Apartemen Yang Murah dan Terjangkau Untuk Mahasiswa Yang Tinggal Di Depok


Kalau misalnya saya ditanya saat ini, kalau punya uang 500 juta sekarang mau kamu apakan Lin? Pasti saya akan menjawab, saya akan berinvestasi di properti. Karena saya tahu, harga properti akan meningkat setiap tahunnya, dan pasti sangat menjanjikan. Mungkin saya akan membeli satuku buah rumah atau apartemen untuk Narend tiba saatnya nanti. Kalau harga rumah saat ini 500 juta, 15 tahun mendatang pastinya harganya sudah berkali-lipat :) 

Hmm.. itu seandainya kok. Yah boleh aja kan bermimpi. Yes, itulah mimpi saya setelah saya menghadiri acara blogger gathering bersama Apartemen Taman Melati ini. Lokasinya di daerah Margonda Depok. Saya ingat betul terakhir kali saya mampir ke Depok mungkin sekitar 1 tahun lalu saya gak ngeh bahwa sudah ada apartemen ini. Padahal lokasinya gak susah kok. Kalau dari arah Jakarta atau Bekasi, lokasinya di dekat stasiun UI (sebelah kanan).  

Tahun 1980an, Depok ini menjadi daerah pinggiran Jakarta yang sepi dan jauh dari hiruk pikuk metropolitan. Tapi sejak dibangunnya kampus UI di pertengahan tahun tersebut, jadilah daerah Depok perlahan-lahan sudah mulai berubah. Sekarang Depok jadi terkenal dengan kawasan pendidikan. Kalau orang dengar kata Depok, pastinya orang langsung teringat kampus UI.

Daerah Depok sangat familiar di telinga saya, karena dulu jaman-jaman saya kuliah, saya lumayan sering juga ke Depok, entah karena ada acara di kampus UI, atau sekedar main ke daerah Depok. Kebetulan juga adik saya lulusan Sarjana Ekonomi UI, dan dulu sempat ngekos di daerah Depok, jadilah saya sering main-main kesini. Jaman dulu untuk resto dan tempat hangout belum terlalu banyak seperti sekarang. Saya ingat sekali, tempat yang saya rajin datangi sampai larut malam adalah warnet, karena dulu belum ada dan belum banyak modem internet seperti sekarang. Resto sekarang juga sudah banyak banget ragamnya. Dulu daerah Depok sudah hidup, sekarang malah tambah hidup alias rame banget :)

Salah satu anak perusahaan PT Adhi Karya (Persero) Tbk yaitu PT Adhi Persada Properti (APP) melihat ini adalah sebagai salah satu peluang. Tahun 2010 APP membangun Taman Melati Margonda sebanyak 800 unit. Tahun 2013 nya kembali dibangun Grand Taman Melati Margonda sebanyak 507 unit. Jadi total unit apartemen yang sudah terjual dari kedua tower itu berjumlah 1307 unit. 

Selain itu APP juga mengembangkan apartemen dekat kampus lainnya, seperti Taman Melati Jatinangor dekat kampus UNPAD, ITB, IPDN, Taman Melati Yogyakarta dekat kampus UGM, Taman Melati Surabayat MERR dekat kampus UNAIR dan Taman Melati Malah Dinoyo dekat kampus UNBRAW.

Tahun 2010 saya bolak balik ke daerah Depok lho, tapi beneran deh, saya baru ngeh sekarang bahwa di Margonda ada sebuah apartemen seperti ini. Mungkin karena dulu saya belum terpikir bahwa bisnis properti itu sangat menjanjikan. 

Oke saya cerita saat kemarin saya gathering dulu yah.



Nara sumber talkshow siang itu, terdiri dari sebelah kiri ada Bapak Ferry Thahir, seorang General Manager Wilayah II PT Adhi Persada Properti. Beliau mengatakan pasti setiap tahunnya ada saja mahasiswa yang masuk ke kawasan Depok, dan mereka butuh tempat tinggal. Dari kalangan menengah sampai kalangan menengah keatas. Daripada mereka menyewa sebuah kamar kost, lebih baik mereka memiliki tempat tinggal. Lagipula banyak juga mahasiswa pasca sarjana yang dimana mereka sudah bekerja dan punya penghasilan sendiri. Selain mahasiswa juga ada para dosen dan karyawan perguruan tinggi.

90% penghuni apartemen ini adalah mahasiswa dan investor. Ada yang beli kemudian dijual kembali.


Grand Taman Melati II Margonda dibangun di area seluas 3.705 m2, berisi 839 unit dan dipasarkan dengan harga 500 jutaan per unit. Dari pembangunan apartemen sebelumnya sudah terlihat antusiasme dari warga sekitar dan progres penjualannya sudah mencapai 50 persen. 

Selain orangtua dari mahasiswa, APP juga membidik para investor untuk berinvestasi di proyek hunian ini. Seperti contohnya Bapak yang satu ini. Pak Ferry ini karena tahu daerah Depok ini sangat menjanjikan, dia berinvestasi juga sampai memiliki 4 unit lho. 


Kemudian nara sumber kedua adalah nomor 2 dari sebelah kanan, yaitu Ibu Elvira Wiganti, seorang Project Manager Taman Melati Margonda. 


Beliau mengatakan sejak awal pembangunan November 2016 lalu, pekerjaan konstruksi ini akan memakan waktu sekitar kurang lebih 2 tahun, dan dijadwalkan Desember 2019 unit apartemen ini sudah selesai serah terima kepada seluruh penghuni. 

Apartemen Grand Taman Melati II ini dibangun dalam beberapa tipe, yaitu Type Studio A, B, Studio Corner, 1 bedroom dan 2 bedroom. Penghuni juga akan dimanjakan degan berbagai fasilitas antara lain student center (indoor dan outdoor), swimming pool, fitness center, bank, mini market, cafe, laundry dan sebagainya.

Logo dari APP adalah Building Tomorrow Today dan APP selalu mengedepankan konsep saving environment. Karena APP melihat bahwa dalam membangun masa depan, kita juga perlu menyelamatkan masa depan, khususnya dalam hal lingkungan. 

Konsep yang diterapkan oleh Apartemen Grand Taman Melati II ini adalah bangunan yang ramah lingkungan, setiap bangunan yang dikembangkan dan dibangun oleh APP, akan memiliki unit pengolahan air, dimana air sisa akan diproses dan bisa digunakan kembali untuk kegiatan penyiraman tanaman, mencuci kendaraan dan sebagainya. Jadi tidak ada yang terbuang ya. 

Analoginya seperti ini :
Bila setiap penghuni apartemen dalam sehari rata-rata konsumsi 50 liter air, dan itu bisa diproses ulang. kita bisa menghemata air sebanyak itu juga. Jadi ini adalah salah satu langkah nyata dari APP, demi kelestarian alam di masa mendatang. 

Cica, seorang mahasiswa yang tinggal disini, juga hadir untuk memberikan testimoninya selama tinggal di apartemen ini. ternyata Cica sudah 2 tahun lho tinggal disini. Alasannya karena dekat dengan kampusnya UI, nyaman, aman dan semua fasilitas juga lengkap. Jadi gak usah kemana-mana lagi. 


Apa Kelebihan Apartemen ini dibanding apartemen lainnya?

Segmentasi apartemen ini adalah menengah keatas. Sudah dilengkapi AC, dan water heaternya. Selain itu juga tepat waktu dalam hal penyerahan kunci. Jadi bisa langsung digunakan (ditempati langsung atau disewakan kembali). Jadi bisa langsung dinikmati.

Harga Apartemen Grand Taman Melati II

Ini sekilas harga apartemen Grand Taman Melati II


Selesai acara talkshow saya dan teman-teman langsung menuju ke lantai 3, yaitu kolam renang. Kemudian lanjut foto-foto disini :)

Gak terasa hampir 1 jam saya main-main diatas ini. Ohya, dari lantai 3 ini kami bisa langsung melihat ke belakang stasiun UI lho. Jadi lokasi apartemen ini memang benar-benar dekat dengan stasiun UI. Tinggal jalan kaki aja.

Kolam renangnya ini ada 2, yaitu kolam renang Tower A dan B. Dua-duanya sama kok ketinggiannya 60 cm dan ada connecting accessnya.

Yang membedakan kolam renang ini dengan yang lainnya, adalah kolam renang ini hanya boleh dipakai oleh penghuni apartemen ini. Alias tidak dibuka untuk umum. Jadi kalau kamu mau main-main ke kolam renang ini bisa beli atau sewa apartemennya ya :)
 

Ohya, kalau kamu mau coba kecil-kecilan  ikut berinvestasi di bidang properti, bisa coba peruntungan menjadi sales marketing apartemen ini lho. Jadi kamu bisa jualan melalui aplikasi APP namanya. Tinggal search di playstore aja, Adhi Persada Properti, nanti munculnya seperti ini.


Mau lihat contoh kamarnya, atau mau coba sewa langsung, bisa melalui apps ini.

Finally saya happy banget bisa hadir ke acara gathering kali ini. Saya jadi tahu banyak tentang apartemen di daerah Depok ini. Saya jadi pengen nabung buat beli apartemen disini. Karena saya melihat langsung ini benar-benar sebuah investasi yang oke banget. Yakali aja saya tiba-tiba dapat rejeki yang tidak terduga, bisa langsung invest disini. #AmininAja :)

Gimana setelah melihat reviewku? Mudah-mudahan terbantukan buat kamu-kamu semua yang ingin berinvestasi di bidang properti, khususnya apartemen ya. 

Semoga bermanfaat.







8 comments

  1. Kalo punya unit apartemen bisa pake sendiri bisa juga disewain ya.. Aaak jd pengeen😄😄

    ReplyDelete
  2. Aku ama suami jg lbh seneng invest di apartm mba. Krn hrg jg lbh terjangkau.. Sbnrnya utk tinggal pun aku lbh seneng di apartm, secara lbh private, cocok buat aku yg kurang suka sosialisasi ama tetangga :p. Tp suami ga pengen anak2 jd tertutup, makanya apartmen kita sekarang disewain k org lain, kitanya pindah ke rumah :D. Jd anak2 juga bisa berbaur

    ReplyDelete
  3. fasilitasnya keren2 banget deh apartemen ini ya Lin.., harganya sebanding dengan keamanan dan kenyamanannya ya...

    ReplyDelete
  4. ada app nya inovatif juga ya ni mba Olin, pingin juga nih masarin apartemen ini, siapa tahu dapat satu unit..hihi..

    ReplyDelete
  5. Cuss ah langsung download aplikasi nya :)

    ReplyDelete
  6. Tamel ini emang strategis lokasinya dan ok banget buat inves.
    Aku udah dunlut aplikasinya dan nyobain :D

    ReplyDelete
  7. apartemen favorit mahasiswa nih

    ReplyDelete
  8. ikut jualin aah...biar bs kumpulin komisibuat DP :D

    ReplyDelete