Kamu Termasuk Yang Susah Tidur? Mungkin Kamu Harus Mengkonsumsi Ini Supaya Tidurmu Bisa Berkualitas


Siapa diantara kamu yang susah banget untuk tidur malam alias insomnia? Atau kalau udah tidur, susah banget untuk bangun? Pasang alarm, snooze lagi. Snooze 5 menit, tidur lagi 30 menit. Terus gak bangun-bangun lagi deh :D Mungkin kalau sehari atau 2 hari kebiasaan seperti ini dianggap biasa aja ya, apalagi kalau weekend. Tapi kalau misalnya weekdays, lalu untuk kamu yang pekerja kantoran gimana? Saya jamin hari kamu makin tidak produktif. Dan kebiasaan ini kalau dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan kamu lho. 

Sebenarnya apa sih insomnia? Kalau menurut wikipedia, adalah gangguan sulit tidur. Gejalanya apa sih? Biasanya insomnia ini ngantuk di siang hari, energi rendah, mudah marah, dan mood depresi. Insomnia itu bisa berakibat gak fokus belajar, bekerja, atau bisa beresiko tabrakan di jalan. Insomnia itu bisa jangka pendek, panjang atau juga bisa ada yang lebih dari sebulan.


Tidur Secara Tidak Langsung Akan Mempengaruhi Kesehatan Kamu

Ketika kamu tidak cukup tidur, tubuh mengindikasi akan ada kelainan sistem pencernaan dalam tubuh. Atau misalnya yang tengah malam masih terbangun, tubuh membacanya harus segera istirahat, tapi kita justru memaksanya masih bekerja. Lalu kenapa kalau melek malam hari kita pasti terasa lapar? Yes, sudah pasti ada hubungannya. Tubuh kita masih bekerja malam hari, akibatnya kita memaksa sistem pencernaan kita juga masih bekerja. Akibatnya lambung akan meminta asupan makanan. Coba hayo yang masih suka begadang, terus makannya mie rebus instan pakai telor terus cabe rawit? Haha.. ini makanan anak kost banget ya? Iya, saya tahu, ini memang enak banget. Tapi kalau tengah malam kamu makan makanan seperti itu dan terus dilanjutkan setiap malamnya, efeknya gak cuma kamu akan mengalami overweight, tapi juga bisa-bisa pencernaan kamu akan bermasalah.

Sebenarnya insomnia itu bukan penyakit sih, tapi lebih kepada kebiasaan hidup (lifestyle). Dan biasanya insomnia dialami oleh orang-orang yang sering bekerja di depan laptop dan sering dikejar deadline (nunjuk diri sendiri) :D Yes, itu kebiasaan saya dulu sih, tapi sekarang saya udah gak lagi mau begadang atau kerja lebih dari jam kerja saya. Karena selain akan membuat saya gampang lapar, lalu jam tidur juga jadi berantakan, karena besok harinya (subuh) saya udah harus segera beraktivitas (memasak dan menyiapkan perlengkapan suami dan Narend). Untuk itu setiap harinya apapun pekerjaan saya dan bagaimanapun deadline pekerjaan saya, maksimal tidur malam pukul 11 malam. Gak cuma saya, tapi juga berlaku untuk suami. Khusus Narend saya berlakukan maksimal tidur jam 10 malam. Alhamdulillah sekarang sudah berhasil, yang tadinya Narend tidur jam 1 malam setiap harinya (sampai saya lelah nungguinnya), akhirnya sekarang dia udah bisa tidur cepat.

Dampak Insomnia

Ada beberapa dampak yang diakibatkan dari insomnia, yaitu dari segi fisik bisa menyebabkan penyakit hati, pencernaan, kegemukan. Lalu dari sisi psikologis akan mudah marah, dan juga depresi. 

Latihan Untuk Membuat Target

Lalu gimana caranya untuk bisa tidur secara normal, sedangkan aktivitas saya banyak setiap harinya? Belum lagi tugas kantor, tugas rumah, yang menumpuk, terus gak punya ART pulak? Curcol detected! :D Caranya cuma 1, set yourself for better life. Tetapkan target bahwa kamu harus tidur jam sekian setiap harinya, supaya waktu tidur kamu cukup selama minimal 8 jam per harinya. Kalau kerjaan belum selesai gimana? Dunia belum berakhir, buddy. Masih ada hari esok kan? :)

Lalu yang kedua, supaya cepat lelah dan ngantuk, kamu bisa mencoba olahraga ringan di malam hari. Gak usah yang berat-berat. Cukup yoga aja. Atau, kamu bisa memilih olahraga pagi hari. Bangun lebih pagi dari biasanya, lalu kamu bisa berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Dengan tidur berarti kita akan menurunkan tekanan darah sebanyak 10-20%. Dan berolahraga pagi lebih baik daripada berolahraga malam hari. 

Perhatikan Makanan Berikut

Makanan dan minuman yang kita makan juga berpengaruh terhadap kualitas tidur kita lho. Bahkan kalau kamu makan hingga larut malam kemudian porsinya melebihi standarnya, akan mempersulit sistem pencernaan kita, jadi membuat tidur sulit tidur dan tubuh kita juga tidak nyaman. 

Nah, berikut makanan yang kamu hindari setidaknya jika ingin mengkonsumsi minimal 3 jam sebelum tidur :

1. Dark Chocolate
Selain akan membuat tubuh kita overweight, dark chocolate juga mengandung kafein di dalamnya. 

2. Spicy Food
Akan meningkatkan kinerja denyut jantung dan suhu tubuh

3. Steak Dengan Protein dan Lemak Tinggi
Akan memperlambat proses pencernaan kita

4. Brokoli atau kembang Kol
Kedua sayuran ini tinggi kandungan seratnya, jadi sistem pencernaannya juga bekerja 2x lebih banyak dibanding harus mencerna makanan lain.

Makanan Yang Harus Dikonsumsi 

Ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membuat tidurmu bisa lebih nyenyak, yaitu :

1. Kacang Kenari
Karena kacang kenari mengandung tryptophan untuk membuat serotonin membuat tubuh jadi lebih baik

2. Kacang Almond
Mengandung tinggi magnesium. Kalau saya sih biasanya makan kacang almond bersama dengan yoghurt dingin. Jadi lebih enak. 

3. Daun Selada
Memiliki efek menenangkan untuk otak 

4. Tuna
Tinggi vitamin B6, serotonin dan melatonin

5. Jus Cherry
Jus cherry ini juga gak sulit kan mendapatkannya. Atau misalnya gak ada cherry di rumah, jus dari buah-buahan lain juga bisa kok. 

6. Teh Chamomile
Sudah banyak teori yang bilang bahwa teh yang satu ini bisa membuat kita rileks, tapi memang benar kok teori itu. Sayapun di rumah suka stock teh chamomile ini. Tapi biasanya gak saya minum di malam hari, tapi di pagi hari saat sarapan. Karena wangi dari teh ini bisa membuat efek menenangkan mood di pagi hari.  

Nah, itu tips dan sharing saya mengenai dampak dari kurang tidur serta makanan apa aja yang harus dikonsumsi. Kuncinya sih, mau latihan tidur cepat, jangan cuma anak aja yang disuruh tidur cepat, orangtuanya gak, tapi sadari sejak dini bahwa kualitas tidur mempengaruhi kesehatan kita lho. 

Kalau kamu, tidur malam paling cepat jam berapa? :)

Semoga bermanfaat ya.

20 comments

  1. Kupernah coba minum chamomile pas ga bisa tidur, tapi ternyata ga gitu suka sama bau dan rasanya. :(

    ReplyDelete
  2. aku suka dark chocolate juga teh chamomile hehe...nggak suka tidur larut/begadang kalau nggak ada perlunya. Tidur cukup itu memang harus ya. Apalagi seharian kita udah pakai buat aktifitas.

    ReplyDelete
  3. aku biasanya insomnia kalau deg degan.. misal besok pagi mau wisuda, mau ujian, presentasi, dst tapi belum siap haha.. alhasil ga bisa merem. dipaksakan pun tidurny aga enak pasti kebangun tiap 1 jam.. :(

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah saya termasuk yg gampang bgt tidur :)

    ReplyDelete
  5. Daun Selada...? boleh juga nihhh. saya kadang Insomnia. di jalan udah ngantuk giliran sampe rumah malah seger.

    ReplyDelete
  6. Gue termasuk yg insomnia, maka punya mata panda .... He...he....

    ReplyDelete
  7. Baru tau klo kacang2an bisa membantu dan baik utk dikonsumsi bagi pengidap insomnia

    ReplyDelete
  8. jangan lupa the power of buah pala. obat tidur alamiah itu :)

    ReplyDelete
  9. Sebenernya nggak makan makanan yang dilarang tapi kalau mata liat ke gadget terus juga susah sih tidurnya wkwk. Tapi emang dark chocolate yg paling berasa bikin susah merem :(

    ReplyDelete
  10. Oooooh, bisa dengan konsumsi selada ya, baiklah saya akan coba itu,

    ReplyDelete
  11. Tips yang bermanfaat. Aku juga insomnia. Susah banget tidur, tapi pas sudah tidur juga susah bangun. Yups, harus dicoba tips di artikel ini. Terima kasih kakak Oline.

    ReplyDelete
  12. Aaah, makasih banyak tips-nya mbak. Saya juga kadang susah tidur dan anak-anak jadi kebawa juga. Sekarang coba melatih tidur lebih sore pula.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah aku gak pernah insomnia. Malahan cenderung kebo. Tiap alarm bunyi cuma di snooze aja bolak balik. Hahaha..

    ReplyDelete
  14. Aku susah tidur, meskipun sering konsumsi beberapa makanan di atas. Awalnya temen yg kasih tahu. Susah tidur cepet, karena kerjakukan malem, jadinya kebiasaan, minimal tidur tuh jam 12 malem ��. Duhhh pengen diubah neh, ga baik juga buat kesehatan. Makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  15. Wahhaaha, bener sih, kl melek sampe subuh, bawaannya lapar lagi, dan sekarang emang lagi berusaha memperbaiki jam tidur nih!

    Duh kl malem diusahakan ga makan spicy food ya, tapi mana tahannn, pasti nyolek sambel deh :D

    ReplyDelete
  16. insomnia tternyata berat lohhh dan harus disembuhkan bukan serta merta jadi keiasaaan yang ganggu aktifitas paginya. coklat setuju suka banget

    ReplyDelete
  17. dark chocolate paitnya luar biasa. Yang ga doyan pait sebaiknya jagan mencoba :D

    ReplyDelete
  18. Waaah terjawab deh kenapa aku susah tidur. Ternyata karena makanan pedas yaaa. Huhuhu. Berarti mesti dikurangi nih makan pedasnya...

    ReplyDelete
  19. Kalau susah tidur aku sukanya minum susu putih atau susu cokelat hangat, lumayan manjur.

    ReplyDelete
  20. Teh chammomile favorit akuuuu... harumnya menenangkan.. paling enak diminum tanpa gula jadi rasa dan harumnya bener bener asli

    ReplyDelete