semoga ada rejeki bisa memilikinya nanti, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudoakan ya mas, semoga someday bisa memiliki si cantik Zenfone 4 Selfie Pro ini.
      Kalo wefie pakai kamera bagus kyknya proud juga :)

      Delete
  8. wah cakep ini asus zenfone 4 selfi, kamera depannya ada wide nya ya. aq juga pake zenfone 4 tapi yang dual camera belakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Kamera depannya ada wide angle. Jadi wefie sama temen2 gak perlu pakai tongsis juga bisa.

      Delete
  9. Wah udah wide angle 120 , ajib nih buat groufie

    ReplyDelete
  10. Penggemar selfie mana suaranya.. Mmm.. 20Mp untuk front camera menarik sih, untuk harga berapa ya ka?

    ReplyDelete
  11. Fitur wide angle ini kece banget mbak, yang suka wefie gak perlu khawatir gak bisa masuk frame yak :D

    ReplyDelete
  12. Jadi mupeng baca review an ini. 😊

    ReplyDelete
  13. bener-bener hp khusus selfie ya, sampe lensanya aja 20 mp jadi ga perlu susah difotoin orang klo mau foto bagus :)

    ReplyDelete
  14. Disclaimernya bermanfaat.. bikin saya percay ^^

    ReplyDelete
  15. Sebelum HP yang sekarang saya pake, HP saya dulu juga Asus Zenfone 4 tapi yang lama, sebelum rusak karena jatoh dan pecah. Emang bagus Mbak Oline, walau harganya terjangkau banget. Yang ini bagus banget naksir, body-nya lebih kokoh dan elegan, yang dulu masih plastik.

    ReplyDelete
  16. wow! kamera depannya 20MP, bakalan sering selfie nih kalau punya ASUS Zenfone 4!

    ReplyDelete
  17. Kemarin ga sempet nyobain, ternyata hasil Fotonya kece juga ya

    ReplyDelete
  18. Fiturnya kecee, penggemar selfie kudu banget punya asus terbaru ini yak, jadi pengen punya juga deh aku

    ReplyDelete
  19. Aku naksir yg selfie pro mbak, asik banget buat ngevlog, gak perlu bawa kamera besar jadinya

    ReplyDelete
  20. Asik banget kemarin ya yg dapet door prize asus Zenfone 4 Selfie pro ini. Oke banget buat aku yg suka selfie juga.

    ReplyDelete
  21. Mba microsd supportnya 2Gb atau 2TB?
    Aku dr kmrin mantengin review asus selfie ini, fitur2ny Bagus tp harganya gak bkin kantong blong

    ReplyDelete