10 Tips Mix & Match Baju Anak Yang Gak Buat Kantong Bolong by Playdate Gingersnaps




Dulu waktu saya hamil dan tahu punya anak cowo, pikiran saya langsung terbayang, kalau anak cowo nanti bisa didandanin apa aja ya? Ahh paling seputar kemeja, kaos and celana aja kan? Soal fashion cowo kan cuma gitu-gitu aja. Beda dengan dunia cewe. Ada legging, jepitan, bando dan sebagainya. Kalau misalnya ditanya, belajar soal mix and match baju anak cowo dimana? Yahh everybody knew it, melalui anak artis dan Pinterest. Karena cuma 2 itu aja inspirasi saya :))

Terus juga saya itu orangnya principal, kalau mau pakaikan baju anak, gak boleh namanya samaan sama anak-anak lain. Kalau ketemu di jalan, jangan sampai samaan pokoknya. Habis kalau samaan dikira seragam dong? :) Tapi itu dulu sih waktu pas hamil, sekarang setelah Narend hampir 4 tahun, masalah OOTD atau penampilan Narend saya udah gak kepikiran lagi deh. Yang namanya mix and match satu pakaian ke pakaian lain saya udah gak terlalu concern. Karena di rumah saya gak ada ART (baca: asisten rumah tangga), belum lagi karena Narend anaknya picky eater, saya harus membagi waktu dengan pengaturan gizi Narend di rumah. Jadi waktu saya di rumah udah dihabiskan untuk hal-hal memanage waktu untuk keluarga seperti itu. 

Nah, pas tahu saya mendapat undangan how to mix and match seputar fashion anak dari Gingersnaps, wahh saya seneng banget! Soalnya sedari dulu saya emang belum pernah dapat ilmu soal ini nih. Dari dulu saya hanya belajar how to mix and match untuk saya aja. 

Hari Kamis lalu tepatnya tanggal 14 September 2017, saya menghadiri sebuah acara blogger gathering bersama Gingersnaps Indonesia. Lokasinya di Ayana Mid Plaza. Acara gathering kali ini kalau saya bilang sih agak unik dari biasanya, karena mengharuskan mengajak si buah hati. Untunglah acaranya jam 3 sore, jadi pas banget deh bukan jam Narend sekolah, bukan jam hectic saya, tapi saat Narend bangun tidur siang. 

Oh ternyata tema acara gatheringnya kali ini bertemakan Playdate, jadi keseluruhan sesinya berhubungan antara ibu dan anak. Kali ini karena saya mau mengajak Narend, tadinya mau dress-up dia dengan flowery atau tropical chic. Tapi pas bongkar-bongkar lemari kok gak ada yang kece ya? :( Akhirnya saya memilihkan dia seperti ini deh OOTD nya.



Keseluruhan acara ini yaitu ada DIY, games, competition sampai tips and trik me-mix and match pakaian untuk boys and girls. Pas banget dengan kebutuhan saya. Seru? Pastinya J Baca tulisan saya sampai selesai ya. Nanti saya berikan tips-tipsnya bagaimana memadu padankan baju menjadi fashionable dengan koleksi dari Gingersnaps ini.



Mungkin kalau dengar lokasi ini sudah gak asing ya di telinga kamu, (buat yang update gosip pasti tahu), yess, tempat ini adalah kabarnya tempat resepsi pernikahan paling romantis abad ini, yaitu Raisa dan Hamish Daud ^^

Lokasi gathering kali ini adalah di outdoor dengan bernuansakan ala-ala piknik cantik gitu deh.



Tidak beda dengan tema dresscodenya Tropical Chic, disini ada balon dan bunga dimana-mana, so playfull pokoknya. But, to be honest, saya kesulitan menemukan tema dresscodenya, secara saya gak pernah punya baju flowery kayak gini, jadi terpaksa ya saya hunting from head to toe, semoga gak dibully saat liat foto saya di Instagram :))


Untuk sesi pertama yaitu mendengarkan kata sambutan dari Dini Puspa Marta selaku Brand Manager Gingersnaps Indonesia.


Sekilas tentang Gingersnaps

Kalau saya sebut kata Gingersnaps, apa yang terbersit di benakmu? Fashion untuk anak-anak, yes! Berarti brand gingersnaps sudah menjadi icon fashion anak di kepala kamu. Gingersnaps ini adalah fashion anak yang berasal dari Filipina. Saya sih sering banget lewatin storenya di mal-mal yang ada di Jakarta, pernah sih mampir, tapi saya gak pernah beli, soalnya saya suka bingung mix and match baju-bajunya disana. Kali ini ia hadir untuk memperkenalkan koleksi daily wear terbarunya yang bertemakan Gingersnaps Playdate. 

DIY Frame



Selanjutnya sesi playdate time. Yaitu menghias frame dengan menggunakan aksesoris yang telah disediakan disini. 

Yang mengerjakan harus berdua katanya. Untunglah ada DIY seperti ini, saya benar-benar sangat terbantu, karena setidaknya bisa mengalihkan perhatian Narend untuk bisa fokus sesaat.





Menempel dan berkreasi adalah aktivitas yang menyenangkan bagi Narend. Ya walaupun hasilnya tidak sebagus anak-anak yang lebih besar, tapi setidaknya Narend sudah bisa menempel menurut kreasinya sendiri. Inilah hasil kreasi frame buatan Narend.

DIY Frame buatan Narend, bagus gak? :)
Setelah sesi DIY dan break time, selanjutnya masuk kepada sesi mix and match pakaian anak oleh Ivy Aralia Nizar selaku Style Director Ampersand Studio (Lebih akrab dengan sapaan mba Ara). Yeay, inilah waktu yang ditunggu-tunggu. 



Saya suka banget dengan looksnya mba Ara ini, so playfull! Walaupun dia bertubuh tidak tinggi dan berat badan juga tidak proporsional, tapi dia bisa me mix and match pakaiannya. Dia gak takut untuk bermain dengan warna-warna terang lho. Contohnya seperti kamu lihat ini, dia memakai warna merah bata dan orange ya. Saya aja belum tentu seberani mba Ara ini. Kalau sudah memakai warna merah bata, biasanya saya padukan dengan warna yang tone-nya lebih gelap. Supaya saya gak kelihatan gemuk.


Nah, mau tahu gak rahasia mix and match memakai warna terang seperti itu khususnya untuk yang bertubuh tidak proporsional? Coba deh perhatikan ada yang beda dari looksnya. Yess sepatu snakersnya! Sepatunya juga berwarna terang kan, which is kuning stabilo? Nah, saat orang melihat looks mba Ara, orang gak akan berfokus pada atas dan bawahannya, apalagi bobot tubuhnya. Orang akan langsung berfokus pada sepatunya. Walaupun ia bermain-main dengan warna terang, tapi warna sepatunya ia memilih warna yang lebih terang lagi, plus ada detailnya. Kece ya :)

Mix and Match fashion anak cewe

Untuk yang pertama mba Ara ingin me-mix and match dari 1 pakaian seperti ini, yaitu sleeveless crop top and short skirt. 


Baju atas bawahan seperti ini mba Ara bilang untuk jenis fashion seperti ini adalah fashion yang kudu wajib dimiliki untuk yang punya anak cewe, karena bisa dengan mudah di mix and match dengan pakaian lain. 

Contohnya Looks 1, kalau mau looks yang casual, bawahnya bisa memakai rok ini, kemudian atasnya bisa diganti dengan kaos. Lalu bisa memakai sneakers atau sepatu keds. 



Looks 3 

Kalau mau yang sedikit playfull atau formil, kita bisa menambahkan legging dengan tone yang senada seperti ini.


Nah, jadi beda lagi kan looksnya? :)


Mau tampil dengan sedikit sporty tapi tetap girly? Dengan memakai atasan crop top tadi lalu ditambahkan dengan bomber jacket seperti di bawah ini. Untuk warnanya tetap dalam 1 tone yang sama. Supaya kesan girlynya dapat. 

Looks 3 : Sporty Girly

Ohya, mba Ara juga menyebutkan, bomber jacket juga kudu dimiliki buat anak cewe, karena selain jacket ini sedang hits di kalangan fashion dewasa, anak kecil juga gak mau ketinggalan dong? Bomber jacket ini bisa dipakai dalam moment apapun. Mau looks sporty, girly, atau apapun juga bisa. 



Looks 4 : Casual Girly

Mau hadir ke acara cocktail party, pesta kebun atau acara gathering seperti ini ikut mamanya, bisa memilih crop top tadi, lalu bawahnya dipakaikan celana pendek seperti ini. 


Mix and Match Fashion Anak cowo

Oke, sekarang tentang fashion anak cowo.

Sepertinya pikiran saya dan mommy-mommy semua yang hadir disana kemarin sependapat dengan saya, anak cowo itu pakaiannya cuma gitu-gitu aja kan? Nah, mba Ara justru mematahkan prinsip itu. Dia bilang punya anak cowo juga bisa tampil fashionable lho.

Nah, mba Ara membuka pertanyaan, apa yang bisa di-create looks dengan 1 piece kemeja Flowery seperti ini? Mungkin sebagian akan menjawab, dengan jeans ya? But its not definetly true. Sebenarnya kata mba Ara asal kita berani dan mau, cowo itu bisa tampil fashionable juga kok. 



Looks 1 : With Celana army 

Awalnya saya gak menyangka walaupun kemejanya sudah bermotif flowery seperti itu, saya malah berpikir kalau anak cowo gak boleh berpakaian terlalu rame, nanti disangka cewe lagi? Nah, mba Ara memberikan tips, bisa aja sih kita memakaikan 2 pattern yang berbeda untuk anak kita. Asal mommy dan anaknya pede aja saat bertemu oranglain.

Contohnya seperti foto diatas, kenapa cocok dengan celana motif army? Karena supaya orang tidak terlalu focus dengan atasannya, tapi bawahannya. 

Looks 2

Mau yang sedikit santai tapi tetap chic? Bisa memakaikan kaos lalu kemeja tadi dibuka, jadi sebagai luarannya saja. Kaosnya ini masih senada dengan kemeja dan celananya. Karena kaos ini tidak mau terlalu ditonjolkan that’s why mba Ara menempatkan kaos tersebut di bagian dalam.


Looks 3 

Mau tampil formal tapi sedikit casual? Bisa mengintip dari fashion bapaknya, yaitu kemeja dan celana yang panjangnya selutut, masih dengan kemeja yang sama. 


Lalu mba Ara memberikan kesempatan dengan melemparkan pertanyaan kepada audience, jika kemejanya diganti dengan warna flowery yang lebih gelap. Apakah match in? 


Jawabannya, yes, exactly, cocok!


Lalu gimana dengan kita double kemejanya? Yes. Itu juga bisa. Yang mau kita tonjolkan kepada oranglain adalah kemeja yang bernuansa flowery yang cerah. Jadi kemeja yang berwarna gelap dipakai di bagian dalam. 



Kok masih kurang macho ya? Oke, mba Ara memberikan tips, bisa menambahkan bros pada kemejanya. Brosnya bisa emblem berbentuk superman, atau karakter lainnya yang menjadi favorit anak kita. Dan lokasi bros atau emblem itu bisa diletakkan di bagian kantong atau kerah. 



Lalu, pertanyaan selanjutnya, jika si kakak itu cowo, dan adiknya cewe, berarti kan harus membeli baju masing-masing sesuai gendernya kan? Tentu tidak! Mba Ara menjelaskan bahwa keduanya masing-masing bisa ditukar. Jadi yang cowo bisa pakai baju cewe dan sebaliknya. Apa gak kelihatan aneh nantinya? Tentu tidak, pastinya sebelum dipakai kita tahu dulu lokasi dan event apa yang akan dihadiri.

Contohnya seperti ini. Yang kemeja cowonya bisa dipakai untuk anak cewenya, kemudian ditambahkan rok dengan warna atau pattern yang hampir sama. 









Tips lainnya yang dijelaskan mba Ara, jadi mommy itu harus kreatif. Salah satunya, baju yang di bawah ini. Model you can see (Sleeveless), bisa kita balik saja, depan jadi belakang dan belakang jadi depan, jadi bagian belakang yang ada resletingnya jadi kelihatan bagian kancing di depan. Gak ada yang complain juga kan kalau kelihatan terbalik? Coz this is child? Dunia anak-anak itu bebas aja :)





Lalu sleeveless ini bisa ditambahkan vest. Jadi tambah kece kan?


Terus celananya bisa diganti degan celana pendek.




Setelah masuk sharing soal mix and match fashion, ada sesi games juga. Jadi peserta nanti akan ditantang mix and match baju anak dengan koleksi Gingersnaps yang sudah disediakan di depan.

Tips mix and match baju anak tanpa bikin duit boros :

1. Harus kreatif
2. Harus punya warna-warna dasar supaya bisa di mix and match dengan mudah
3. Harus berani, gak usah mikir nanti orang akan berpikir ibunya aneh selera fashionnya. This is fashion, gak ada yang betul, gak ada yang salah. 
4. Baju cewe bisa dipakaikan ke cowo, begitu sebaliknya. Jadi jangan terpaku cewe itu cewe, dan cowo hanya untuk cowo. 
5. Baju itu gak selalu mahal, asal bisa di mix and matchnya bisa di padu padankan dan menghasilkan looks yang berbeda-beda.
6. Tahu tehnik 
7. Dalam hal mix and match pakaian, bisa memakai 2 pattern, asalkan pattern tersebut warnanya hamper sama. Dalam OOTD ada 2 tone yang sama atau pattern yang sama. Pilih salah satu. 
8. Jika ingin tampil contrast, bisa memilih keduanya (atas bawah yang warnanya benar-benar kontras). 
9. Perhatikan detail dari setiap baju. Jika ada detailnya, usahakan ditampilkan. Untuk membuat looks yang berbeda. 
10. Koleksi daily to wear Gingersnaps daily to wear ini sangat cocok dimiliki untuk semua tone dasarnya, karena semuanya bisa di mix and match. Jadi kita gak perlu sering-sering beli baju deh.

Overall saya seneng banget deh bisa hadir ke acara sarat akan ilmu seperti ini. Karena selain funnya dapet, ilmunya juga bermanfaat banget. Apalagi saya punya anak cowo sangat-sangat butuh banyak baca referensi tentang fashionnya :)

Ohya, buat yang ingin update soal koleksi dari Gingersnaps, bisa follow their social medianya :
IG : @gingersnapsindo | #gingersnapsplaydate

Atau mau langsung melihat-lihat koleksinya bisa langsung mengunjungi Gerai Gingersnaps ada di kota Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, Bali & Medan.
Semoga apa yang saya sharing bisa bermanfaat ya :)









23 comments

  1. eventnya keren bangeddd,,
    baju2 ginger snap gak pernah failed memang
    seru banged bisa dapat tips mix match
    biar gak ikutin eventnya jadi bisa tau dari postingan mbak oline
    makasih yaaa ^^
    salam kenal

    ReplyDelete
  2. suka bangetttt kereenn.. makasi infonya yaa sangat membantu untuk dressing up anak2 akuu

    ReplyDelete
  3. 2 anakku cowok, 5 tahun dan 2 tahun, dengan karakter yang berbeda, selera bajunya juga berbeda, wah seru umpama ada playdate begitu di surabaya sini :)

    ReplyDelete
  4. acara keren ini. saya suka loh memadupadankan pakaian ke anak. biar ganteng kan pakaian anak harus berwarna warni ya.

    ReplyDelete
  5. Waduuu bajunya lucu-lucu bangettt. Mix and match nya pas banget 😍

    ReplyDelete
  6. Aku ngikutin event ini di snapgramnya mba oline dan suka banget dengan tema acaranya. Btw, emang emak - emak tuh kudu kreatif ya supaya baju yang dipunya nggak dilihat itu - itu aja dengan permainan warna dan motif pakaian.

    ReplyDelete
  7. ternyata anak cowok juga bisa keren asalkan kreatif memadu padankan baju dan pede bermain motif atau warna :)

    ReplyDelete
  8. Wuihhh lengkap mama narennn but infonya. Lucu luck banget so kolekainya yaa. Meski cowok ttp bs yampil fashionable :)

    ReplyDelete
  9. acaranya seru banget ya, anakku sekarang klo baju udah maunya milih sendiri jadinya kadang pakainya ga nyambung. hehehehe

    ReplyDelete
  10. Cuakeep! Mbaknya aja bisa mix n match jd pengetahuan n tip triknya pastinya bener n bermanfaat yaa

    ReplyDelete
  11. Suka banget sama model-model bajunya, kalau dilihat kebanyakan didominasi warna earth tone dan pastel gitu yaa. Tetapi tetap kece pas di mix-match.

    ReplyDelete
  12. Wah wah ilmu baru nan kece nih. Baju2nya juga kece2. Oke, jd baju cowo bisa juga dipake cewe dan sebaliknya. Noted. Weekend mau bongkar lemari krucils ah. Nyari2 yg sekiranya bisa di mix n match antara kakak dan adek.

    ReplyDelete
  13. Tipsnya manfaat banget. Anak cowoku susah banget didandani 😭 aku sampe harus ngomel kalo harus pergi, karena dia semaunya sendiri. Huhuhu

    ReplyDelete
  14. Bajunya lucu-lucu, gemesin deh. Jadi yang penting bisa mix match ya, nggak harus punya baju banyak.

    ReplyDelete
  15. Suka sama bajunya, bisa buat Dimas neh.

    ReplyDelete
  16. playdatenya keknya seruuuuu banget kaka olin. Senangnya yak bisa "hangout" bermanfaat kek gitu. Dpt temen baru, dpt ilmu pulak. Emak dan anak sama2 seneng. Pasti banyak hadiah juga yaaak hahhaha

    ReplyDelete
  17. Keren ya mix and match-nya. Makasih tips-nya mbak, berguna banget nih diaku yang suka bingung makain baju Aim :D

    ReplyDelete
  18. Bukan hanya baju anak cewek aja yg lucu ya, baju anak cowok jg bisa keren dan lucu klo di mix n match begitu.

    ReplyDelete
  19. Ini quote yang luar biasa..
    "Harus berani, gak usah mikir nanti orang akan berpikir ibunya aneh selera fashionnya. This is fashion, gak ada yang betul, gak ada yang salah"

    Berbeda itu bagus, setidaknya kalo jalan2 ke mall bisa langsung bedaain anaknya masing2.

    ReplyDelete
  20. Wah tips nya bermanfaat sekali buat aku praktekin di anak-anak niy.

    ReplyDelete
  21. Narend kece banget pas hadir di acara gingersnap, sesuai sm mominy syg selalu modis. Trnyata anak cwo juga bisa fashionable ya yg penting bisa mix n match pakaian. Tipsnya cocok bgt buat org tua yg mati gaya sm anak cwo.. Hhe

    ReplyDelete
  22. Mbak, aku juga suka bingung kalo pakein baju buat anak, ujung2nya casual lagi, kaos plus jeans, ilmu mix match clothes buat anak memang perlu, mbak oline jagonya nih

    ReplyDelete
  23. playdate-nya gemes dan mbak Oline sama Narend kece banget!

    ReplyDelete