Grand Launching Amara Skin and Aesthetic Centre di RSU Bunda Jakarta


Sepertinya hampir semua orang udah tahu ya kalau Rumah Sakit Bunda Jakarta itu terkenal dengan the best hospital for RSIA nya ya. Terbukti dari banyaknya kolega atau saudara saya yang melahirkan disana. Mulai dari teman suami hang istrinya melahirkan di RS Bunda. Lalu adik saya sendiri juga sering control kehamilan disana. Lalu teman milis saya juga control kehamilan disana. ((Hahaa milis, ini ketahuan banget jamannya)). Karena saya penasaran, akhirnya saya coba tanya ke suami, kenapa semua orang pada lahiran disana? Kenapa aku gak?? :(( Pertama karena dokter-dokter disana sangat berpengalaman, lalu yang kedua, peralatannya juga semua sudah support. Hiks jadi menyesal deh, kenapa waktu jaman saya hamil ana pertama (Alm. Elysia) gak control disana? Bisa jadi dokter obgynnya bisa memberikan second opinion :(

Ahh skip cerita melownya. Jadi ceritanya hari Senin 30 Januari 2017 lalu saya diundang oleh RSU Bunda Jakarta untuk menghadiri acara grand launching AMARA Skin & Aesthetic Center. Jujur aja ini pertama kalinya saya ke RS Bunda, sebelumnya saya hanya lalu lalang di depannya saja, tapi kali ini saya bisa masuk dan akhirnya jadi tahu seperti apa wajah RS Bunda itu.

Waktu pertama kali  saya datang, saya salah masuk ke RSIA Bunda, karena memang saya tahunya RS Bunda itu hanya 1 saja. Tapi ternyata lokasinya di RSU Bunda yang lokasinya persis di sebrangnya.

Nara sumber yang dihadirkan disini adalah ada 3 orang, yaitu Dr. Didid Winnetouw, Dr. Rachel Djuanda, SpKK, dan Drg. Mira Madjid. Dan tema yang diangkat kali ini adalah Rahasia Tetap Cantik dan Segar Saat Hamil. Saya pikir tema ini hanya bisa related dengan ibu hamil, tapi ternyata paparan dari para ahli bisa saya praktekkan juga ya. Jadi ilmu yang saya dapatkan di acara ini bukan hanya untuk ibu hamil saja.



Materi pertama yaitu kata sambutan Dr. Didid Winnetouw selaku pihak RSU Bunda Jakarta. Dr. Didid mengatakan bahwa sebenarnya sejak akhir tahun 2012 Bunda punya satu link khusus yang siap memberikan pelayanan diluar layanan ibu dan anak. AMARA sendiri sebenarnya sudah beroperasi sejak tahun 2016 lalu, tapi masih banyak dilakukan pembenahan produk dan SDM-nya, jadi baru di tahun 2017 inilah AMARA melakukan grand launching.

Kenapa dinamakan AMARA? Mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya. Dinamakan AMARA karena tidak hanya klinik kecantikan atau kulit, tapi juga menghasilkan produk-produk kecantikan. Dan treatment dari AMARA ini adalah berupa bedah plastik, perawatan gigi dan kulit.

Kalau ditanya bedanya dengan pihak lain apa? Dari sisi pelayanannya, di RSU Bunda sudah didukung spesialisasi yang lain. Jadi apapun masalah dari klien akan disupport spesialisasi yang lain. Pasien tidak perlu dirujuk spesialisasi yang lain. Jadi menerapkan one stop shopping disini. Nanti saya jelaskan dibawah one stop shopping ya.

Dan harapannya dari adanya AMARA ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Jakarta pada umumnya.



Selanjutnya adalah sharing dari Dr. Rachel Djuanda, SpKK. Beliau adalah dokter spesialis kulit di AMARA SKin and Aesthetic Centre. Beliau mengatakan kehamilan menyebabkan banyak perubahan dalam tubuh seseorang perempuan. Tubuh perempuan hamil memproduksi lebih banyak hormon terutama estrogen dan progesteron, sehingga menyebabkan sejumlah perubahan nyata pada kulit.



Reaksi dan perubahan yang ditimbulkan biasanya akan timbul stretch mark, perubahan warna kulit (pigmentasi), kulit jadi berjerawat atau juga kulitnya menjadi sangat sensitif. Hal itu dikatakan Dr. Rachel adalah hal yang lumrah. Setelah masa kehamilan selesai, perubahan kulit yang terjadi itu juga akan kembali sedia kala.

Cantik dan sehat adalah idaman setiap perempuan, termasuk ibu hamil. Jadi perawatan kulit selama hamil menjadi kebutuhan penting untuk perempuan.

Dr. Rachel bilang perempuan itu kudu bisa jaga diri. Nih catet yaaa. Mengurus suami, anak dan juga tidak boleh dilupakan adalah merawat dirinya sendiri. Saat hamil, ada yang bilang gak boleh pakai perawatan wajah macem-macem, ternyata itu mitos kok! Saat hamil boleh kok melakukan perawatan wajah. Namun ada krim-krim tertentu yang boleh untuk ibu hamil. Dengan produk-produl minimal yang hasilnya baik. Yah, minimal gak ada jerawat kecil yang muncul pada ibu hamil, jadi kehamilan bisa dijalankan dengan happy dan percaya diri.

Keuntungan RS Bunda ini adalah multi spesialis. Misalnya contoh kasus ada pasiennya yang jerawatan parah, dan itu sangat erat hubungannya dengan hormon. Lalu dirujuk ke spesialis kandungan (obgyn).
Atau kasus lain yaitu ada pasien yang punya benjolan di sekitar lingkar paha karena seringnya dia naik sepeda. Akhirnya dirujuk ke bagian onkologi atau radiologi. etelah dicek ternyata baik-baik saja. Sampai sekarang pun baik-baik saja.

Jadi intinya RSU Bunda mempunyai dokter spesialis yang ahli di bidangnya masing-masing. Dan sekarang dibuka untuk klinik kecantikannya. Jadi buat yang ingin mempercantik diri bisa datang ke AMARA Skincare ini.

Selanjutnya adalah Drg. Mira Madjid. Beliau adalah dokter spesialis Periodontis (ahli gusi). Mungkin sebagian orang agak asing ya mendengarnya. Apa sih itu periodontis? Malahan saya taunya cuma dokter gigi aja. Tapi ternyata jadi dokter gigi ada spesialisnya lagi lho.


Dr. Mira sudah menjadi dokter gigi selama 13 tahun dan 7 tahun di spesialis perio. Jadi capabilitynya tidak usah diragukan lagi ya.

Yuk, bahas soal Kehamilan dan Penyakit Pada Gusi.

Dr Mira bilang. bahwa kalau saat hamil paling beresiko terkena periodontis. Periodontis adalah radang gusi yang menyebabkan kehilangan tulang. Kehamilan dapat menyebabkan perubahan pada kondisi kesehatan mulut karena adanya perubahan hormon sehingga menyebabkan peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Selain itu juga reaksi terhadap plak juga jadi berlebihan.

Salah satu tandanya adalah gingivitis yaitu gusi berwarna merah. Normalnya gusi berwarna pink, bukan merah. Ciri gingivitis adalah ditekan sedikit berdarah. Jangan dianggap sepele, jika tidak diobati lama-lama akan kehilangan tulang. Gusi berdarah itu adalah salah satu penyakit gigi atau gusi.

Gingivitis jika dibiarkan akan menjadi tumor jinak. Awalnya kecil tapi lama lama kelamaan jadi menganggu. Dengan sangat terpaksa akan diambil.

Gingivitis dan Kehamilan

Saya baru tahu saat Dr. Mira bilang bahwa kesehatan secara umum dan gigi punya hubungan yang erat. Jadi sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut selama masa kehamilan. Kalau punya penyakit gusi, jika dibiarkan bakteri akan dibawa peredaran darah dan bisa menginfeksi si janin. Akibatnya bisa melahirkan bayi prematur. Dan berat badan si bayi jadi rendah.

Jadi logikanya begini, bakteri yang berlebihan dapat masuk ke aliran darah melalui gusi dan dapat masuk ke uterus, memicu produksi prostaglandis sehingga dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Bagaimana Pencegahan Gingivitis?

Gingivitis bisa dicegah kok. Caranya dengan

1. Rajin menggosok gigi terutama daerah tepi gusi. Mulai dari pembersihan diri sendiri,
2. Makannya bagus, jangan yang aneh-aneh. Perbanyak makan sayuran yang mengandung vitamin c yaitu sayuran hijau.
3. Sikat giginya juga kudu bagus. Dan normalnya sikat gigi normalnya ganti setiap 3 bulan sekali.
4. Sikat gigi minimal dua kali sehari dan setiap habis makan kalau bisa.
5. Sikat gigi menggunakan sikat dengan bulu lembut dan ujung kepala sikat itu kecil.
6. Pilih kepala sikat gigi yang kecil dan bulu yang ekstra soft. Karena bukan mahktotanya saja yang disikat tapi marginnya juga. Atau bisa juga pakai benang gigi, atau sikat interdental, untuk membersihkan sela-sela gigi, area sekitar mahkota tiruan, bridge dan gigi-gigi dengan titik kontak yang renggang.

Misalnya kita tidak menemukan sikat gigi dengan kepala atau ujung yang tumpul, pakai sikat gigi anak-anak aja bisa kok. Yang penting seluruh area gigi tersikat. Dan juga supaya bisa masuk ke bagian molarnya.

Bagaimana kalau sedang hamil tapi mual sikat gigi? 
Alternatifnya bisa kumur pakai air hangat saja. Dan jagalah supply makanannya. Jangan sampai terjadi mual atau bahkan sampai muntah.

Bagaimana Cara Menggosok Gigi Yang Baik?

Sikat gigi yang baik adalah yang arahnya vertikal, jangan bolak balik supaya sekalian massage gusi tidak menjadi resesi gusi atau gusi turun. Bagian belakang juga harus disikat. Semua permukaan juga harus disikat.

Investment adalah waktu. 10 menit hanya untuk sikat gigi.

Pregnancy Gun Tumors

Tumor jinak ini akan tumbuh diantara gigi. Bila sudah terjadi, segera kumur dengan air garam hangat. Obat sederhana untuk meminimalkan rada pada mulut adalah air garam. Saat bersih, radang akan kempes. Tumor mengecil, biarkan saja jangan diapa-apakan. Nanti kalau sudah melahirman barulah diambil.

Pemeriksaan gigi saat kehamilan sebaiknya dilakukan rutin, yaitu di trimester 1 dan 3.

Sekarang saya benar-benar sudah ada gambaran bahwa saat hamil penting banget kita menjaga kesehatan gigi dan kulit. Saya jadi banyak ilmu deh datang ke acara ini.

Setelah mendengarkan penjelasan dari kedua dokter tadi, sesi dilanjutkan dengan beberapa pertanyaan. Saya coba rangkum di bawah ya.

Sudah bisa pembiayaan dengan BPJS?

Kemarin ada pertanyaan seperti ini, apakah bisa treatment di AMARA menggunakan BPJS atau asuransi? Jawabannya, sayang sekali belum bisa. Saat ini belum bekerjasama dengan BPJS. Untuk asuransi juga khusus, tergantung preminya juga. Kebanyakan asuransi tidak memasukkan peralatan gigi sebagai yang tercover. Asuransi itu standardnya diluar gigi dan kosmetik. Kecuali teman-teman ambil yang versi lengkapnya.

Bolehkah ibu hamil menggunakan krim perawatan wajah?

Sangat boleh sekali. Terutama pelembab. Disarankan yang mengandung AHA da  GA. Saya sih belum browsing arti kedua kandungan itu apa. Kemarin dokternya hanya bilang seperti itu. Yang dihindari hanya krim malam yang mengandung asam retinoat. Karena akan menyebabkan janin cacat. Jadi sangat tidak disarankan. Selain asam retinoat, kandungan hidrokenon juga sangat dilarang.

Peresmian AMARA Skin and Aesthetic di Lantai 2

Selanjutnya para undangan diajak untuk ke lantai 2 untuk menyaksikan peresmian AMARA Skincare ini disimbolkan dengan pengguntingan pita.


Setelah pemotongan pita, para tamu undangan (media dan blogger) diajak untik tour klinik AMARA disini. Wah disini peralatan dan ruangan lumayan lengkap lho.

Disini ada ruangan bedah plastik, klinik gigi atau juga perawatan kulit. Buat yang lagi mau perawatan gigipun juga lengkap ternyata alat-alatnya. Misalnya bila membutuhkan rontgen gigi, si pasien gak perlu keluar klinik AMARA atau rumah sakit, di AMARA sendiri sudah disediakan, mau foto panoramik atau single. Lengkap pokoknya.

Gak hanya itu, peralatan untuk bedah plastik aja lengkap banget. Bedah plastik ini bisa untuk macam-macam, tapi memang fungsinya untuk kecantikan.

Dengan demikian AMARA Skincare di RSU Bunda Jakarta resmi dibuka. Buat kamu yang ingin tau lebih lanjut apa aja treatment mungkin bisa langsung tanya ke RSU Bunda Jakarta ya. Jadi AMARA ini benar-benar one stop shopping. Ya seperti palugada gitu deh. Apa yang kita butuhkan semua ada pokoknya.

Semoga artikel saya bisa bermanfaat.

1 comment

  1. Andai di Jakarta, aku akan mengunjungi Amara Skin ini. Tertarik sih. :)

    ReplyDelete