Bio Oil, Sehatkan Kulit Wajah, Rambut dan Tubuhku


Kulit yang sehat adalah impian setiap orang. Menjadi cantik dan kulit yang sehat adalah dambaan setiap wanita. Untuk menjaga supaya kulit tetap sehat salah satunya harus menerapkan pola hidup sehat.

Saya pribadi termasuk orang yang cukup menerapkan hidup sehat. Pola hidup saya cukup simple kok, yah minum air putih 8 gelas per hari, cukup tidur, membersihkan wajah minimal dua kali sehari serta makan makanan yang sehat. Kalau dilakukan secara rutin dan disiplin kulit kita terbebas dari macam masalah. 

Tapi ternyata itu belum cukup (bagi saya), ada hal lain yang bisa memicu kulit saya jadi tidak sehat. Salah satunya adalah produk kosmetik wajah! 

Yes, beberapa bulan terakhir saya sedang rutin mencoba beberapa skincare. Bisa dibilang cukup ekstreem tindakan saya, karena mencoba beberapa produk dalam beberapa waktu bersamaan. Namanya juga beauty blogger, segala sesuatu kan dicoba based on my experience kan? Tapi kali ini saya salah? Seharusnya saya tunggu dulu setidaknya masa tenggang 3 bulan untuk melihat progressnya apakah produk ini cocok atau tidak ke wajah saya. Jika tidak bisa ambil tindakan dilanjutkan atau tidak.

Salah satunya adalah produk anti aging. Karena keperluan review akhirnya saya coba dalam waktu bersamaan. Hasilnya? Breakout parah! Huhuu.. saya bingung ngobatinnya gimana. Saya ingat jerawatan begini waktu jaman-jaman awal masuk kerja. Sembuh-sembuhnya saya ke dokter kulit.

Nah, kali ini saya ngalamin lagi. Akhirnya saya inisiatif mencari tau sendiri, sejak dini apa penyebab serta solusinya gimana. Saya diagnosa sendiri, lalu perlahan-lahan saya ganti kosmetik saya dengan kosmetik yang sebelumnya saya biasa pakai. Stop krim anti aging dulu, dan sebagainya. Saya benar-benar kembali ke natural.

Sampai akhirnya saya ketemu dan kepikiran memakai Bio Oil ini. Saya googling terlebih dahulu, ternyata ada yang bilang Bio Oil ini bisa menjadi obat jerawat. Kebetulan beberapa bulan lalu saya dikirimkan produk Bio Oil dari Female Daily!


Di rumah saya jadi total ada 2 buah yang masih utuh isinya.

Lagi-lagi sebenarnya ini ekstreem juga, saya cobakan ke wajah saya. Saya berani mencoba memakai Bio Oil ke wajah karena  saya tahu kandungannya alami. Di balik kemasannya ada daftar kandungannya. Iya, saya termasuk yang berani coba-coba :)


Untuk yang kemasan 60 ml ini sangat dicocok dibawa travelling, karena bentuknya yang tidak terlalu besar dan bisa dimasukkan ke dalam make up pouch.

Ukuran Bio Oil ini terdiri dari 2 macam, yaitu 120 ml dan 60 ml. Kamu juga bisa mendapatkan Bio Oil ini di seluruh over the counter dan beberapa drugstore. Untuk yang 60 ml setahu saya sekitar IDR 60ribu.

Kandungan Bio Oil adalah :

Tumbuh-tumbuhan : Calendula Officinalis Flower Extract (Minyak Kalendula), Rosmarinus Officinalis Leaf Oil (Minyak Rosemary), Anthemis Nobilis Flower Oil (Minyak Kamomil)

Vitamin : Retinyl Palmitate (Vitamin A), Tocopheryl Acetate (Vitamin E)

Bahan Dasar Minyak : Paraffinum Liquidum, Triisononanoin Cetearyl Ethylhexanoate, Isopropyl Myristate, Glycine Soja Oil, Helianthus Annuus Seed Oil, BHT, Bisabolol

Aroma (Mawar) : Alpha-Isomethyl Ionone, Amyl Cinnamal, Benzyl Salicylate, Citronellol Coumarin, Eugenol, Farnesol, Geraniol, Hydroxycitronellal, Hydroxyisohexyl 3-Cyclohexene, Carboxaldehyde, Limonene, Linalool
Jadi yah bismillah aja deh pikir saya. Tapi karena kandungannya alami, saya tidak bisa mengharapkan hasilnya instan. Menurut info yang aku tahu sih, harus ditunggu dalam 2 sampai 3 bulan ke depan. 

Saya sampai saat ini baru hampir 2 pemakaian. Jadi Bio Oil ini bisa menggantikan posisi moisturiser. Moisturiser yang biasa kita pakai distop dulu, baru memakai Bio Oil ini. 

Hasilnya sih wajah saya masih ada jerawatnya, tapi yang jelas kulit wajah saya jadi oily. Karena sebelumnya kulit wajah saya normal to dry. Jerawat di wajah saya di foto memang tidak terlalu kelihatan karena posisinya di rahang kiri-kanan.


Ohya saya jadi ingat, Bio Oil ini bisa untuk oil anti aging. Jadi dia bisa replace posisi krim anti agingku. Jadi moistnya dapat, anti agingnya juga dapat. Jadi cream anti aging yang biasa saya pakai saya stop dulu, jadi saya ganti dengan memakai Bio Oil ini. Kulit wajah yang saya harapkan saat ini cuma oily. Dan Bio Oil bisa membuat wajah saya sedikit lebih oily.

Kalau wajah aja oily, saya pikir bagian lain juga bisa dong? Karena kan fungsi Bio Oil untuk meredakan bekas luka, stretch mark dan lain lain. Akhirnya saya berinisiatif mencobakan ke rambut saya. Rambut saya sehabis di colouring jadi agak kering. Jadi butuh yang namanya haircare. So, apakah benar Bio Oil bisa melembabkan rambut?

Jawabannya, iya ternyata bisa! Jadi caranya saya oleskan aja Bio Oil pada rambut yang setelah dikeramas tapi dalam keadaan setengah kering (lembab), yang siap menerima paparan alat pengering rambut. Jadi posisi Bio Oil menggantikan serum rambut. Serum rambut yang biasa saya pakai saya stop dulu. Wanginyapun tidak terlalu mengganggu. Pakainya sedikit-sedikit saja ya.


Selain bisa untuk wajah dan rambut, Bio Oil ini juga efektif untuk melembabkan bibir kita yang kering. Tapi kali ini saya cobakan ke bagian tubuh yang lebih memerlukan perhatian khusus, seperti bagian lutut dan tumit.


Baru 2 minggu pemakaian sih, dan hasilnya tumit saya jadi lebih moist. Nah, sekarang tinggal tunggu aja hasilnya di wajah dan rambut saya bagaimana untuk 2-3 bulan ke depan. Yang pasti sih dalam waktu seminggu ini rambut saya menjadi lebih mudah diatur.

Manfaat Bio Oil lainnya :

Stretch Mark

Selain itu Bio Oil juga bisa untuk menyamarkan stretch mark, khususnya untuk yang baru saja melahirkan atau selama proses kehamilan. Gak hanya baru melahirkan, pertumbuhan pada remaja atau kenaikan berat badan biasanya juga terdapat stretch mark.

Cara pemakaian :
Pijat Bio Oil dua kali sehari pada daerah yang rentan daerah stretchmark. Selama kehamilan, pijat Bio Oil pada bagian perut, pinggul, payudara, punggung bawah, dan paha. Atau dua kali sehari saat trimester kedua.

Warna kulit tidak merata :

Bio Oil juga membantu menyamarkan noda pigmentasi dan flek yang disebabkan fluktuasi hormonal, pencerah kulit, atau terkena paparan sinar matahari. Biasanya ada spot-spot di wajah yang sangat mengganggu.

Cara pemakaian :
Oleskan Bio Oil dua kali sehari, beri pijatan lembut dengan menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar (gerakan massage), sampai benar-benar teresap. Dan gunakan selama minimal 3 bulan.


Jadi kalau teman-teman mungkin ada yang masih ragu tentang kegunaan Bio Oil ini, setelah baca experience saya, bisa dicobakan sendiri di rumah. Si Bio Oil ini memang 1 oil yang bisa segalanya. Melembabkan segalanya. Jadi praktis banget sih.

Disclaimer :

Hasil yang ditimbulkan setiap orang terhadap emakaian Bio Oil akan berbeda-beda. Jika dalam beberapa hari menunjukkan tanda-tanda tidak cocok sebaiknya dihentikan saja. Jangan diteruskan kembali. Dan Bio Oil ini hanya digunakan untuk obat luar saja, bukan untuk obat dalam.





5 comments

  1. Iya, bio oil selalu direkom orang-orang krn katanya bisa ngilangin bekas luka

    ReplyDelete
  2. Wah, lengkap. Kayanya aku butuh deh, :o

    ReplyDelete
  3. Bio oil emang membantu para emak2 seperti saya. :D Favorit deh pokoknya

    ReplyDelete
  4. Pantesan si Mbk kelihatan cantik terus,, hehe

    ReplyDelete
  5. aku pakai bio oil udah mau 3 bulan mba, ganttin pelembab. jerawat alhamdulillah pada ilang...bekas breakout akibat ga cocok skin care tertentu.

    ReplyDelete