5 Alasan Ini Yang Buat Saya Jatuh Cinta ke Downy

Coretan ala emak-emak gaul yang suka ngafe :) - Doc: Pribadi

Oline: Maaaa, ini lina setrika baju, kok bajunya gak wangi ya?
Mama: Lina, pakai pelicin baju dong, itu ada pewanginya sekalian, jadi baju kamu gak apek
Oline: Oh gitu, jadi harus di semprot ini dulu ya
Mama: Ya iya dong lin, semprotnya merata ya, jangan sampai enggak, karena udah pakai pelembut tetep aja gak wangi


Sejak saat itu, setiap setrika baju, sudah menjadi kebiasaan, saya selalu menggunakan yang namanya pelicin pakaian, karena kalau tidak pakai pelicin pakaian, mau hujan atau tidak, baju pasti apek even saya menggunakan pelembut sekaligus pewangi pakaian (apakah kamu mengalami hal yang sama dengan saya?), hal itu saya lakukan dari dulu sampai sekarang. Saya pernah berkata dalam hati "Mungkin gak yah saya tidak perlu menggunakan pelicin dan pewangi pakaian setiap kali saya setrika baju?", ya udah, namanya juga emak-emak kata hati jadi perhitungan di buku coret-coretan.

Perhitungan ala emak-emak - Doc: Pribadi

Dari uang 4.1 juta bisa jadi 159 juta? Buat yang bingung, dibawah ini saya iseng-iseng bikin tabelnya di excel (mohon maaf kalau ada perhitungan yang salah, maklum emak-emak), lumayan lah dari uang 4.1 juta bisa untuk bantu-bantu sedikit waktu Narend merid ☺

Tabel diatas hanya ilustrasi kenaikan harga LM 20% selama 1 tahun, bisa kurang bisa lebih - Doc: Pribadi

Usai buat perhitungan diatas, rasa mumet dan capek campur jadi satu, tidak terasa mata kriep-kriep ala 10 watt turun ke 5 watt, 10 menit kemudian ........

Henderson Waves Bridge

Saya melangkahkan kaki diatas lantai kayu, di kiri dan kanan saya melihat banyak pohon yang rindang dan rerumputan, waktu saya melihat ke kiri, ada sinar yang hangat dari arah tembok ternyata ada lampu-lampu di sepanjang jalan yang dipasang pada tembok, sangat unik sekali karena di Indonesia saya belum pernah merasakan tempat seperti ini, saya baru ngeh ternyata saya sedang berada di salah satu lokasi favorit para traveler yaitu Henderson Waves Bridges. Wah enaknya berjalan-jalan disini, banyak orang-orang dari berbagai negara ada disini. Tiba-tiba saya mendengar seseorang memanggil nama saya, waktu saya melihat ke kiri dan kanan, tiba-tiba jalanan yang tadi sedang ramai orang mendadak hampa tidak ada orang sama sekali, waktu saya melihat ke belakang, juga tidak ada orang. Tapi suara orang yang memanggil saya makin keras, dan tubuh saya bergetar seperti di goyang-goyang. Tiba-tiba .......

"Mi, ini cucian mau langsung dijemur gak?"
...
"Mi, oii bangun! Cepetan lho, kita hampir telat. Acaranya mulai jam 6.30"
...
...
"Mi????.."

Astaghfirullah... ternyata saya semalam bermimpi jalan-jalan ke Singapore sendirian, tanpa suami dan Narend. Yah maklumin aja, karena sudah 3 hari ini saya latihan Joget Downy di rumah siang-siang pas Narend lagi bobo. Pasti kamu bertanya "Lah Oline, apa hubungannya perhitungan diatas dengan Joget Downy?" Tenang, saya akan ceritakan hubungannya sebentar lagi.

Henderson Waves Bridge

Sekilas tentang mimpi saya. seperti di Indonesia, Singapore memang tidak pernah akan habis akan tempat wisata yang baru dan menarik. Mendengar cerita dari para traveller, selalu aja ada tempat baru dan seru. Salah satunya adalah Henderson Waves Bridges. Katanya lokasi jembatan ini jauh dari mana-mana. Tapi biasanya yang pernah ke Singapore akan menyempatkan datang ke jembatan ini. 

Namanya Henderson Waves adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Telok Blangah Hill Park dan Mount Faber Park yang ada di sebelah kiri dan kanan Henderson Road. Dari namanya dan melihat sekilas saja mungkin kamu sudah bisa mendapat gambaran ya, yes, jembatan ini bentuknya seperti ombak, berulir dan berombak-ombak gitu, seperti lintasan halilintar. Tapi jembatan ini justru adalah jembatan tertinggi di Singapore lho. Tingginya mencapai 36 meter di atas jalan raya. Jadi kalau mau ke jembatan ini kudu pakai sepatu atau sendal yang nyaman. Ada lengkungan keatas, dan lengkungan ke bawah. Ada yang bilang ini implementasi dari sebuah persamaan matematik sinusoidal. Entah bener atau tidak sih ya. Yang pasti jembatan ini cantik banget buat foto-foto. Yah lumayan kan, nambah-nambahin gallery photo kita di Instagram. Biar jadi anak kekinian yang hobbynya travelling ☺

Joget Downy

Nah tadi kan saya bilang sedang latihan Joget Downy selama 3 hari ini, nah hari ini tepatnya minggu tanggal 26 Maret 2017, saya bela-belain semangat bangun pagi, usai sholat subuh untuk berangkat ke Car Free Day di sekitar senayan dan fX. Jadi ceritanya 5 hari yang lalu, saya sempat dimention oleh teman saya di twitter, kalau Downy lagi ngadain kontes #JogetDowny. Dan salah satunya Downy mengadakan roadshow di berbagai kota seperti di Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, dan terakhir di Jabodetabek. Awalnya sih saya ragu mau ikutan joget ini, tapi kata suami "Udah ikut aja, iseng-iseng berhadiah, kali aja bisa ke Singapura gratis ☺"

Kayaknya ini rekor saya bangun pagi-pagi terus ikutan olahraga di daerah Jakarta pulak. Yang biasanya saya cuma mau di daerah Bekasi ☺ Alhamdulillah waktu sampai di lokasi, suami langsung parkir ke fX and you know what dari B1 sampai B3, full, sampai-sampai parkiran harus paralel loh. Sampai di luar fX, pastinya banyak sekali orang yang ikutan CFD, tapi dengan mudah saya menemukan lokasi Downy Van, karena ada balon udara seperti ini dan sudah terlihat dari kejauhan ☺


Sekilas tentang Boom Boom Van

Downy dengan Boom Boom Van-nya mengajak para pengunjung CFD melakukan #JogetDowny dan tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan sampel produk Downy gratis sekaligus mengenalkan kalau ada 3 varian baru. Downy Boom Boom Van ini datang ke beberapa kota pilihan salah satunya ke pasar-pasar. Pemilihan tempat ini untuk menggambarkan bahwa bau-bauan tidak sedap akan kerap kali kita temukan di pasar, yang sangat familiar dihadapi oleh masyarakat Indonesia pada saat mereka berada di pasar.

Ini adalah rundown roadshow Downy Van.

Downy Van Schedule - Doc: jogetdowny.com

Dan yang di datangi oleh Downy Van kali ini adalah Jabodetabek.

Flash Mob ala Joget Downy - Doc: Pribadi

Stand atau Booth Downy - Doc: Pribadi

Untuk sesi pertama diawali dengan aerobik, lalu dilanjutkan dengan zumba dan Flash Mob lalu diakhiri dengan Joget Downy.

Ikutan nampang joget downy - Doc: Pribadi
Balon yang dipakai untuk Zumba - Doc: Pribadi

Selain itu juga disini ada booth Downy. Pastinya saya tidak melewatkan untuk foto-foto di boothnya dan memanfaatkan promo Downy ^^ oiya, buat yang beli Downy di hari itu, bisa mendapatkan gift menarik.

Ayo di pilih mau yang mana? - Doc: Pribadi

A post shared by Oline (@carolineadenan) on

Yang seru dari Joget Downy ini, kamu bisa ikutan cetak foto gratis loh. Caranya? Pertama foto diri kamu waktu ikutan acara Joget Downy, Kedua upload ke sosial media, trus bisa langsung dicetak disini.


Promo Downy : Kalau membeli 4 renceng atau 24 sachet yang isi 22 ml, atau membeli 2 pcs refill isi 250 ml, akan mendapatkan hadiah langsung.




Finally saya langsung beli 3 buah Downy disini, alasannya yah karena ada 3 varian wewangian baru, yaitu Sunrise Fresh, Garden Bloom dan Sekali Bilas. Kebetulan bulan ini stock pelembut di rumah lagi habis. Lumayan juga harganya lebih murah daripada harga supermarket ^^

Tutorial Joget Downy

Tadi saya ceritakan kalau saya latihan 3 hari 3 malam semalam suntuk gak pake tidur sambil semedi (lebay mode on), untuk ikutan Joget Downy, nah ini nih, jadi selesai acara, kamu harus berani untuk tampil di depan, trus di videoin, nanti videonya akan di pilih oleh tim Downy, nah yang paling keren, paling asik, paling gokil bisa dapat travel gratis ke Singapura, nah itulah kenapa saya sampai mimpi jalan-jalan ke Singapura karena mau banget ikutan Joget Downy ☺ Oya, buat kamu yang mau tahu gimana Joget Downy, nah nonton Youtube dibawah untuk Tutorialnya ☺


Ok back to home, saya membawa pulang 3 varian baru ini untuk saya cobain mana yang paling asik ☺


Finally saya coba di rumah ☺

Varian Downy yang pertama saya coba adalah Downy Sekali Bilas.

Downy Sekali Bilas

Pengharum pakaian terbaru yang memberikan wangi segar bunga-bungaan di pagi hari, woody dan wewangian rose.


Ini adalah varian terbaru dari Downy dengan formula terbarunya, yaitu Malodor Neutralization Technology dan Perfume Micro Capsules, yang bisa menetralisir bau yang bisa menyebar dan menempel pada pakaian saat dicuci supaya pakaian tetap wangi setiap kali digosok.

Nah, hasil saya searching seperti ini :
"Malodor Neutralization Technology is A subspecialty of Fragrance Resources is odor neutralization based on our technology and experience in the development of neutralizing ingredients and compounds. We can work with you to neutralize mal odor in both the household and personal care categories"
Jadi Malodor Neutralization Technology ini sebuah teknologi yang khusus untuk menetralisir bau yang tidak sedap untuk perlengkapan rumah tangga (baju).

Salah satu item perlengkapan rumah tangga bagi saya yang tidak boleh absen adalah beli Softener baju. Karena penting banget supaya baju kita tetap wangi saat di dalam lemari pakaian dan membantu melembutkan serat-serat kain. Aktivitas kita pastinya tidak terlepas sama yang namanya bau-bauan. Apalagi aktivitas saya sehari-harinya di dapur, segala macam bau masakan, bau bawang, bau masakan, bau kompor pasti semua nempel. Belum lagi suami saya, sehari-harinya berjuang di perjalanan melawan kemacetan, panas, dan sebagainya. Narend juga, sehari-harinya main di rumah. Jadi bisa dibilang baju itu kudu wangi.

Biasanya pekerjaan yang paling dihindari oleh ibu-ibu rumah tangga pada umumnya adalah mencuci dan menggosok baju. Atau ini anggapan saya aja ya? Tapi saya sih gak. Kalau mencuci saya semangat banget, lha wong tinggal taruh baju ke mesin cuci, saya tinggal sesaat sekitar per 30 menit, peras dan tinggal jemur deh. Maklum mesin cuci di rumah itu masih front top loading, dan mesin pengeringnya rusak, jadi urusan pengeringan dan otomatisnya juga rusak. Jadi harus dicontrol per 15 menit sih. Jadi total waktu yang diperlukan untuk mencuci baju adalah 1 jam. Jadi sambil saya mencuci, saya bisa mengerjakan hal yang lain.

Lain hal urusan menggosok atau menyetrika baju. Justru saya menghindari itu semua. Karena menyetrika tidak bisa multitasking. Dan waktu yang diperlukan untuk menyetrika biasanya maksimal 1 jam. Nah, terkadang kalau lagi kumat malesnya, saya tinggal bawa aja baju saya yang sudah kering, lalu numpang gosok di laundry langganan.

Sering juga sih, gak hanya numpang nyetrika tapi 1 paket nyuci dan setrika. Tapi akhir-akhir ini cuaca hujan terus, laundrypun jadi waiting list. Daripada lama dan bajunya mau dipakai segera, plus wangi pengharumnya saya gak terlalu suka, ujung-ujungnya akhirnya saya cuci sendiri juga deh di rumah.

Cuaca yang lembab khusus di musim hujan ini membuat saya harus berpikir keras, gimana caranya cucian gak numpuk di keranjang baju kotoran dan jemuran, tapi tetap wangi ya? Sebelum saya kenal Downy, biasanya saya ngakalinnya dengan menuangkan softener lebih banyak takarannya dari biasanya. Frekuensinya tetap 1-2 kali sehari.

Baju yang kemarin saya pakai untuk berolahraga saya coba cucikan dengan Downy, bersamaan dengan pakaian lainnya (baju suami dan Narend). Saya mencuci dengan menggunakan mesin cuci.


Ada 2 cara mencuci sesuai dengan kebiasaan di rumah, cuci dengan tangan dan mesin cuci.

Cara Pakai (Cuci Tangan) :

1. Cuci baju dengan detergen, bilas lalu peras.
2. Rendam pakaian dengan larutan Downy. Perbandingannya 3/4 tutup botol untuk 15 potong)
3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
4. Peras lalu jemur. Tidak perlu dibilas lagi

Cara Pakai (mesin Cuci) :

Tuang Downy ke dalam mesin cuci. Perbandingannya kira-kira 1 1/2 tutup botol untuk muatan penuh sampai 52 liter air.

Warning! 

1. Jangan langsung tuang Downy ini ke pakaian ya, karena ini tinggi konsentrat. Bisa merusak tekstur kain.
2. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
3. Kalau terkena mata tidak sengaja, segera bilas menyeluruh dengan air.
4. Simpan di tempat sejuk dan jauhkan dari sinar matahari langsung.
5. Jangan dicampur dengan detergen.

Setelah baju kering dan digosok, wanginya lebih tahan lama. Bahkan bajunya suami saya masih wangi saat pulang ke rumah.


Memang beda banget wanginya, karena Downy konsentrat tinggi, jadi dituangkan sedikit saja wanginya langsung tercium. Bahkan saat pakaian dijemurpun wanginya sampai kemana-mana. Setelah pakaian kering, baju saya tetap wangi, padahal saya belum memakai pewangi pakaian nih.



Karena namanya Sekali Bilas, jadi cukup sekali bilas aja bisa menghilangkan seluruh busa yang menempel, lebih hemat waktu dan tenaga.

Kenapa Harus Pakai Downy, Bukan Yang Lain?

Jujur saja, kalau ditanya berapa alasan yang bisa saya jabarkan disini, akan sangat banyak sekali, namun secara garis besar, 5 hal dibawah yang buat saya jatuh cinta sama si Downy

1. Lebih Hemat

Yang namanya emak-emak, kata hemat mengandung banyak arti, untuk Downy ada 3 hal yang berhubungan dengan kata hemat, mulai dari :
- Hemat air, karena konsentrat tinggi dan kemampuan sekali bilasnya bisa menghilangkan sabun seketika jadi air yang digunakan bisa lebih hemat
- Hemat waktu, karena bisa menghilangkan sabun seketika dan tidak butuh pelicin, maka waktu untuk mencuci akan lebih cepat
- Hemat biaya, kalau sebelumnya saya harus membeli pelicin pakaian, sekarang sudah tidak usah beli lagi
Jadi lebih banyak hematnya, apalagi saya tidak memiliki asisten rumah tangga jadi waktu saya untuk mengerjakan hal yang lain lebih banyak.

2. Lebih Harum

Bedanya dengan pelembut lain, Downy memiliki teknologi Perfume Micro Capsules yang dapat menyebar dan menempel pada pakaian saat dicuci supaya pakaian tetap wangi saat digosok, jadi tidak ada lagi yang namanya bau apek dan yang terpenting, tidak butuh deh yang namanya pelicin pakaian.sehingga berbagai masalah bau tidak sedap yang menempel pada pakaian, seperti bau bawang, bau keringat, bau ikan, bau asap knalpot, bau minyak, bau rokok, bau asap makanan, bau kaki, bau cabai sampai bau kecap ikan hilang seketika dan pakaian harum lebih lama.

3. Lebih Praktis

Sebelumnya saya butuh pelicin pakaian, jadi harus selalu sedia, namun sejak pakai Downy saya tidak pernah lagi beli yang namanya pelicin pakaian, benar-benar praktis sekali. Sssttt, kalau dulu saat keluar kota saya membawa pelembut dan pelicin pakaian plus setrika portable, sekarang cuma butuh pelembut Downy saja, jadi lebih compact di koper :)

4. Lebih lembut

Sebelumnya, saya selalu membeli pelembut khusus untuk saya, dan satu lagi pelembut untuk baby, karena Narend tidak suka kalau baju yang dia pakai kasar, sejak pakai Downy saya tidak pernah lagi membeli pelembut baby, cukup Downy untuk semua baju saya dan Narend.

Hm.... Downy, lembut dan harum - Doc: Pribadi

5. Wangi tahan lama

Kalau di point 2 saya bilang ada yang namanya Perfume Micro Capsules, nah ada satu teknologi lain yang dimiliki Downy yaitu Malodor Neutralization Technology yang gunanya menetralisir bau tak sedap (baca apek) yang tidak kita inginkan. Nah ke-2 teknologi ini bekerja sama secara harmonis untuk menetralisir bau tak sedap serta membuat wangi tahan lama saat di gosok, sehingga walaupun bajunya udah dipakai seharian tetap wangi.

Varian kedua yang saya coba adalah Downy Garden Bloom. Pengharum ini memberikan kesegaran dan wangi romantis bunga-bungaan, buah-buahan dan wewangian powdery.


Varian ketiga yang saya coba adalah Sunrise Fresh. Wanginya wangi segar bunga-bungaan di pagi hari, woody dan wewangian Rose.



Buat kamu yang mau tahu keseruan Joget Downy di Car Free Day, nonton video dibawah ya ☺


Oya, buat kamu yang sudah mulai tertarik dan berencana membeli Downy, dibawah ini harga pasarannya

Botol 900 ml IDR 36.900
Botol 1800 ml IDR 66.900
Refill 250 ml IDR 9.900
Refill 900 ml IDR 26900
Refill 1600 ml IDR 46.900

Kalau Downy bisa buat pakaian saya lembut dan harum lebih lama, buat apa pertahankan yang lama kan? ☺ Oya, setelah saya mencoba 3 varian ini, saya suka banget dengan wangi varian Sunrise Fresh-nya, selain harum banget rasanya fresh ☺

Yuk beralih ke Downy


33 comments

  1. ahhh lengkap banget mba oline,,smoga terwujud ya ke Singaporenya mba udah sampe kebawa mimpi hehe..btw itu jembatannya disebelah mana mba, aq taunya helix bridge lumayan gempor nih nelusuri jembatan ini waktu ke spore :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Makasih mba Ria ;)
      Iya itu helix bridge nya .

      Delete
  2. Aku pake yang biru muda,wangiii

    ReplyDelete
  3. Wanginya memang tahan lama banget. Aku pun ketagihan memakainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener. Masa baju suamiku tetep wangi walaupun pulang dt kantor? Amazing kaan..

      Delete
  4. Yaaah jadi cuma mimpi? Mba Oline udah hafal Joget Downy? Aku mau ikutan tapi ko ga hafal-hafal. Ga bakat kali nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa jadi hapal beneran.
      Itu joget downynya lumayan bisa bikin badan segeran dikit. Krn kan terhitung mini zumba gitu gerakannya :))

      Delete
  5. Oalah, ternyata pakai Downy lebih hemat ya ketimbang masih pakai semprotan pewangi pakaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari perhitungan aku aih, iya. Jadi lebih hemat. Karena downy cuma pakai sedikit aja udah wangi plus setelah kering juga maaih wangi dan lembut.

      Delete
  6. Wah aku paling suka banget mbak makai downy sunrise fresh, baunya harum dan segar, selain itu juga tahan lama.

    ReplyDelete
  7. Dari dulu sy sdh pake downy skrng ada varian barunya jd tmbh suka

    ReplyDelete
  8. sekarng aku pakai downi juga... ;)

    ReplyDelete
  9. Aku juga suka downy yg sekali bilas. ga repot kalau busa banyak & engga buang-buang air

    ReplyDelete
  10. Saya gak pernah pakai pelicin pakaian, cukup pewangi aja. Downy memang paling wangi, sih. Enak pula wanginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku emang yang tipe pakai pelicin pakaian kalau mau gosok. Biar gosoknya enakeun gitu.

      Delete
  11. Aku pake downy tp khusus utk baju2 anakku mba hahahaha :p. Baju mereka dan baju kita memang beda sih yang nyuci.. Kalo baju anak2, babysitternya yg nyuciin. Makanya aku beliin pewangi bajunya khusus.. Kalo bajuku ama suami pake pelicin aja biasanya mba :D. Tp memang bgs kok downy ini.. Aku suka nyiumin anakku kalo bajunya baru digosok trs dipakein.. Lamaaa wanginya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini baju anakku tetep wangi. Aku jd suka nyiumin juga ^^
      Hihii jadi alasan ya nyiumin suami and anak2 kita :))

      Delete
  12. Setuju Mbak kalau Downy bikin jatuh hati, terbukti wanginya enak dan bebas bau apek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Ditaruh di lemari wanginua tahan lama ya.

      Delete
  13. Aku lagi pake downy skrg, kmrin dpet promo yg 1L cm 10rb.
    Wanginya lumayan tahan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai berapa kali nyuci tuh yang 10rb?

      Delete
  14. Pake Downy itu bikin hemat anggaran rumah tangga ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Ternyata lebih hemat ya. Aku pikir dulunya lebih mahal. Ternyata kalo diitung2 ya lebih murah.

      Delete
  15. Mantab jiwa, artikelnya mba bener=bener lengkap. Semoga cita-citanya ke Singapore bisa terwujud :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh amiiiin. Makasih doanya ya mba. Iyaa nih, aku blm pernah ke Singapore sama sekali.

      Delete
  16. Aku juga pake Downy, seger banget wanginya.

    ReplyDelete
  17. Intinya Kalau Downy tuh harumnya tahan lama .....

    ReplyDelete
  18. Akupun cinta banget sama downy <3 Mak oline kece banget nih postingannyaaa. Yuk cuss bungkus mirorlessnya buat dibawa pulang.. Hihihihihii

    ReplyDelete