ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490, Ultrabook Tertipis dan Performa Luar Biasa



Setelah saya mencoba dan jatuh cinta dengan ASUS Vivobook S kemarin, saya mencoba lagi  ASUS Zenbook 3 Deluxe atau Zenbook UX490. Katanya Zenbook ini jadi Zenbook favorit karena desainnya elegan banget, cantik trus slimmy pula. Nah, sebenarnya keunggulan apalagi yang ditawarkan oleh si Zenbook 3 Deluxe ini?
Ultrabook ini berbasis Windows 10 dan processor Intel Core generasi ke-7 dan mengadopsi teknologi cooling system yang inovatif. Teknologi pendinginan yang dimaksud adalah pendinginan berbasis liquid crystal polimer yang dilengkapi dengan kipas (fan). Yang menarik, ketebalan sirip-sirip kipas tersebut hanya 0,3 milimeter saja. 


Dimensinya hanya 12,9 mm, dan beratnya cuma 1,1 kg. Dan Zenbook ini adalah paling tipis untuk ukuran di kelasnya dibandingkan dengan kompetitornya ya. 

Gak cuma slimmy, tapi juga desainnya elegan, saya suka banget sama desainnya, luxurious banget, dan performanya luar biasa. Seluruh generasi ZenBook terbaru, termasuk ZenBook 3 Deluxe di dalamnya, dipersiapkan untuk menjadi pendamping yang andal untuk para professional hingga pekerja kreatif yang punya mobilitas tinggi.

Didalam bodi langsingnya, ada berbagai komponen canggih antara lain, prosesor Intel® Core™ i7 generasi terbaru, serta memory RAM 16GB 2133MHz seri LPDDR3 RAM, dan juga 512GB PCIe® Gen 3 SSD, laptop ini juga dilengkapi layar eksternal ganda 4K UHD. Jadi tidak perlu kuatir lagi karena laptop ini dibuat untuk semua kebutuhan kita yang super aktif. 

Ada 2 buah port konektor USB Type-C berfitur Thunderbolt pada ZenBook UX490 sehingga perangkat ini sekarang memiliki 3 buah port USB konektor Type-C. Dua port USB Type-C pada perangkat ini mendukung display eksternal hingga resolusi 4K.

ASUS juga menambahkan 2 buah port konektor USB Type-C berfitur Thunderbolt pada ZenBook UX490 sehingga perangkat ini sekarang memiliki 3 buah port USB konektor Type-C. Dua port USB Type-C pada perangkat ini mendukung display eksternal hingga resolusi 4K. 

Untuk mendinginkan sistem agar lebih maksimal, ASUS juga menambahkan heat pipe yang dindingnya setebal 0,1 milimeter namun mampu mengarahkan udara hangat ke arah ventilasi tersembunyi yang berada di balik engsel. Dengan demikian, notebook dapat bekerja dengan efisien dan sejuk meski saat full load.

Multimedia Mumpuni dengan Layar yang Lebih Lebar

ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490 menawarkan dimensi layar yang lebih besar dibandingkan pendahulunya yakni 14 inci. Layar yang lebih akan memaksimalkan pengalaman bermultimedia terutama untuk pengguna yang sering melakukan editing dokumen pada perangkatnya.

ZenBook 3 Deluxe UX490 menggunakan panel layar beresolusi Full HD dan dilapisi oleh materi pelindung kaca Corning Gorilla Glass 5 sehingga kita tidak perlu khawatir lagi kalau layar akan tergores dengan pulpen atau kunci saat kita menaruhnya di dalam tas. Bezelnya pun semakin tipis yakni 7,46 mm dengan rasio screen to body mencapai 84 persen dengan ukuran layar 14 inci di dalam bodi 13 inci.

Lapisan IPS juga membuat pengguna dapat melihat konten tanpa terganggu meski dilihat dari sudut manapun, hingga 178 derajat. Adapun rasio kontras yang mencapai 1000:1 dapat membuat warna hitam menjadi sangat pekat, serta cakupan warna sRGB mencapai 100 persen guna menghasilkan reproduksi warna yang sangat baik dan detail. 

Untuk video, ZenBook 3 Deluxe UX490 juga punya fitur bernama ASUS Tru2Life Video Technology. Kita pun gak perlu khawatir mata kita akan terpapar radiasi cahaya biru yang berlebih, yang dapat merusak fungsi dan ketajaman retina. Karena ASUS sudah menanamkan sebuah fitur yang namanya ASUS Eye Care Technology yang mampu mereduksi hingga 30 persen paparan cahaya biru yang dapat menyebabkan kerusakan mata.

Tak hanya itu, pada touchpad juga dilengkapi fingerprint scanner yang bisa digunakan sebagai pengamanan biometrik. Berada di sudut kanan atas area touchpad, fingerprint scanner memungkinkan pengguna untuk membuka notebook dan kembali ke Windows hanya dengan sentuhan jari. Autentifikasi berbagai aplikasi dan program juga bisa dilakukan dengan fitur yang satu ini.

Terakhir, meski bentuknya sangat tipis, ZenBook 3 Deluxe punya tata suara yang terdiri dari empat buah speaker. Quad speaker system tersebut terdiri dari dua buah speaker di bagian atas keyboard dan dua lainnya di bagian depan. Speaker tersebut dirancang dengan teknologi ASUS SonicMaster Premium dan dioptimalkan oleh sejumlah pakar dari Harman/Kardon. Ini merupakan buah karya pertama hasil kombinasi kedua pakar tata suara tersebut.

Untuk konektivitas yang lebih luas, ASUS juga menyediakan dongle konektor yang terdiri dari (USB3.1 to USB3.0) ditambah dengan dongle (USB3.1 to HDMI). Dengan dongle ini, pengguna akan mendapatkan tambahan port USB 3.1 Type-C, HDMI, dan USB 3.0. Tak lupa, sleeve exclusive juga tersedia untuk mempermudah pengguna saat akan menjinjing ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490 ke manapun kamu pergi.

Good Performance?

Sebuah laptop yang indah dan powerful seperti Zenbook 3 layak bisa bertahan sepanjang hari. Untuk bisa dipakai selama 9 jam, laptop ini memakai baterai lithium polymer dengan kapasitas tinggi 46Wh, yang dirancang khusus untuk ukuran yang sangat slimmy.

Lalu juga ada teknologi pengisian baterai (fast charging) bisa mengisi 60% dalam waktu 49 menit saja. Penting banget kalau kita lagi diburu-buru waktu ya. 

Price IDR 25.299.000.



So, apakah kamu tertarik meminangnya? :)



1 comment

  1. Tertarik menimangnya? Jelas tertarik mbak.
    Eh, menimang atau meminang? :))

    ReplyDelete