Pondok Indah Mall Semarakkan Kemerdekaan Hadirkan Pasar Nusantara


Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2017, nampak di berbagai lokasi yang mengibarkan sang saka merah putih. Biasanya di beberapa komplek perumahan sudah mulai terlihat auranya 2 minggu sebelum hari H. Saya ingat betul tahun lalu waktu HUT RI ke-71, saya ikut beberapa lomba yang diadakan di social media. Hmm, maklum saya kan anak sosmed banget ^^ Ya gak menang sih, setidaknya saya ikutan meramaikan. Ohya, satu lagi, saya ingat waktu itu saya merayakan HUT RI ke-71 itu di Pasar Karnival Ancol. Saya dan keluarga lihat lomba panjat pinang. Seru banget! 

Selesai dari Ancol, karena kepanasan kami melipir deh ke mal terdekat untuk sekedar cari makan siang. Waktu itu kamu mampir ke Mal Artha Gading. Tapi memang disana tidak ada acara HT RI sih. Waktu itu hanya promo-promonya lumayan banget. Mulai dari yang diskonnya 71% untuk makanan dan minuman, ada juga yang promo buy 1 get 1, dsb. 

Saya perhatikan sih hampir semua mall ya kalau mengadakan promo. Tapi kalau yang mengadakan festival makanan dan minuman serta fashion show saat HUT RI kayaknya baru kali ini saya melihat di Pondok Indah Mall 2 (PIM 2). Jadi tahun 2017 ini PIM mengadakan Pasar Nusantara dalam rangka merayakan HUT RI ke-72. Waktu saya kebetulan diundang untuk peluncuran Pasar Nusantara ini di PIM 2, tepatnya di Kantor Marketing lantai Roof Top. Jujur aja saya baru kali ini masuk ke kantor marketingnya PIM, selama ini saya cuma ke mallnya aja :)

Dengan hadirnya saya ke acara ini, saya jadi tahu deh, kantor marketingnya PIM terletak dimana. Lantai Roof Top aksesnya juga khusus, agak-agak tricky, sayapun harus bertanya cleaning service atau security disana :)

Tentang Pasar Nusantara

Di acara Pasar Nusantara ini gak hanya kuliner tapi juga fashion show Fashiontastic 2017 yang bertemakan Ragam Karya Indonesia. Jadi di Pasar Nusantara ini menghadirkan Jajanan Nusantara, Galeri Nusantara, dan Fashiontastic 2017. 

Jajanan Nusantara

Menghadirkan lebih dari 25 macam kuliner nusantara seperti Umah Pete, Empal Gentong, Ketoprak, Pecel Pincuk, Tempe Mendoan, Gudeg Pejompongan, Pempek, Rujak Buah Cingur, Soto Mie, Soto Betawi, Serabi Notosuman, Cakwe, Sate Padang, Kerak Telor, Kue Ape, Kue Cubit, Kue Pancong, Kue Pukis, Martabak Mini, Leker, Kue Rangi, Tahu Gejrot, Ayam Taliwang, Tahu Bakso, Roa Menado, Stoto Bangkong, Es Podeng, Toge Goreng, Dawet Ireng, Gulalu Harum Manis dan cemilan lainnya. Lokasi kuliner nusantara ini adalah di Skywalk Utara lantai 2. 

Galeri Nusantara

Menghadirkan berbagai macam hasil kreasi anak Indonesia (handcraft dan batik), seperti batik, wayang, kain nusantara, kerajinan, dan Kriya Nusantara, perlengkapan dan interior khas Nusantara, kendaraan dan otomotif khas Nusantara, hijab Nusantara, pernikahan Nusantara, Galeri dan taman Nusantara serta dolanan anak Nusantara. Lokasinya di PIM 1 lantai dasar dan Atrium Street Gallery. 

Fashiontastic 2017

Adapun fashion designer yang ikut terlibat antara lain adalah Ivan Gunawan, Barli Asmara, Mahadevi, Danjyo Hiyoji, Hengki Kawilarang, Musa Widyatmodjo, Zainal Songket, Handy Hartono, Defrico Audy, Rasyid Salim, Pricilla Saputro, Sikie Purnomo, HIJUP, Tiffany Kenanga, Dana Duryatna, Irwansyah Mecs, Ariy Arka, Yoyo Prasetyo, DOTSBOX Designers, dan DJOEKIDS by Ayundavira Intan. 

Acara peresmian pembukaan Pasar Nusantara ini dihadiri oleh Eka Dewanto selaku General Manager PIM, fashion designer Musa Widyatmodjo, Perwakilan dari Rudy Hadisuwarno, dan Perwakilan dari Danjyo Hiyoji. 

Eka Dewanto, mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman. Berbeda suku, bahasa, adat itiadat dan RAS menjadikan Indonesia negara yang majemuk. Nah, dalam rangka HUT RI inilah PIM menghadirkan kebhinekaan Indonesia itu dalam satu kesatuan, yaitu Pasar Nusantara. Asal muasal diadakannya di PIM adalah untuk menyegarkan suasana mal ini. As you know mal ini usianya sudah tua sekali. (iya bener banget, saya tahu PIM juga sejak saya SMP), nah, untuk itulah Pak Eka mengadakan Pasar Nusantara sekaligus memperkenalkan bahwa di PIM juga ada lho acara seperti ini. Gak cuma ornamen kemerdekaan Indonesia, tapi juga menghadirkan Pasar Nusantara untuk merefresh para pengunjung setiap PIM. 

Dan Pak Eka mengharapkan dengan hadirnya Pasar Nusantara ini bisa menambah rasa bangga masyarakat kepada budaya bangsa Indonesia sehingga mampu mewujudkan bangsa yang kokoh dan saling menghormati. 


Musa Widyatmodjo, hadir di acara peresmian kali ini sebagai perwakilan para fashion designer yang karyanya akan hadir di acara ini. Ia mengatakan bahwa kali ini ia akan menghadirkan koleksi kebayanya. Kebaya yang ready to wear, kebaya yang gak hanya dipakai saat formal, tapi juga non formal dan bisa dipakai sehari-hari. 

Kenapa kebaya? Musa sedikit menjelaskan kenapa ia memilih tema kebaya di fashiontastic kali ini. Karena kebaya mencerminkan 'Indonesia banget' selain batik. Karena batik sudah mainstream, thats why ia mulai memperkenalkan kebaya. Karena tidak semua orang memakai kebaya untuk pakaian sehari-hari. Dan tidak semua orang mengerti tentang pakem-pakem kebaya. 

Nah, dari audience ada yang bertanya, bagaimana pakem yang benar tentang menggunakan kebaya? Karena ada daerah-daerah tertentu yang tidak memperbolehkan memakai kebaya di sembarang tempat. 

Musa menjawab, kebaya sah-sah aja dipakai dengan bawahan jeans. Atau dipakai dengan bawahan bukan kain batik. Asal tahu ke acara apa yang akan kita hadiri. Misalnya aja, kita akan menghadiri acara siraman / pernikahan yang menggunakan adat jawa, bagian atas kita menggunakan kebaya, nah bawahannya sebaiknya jangan jeans. Karena kita juga menghormati yang empunya hajatan, dan sedang melaksanakan pakem jawa. Kecuali kalau mau pakai kebaya untuk menhadiri undangan pernikahan saja, itu tidak apa-apa. 


Selanjutnya adalah perwakilan dari Sariayu. Ia mengatakan Sariayu full support untuk acara ini. 


Selanjutnya adalah Diana Hadisuwarno, perwakilan dari Rudy Hadisuwarno bagian education. Ia mengatakan hair do yang akan ditampilkan disini adalah yang simple tapi juga elegan seperti Messy Bun, Pony Tail atau Effortless Wave. 


Selain itu juga hadir Fashion Designer termuda yang usianya baru 17 tahun, ia adalah Tiffany Kenanga. 


Selanjutnya hadir juga Danjyo Hiyoji. Awalnya ia mereka di belakang stage, tapi tiba-tiba dipanggil oleh Mas Musa ke depan stage untuk menjelaskan konsep fashion yang akan dihadirkan di fashiontastic kali ini. 




Selanjutnya adalah pemotongan tumpeng.



Ohya, snack di acara ini dari Pizza Express. Wah saya jadi nyobain Pizza Express deh disini. Pizzanya imut-imut and mungil2 gitu. Lucu deh. Eh gak cuma lucu, tapi juga enak :)


Selesai acara press confrence, saya langsung menuju ke lantai Ground untuk menyaksikan pergelaran busana dari beberapa fashion designer disini.

FASHION SHOW by IVAN GUNAWAN




FASHION SHOW by BARLI ASMARA










Live Music Percormance by Maria


FASHION SHOW by DAMN I LOVE INDONESIA










Keren-keren banget yaaa, fashion yang dihadirkan oleh beberapa fashion designer disini. Yang bikin saya amaze adalah dengan penampilan fashion show dari DAMN I LOVE INDONESIA, soalnya itu bertema banget, Indonesia banget, terus backsound yang dihadirkan juga sesuai dengan koleksi baju yang dihadirkan. Ini baru pertama kali saya lihat koleksinya mereka. It's Cool! :)

Nah, buat kamu yang ingin tahu acaranya seperti apa, kuliner apa yang akan dihadirkan disini, ingin mencicipi sekaligus mau tahu tentang baju dan hair do yang dihadirkan di Pasar Nusantara ini, jangan lupa, acaranya cuma sampai tanggal 20 Agustus 2017 ya.





No comments