Ini Kesanku Menghadiri Acara Gamers Terbesar ASUS ROG Masters Grand Final 2017



Kali ini event yang saya hadiri bukan berhubungan dengan beauty, tapi ke techno lebih tepatnya gaming soalnya waktu mendengar bahwa ada kompetisi ROG Masters, suami yang notabene suka main game DOTA dan CS pingin saya meliput acara ROG Masters ini :)

Buat para gamer waktu mendengar kata ROG Masters, sudah tahu apa itu sih. Namun buat kamu yang bukan gamer, tahu gak ROG Masters itu apa? ^^, jujur saja, pertama kali mendengar kata ROG alias Republic of Gamers itu sejak saya menghadiri launching ASUS ROG GX800. Nah kali ini saya berkesempatan hadir langsung di acara perhelatan besar antar gamer di ASUS ROG Masters Grand Final 2017, jadi bisa disimpulkan ROG Masters adalah orang-orang yang mengikuti kompetisi eSports secara profesional dari seluruh Indonesia (eSports = Cabang olahraga yang berhubungan dengan techno), kenapa dibilang professional? Karena juara 1 dari kompetisi ASUS ROG Master 2017 ini akan mewakili Indonesia datang ke Filipina (bukan untuk liburan loh), tapi maju untuk APAC Qualifier - ASUS ROG Masters Asia Pasific 2017.

Dulu di artikel saya sebelumnya Belajar IT ala emak-emak dari ASUS ROG GX800, saya masih belum mengerti kalau ada orang yang mau membeli laptop super gaming (kalau bahasa suami, laptop server), Now I know, ternyata seperti ini ya dunia gamers, orang akan rela membeli sebuah laptop yang harganya sama seperti sebuah motor lho! Dan ini menjadi pertama kalinya saya menghadiri sebuah acara bertajuk gamers, yang jujur aja sama sekali jauh banget sama kehidupan saya pribadi, yang related dengan make up, fashion or dunia cewe banget. So, kalau kamu mau tahu cerita dan kesan-kesan saya menghadiri acara ini, baca sampai selesai ya!

The Day

Hari itu Sabtu, 16 September 2017 saya menghadiri sebuah acara eSport Premium Terbesar di Indonesia ROG Masters 2017 berlokasi di Ciputra Artpreneur lantai 13, masih 1 gedung dengan Lotte Shopping Avenue. Saat kamu ke Ciputra Artpreneur ini jangan bingung ya, soalnya gedung ini tinggi banget. Tiap lantainya mulai dari lantai 10 banyak disewakan untuk acara-acara, dan gak ada petunjuk kamu berada di lantai berapa. Tapi kalau kamu dari parkiran lantai 10, bisa langsung menuju ke lantai 13 menggunakan escalator dan kalau kamu dari mall Lotte, kamu bisa menggunakan lift tidak bisa ke lantai 13 langsung, namun harus ke lantai 11 dahulu, baru menuju lantai 13 menggunakan escalator, dan btw Ciputra Artpreneur ini terkoneksi dengan Hotel Raffles. 

Ohya, khusus untuk acara ROG Masters ini tidak diperbolehkan membawa makanan ataupun minuman ke dalam ruangan. Jadi sebelum saya masuk ke bagian registrasi, saya harus melewati scanning bag dulu oleh security. Sebelum masuk sebenarnya saya udah curiga, saya lihat dari kejauhan itu kok banyak banget ya botol-botol air mineral di meja reseptionis, di sebelahnya ada meja security pulak? Jangan-jangan....  Oh oke, ternyata benar. Ada pemeriksaan tas. Untunglah saat itu saya tidak membawa makanan ataupun minuman, bagi yang membawa makanan dan minuman nanti akan diberi label dan nama agar tidak tertukar dengan yang lain.

Antrian

Saya tiba di lokasi sekitar jam 9 lewat. Undangan sih jam 10 pagi. Sebenarnya masih ada jeda 1 jam. Tadinya saya mau menunggu di coffee shop aja. tapi mengingat lokasi coffee shopnya ada di lantai Ground sementara lokasi acara lantai 13, saya urungkan kembali niat saya. Lagipula saat saya ke lantai 13, sudah banyak awak media yang sedang antri disana. Selain itu juga bagi 600 tamu undangan pertama yang hadir akan mendapatkan goodie bags katanya. Hmm oke deh, saya langsung masuk aja, pikirku dalam hati. 

Saat saya tiba di atas, kemudian saya lihat disana itu COWO SEMUA GENGS! Trus tiba-tiba saya merasa paling cantik gitu deh :)) Eits, gak jadi, ternyata ada beberapa media cewe yang hadir disini. Tapi ya mungkin hanya 10% nya saja. 

Jujur aja pas sampai lokasi saya agak bengong gitu, terus saya harus ngapain? Saya kan gak ngerti dunia gamers? Ahh,,, untunglah disana saya bertemu teman-teman community. Finally I feel not alone :)


Kira-kira setelah menunggu kurang lebih 30 menit, para tamu undangan sudah bisa dipersilakan masuk. Dan inilah tampilan ruangan Ciputra Artpreneur! Persis seperti yang saya lihat di website. Seperti nonton film atau opera :) Gile banget ruangan ini bisa menampung sekitar 1200 seat lho. Saat saya masuk dan duduk disini, ruangan disini hampir penuh lho. Ini membuktikan bahwa para gamers itu banyak juga yang interest tentang acara ini. 

Beneran saya serasa paling cantik deh disini

Di sudut sebelah kiri ada 2 bangku seperti ini. Ini saya foto rangkaian acaranya untuk hari itu :) Nah 2 seat ini diperuntukkan untuk komentator.


Ohya, saya sampai lupa, sebelum masuk ke ruangan tadi para tamu undangan dibagi-bagikan balon hore-hore (please jangan tanya saya bener apa gak namanya, soalnya saya juga gak tau LOL). Jadi buat penyemangat para finalis yang ikutan nanti. 


Thanks GOD I'm here as a media :)


Sekitar 30 menit, acara baru dibuka oleh MC.



Sebelum acara dimulai, Mr. Galip Fu as a Country Marketing Manager ASUS Indonesia memberikan kata sambutan. Kompetisi ini adalah cara ASUS untuk meramaikan serta memajukan industri game di Indonesia. Selain itu juga baru-baru ini ASUS baru saja meluncurkan perangkat gaming yang mumpuni seperti ASUS ROG GX501 Zephyrus yang dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis Nvidia GTX1080 Max-Q Design di dalam sebuah laptop dengan ketebalan hanya 16,9mm dan bobot 2,2 kg, untuk para gamer sejati yang menginginkan performa hebat dengan ukuran bodi yang ramping. Dan ASUS ROG GX501 Zephyrus pun berhasil dinobatkan sebagai laptop gaming tertipis di kelasnya.

Pic by ASUS
Sepertinya ASUS telah memikirkan semuanya. Sampai ruangannya saja dibuat senyaman mungkin. Sekarang saya tahu kenapa memilih lokasinya di Ciputra Artpreneur karena ruangan ini bisa menampung sekitar 1200 orang lho. 




Apa sih ASUS ROG Masters?

Yaitu sebuah kompetisi untuk game DOTA 2 dan CS:GO (Counter Strike: Global Offensive) termegah di Indonesia. Secara keseluruhan, total tim yang telah mendaftarkan diri untuk bergabung dalam kompetisi ini mencapai 606 tim yang berasal dari seluruh Indonesia. Galip juga mengatakan bahwa ia senang bahwa saat ini ASUS ROG Masters sudah mencapai tahap grand final. Selain itu ia juga bangga, melalui kompetisi ini bisa mengapresiasi antusiasme para gamer di Indonesia. 

Sebelumnya, babak kualifikasi ASUS ROG Masters telah digelar di 4 kota besar yakni Bandung, Surabaya dan Medan dan Jakarta. Selain itu, ada pula kualifikasi yang digelar secara online sebanyak dua kali. Saat ini telah terdapat 8 tim eSports dari DOTA2 dan Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) yang berhasil lolos dari babak Semifinal dan akan bertanding di babak Grand Final di Jakarta. Adapun 4 tim eSports akan bertanding pada game CS:GO di babak Grand Final adalah RECCA, DDS, AKARA, dan BOOM ID. Sementara 4 tim eSports yang akan bertanding pada game DOTA2 adalah BOOM ID, EVOS, RRQ, dan UG.INFINITE.

Selanjutnya perkenalan dulu dari masing-masing talent yang akan bermain pada hari itu. Yaitu tim AKAEA dan RECCA. 



Masing-masing tim akan bertanding memperebutkan juara 1 pada babak Grand Final dan mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp50 juta untuk masing-masing tim pemenang. Selain itu, tim juara juga akan mendapatkan tiket untuk menjadi perwakilan Indonesia melawan negara-negara lain dalam kualifikasi Asia Pasifik (APAC Qualifier) yang akan diadakan pada tanggal 26-29 Oktober 2017 di Manila, Filipina. Adapun tim yang berhasil meraih juara kedua, ketiga, dan keempat akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp20 juta, Rp7,5 juta dan Rp7,5 juta untuk pemenang dari masing-masing game.

Dan ini adalah suasana saat pertarungan dimulai. 


Ada komentatornya di sebelah kanan.



Setengah perjalanan games, saya beserta teman-teman blogger dan media lainnya pindah ke ruangan khusus media. Nah, disinilah diadakannya Friendly Match CS:GO. Jadi disini para media dan blogger bisa mengikuti friendly match one by one itu deh. Hadiahnya lumayan.  Juara 1: 1 unit ASUS FX553VD. Juara 2: 1 unit ASUS E202SA. Juara 3: 1 unit ASUS ZenFone 3 Max. Juara 4: 1 unit ASUS ROG Gaming Mouse GX860. Juara 5: 1 unit ASUS ROG Gaming Mouse GX860. 


Karena saya gak ngikutin sampai selesai, jadi saya gak tau deh siapa yang menang kemudian :) Karena saya lebih tertarik pada koleksi ASUS ROG yang dipajang sebelum ruangan theater ini.


Mari kita lihat satu persatu ya.


ASUS ROG ZEPHYRUS - Defining Ultra-Slim Gaming


ASUS STRIX GL553


ASUS ROG STRIX GL 702


ASUS ROG GX800


ASUS ROG G701


ASUS STRIX GL753


Self Experience with ASUS ROG


Saat disana saya juga menyempatkan diri untuk mencoba langsung laptop yang harganya ajegile ini. Saya mencoba main games The Witcher disini.


Jadi flash back lagi deh ke jaman-jaman SMA dulu. Tapi sih dulu mainnya Country Strike. Jujur aja main The Witcher ini adalah pertama kalinya bagi saya :)












Setelah melalui pertandingan yang berlangsung sengit tadi, akhirnya AKARA dan BOOM ID berhasil merebut gelar Juara 1 untuk pertandingan game CS:GO dan DOTA2. Masing-masing Tim Pemenang berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp50 juta, Trophy ROG Masters Indonesia Grand Final 2017, serta tiket dan akomodasi untuk maju ke APAC Qualifier (kualifikasi Asia Pasifik) di Manila, Filipina.

Sementara itu, Juara ke-2 untuk CS:GO diisi oleh RECCA yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp20 juta, disusul oleh DDS dan BOOM ID untuk Juara 3, yang masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp7,5 juta. Dan untuk Juara 2 dari game DOTA2 ditempatkan oleh RRQ yang mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp20 juta, disusul oleh EVOS dan UG.INFINITE yang masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp7,5 juta.

Congratulations! :)




Testimoni :

So, kalau ditanya gimana kesanku? Yang pasti saat menonton games berlangsung itu sama kayak kita nonton bola lho serunya, asli! Jadi setiap 1 tim yang berhasil menang, para supporternya yel-yel. Yah seperti itulah :)

Dunia games gak melulu soal negatif ya, ternyata dengan kita fokus dengan apa yang menjadi passion kita, walaupun itu dunia game, ternyata bisa kan untuk menjadi penghasilan yang menjanjikan? :)

Kalau saya tanya sekarang, apakah kamu rela membeli laptop yang harganya bisa mencapai sebuah motor atau mobil sekalipun?  Ya, hanya kamu yang bisa menjawabnya :)

4 comments

  1. Merinding sama suasana di dalem saat kedua tim sedang berlaga.. Layaknya nonton konser perpisahan sebuah band legendaris sebelum memutuskan bubar.. #apasih #lebay

    ReplyDelete
  2. Pengen punya juga laptop ROG biar kembaran ma Raditya Dika 🤣🤣

    ReplyDelete
  3. Saya juga demikian Mba Oline, lebih suka nonton orang main games saat ini. Apalagi games online saat ini seru banget, alhasil ekspresi orang2 saat main kadang bikin ngakak. Hehehe.

    ReplyDelete
  4. Aq kok kayak bosen yah liat orang maen game. Mgkn krn situasinya ga kayak di ROG itu hihihihihi
    Kalo yang main game orang dewasa masih oke sih. Tapi paling ga suka kalo yang main anak-anak. Game online apapun. Adekku di bekasi kalo udah main game online di panggil aja musti 10 kali baru nyaut -_- itupun pake di bentak. Ga yg kecil, ga yang udah smu

    ReplyDelete