Belajar IT ala emak-emak dari ASUS ROG GX800

Me and ROG - Doc: Pribadi

Kejadian bermula saat saya nge-tag suami saya di Instagram tentang launching laptop gaming super canggih beberapa waktu lalu, ASUS ROG GX800. Nah ceritanya, waktu saya pulang ke rumah, suami langsung meng-"interogasi" saya dengan berbagai macam pertanyaan yang membuat saya mumet tujuh keliling.

My Husband: Mi, gimana laptop ROG yang terbaru tadi?
Lovely Wife: Keren
My Husband: Keren gimana?
Lovely Wife: Yah laptopnya cepet, main game lancar
My Husband: Terus?
Lovely Wife: Ya gitu aja
My Husband: Lah gimana, kemarin kan waktu launching ada overclock on the spot, pasti kan ada acara bongkar casing, tuning CPU dari BIOS, terus cek speed before dan after
Lovely Wife: Iya, tapi buat aku biasa aja, soalnya gak ngerti, kan aku bukan cowok yang suka main game :(
My Husband: Yaahhh, terus waktu disana nyobain apa aja?
Lovely Wife: Nyobain main game VR gitu, seruuu
My Husband: Yeahhhhhh, kemarin berarti gak nyoba seberapa cepat laptopnya dibanding laptop sejenis dong?

Lovely Wife: Enggak tuh
My Husband: Walah, ya udah deh, kita ke Mangga Dua deh besok

Lovely Wife: Mau makan seafood ya?
My Husband: Enggak, kita ke Mangga Dua Mall ke Asus ROG Store-nya
Lovely Wife: Ohh disana ada ASUS ROG Store, mau ngapain kesana?
My Husband: Yah mau jelasin en ngajarin kamu kelebihan laptop ROG dibanding laptop biasa itu apa. Karena laptop Asus ROG itu  belum tentu ada di semua ASUS Store, jadi hanya ada di ASUS ROG Store. Biar kamu gak kuper akan istilah-istilah IT
Lovely Wife: OK deh (dalam hati, lumayan dapet ilmu baru)
Prosesor Intel Core i7

Usai obrolan singkat di atas, selanjutnya suami terus aja nyerocos ngomong soal i7, sekilas dari yang saya tangkap, Intel Core i7 7870HK itu adalah prosesor terbaru dari Intel, yang sudah menggunakan Intel Turbo Boost Technology 2.0 jadi saat saya membuka banyak aplikasi laptop lebih responsive dan cepat. Belum lagi dukungan layar Ultra HD 4K yang membuat apa yang kita lihat di layar lebih realistis, belum lagi sekarang kan sedang nge-trend Video 360 di Youtube, Intel Core i7 membuat pengalaman kamu menonton video 360 lebih seru dan asik. Terakhir kalau tidak salah namanya Thunderbolt 3, kata suami ni adalah fitur yang memungkinkan transfer data super cepat.

Walaupun dalam dunia game saya bisa dibilang amatiran, namun dalam dunia event, saya telah menghadiri beberapa event Asus termasuk ROG itu sendiri, jadi kalau di tanya ...

"Apa sih ROG itu?"

Dari tadi saya bilang ROG, saya yakin belum semua aware apa itu ROG, buat kamu yang belum tahu, ROG itu singkatan dari Republic of Gamers, jadi ROG adalah PC/laptop yang dijual oleh Asus yang hardwarenya di rancang khusus untuk gaming (jadi mulai dari CPU, RAM, Harddisk Batere, sampai layar dan fitur-fitur pendukung lainnya memang di dedikasikan untuk gaming), namun tenang dari hasil penyelidikan dan testing saya langsung di lapangan, Asus ROG tetap bisa digunakan untuk bekerja kok mulai dari menulis, membuat presentasi, desain grafis sampai nonton film dan menikmati alunan musik.

"Dimana sih ASUS ROG Store?"

Nah tadi kan saya gak ngeh kalau yang suami maksud ke Mangga Dua itu ke Asus ROG Store, kirain mau ngajakin makan seafood :) Oya, saat ini Asus ROG Store baru ada di Jakarta, tepatnya di

Asus ROG Store Jakarta
Mangga Dua Mall
Lantai 2, No. 39-40A, Jakarta Utara
No. Telp : 021-6120613

Buat kamu yang belum pernah ke Mangga Dua Mall, dibawah ini Google Maps-nya.


Nah setelah tahu lokasinya dimana, saatnya datang ke sana. Jujur aja sih, saya tidak terlalu tertarik mengetahui kelebihan ROG GX800, tapi karena suami terlihat antusias yah saya ngikut aja, lumayan dapet ilmu baru :) Namun karena kesibukan suami yang bekerja sebagai pegawai kantoran, jadi baru bisa hari Sabtu ke ROG Store, tepatnya hari Sabtu kami ke sini, ya sudah sekalian ajak Narend sambil jalan-jalan bersama keluarga. Sudah bisa ditebak kalau hari Sabtu jalanan macet, dari Bekasi suami ambil ke arah Ancol, keluar tol  Ancol, ambil arah Mangga Dua, sampai deh di Mangga Dua Mall.

"Ada gak ASUS ROG Store di tempat lain?"

FYI aja, Asus ROG Store pertama kali dibuka diseluruh dunia tahu gak dimana? Ternyata di Indonesia loh, tepatnya di Asus ROG Store Jakarta yang di Mangga Dua Mall pada 24 Maret 2016. Yang kedua, di Asus ROG Store Bandung yang bertempat di Bandung Electronic Center (BEC) lantai 1 Blok AC No. 3-5 pada 5 Oktober 2016. Yang ketiga, tak jauh dari pembukaan ke-2, pada 18 Oktober 2016 dibuka di Jogyakarta tepatnya di Kana Computer jalan Gejayan.

Balik ke Mangga Dua Mall, langsung saja ke lantai 2, kalau bingung coba tanya satpam tanya "ROG Store dimana", nanti kamu akan diarahkan ke salah satu store yang berbeda dengan toko komputer lain pada umumnya, karena dari kejauhan dari kamu akan melihat toko yang cat-nya warna mayoritas hitam, dan dari luar ada tulisan Republic of Gamers, langsung deh saya melihat berbagai macam display khusus ROG seperti Monitor 4K khusus gaming bahkan ada yang curve loh, ada motherboard (yang ini kata suami seperti kerangka tubuh manusia), lalu ada VGA Card mulai dari 4GB sampai 32GB, terus ada aksesoris khas Asus seperti mouse, keyboard dan headset yang bentuknya belum pernah saya lihat sebelumnya.

Kalau saya perhatikan disebelah kanan ada yang bentuknya kotak persegi panjang tanpa monitor, mouse dan keyboard, kalau kata suami namanya Desktop Mini Tower, dibalut warna hitam dengan bentuk yang tidak biasa, berkesan keren dan elegan. Di bagian tengah ada gaming center, suami jadinya nyobain main Counter Strike (CS) dan DoTA (jangan tanya saya ini game apa, saya enggak tahu, yang pasti sih suami main gamenya serius banget). Sambil nunggu suami nyobain Counter Strike, saya melihat dibagian tembok, ada aksesoris Asus seperti kaos, jaket, tas sampai WIFI Router. Nah usai suami selesai main CS, akhirnya, suami menuju bagian laptop dan melihat jajaran laptop, dan menanyakan ke saya "Ayo, coba cari ROG GX800 yang kemarin launching, yang mana coba?", wah lupa-lupa ingat deh laptopnya yang mana, kalau ditanya Zenfone 3 yang mana sih saya pasti tahu, tapi kalau ditanya ROG GX800 agak susah sih, setelah melihat beberapa laptop, saya melihat ada laptop dengan warna hitam pekat, bentuk yang sangat futuristik dan 2 buah speaker dibagian belakang, pikiran saya langsung ingat bahwa laptop yang saya lihat ini adalah ROG GX800.

Let's the Lesson Begin

My Husband: Coba kamu cari mana ROG GX800 yang kemarin baru launching?
Lovely Wife: Nah itu kan laptopnya?
My Husband: Wah itu mah bukan GX800
Lovely Wife: Hah... beneran kok itu GX800, sama persis sama yang kemarin aku liat
My Husband: Bukaaaannnn, itu GX700 bukannya GX800
Lovely Wife: Oh beda yah, beda apanya, kayaknya sama kaya GX800?
My Husband: Yang paling gampang, liat lebar layarnya, kalau GX700 itu 17.3", kalau GX800 itu 18.4"

Wah jadi malu, ternyata salah bedain GX700 sama GX800, biar orang lain gak ketuker seperti saya, akhirnya saya buat tabel perbandingannya dibawah.

Perbedaan spek antara GX700 dan GX800 - Doc: Pribadi

My Husband: Nah setelah tahu RX800 itu yang mana, dari kualitas layarnya bisa bedain sama laptop Asus kamu dirumah?
Lovely Wife: Kayaknya sama aja deh
My Husband: Sama gimana, layar monitor kamu dirumah kan HD, kalau ini udah 4K
Lovely Wife: Emang bedanya dimana
My Husband: Bedanya jauh banget, simplenya tuh HD resolusi 720 pixel, nah kalau 4K itu 5 kalinya, 3840x2160, ibaratnya nonton TV 14 inch sama TV 52 inch, enakan mana?Lovely Wife: Yah lebih enak yang 52 inch, lebih besar dan lebih jelas

18.4 inchi Real 4K UHD Matrix Output

Bacanya aja sudah pusing, kata suami, GX800 ini adalah laptop dengan layar 18.4 inchi pertama di dunia yang memiliki Real 4K UHD, jadi jika kamu pernah melihat iklan di beberapa toko yang jualan TV 4K, kualitas videonya terbaik saat ini, jadi saat main game pun videonya yang kita lihat dilayar sangat detail dan kaya warna, nah kerennya lagi buat kamu yang merasa 1 layar tidak cukup, kamu bisa menambahkan 3 monitor tambahan via HDMI 1.4 dan mini display port untuk menjadi multi-monitor console :)

Wah beda banget yah 4K sama HD

My Husband: Kamu tahu IPS gak?
Lovely Wife: Iya, Ilmu Pengetahuan Sosial
My Husband: Lah, bukan itu, ini hubungannya sama GX800 lah
Lovely Wife: Aku gak tahu
My Husband: IPS (In-Place Swithing) adalah teknologi pada layar LCD yang diciptakan untuk mengatasi masalah utama pada monitor yaitu twisted nematic field effect, kaya di smartphone sekarang, jadi gambar lebih akurat dan lebih terang

NVIDIA G-SYNC + IPS

Terdengar sih simple, ternyata kata suami G-Sync disini hubungannya dengan refresh rate loh, dan Nvidia G-Sync ini mendukung refresh rate 120Mhz sehingga jika ada game-game yang memiliki gameplay balap seperti Need For Speed maka tampilannya akan ultra halus sehingga tidak ada lagi yang namanya lag, minimalisasi stutter frame rate dan mengeliminasi visual tearing tanpa mengobankan kinerja laptop. Nvidia G-sync ini adalah fitur dari Nvidia yang memungkinkan gerakan gambar pada monitor disesuaikan dengan refresh rate dari GPU dan kerenannya lagi dengan layar IPS sudut pengelihatan bisa 178 derajat loh, jadi gambar tetap terlihat jelas mau gimanapun posisi duduk kamu.

Keren nih Nvidia G-Sync - Doc: Asus

VR Ready with Oculus Certified

Kalau mendengar kata VR, sudah pasti namanya Virtual Reality, nah suami tuh punya hobi kalau nonton or main game di smartphone, pakai Google VR yang dinamakan Google Cardboard, nah di GX800 ini sudah VR Ready, dimana ROG adalah notebook gaming pertama yang memiliki Oculus Certified, buat kamu yang belum tahu apa itu Oculus (termasuk saya), ternyata itu nama dari kacamata 3D , jadi dengan kacamata ini kita akan merasakan pengalaman mendengar dan merasakan setiap momen bermain game kamu lebih keren.

Sesuatu banget, GX800 bisa beli mobil :) - Doc: Pribadi

Lovely Wife: Oiya, kemarin waktu launching GX800, ada demo untuk overclock, emangnya overclock itu apa ya?
My Husband: Simplenya, overclock itu menaikkan clock speed atau nilai prosesor menggunakan berbagai macam cara, misalnya menaikan nilai multiplier, mengganti heatsink prosesor sampai menghilangkan penghantar pada prosesor
Lovely Wife: Wah gak ngerti, emangnya gunanya untuk apa?My Husband: Dengan menaikkan clock speed, misalnya 3Ghz, di overclock menjadi 3.8Ghz, itu artinya laptop 3Ghz yang dimiliki sekarang, kecepatannya sama dengan laptop yang harganya 3.8Ghz. Dan dalam dunia gaming, makin cepat clock speed, maka saat bermain game akan makin sip karena tidak ada gambar yang patah-patah


Overclock both CPU and GPU

Jika sebelumnya yang biasa di overclock itu adalah CPU, pada GX800 kita juga bisa loh melakukan overclock GPU :) Nah untuk melakukan overclock ini, kamu tidak perlu menjadi overclocker untuk bisa melakukan overclock. Asus sudah menyediakan tools khusus secara pre-installed yang dinamakan Asus Gaming Center. Jadi melalui tools ini kita bisa menaikkan frekuensi pada CPU dan GPU secara manual, sesuai limit yang sudah ditentukan. Ssst... sekedar bocoran, CPU-nya bisa di overclock sampai 4.6Ghz loh

Asus Gaming Center - Doc: Pribadi

Wah saya tidak mengira, dari sebuah laptop super mahal senilai Rp. 95.499.000, GX800 saya bisa belajar banyak hal loh, jdi gak kuper lagi deh kalau dengar istilah game dan yang terpenting, saya jadi tahu kenapa Asus ROG GX800 harganya mahal dan punya moto "Defy Convention Change The Game" karena memang GX800 diciptakan untuk para gamer yang siap untuk mengubah flow game apapun yang dimainkan di laptop ini.

Me and GX800 :) - Doc: Pribadi

No comments