ASUS ZenBook UX410UQ, Si Slimmy Ultrabook Khusus Untuk Para Zencreator


Dulu waktu awal-awal nyari netbook, waktu ditanya suami, saya cuma bilang, udahlah, beli aja yang murah meriah. Soal berat, warna, and spec gak terlau penting. Kan saya cuma ibu rumah tangga and entrepreneur yang palingan cuma pakai buat apa sih, yah office, browsing, blogging. Udah itu aja. Ehh ternyata makin lama saya menyadari bahwa yang dibutuhkan saya bukan cuma itu aja, tapi space and berat juga ternyata PENTING!


Kok Penting Emang Buat Apaan?

Yahhh lulusan Biologi gini-gini juga saya bisa design lah dikit-dikit. Mainin photoshop, corel draw tip hari buat desain blog and baju. Kalau desain gitu kan butuh yang space nya lumayan? Gak sih, saya bukan tipe yang main games gitu. Ohiya satu lagi saya hampir lupa, buat editing and upload video! Ahahaa.. penting tauk punya notebook yang super duper oke performanya. Saya udah ngerasain deh upload dari netbook yang biasa aja sama yang performanya oke. Ceritanya minjem punya temen yang logonya apel itu loh. Huhuu ya ampun gampang banget yak, itu editingnya, dan segala macemnya buat editing video. Sementara netbook saya megap-megap. Jadi satu persatu videonya yang udah jadi, dan gak kepakai, dipindahin ke external harddisk (untuk ngakalinnya).

Sekarang saya lagi berjuang nih, lagi ngumpulin duit, buat bisa kebeli si slimmy netbook dari ASUS ini, namanya ASUS Zenbook UX410UQ.


Serius menggarap pasar notebook kelas atas, ASUS kembali merilis varian notebooknya dari lini ZenBook. Adalah ASUS ZenBook UX410UQ, ultrabook model terbaru yang ditujukan bagi para ZenCreator, alias penguna kreatif, yang banyak menghasilkan karya dan konten-konten yang membutuhkan tingkat kreativitas tinggi dalam proses penciptaannya.

Notebook berbasis sistem operasi Windows 10 dan Intel Core i7 generasi ke-7 Kaby Lake ini merupakan generasi penerus dari ZenBook UX310 dengan beragam upgrade dari perangkat pendukungnya. Dan yang paling menarik, ukuran layarnya diperbesar menjadi 14 inci, namun tidak serta-merta membuat dimensi notebook ini jauh lebih besar. Bahkan notebook layar 14 inci yang satu ini punya ukuran yang serupa dengan notebook berukuran 13 inci.


Semua dimungkinkan oleh penggunaan bezel yang tipis, hanya 6 milimeter, jadi membuat screen to body ratio notebook dengan ketebalan cuma 1,895cm dan diperkuat Core i7-7500U yang punya cache sebesar 4MB berkecepatan hingga 3.50 GHz ini mencapai 80%. Jauh lebih tinggi dibanding varian sebelumnya.



Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia mengatakan bahwa para users kini dapat melakukan lebih banyak hal dengan ZenBook UX410UQ, terutama yang berhubungan dengan pembuatan konten kreatif mulai dari artikel, olah foto, desain grafis hingga multimedia, karena  sudah didukung oleh spesifikasi mumpuni berbasis Intel Core i7 generasi ke-7 dan juga graphic card Nvidia GeForce. 

Sebagai gambaran, Galip menambahkan, pada umumnya, notebook ultra tipis atau yang disebut juga dengan ultrabook hanya diperkuat oleh grafis terintegrasi seperti Intel HD Graphics. Bahwa dengan ZenBook UX410UQ, ASUS memenuhi kebutuhan pengguna dengan memperkuatnya dengan Nvidia GeForce 940MX dengan GDDR3 VRAM sebesar 2GB yang bertenaga untuk memenopang pengolahan foto, video ataupun multimedia playback.

Tak hanya itu, untuk memori utama, ASUS telah menggunakan RAM DDR4 2133MHz pada ZenBook UX410UQ. RAM berteknologi terbaru ini menawarkan bandwidth hingga 34GBps, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan RAM DDR3 yang antara 17GBps sampai 30GBps. Ini membuat performa notebook secara keseluruhan menjadi lebih tinggi lagi dibanding notebook pada umumnya.

Dengan layar LED backlit 14 inci rasio 16:9, ZenBook UX410UQ mendukung resolusi FullHD 1920x1080. Panel Anti-Glare yang disediakan juga dapat mereduksi pantulan silau yang mungkin akan muncul dari arah belakang pengguna. Adapun layar IPS membuat tampilan dapat dilihat dengan baik dari sudut pandang hingga 178 derajat. Galip juga menambahkan layar ini akan membawa dampak positif yakni pada peningkatan kreativitas dan kenyamanan bagi para pengguna saat sedang berkreasi.

Desain Premium dan Kompak

Dengan ketebalan hanya 1,895cm dan bobot kurang dari 1,5Kg, notebook ini menawarkan ketipisan dan keringanan yang luar biasa untuk ukuran sebuah notebook 14 inci. Dengan demikian, pengguna tak perlu mengkhawatirkan aspek mobilitas saat membawa ZenBook UX410UQ ini ke manapun ia pergi.

Untuk menunjang penampilan, ASUS juga mendesain notebook dengan finishing concentric circle yang menjadi ciri khas ultrabook premium ASUS ZenBook sejak awal kehadirannya. Dua pilihan warna yang disediakan, yakni Rose Gold dan Quartz Grey, membuat pengguna dapat memilih varian mana yang lebih pas dengan selera masing-masing. Tinggal pilih aja mau warna apa. 

Kalau saya sih lebih suka warna Rose Gold. Yah warnanya kan cewe banget :)



Performa Tinggi dengan Intel Core i7 dan Nvidia GeForce


ASUS ZenBook UX410UQ sudah menggunakan prosesor Intel kelas atas generasi terbaru dan dilengkapi pula oleh grafis berbasis Nvidia GeForce 940MX untuk mengakselerasikan performa. Kombinasi kedua chip CPU dan GPU tersebut membuat seluruh aplikasi bejalan lebih mulus dan bahkan game pun dapat dimainkan dengan lancar.

Untuk menampung penyimpanan data dan konten digital, ASUS ZenBook UX410UQ mendukung harddisk SATA hingga sebesar 1TB. Sebagai penyimpanan utama, ASUS menyediakan storage berbasis SATA3 M.2 SSD hingga sebesar 512GB. Penggunaan SSD ini menghadirkan performa yang jauh lebih tinggi hingga 15 kali lebih cepat, khususnya saat pengguna sedang menjalankan sistem operasi, aplikasi, membuka ataupun menyimpan data.

Pengguna perangkat portabel dengan mobilitas tinggi juga akan sangat terbantu dengan touchpad yang disediakan. Lapisan kaca yang disertakan di permukaan touchpad menawarkan user experience yang lebih baik. Touchpad akan terasa lebih smooth dan nyaman saat disentuh.

Seperti pada notebook ASUS lain pada umumnya, ZenBook UX410UQ juga sudah didukung oleh seamless one-piece keyboard yang akan membuat pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman. Keyboard jenis ini lebih padat dan kuat sehingga terasa mantap saat ditekan. Belum lagi travel distance tombolnya yang mencapai 1,6mm atau hampir 3 kali lebih jauh dibanding notebook pada umumnya, membuat pengalaman mengetik menjadi semakin menyenangkan. Selain itu, yang juga sangat penting, notebook ini juga dilengkapi dengan Illuminated Chiclet Keyboard sehingga pengguna bisa tetap bekerja dengan nyaman meski di malam hari atau dalam kondisi pencahayaan redup.   

Di Indonesia ultrabook 14 inci yang tipis dan berkinerja tinggi ini telah tersedia di pasaran di kisaran harga Rp15.799.000. Yang menarik, setiap pembelian unit ZenBook UX410UQ pengguna juga akan mendapatkan sleeve premium dari ASUS untuk memudahkan mereka membawa notebook ini ke manapun mereka pergi.


Demi kemudahan saat akan menghubungkan notebook ini dengan proyektor saat akan melakukan presentasi, ASUS juga menyediakan aksesoris HDMI to VGA cable. Adapun untuk terhubung dengan jaringan, tersedia pula USB 3.0 to RJ45 dongle. Semuanya tersedia secara cuma-cuma di dalam paket penjualannya.

Nah, sekarang udah tahu kan, kenapa si Zenbook ini ditujukan untuk semua Zencreator? :)


4 comments

  1. Keren banget ya, slim namun spekta banget deh, ngiler

    ReplyDelete
  2. wahhh cocok dah ni Asus Zenbook ux410uq

    ReplyDelete
  3. Ada harga ada rupa ya mb Oline, bisa nih dijadikan referensi jikabeli laptop.
    Asus ux410uq ini cocok buat suamiku

    ReplyDelete
  4. Speknya cocok buat multitaskingnya content creator nih ya, kak :)

    ReplyDelete