Please Be Safety Riding, Ladies!


Seiring perkembangan jaman, sepertinya pertumbuhan mobil-mobil baru setiap tahunnya semakin bertambah signifikan dengan pertumbuhan jumlah penduduk setiap harinya. Terbukti dari tahun ke tahun pengunjung GIIAS semakin bertambah. Waktu kemarin saya datang ke GIIAS, baru jam 10 pagi aja, ramainya sudah mencapai 70%. Kebetulan saat itu saya datang weekend. Tapi bukan semata-mata karena weekend juga sih, menurut pandangan mata teman saya yang sudah 2x datang ke GIIAS saat weekdayspun ramainya luar biasa. Maksudnya apa? Itu membuktikan bahwa orang tetap antusias dengan mobil-mobil baru. Jalanan makin sempit tapi pengguna mobil dan motor semakin bertambah setiap harinya. 
Benarkah Kemampuan Ekonomi Seseorang Meningkat?

Dari beberapa lieteratur yang saya baca, bahwa kemampuan ekonomi seseorang setiap tahunnya meningkat. Terbukti ada aja yang suka ganti kendaraan setiap tahunnya. Karena memang ditunjang harga mobil-mobil baru yang harganya murah. 

Punya mobil baru, tapi gak ngerti cara mengendarainya?

Konyol but it's real! Pernah gak sih suka ketemu case kayak gini? Dan fun factnya, banyak ditemukan para pengendara wanita lagi! Makin menjatuhkan harkat dan martabat wanita aja kan? lol. Nah, kalau udah punya mobil, please setidaknya kamu harus tahu gimana cara ngendarainya. Gak cuma buat ajang pamer bahwa gue punya mobil kece and keren. Tapi mau nanjak di tanjakan aja pakai  mundur? Di lampu merah aja gak tau bedain rem sama rem tangan? Please deh :(

Punya mobil baru, tapi gak taat peraturan?

Ini nih yang sering banget saya temukan. Kalau di jalan besar, saya suka gemes sama orang yang gak suka taat peraturan. Simple sih. Tapi kalau ada 1000 atau bahkan sejuta orang seperti itu, apa gak jalanan di Jakarta tambah macet dan carut marut? Alhamdulillah karena saya sering banget ikutan workshop safety driving, dan juga saya dulu sering aktif di berbagai komunitas mobil, paling tidak saya mengerti peraturan lalu lintas. 

Mengerti Etika Berkendara Yang Baik di Jalan Raya

So, apa aja sih yang harus kita perhatikan etika berkendara yang baik di jalan raya?

1. Menggunakan Sein

Ini wajib kudu fardhu ain hukumnya. Setiap mobil yang ingin berpindah ruas atau jalur dari kiri ke kanan, atau sebaliknya, menggunakan lampu sein. Gak tiba-tiba nyelonong ke kiri atau kanan, terus giliran di klakson, kitanya gak ngertiin atau egois?

2. Sadar Arti Toleransi

Suka banget saya temukan di jalan raya, orang yang gak suka sadar diri. Menggunakan lampu jauh gak pada tempatnya. Udah mobilnya model mobil MPV yang besar, sedangkan mobil saya sedan, pakai lampu jauh dalam jangka waktu yang lama pulak? Giliran saya kasih 'sign' bahwa lampunya itu so annoying, dia malah berbalik marah dan menatap tajam, setajam silet! 

3. Mengalah

Kalau menyetir di jalan raya itu kudu banyak-banyak istighfar (buat yang beragama Islam), kudu banyak sabar, banyak mengalah. Karena dengan mengalah banyak kok keuntungannya. Bukan berarti dengan mengalah kita kalah. Kalau kita mau mengalah sedikit saja untuk memberikan pengendara lain lewat, Jakarta mungkin bisa terbebas sedikit dari macet?

4. Membuang sampah pada tempatnya

Sering gak sih lihat kondisi mobil bagus tapi buang sampahnya sembarang tempat? Yeaa.. mungkin berpikir, ini kan cuma sampah doang? Bisa dibuang dimana aja? Atau, ini kan gak ada tong sampah, yaudah sih buang dimana aja? Gak gitu juga sih! Please be considered! Dengan membuang sampah di jalan raya terutama jalan tol, itu membahayakan pengendara lain lho! Coba aja misalnya kamu membuang plastik di jalan sambil menyetir atau lagi naik mobil, tiba-tiba kamu buang plastik dan plastiknya itu nyangkut di kaca depan mobil orang lain? Lalu mobil belakang mengerem tiba-tiba dan menyebabkan kecelakaan kan?

5. Parkir pada tempatnya

Masih banyak orang yang suka parkir sembarangan. Yang seperti ini nih yang merugikan oranglain juga. Parkir di gedung limited sementara ia parkir di tengah-tengah melewati garis? Yang harusnya untuk 2 mobil, ia pakai untuk 1 mobil? Jadi sebisa mungkin parkir sesuai dengan tempatnya ya. 

6. Tidak parkir dengan rem tangan saat paralel

Sering banget saya masih menemukan case seperti ini. Saya parkir di dalam, kemudian ada orang yang parkir di depan saya dengan kondisi paralel, sementara saya mau keluar tidak bisa? Finally saya menunggu 1 jam cuma buat panggil security parking untuk dorong-dorong mobil dengan bantuan seadanya supaya bisa tergeser sedikit. Dan menunggu mobil paralel belakangnya keluar sehingga mobil saya bisa diakalin dan bisa keluar. Akhirnya saya tuliskan gede-gede pakai spidol, supaya ia sadar bahwa parkirnya itu sangat mengganggu pengendara lainnya. Untunglah saya tidak jadi mengempeskan bannya. 

7. Tidak bermain HP saat berkendara sendirian (terutama malam hari)

Ini juga paling sering saya temukan. Dalam kondisi macet, banyak orang lalu lalang, kaca bening transparan, orang berjualan sliweran di dekatnya, motor-motor antri di sampingnya, dengan leluasa bermain HP. Please, kalau bisa bermain hapenya di rumah aja. Karena kejahatan ada dimana-mana. Dan bisa aja menimpa pada kita (amit-amit jabang bayi sih). 

Kalau saya pribadi, karena saya sering menyetir kemana aja sendiri, sebisa mungkin saya tidak bermain hape saat saya sedang menyetir sendirian. Walaupun kaca saya gelap 80%, tapi mendengar kasus pencurian hape dari banyak teman-teman saya, sungguh menjadi pelajaran untuk saya. 

8. Tidak menggunakan heels saat berkendara

Bukan hanya menyulitkan, tapi juga membahayakan pengendara mobil atau motor lainnya. Karena heelsnya bisa nyangkut dibawah pedal, yang harusnya kamu menginjak gas malah rem?

Nah, itulah ke-8 faktor yang harus kamu perhatikan saat kamu berkendara di jalan sendirian, terutama malam hari. Karena sangatlah rawan. 

Please be safety driving ya Ladies! 
Semoga bermanfaat :)






17 comments

  1. Tambahin satu lagi kakak, nggak make up-an saat nyetir! fokes fokes :)

    ReplyDelete
  2. Setuju banget. :D Hehehehe ... Apalagi kalau sama bawa anak. :D

    ReplyDelete
  3. Betul sekali. :) Tapi memang di jalan banyak banget yang masih ceroboh. Kebanyakan anak2 muda.

    ReplyDelete
  4. Manfaat banget tips mengendarai mobil buat cewek.jadi ingat, Teman2 cowok aku bilang, kalau cewek yang nyetir pasti lama dan susah di parkir.

    ReplyDelete
  5. Catet catet catetvtipsnya kali aja bisa punya mobil hehe.

    ReplyDelete
  6. Banyak yang asal bisa nyetir tapi kurang paham aturan berlalu lintas. Biasanya kalau yang nerobos atau lupa sein itu perempuan, pengendara di belakangnya lebih nrimo walaupun ngomel, tapi sebaiknya pengendara perempuan yang berlaku seperti itu lebih sadar diri dan tidak egois. Artikel mencerahkan Oline. Salam hangat @puspa

    ReplyDelete
  7. mantap kan tulisannya, bermanfaat banget untuk saya yg lebih sering jadi penumpang mobil karena belum bisa nyetir. kadang juga nemu penumpang yg suka buang sampai sembarangan.

    ReplyDelete
  8. Semoga banyak yang ibu2 terinspirasi dari tulisan ini

    ReplyDelete
  9. Mesti hati2 yaak ngendarai mobil dan tahu aturan2nya. Nah, cewek2... Baca ini nih biar jelas. Hehe

    ReplyDelete
  10. soal parkir... saya sering liat tuh orang parkirnya offside.. trus dia nya cuek aja gt... hadeuh

    ReplyDelete
  11. Padahal nggak selalu perempuan yang nyetirnya kacau ya, laki-laki juga banyak..cuma tetep aja ya, begitu ada kasus pas di lihat pengemudinya perempuan...kena lagi deh!

    ReplyDelete
  12. Nah boleh neh tips-tipsnya. Tapi ampe sekarang aku selalu ngeri bawa mobil sendiri, belom berani ke jalan raya. Hihi

    ReplyDelete
  13. Aku kalau nyetir mobil lebih suka pake sepatu teplek atau sendal. Lebih berasa injak gas/rem nya.

    ReplyDelete
  14. memang ya kalocewek tuh nyetir masih suka asal hihihi, semoga semakin byk yg sadar cara berkendara yg baik ya lin

    ReplyDelete
  15. Cuma satu yang aku gak lihai, jalan mundur. Paling berabe klo papasan sama mobil lain di jalan yg cuma satu jalur dan aku harus mundur.

    ReplyDelete
  16. Iya aku plg males kl nyetir malem, dr arah berlawanan suka pake lampu jauh. Duh, emang segelap apa sih ya haha.

    ReplyDelete
  17. Aku nggak pernah bawa kendaraan karena gak boleh huhuhu tapi ya gitu, suka gemes kalau di jalan banyak yg gak fokus karena main hp, diklakson malah marah hadeh -_-

    ReplyDelete