Pengalamanku Berbelanja di Supermarket Online, Happy Fresh



Haii semuaa. Gimana puasanya? Masih lancar kan? Udah batal belum? Gak terasa bulan puasa ini sudah masuk minggu ke-3 di bulan Ramadhan ini. Bentar lagi Lebaran dong ya? Wuii seneng deh. 

Di bulan ramadhan tahun ini agak berbeda dari tahun lalu, di tahun ini saya lagi jarang keluar rumah, jadi maunya apa-apa dikerjakan dari rumah. Undangan acara buka bersamapun saya masih pilah pilih, yang sekiranya lokasinya tidak jauh dari rumah, dan kalaupun saya keluar rumah, saya jadwalin gak setiap hari. Karena menurut info dari suami saya, di bulan puasa ini traffic lagi aneh banget. Pertama karena pembangunan di seluruh Jakarta, yang menyebabkan macet super parah. Lalu yang kedua karena bulan puasa ini. Yang harusnya macet di jam-jam peak hour alias berangkat dan pulang kantor, tapi sekarang justru malah macetnya malah di siang hari. Pernah deh saya ke Jakarta, cuma mau ke Kota Kasablanka, berangkat jam 1 siang yang harusnya gak macet, tapi di tol malah macet parah? Akhirnya saya sampai di lokasi jam 3 sore. Eh gak dink, jam 3 sore lebih dikit. Gilak banget hampir 2,5 jam. Saya stuck di tol, ohemji :(

Nah, melihat kenyataan itu saya selalu menjadwalkan acara buka bersama itu paling gak 3 hari sekali saya keluar rumah untuk lokasi yang jauh-jauh dari rumah, bukan karena males, tapi karena bulan puasa itu ya concernnya saya utamakan untuk ibadah, gak sama dengan bulan-bulan lainnya. Jadi saya perlakukan bulan yang special ini dengan aktivitas yang special.

Seperti halnya dengan belanja bulanan, sayapun di bulan puasa ini jadi mager banget (baca ; Males Gerak), yang biasanya saya rajin banget ke supermarket setiap  2 hari sekali, cuma buat belanja 100ribu, tapi hati ya seneng aja gitu lihat-lihat barang-barang di supermarket. Trus abis itu pulang ke rumah deh. Yah, namanya juga ibu-ibu rumah tangga sih, hiburan saya di weekdays ya jalan-jalan belanja ke supermarket. Soalnya lokasi supermarketnya tinggal ngesot doang dari rumah, kepleset nyampe deh :) Tapi bulan puasa ini saya lebih banyak ke transaksi online. Mau belanja baju lebaran, makanan matang, sampai belanja mingguan. Nah, kali ini saya coba belanja di supermarket online, Happy Fresh. Udah ada yang pernah coba? Nanti saya akan cerita pengalaman saya belanja di happy fresh sekalian infokan ada promo juga di bawah :)



Kalau yang dari saya buka websitenya, Happy Fresh ini adalah supermarket online yang berbasis aplikasi. Kamu bisa belanja barang-barang kebutuhan rumah tangga secara online di supermarket favorit kamu.

Lokasi dan Partner Tenant (Supermarket)

Untuk supermarket yang bekerja sama mostly yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal kita. Lokasinyapun di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Kalau lokasi kamu tidak termasuk yang saya sebutkan itu, mungkin kamu harus ke kota-kota yang sudah ada lokasi antarannya.

Untuk supermarketnya adalah Ranch Market, Farmers Market, LotteMart, Transmart Careffour, Grand Lucky, Super Indo, LOKA Lifestyle Supermarket dan Red & White.


 Begini Cara Belanja di Happy Fresh 

1. Instal aplikasi Happy Fresh

Pertama-tama kamu kudu install aplikasinya. Bisa si Android atau di iOs.

2. Pilih supermarket dimana kamu mau belanja. Biasanya mereka akan tahu lokasi supermarket mana yang terdekat dari rumah kita. Sebelumnya di awal mereka akan meminta aktifkan GPS terlebih dahulu.

3. Login atau register terlebih dahulu. Kenapa login dulu, supaya nanti gak kerja 2x. Karena setelah kamu memilih barang belanjaan, nantinya juga akan disuruh login dulu. Jadi sebaiknya saat masuk aplikasinya login aja dulu, gak ada salahnya. Saya sarankan sih login memakai email saja, jangan social media, karena nanti segala transaksi akan masuknya melalui email. Pastikan email kamu aktif ya.

Ohya, kasus lain dari saya, waktu itu saya udah milih-milih barang, tapi belum login, mau back lagi terus hilang deh listing belanjaan kita. Jadi listing satu-satu lagi deh. Nah that's why sebaiknya di awal memang kudu login dulu.

4. Setelah berhasil login, baru deh bisa belanja. Di kolom dibawah jumlah item ada notes, manfaatkan notes itu ya friends. Kalau yang tipenya picky shopper kayak saya gini, kudu dicatet satu-satu sampai detail. Kalau ada barangnya sampai 30 items, ya diisi satu-satu :D Soalnya ini jadi catatan penting kalau-kalau aja si shoppernya kelupaan gitu kan?

5. Setelah barang berhasil dilisting, kamu nanti akan dikasih pilihan slot time, jam berapa barang akan dikirimkan. Mumpung sekarang bulan puasa, saya sarankan sih, kamu memilih jam pengantaran antara jam 4-6, karena nanti kamu akan diberikan kurma dan kartu ucapan seperti ini.



Nanti sebelum check out ada konfirmasi barang, jika barang yang dipesan tidak ada, apakah mau direplace langsung, dikonfirmasi by phone atau tidak usah diganti? Nanti ada pilihannya, kamu bisa memilih diantaranya. Nah, kalau ada barang yang gak ada, nanti si shopper langsung menelpon kita.

6. Setelah check out, nanti kamu akan menemukan tampilan seperti di bawah ini. Itu artinya barang kamu sudah berhasil dalam list mereka dan sedang dalam proses.


Semua transaksi belanja, baik listing barang maupun bill dikirimkan melalui email.

Testimoni

Saya itu paling suka belanja di Farmers Market. Orang bilang lebih suka di Transmart Careffour. Bagi saya gak. Kenapa di Farmers Market? Pertama barang-barangnya semua terpilih. Kalau di careffour gak semuanya sayurannya benar-benar fresh, apalagi kalau yang si shoppernya ngambilnya gak bener? Kedua, lebih lengkap! Barang andalan saya setiap beberapa bulan itu adalah sambal Rempah Nusantara. Kalau di careffour atau di Super indo gak ada nih. Cuma ada di Farmers Market.

Soal harga gimana? Yahh udah jelas sih, Farmers Market lebih mahal sedikit. Tapi cuma sedikit, selisih harga untuk masing-masing market sekitar 2000-5000. Tapi menurut saya sih worth it karena saya bisa mendapatkan barang saya yang langka di Farmers Market itu. Tapi ini menurut tanggapan saya aja lho ya, untuk yang lain bisa beda-beda.

Yang pasti sejak saya kenal kemudahan belanja bulanan bisa online, saya jadi sering belanja online. Walaupun jumlahnya gak sampai 200ribuan. Paling cuma 50ribu aja sudah minta anterin. Ya maklum, suami kan pulangnya malam. Mau keluar mager. Yaudah tinggal buka aplikasi Happy Fresh, order, bayar, selesai deh. Selain itu juga, deliverynya on time. Kebantu banget, apalagi kalau dalam keadaan cuaca hujan deras atau cuaca panas.

Promo!

Kalau denger kata promo pasti bikin kamu happy deh :) Buat kamu yang pertama kali belanja mau berapapun jumlahnya ada free delivery lho! Ini yang bikin saya happy. Trus kalau kamu belanja 150ribu juga ada diskon 10% lho dengan memasukkan kode voucher HFBLCRN. Berlaku untuk semua area, Jakarta, Surabaya, dan bandung.

Campaign Instagram This Kurma

Ohya, di Instagramnya Happy Fresh lagi ada campaign nih, kamu cukup upload foto kurma kamu dengan hashtag #InstagramThisKurma #FastingIsSharing, nanti setiap minggunya akan ada 3 pemenang yang beruntung mendapatkan masing-masing voucher HappyFresh IDR 100ribu. Periodenya singkat nih, tanggal 27 Mei - 17 Juni 2017. Ingat ya, jam 4-6 sore.



Buat kamu-kamu yang mau belanja kayak saya nih, belanja gak perlu repot, tinggal pesan aja secara online, bisa coba si Happy Fresh ini nih.



2 comments

  1. Aku juga ngerasa banget bulan puasa ini macete banget banget jadi terbantu sama HappyFresh. Apalagi pas puasa ini jadi mager karena cuaca yang panasss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Kalo belanja online emang diperuntukkan utk org2 yg sibuk macam kita :D

      Delete