Mempersiapkan Kehamilan Ketigaku di PPEJ 2017 Jakarta


PPEJ 2017. Hari Sabtu lalu, tepatnya 8 April 2017 lalu saya, suami dan Narend datang ke acara edukasi parenting tentang persiapan kehamilan dan pasca melahirkan. Narend sudah berusia 3 tahun, berarti sudah 3 tahun berlalu juga pengetahuan saya tentang kehamilan dan menyusui disini. Jadi saya perlu banget sering datang ke acara pregnancy seperti ini.




Tapi awalnya kudu ngerayu suami dulu nih.

"Dy, temenin aku yuk, ke PPEJ2017."
"Apaan tuh?"
"Itu.. Kayak event tahun lalu gitu deh. PPEJ 2016. Kepanjangannya Pregnagen Pregnancy Educational Journey sih."
"Lhaa ngapain? Kamu gak gak belum hamil?"
"Ihhh kenapa sih, kan buat persiapan adiknya Narend tauk."
"Ohiyaa, kita lagi program yaa."
"Iyaaa. Mau kaaan? Biar infonya kita sama-sama dapet. Jadi gak aku sendiri yang pinter. Kamu juga bisa dapat manfaatnya."
"Oke deh kalau begitu."

Horeee.. akhirnya suami mau juga nemenin saya datang ke acara PPEJ2017 ini. Karena kan ini acaranya cuma setahun sekali, dan super lengkap lagi. Apalagi kan Prenagen kan ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui. Pas sekali momentnya, karena ini menjadi pengetahuan yang sangat penting untuk kehamilan saya nanti. Untuk itulah akhirnya suami mau menemani saya datang ke acara ini. Terlebih lagi di kehamilan saya sebelumnya kami juga rajin mengkonsumsi susu Prenagen, yaitu saat hamil dan menyusui.

Tujuan Prenagen mengadakan acara ini yaitu untuk memberikan edukasi kepada calon orangtua dan sebagai kampanye Prenagen Peduli Ibu Sehat. Selain itu juga untuk mempersiapkan awal kehidupan terbaik si kecil.

tingkat kematian ibu melahirkan di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Jadi untuk itulah Prenagen kembali menyelenggarakan acara tahunan ini sebagai bukti concern kepada ibu-ibu di Indonesia.

Mau tau gak kenapa saya bilang lengkap? Baca sampai selesai yah.

Acara PPEJ 2017 kali ini bertempat di Hotel Pullman Jakarta Barat. Mulai jam 07.30 pagi. Jadi saya ekstra persiapan untuk hari itu. Bangun lebih pagi dan berangkat lebih pagi. 

Teorinya sih saya mau berangkat jam 6.30 pagi supaya gak macet,  tapi kenyataannya malah berangkat jam 8 :) Alhamdulillahnya gak macet. Sampai lokasi jam 9 pagi. Untungnya baru mau mulai :)

Registrasi Dulu Ya

Sebelum masuk ke ruangannya, saya registrasi dulu disini. Setelah registrasi saya mendapatkan goodie bags yang berisi snack dan jus prenagen.



Jalan-Jalan sekitar PPEJ 2017

Sebelum masuk ke dalam ruangan talkshownya, kita jalan-jalan dulu yuk, ada apa aja di PPEJ 2017 ini :)

Ada Tempat Bermain Anak Lho Disini

Awalnya saya ragu ingin mengajak Narend ke acara ini, tapi saya ingat, waktu PPEJ 2016 kan saya datang dan ada ruang bermainnya, jadi saya yakin PPEJ 2017 juga pasti ada. Dan alhamdulillah ternyata benar. Yah gak banyak sih mainan-mainannya. Tapi setidaknya Narend bisa anteng main disini :)




Waktu saya mau foto-foto di boothnya, saya dihadang oleh mba-mba yang membawa tester minuman disini. Awalnya jujur aja saya menolak, karena saya kan bukan ibu hamil, tapi karena mba-nya bilang, minuman ini adalah bukan susu, akhirnya saya mau deh. Saya nyobain jus promenadenya :)



Photo Booth

Setelah itu saya coba foto-foto di boothnya disini, mumpung masih sepi :)


Booth Produk KALBE

Disini juga ada booth Milna dan Fitbar lho.


Disini juga ada booth demo masak dengan produk Prenagen. Salah satuny kreasi mix juice dengan menggunakan minuman jus Prenagen.


Ada Chef Eddriantjah juga yang memberikan demo menu smoothies sehat untuk ibu hamil disini.

(Foto)

Ada booth Prenagen Corner, buat yang ingin membeli susu atau produk Prenagen langsung.


Booth Aplikasi Hallo Bumil

Lalu juga ada booth aplikasi HALLO BUMIL, yaitu aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil, tepat pada waktunya. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim digital PT Cakra Radha Mustika, bekerjasama dengan tim medis berpengalaman, yang memahami perjalanan kehamilan. Jadi nanti bisa kontrol kehamilan dan artikel dengan fungsi dan bahasa yang mudah dipahami dan digunakan.

Ohya, aplikasi ini adalah dulunya bernama ILUVBABY, sekarang telah berganti menjadi HALLO BUMIL.


Booth Konsultasi (Perencanaan) Kehamilan

Booth konsultasi untuk ibu hamil atau ibu yang sedang merencanakan kehamilan.


Sarapan dulu yuk! :)


Yuk Mulai Seminarnya!

Selesai berjalan-jalan di beberapa boothnya, yuk sekarang kita masuk ke ruangan ballroomnya untuk mendengarkan talkshownya. Lumayan rame juga yang hadir :)




MC pada pagi itu adalah mba Mona Ratuliu yang cantik jelita, seorang praktisi parenting dan juga artis.



Panggung PPEJ 2017 didesain layaknya seperti di rumah, mungkin supaya lebih hommy, kan yang datang kebanyakan para keluarga. Jadi seperti menyambut tamu-tamu di rumah gitu deh :)

Opening speech pertama adalah dari Bapak Andi Wahyu selaku perwakilan dari KALBE, yaitu selaku sponsor utama aplikasi Hallo Bumil.



Selanjutnya kata sambutan dari Dr. dr Budi Iman Santoso, selaku ketua POGI JAYA. "Prenagen terus berusaha menjadi partner terbaik untuk ibu-ibu sehat. Kehamilan itu perlu direncanakan karena untuk menghasilkan janin yang sehat. Dan persiapan nutrisi itu dimulai sejak dalam 1000 hari kehidupan, yaitu sejak sebelum lahir. Itulah kenapa kehamilan perlu direncanakan." Ucap Dr. Budi Iman Santoso.

Saat hamil, perhatikan juga nutrisi dan perilaku si janin dalam perut. Misalnya, kita ajak komunikasi, kita elus perut kita, kita katakan bahwa kita sangat sayang kepadanya. Dan sekarang jadi lebih mudah, dengan teknologi 4D Ultrasonik kita sekarang bisa melihat aktivitas si janin dalam perut.


Materi Talkshow pertama : Dr. Muliaman. Beliau mengajak para peserta untuk mengenal nutrisi persiapan kehamilan.



Beliau mengatakan bahwa susu untuk ibu hamil sangat berbeda dengan susu UHT biasa. Nutrisi yang diformulasikan khusus untuk wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan memiliki kandungan :

1. Zing (Seng), untuk mendukung kesuburan organ reproduksi
2. Tinggi asam folat, membantu proses kesuburan dan mencegah NTD
3. Kalsium, yang banyak mengandung vitamin D, magnesium, dan fosfor
4. Jaga berat badan, susu bumil itu rendah lemak, tapi tinggi kalsiumnya.

Umumnya 9/10 ibu-ibu hamil saat hamil biasanya akan mengalami muntah-muntah, hal itu wajar karena biasanya ada perubahan hormon (esterogen dan progesteron). Selain itu muntah bisa disebabkan karena faktor psikologis. So, nikmati saja prosesnya (katanya). Dan minum susu bumil itu sebaiknya 2x sehari, daripada 1x sehari, untuk melengkapi nutrisi si janinnya.

Kenapa di susu bumil tidak ada suplement? "Karena di vitamin tidak ada kalori. Tapi di dalam susu termasuk di dalamnya. Susu itu mengandung makronnutrisi (karbohidrat, rendah lemak, dan protein)." Jawab Dr. Muliaman.

Kenapa harus minum susu ibu hamil, tidak cukupkah hanya susu UHT saja? Karena susu ibu hamil memang diperuntukkan untuk ibu hamil.

Prenapro adalah solusi untuk ibu dan janin di awal 1000 hari pertama kehidupan.

Peluncuran Aplikasi Terbaru Hallo Bumil

Karena era digital sangat merubah aspek kehidupan kita sehari-hari, salah satinya perilaku kita dalam mencari informasi, untuk itulah Prenagen meluncurkan aplikasi terbaru yang dinamakan Hallo Bumil.

Berdasarkan riset yang diadakan oleh divisi digital PT Cakra Radha Mustika Tbk ke lebih dari 1000 responden, lebih dari 90% calon ibu membutuhkan informasi mengenai perkembangan janinnya, seperti proses pertumbuhan janin dari minggu ke minggu, dari awal hingga terbentuknya janin dengan organ sempurna. Selain mengawasi pertumbuhan janin, para calon ibu juga membutuhkan informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan usia kehamilan mereka. Nah, semua yang dibutuhkan oleh ibu hamil, ada di fitur aplikasi HALLO BUMIL, yaitu fitur Timeline Kehamilan, yaitu dimana para calon ibu bisa memonitor janin dari minggu ke minggu. Plus ada artikel untuk membaca informasi mengenai kebutuhan nutrisi ibu dan bayi sepanjang usia kehamilan.

Kelebihan aplikasi ini dibanding yang lainnya apa ya?

Pertama tampilannya unik. Jadi nanti si kecil seakan-akan bercerita kepada ibunya tentang pertumbuhan dan perkembangan dirinya dari hari ke hari. Kedua, ada tampilan fitur Kontrol Kehamilan untuk memonitor kehamilan lewat berat badan mingguan.

Kamu mau tahu aplikasinya seperti apa? Seperti ini.




Kalau mau coba download, kamu bisa search di Android ya. www.hallobumil/android. (Penulisan hallo bumilnya dengan double 'l' dan disambung ya. Karena kalau search diseparate spasi tidak ada aplikasinya).

Kalau saja dulu waktu hamil Narend atau alm Elysia saya sudah memakai aplikasi ini, wah pastinya saya menjalani proses kehamilan dengan tenang ya. Sayangnya saya baru kenal PPEJ baru di tahun 2016 :)

Selanjutnya ada bintang tamu dan juga Brand Ambassador dari Prenagen, yaitu Andien (penyanyi dan juga artis) dan suaminya hadir disini. Andien akan bercerita mengenai kehamilan sehatnya kemarin.


Waktu PPEJ 2016 lalu Andien juga ikut hadir disana, dan dia bilang banyak manfaat yang ia dapatkan sewaktu ia ikutan PPEJ 2016 lalu. Dulu waktu trimester pertama ia juga sempat mengalami yang namanya mual (tapi tidak muntah), terutama saat perform di panggung. Dia harus menahan rasa mualnya sementara ia harus tampil cantik di depan semua orang.

Sewaktu hamil, Andien juga rajin mengkonsumsi susu untuk ibu hamil. Tapi bukan hanya Andien, tapi juga suaminya lho, ikutan minum susu ibu hamil dan jus Prenagen. Suaminya paham banget saat Andien mengalami perubahan hormon saat Andien hamil.

Andien berdua dengan suaminya selalu bersama-sama mencurahkan perhatiannya saat kehamilan anaknya. Andien bilang, bahwa saat anaknya dilahirkan ke dunia saat itu juga orangtua juga dilahirkan kembali. Karena saat anak terlahjr ke dumnia, kita menjadi orangtua baru, mempelajari banyak hal bersama yang belum kita ketahui sebelumnya. Karena Andien dan suaminya tidak menggunakan baby sitter, semuanya mereka lakukan sendiri secara bergantian. Tentunya dibantu dengan mamanya Andien. Mulai dari belajar mengganti popok, menidurkan bayinya, dan sebagainya.

Suaminya bilang, "Karena kehamilan Andien, adalah kehamilan saya juga." Ahhh so suiit banget yaaa.

Andien membagi rahasia kehamilan sehatnya, yaitu ada 3, pertama adalah dicintai oleh suami. Karena dengan perasaan bahagia, happy, ASI juga akan mengalir dengan derasnya. Pikiran juga jadi happy. Lalu yang kedua adalah, sertai makan makanan dan susu yang terbaik untuk janin. Karena yang diharapkan adalah bukan kuantitas, melainkan kualitas daripada si ASI tersebut. Lalu ketiga adalah, rajin berolahraga. Bahkan sudah rajin berolahraga sejak trimester kedua. Jadi sesudah lahiranpun ia sudah terbiasa.

Lalu nara sumber berikutnya ada Dr Boy Abidin. Materi yang dibawakannya adalah tentang Plasenta.

(Foto)

Ada Apa Dengan Plasenta?

Karena untuk plasenta itu sendiri sering dianggap keramat oleh para calon orangtua. Hah, keramat? Iya. Maksudnya setiap plasenta dari si bayi biasanya setelah bayinya lahir, plasentanya dikubur. Dulu sih saya pernah diberi tahu oleh mama saya, kalau plasenta itu adalah 'teman' dari si janin. Ah entahlah benar atau tidak, saya sih manut saja. Jadi mengikuti tradisi adat orang Jawa, setiap plasenta itu dikubur. Padahal sebenarnya menurut Dr. Boy itu mitos. (Yeahh.. Everybody knows that Indonesia always known by the mithos).

Kamu tau sebenarnya apa itu plasenta?

Plasenta adalah jalur makanan dan minuman untuk si janin yang bentuknua seperti piringan. Plasenta melekat pada fundus yang memiliki 2 permukaan dan beratnya 1/6 dari berat janin. Jadi kira-kira beratnya 500-600 gram.

Peran penting plasenta adalah pertama, membawa zat nutrisi dan oksigen ke janin. Lalu membawa balik sisa metabolisme. Lalu kedua, mekanisme imunologi yaitu sebagai pertahanan tubuh. Dan juga untuk produksi hormon untuk perkembangan si janin.

Plasenta terkadang dengan komplikasi serius biasanya akan menyebabkan prematuritas (kelahiran prematur, yaitu bayi lahir sebelum waktunya).

Lalu untuk ibu hamil bisa aja sakit. Tapi usahakan tidak boleh sakit. Untuk itulah saat hamil usahakan makan makanan yang sehat supaya janinnya juga ikut sehat. Selain itu jaga pola tidurnya, harus cukup tidur, jam tidur usahakan maksimal jam 10 malam. Tidak boleh terpapar asap rokok.

Plasenta yang bermasalah bisa menyebabkan preeklamsi, diabetes dan kematian janin. Kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah semu. Jadi sebisa mungkin plasenta harus dijaga supaya tetap sehat. Karena plasenta adalah organ nutrisi.

Biasanya saat hamil orang lebih concern terhadap persiapan kamar anaknya, atau baju anaknya. Sebenarnya ada yang lebih penting daripada itu, adalah prioritaskan asupan makanannya ibunya. Wah, saya jadi ingat dulu waktu saya hamil, saya sama sekali gak memikirkan kamar Narend, yang saya pikirkan justru asupan dan komposisi makanan yang saya konsumsi :)

Ada yang saat hamil penambahan berat badannya mencapai 20 kg? Alhamdulillah saat saya hamil kemarin total penambahan berat badan saya maksimal 10 kg. Jadi untuk kembali ke tubuh semula setelah 2 tahun ini saya jadi tidak terlalu sulit. Menurut Dr. Boy penambahan berat badan normalnya rata-rata 10-15 kg.

Penambahan berat badan tersebut yaitu sekitar payudara, yang bertambah besar, plasenta juga bertambah besar, cairan ketuban, cairan ibu, dan juga lemak si ibu. Zat-zat mikronutrien yang harus dipenuhi oleh bumil diantaranya ada seng, protein, karbohidrat dan serat.

Ada satu pertanyaan dari Andien yang (mungkin) mewakili pertanyaan semua ibu-ibu di dunia ini : apa sih perbedaan susu biasa dengan susu ibu hamil? Jawabannya adalah, di susu ibu hamil komposisinya lebih lengkap, dan kebutuhannya sudah terhitung untuk proses kehamilannya. Berapa jumlah proteinnya, DHA dan sebagainya. Jadi alasan kenapa harus minum susu khusus ibu hamil karena untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, menghindari malnutrisi, kesehatan masa yang akan datang, defek plasentasi dan terukur.

Selanjutnya Dr. Boy memutarkan sebuah video yang (mungkin) membuat semua audience yang hadir mewek. Yaitu proses kelahiran bayi ke dunia.

Materi talkshow berikutnya adalah Dr. Herbowo. Materi yang dibawakan oleh beliau adalah tentang Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf Pusat.



Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah faktor internal seperti genetik, jenis kelamin, ras dan usia). Menurut studi jangka panjang bahwa faktor prediktor IQ anak adalah IQ dari ibu. Tapi pernyataan itu tidak 100% benar. Yang sebenarnya sangat berpengaruh adalah faktor eksternal (lingkungan). Faktor lingkungan ini yang sebenarnya berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak-anak kita.

Saat hamil terkadang ada beberapa kekhawatiran yang muncul diantara ibu-ibu hamil pada umumnya, seperti : nutrisi yang tidak lengkap. Beliau bilang, tenang saja, selama masa kehamilan semua berjalan dengan normal. Lalu ada juga yang saat lahiran, bayinya jerawatan. Tenang saja, itu juga termasuk case yang normal.

Justru ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bayi kita lahir, seperti Sefalhematoma, yaitu kepala peyang, ini harus diperhatikan. Lalu Cafe au lait, adalah tanda kelahiran yang berpengaruh saat lahir nanti. Lalu juga lingkar kepala karena bisa berpengaruh terhadap otak.

Pada dasarnya lingkar kepala itu sangat penting jadi perhatikan saat bayi kita lahir ya. Untuk perkembangan anak, pantau juga berat badannya agar bisa tumbuh secara normal.

Saat bayi berusia 6 bulan, bayi yang normal seusianya harus bisa memegang barang, berguling dan tengkurap. Untuk bayi berusia 9 bulan, bisa merayap, saat berdiri akan menumpu. Bayi usia 1 tahun tahapannya, pertama ia harus bisa merangkak terlebih dahulu, rambatan lalu berjalan.

Sinaps saraf akan makin banyak saat usia 12 - 24 bulan. Saat usia 6 bulan akan hancur sendiri.

Kalau bayi terlilit tali pusat itu aman gak? Dr. Herbowo bilang tidak apa-apa, asalkan jumlah detak jantung bayi tidak berkurang. Panjang tali pusat itu normalnya 50-60 cm, kalau terlalu panjang itu justru terlalu bahaya.

Bagaimana dengan stimulasi? Stimulasi yang baik itu kombinasi antara ayah dan ibu lho, jangan salah satu saja. Harus seimbang. Saat ayah pulang kantor, wajib ngelonin anak saat tidur. Anak yang diberi stimulasi berlebihan tidak akan hiperaktif, tapi hanya jadi kurang tidur dan istirahat.

Bagaimana dengan penggunaan gadget? Gadget pada anak boleh minimal 2 tahun, dan penggunaan gadget maksimal 1 jam, dan harus 2 arah. Caranya?  Kita tidak membiarkan anak kita bermain gadget sendirian. Kita wajib mendampingi anak saat ia bermain gadget. Kalau misalnya menonton Youtube, kita ajak anak untuk berinteraksi. Misalnya dia dengar lagu, kita ajak anak kita untuk menari dan menyanyi bersama. Dan sebagainya.

Demo Masak Bersama Chef Eddrian Tjhia

Udah talkshow penuh gizi, selanjutnya ada demo masak nih, bersama Chef Eddrian.

Doc : Pribadi
Chef Eddrian bilang bahwa susu Prenagen sangat baik untuk siapa saja, termasuk Chef Eddrian. Dan beliau menyarankan untuk bumil untuk perbanyak makan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almond, dan sebagainya. Karena mengandung protein yang sangat tinggi. Disini Chef Eddrian mendemokan cara membuat minuman Smothies Ball dengan mengunakan biji labu

Senam Hamil

Udah talkshow, demo masak juga udah, acara dilanjutkan dengan senam hamil. Disini semua peserta yang hadir diminta untuk berpartisipasi, tidak terkecuali ayahni. Karena senam ini bisa diikuti oleh semuanya. Ya. Instruktur senam pada acara tersebut adalah Adianti. Ia memperagakan bagaimana olahraga saat hamil.

Wanita hamil wajib melatih senam kegel selama prenatal dan postnatal. Push up ibu hamil juga ada, namanya half roll up and down. Namanya ya push up khusus ibu hamil.

Doc : Pribadi

Doc : Pribadi

Tibalah jam 12 siang, acara sesaat lagi akan ditutup. Sebelum ditutup para nara sumber berkumpul bersama untuk dilakukan foto bersama.

Doc : Prenagen


Doc : Pribadi

Selanjutnya para tamu undangan dipersilakan untuk makan siang. Tidak lupa juga, para peserta diberikan 1 buah Susu Prenagen ukuran tetrapack seperti ini lho.


My Testimoni :

Seneng banget saya bisa hadir ke acara pregnancy yang super duper lengkap ini. Mulai dari cara merawat tali plasenta, pemenuhan nutrisi saat kehamilan sampai susu ibu hamil vs susu UHT. Pertanyaan saya selama saya hamil kemarin sekarang sudah terjawab. Saya ingin kehamilan ketiga saya ini sangat-sangat direncanakan, supaya kehamilannya sehat. Doakan yah supaya program saya berhasil untuk kali ini :)

Terima kasih ya to all readers yang sudah rela membaca tulisan saya sepanjang ini. Semoga apa yang saya sharing bisa bermanfaat ya.


No comments