Asyiknya Jalan-Jalan Gratis Bareng Marischka Prudence dan Tiket.com ke Ausssie Banget


Liburan bagi saya tidak sekedar "lari" dari rutinitas, tapi buat saya liburan adalah cara saya untuk "refresh" diri saya sehingga di keesokan harinya, saya mendapatkan energi baru untuk menjalankan rutinitas saya. Tapi kalau .....

Jalan-jalan gratis ke domestik atau luar negeri?
Plus dapat uang saku?
Menginap sekaligus makan di hotel bintang 5?
Kamu mau?


Yah kalau itu sih tidak hanya saya, tapi semua orang yang ditanya jawabannya pasti mau :) Bahkan saya yakin itu menjadi impian beberapa orang. Makan dibayarin, nginep di hotel bintang 5 berfasilitas mewah, makan all you can eat, plus dapat uang saku. Itulah semua fasilitas yang didapatkan jika kamu menjadi karyawan Travel, etssss .... gak, maksudnya kalau kamu menjadi seorang Travel Blogger. Tapi itu kamu lihat hanya sisi lain (sisi indahnya) menjadi seorang travel blogger. Ada hal lain yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan fasilitas itu semua. Dan itulah yang akan dishare kupas tuntas seluk beluk dan perjalanan dari seorang travel blogger kondang untuk acara Sobat Jalan #AussieBanget, Mariscka Prudence, atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Prue, diacara Ngobrol Bareng Tiket tentang Blog and Video bersama Tiket.com minggu lalu.

ILDI, apaan tuh?

Mungkin bisa dibilang, ini adalah event dan gathering pertama saya bersama Tiket.com dan komunitas ILDI (Buat kamu yang belum tahu ILDI? ILDI itu singkatan dari Indonesian Lifestyle Digital Influencers. Komunitas yang didirikan oleh mba Nunik Tirta ini, bertujuan untuk mewadahi para influencers (social media influence), yang related dengan dunia blogger, vlogger apapun niche blognya). Mau travel, lifestyle, beauty dan sebagainya semua ada disini. Jadi disini kita akan bertemu berbagai blogger lainnya. Dan kebetulan di acara ini mba Nunik menjadi moderator di acara ini.

Sayapun terbilang baru banget bergabung di komunitas ini. Mungkin sekitar 6 bulan terakhir ini. Ohya, mba Nunik ini adalah istri dari mas Natali Ardiarto. Kamu tahu siapa? Beliau adalah Co-Founder dari Tiket.com

Tadi ILDI, sekarang Tiket.com apa lagi nih?

Tiket.com adalah sebuah website dan aplikasi mobile, dimana kamu bisa menggunakannya untuk memesan tiket pesawat, tiket kereta api dan juga hotel, atau bisa juga menonton konser? Semua ada di tiket.com.



Tiket.com terbilang cukup familar di telinga saya dan suami. Pasalnya kami sering banget menggunakan aplikasi travel ini. Mulai dari memesan tiket pesawat, hotel dan sebagainya. Dan saya sering banget membandingkan dengan aplikasi lainnya, Tiket.com masih tergolong lebih murah dibanding yang lainnya, dan yang saya suka sudah include pajak.

Sebelum acara dimulai, ada acara Toss bersama dengan menggunakan gelas souvenir dari Tiket.com :)



Nah, di acara gathering lalu, di acara tersebut hadir salah satu CEO dari tiket.com, yaitu Gaery Undarsa. Beliau menjelaskan tentang program yang pernah dijalani oleh Tiket.com, seperti #SobatJalan dan #AussieBanget.

Mas Gaery menjelaskan bahwa Tiket.com pernah mengadakan program yang namanya #SobatJalan. Seperti kita tahu sekarang kan lagi jamannya Vlog atau video, nah Tiket sangat melihat itu menjadi sebuah peluang. Tiket mengajak beberapa para influencers untuk jalan (travelling) bareng dan hasil perjalanannya itu didokumentasikan melalui Vlog. Mulai dari awal keberangkatan sampai perjalanan pulang. Salah sagunya adalah Explore Pulau Lombok.


Selain itu juga tahun lalu mengadakan lomba di social media, salah satunya adalah posting di Intagram, mengenai keadaan yang menggambarkan suasana di Aussie. Gak perlu sudah pernah ke Aussie. Yang penting kamu bisa kreatif aja.

Dan finally terpilih satu pemenangnya, berangkat ke Aussie bersama Prue. Asyik ya! ^^

Kebetulan di acara tersebut hadir juga pemenang Instagram #AussieBanget itu disini. Dan Prue kali ini menceritakan pengalamannya ke Aussie bersama Tiket.com


Jujur aja Aussie ini menjadi salah satu bucket listnya sudah lama. Setelah dapat tawaran perjalanan oleh Tiket.com, Prue langsung menyambutnya dengan happy!

Dulunya Prue ini seperti orang-orang kenal sebelumnya Prue adalah seorang jurnalist Metro TV. Saya jiga salah satu yang sering nonton Metro TV dan lumayan sering kiga melihat Prue disana.

Waktu itu Prue ditempatkan di bagian News. Yang mana salah satunya dia harus berpindah-pindah tempat dan travelling untuk mencari berita. Tapi siapa sangka perjalanannya ini justru membuatnya ingin kembali lagi dan sangat mencintai dunia travelling. Banyak orang yang justru memintanya menuliskan perjalanannya dia waktu ia travelling itu dalam sebuah blog. Lama kelamaan Prue mencintai dunia blognya dan travelnya itu, kemudian 2 tahun lalu memutuskan untuk resign dari Anchor News TV menjadi full time travel blogger. Keren ya!

Mungkin orang melihat travel blogger itu enak banget ya, makan dibayarin, hotel dibayarin, perjalananpun semua dibayarin. Tapi sebenernya perjuangan dibalik itu juga sebanding apa yang kita dapatkan. Mulai dari menuliskan reportase perjalanan setelah pulang, atur engagement dengan pembaca, sampai mengatur perjalanan kembali supaya tidak bentrok satu sama lainnya. Yang mana travelling itu memakan waktu setidaknya 3-7 hari, plus jika kondisi kita sedang tidak fit, tapi terpaksa harus melakukan perjalanan. Begitu penjelasan Prue.

Ada satu pertanyaan dari audiens yang hadir disini : Bagaimana menulis sebuah pernyataan atau kejadian negatif yang tidak disukai oleh Prue dalam sebuah blog? Misalnya makanan tidak enak, hotel gak nyaman, dan sebagainya? Apakah dia akan menuliskan secara jujur, atau dia akan menuliskan apa adanya?
Jawaban Prue adalah, dia tipe yamg menuliskan apa adanya dengan menambahkan sisi lain dari hotel atau makanan tersebut. Sehingga orang gak hanya terfokus pada hal yang tidak saya sukai tersebut.

Tips dari Prue :

Ada beberapa tips yang diberikan Prue saat talkshow kali ini :

1. Menulis itu gampang, tapi menjaga konsistensi. As a traveller, dia sudah punya jadwal sendiri untuk menulis. Jadi sepulang ia trip, ia langsung menulis. Bukan pada saat ia melakukan perjalanan, karena ia ingin benar-benar menikmati perjalanannya.

2. Kalau kita tidak suka dengan apa yang diberikan, sebaiknya sampaikan langsung kepada si pengundang acara, jangan ujung-ujungnya malah misuh-misuh gak jelas do sosmed.

3. Kalau kamu ternyata tiba-tiba dapat tawaran untuk menulis di sebuah majalah, terima saja, karena itu ngebantu banget kamu untuk naikin branding dan nama kita.

4. Kalau kamu as a traveller, dan ingin explore kota atau negara baru, bisa search di Instagram based on hashtag atau location. Jangan di googling karena biasanya gambarnya ada yang tidak benar, kalau di Instagram kan real time. Apa adanya.

5. Last, just be yourself and do not push yourself too much.

Overall, acara ini sangat seru banget, finally saya jadi tahu suka duka seorang travel blogger seperti apa, tips menjaga konsistensinya seperti apa, yang pasti acara ini sangat bermanfaat.

Acara ditutup dengan sesi ngobrol dengan Prue dan berfoto bersama.




2 comments

  1. ajak aku Oline :)mau jalan-jalan gratis juga

    ReplyDelete
  2. Ah mau banget jalan - jalan gratisan, hihih

    ReplyDelete