Benarkah Buah Pisang Efektif Untuk Diet?


Mungkin sebagian dari kamu suka mengkonsumsi buah yang satu ini, yaitu pisang. Sayapun menjadikan pisang ini menjadi pelengkap nutrisi di rumah. Karena selain lezat, mengkonsumsi pisang sebanyak 1 atau 2 buah dalam sehari bisa memberikan manfaat yang dapat menyehatkan tubuh.
Pisang mengandung kalori yang cukup rendah, jadi baik dikonsumsi untuk membantu menjaga berat badan agat tetap ideal. Saat serat larut dalam saluran cerna, serat tersebut akan menyerap air dan makanan akan dicerna secara perlahan.

Beberapa teori ada yang mengatakan bahwa buah pisang ini efektif untuk menstabilkan berat badan alias bisa untuk diet sehat? Apakah benar ya?

Sayapun percaya tidak percaya. Akhirnya saya coba praktikkan sendiri di rumah. Caranya, setiap hari saya selalu mengkonsumsi pisang. 1 buah sebelum makan utama dan 1 buah setelah makan. Waktu makannya bisa pagi hari atau malam hari. Jadi untuk total saya mengkonsumsi pisang dalam sehari bisa sekitar 3-4 buah. Apalagi kalau saya sedang malas makan nasi, atau tidak punya banyak waktu untuk makan, saya selalu mengkonsumsi pisang. Lagipula kepraktisannya ini membuat saya selalu suka dengan pisang. Tinggal dikupas saja, lalu makan deh. Selalu fresh.

Gak hanya saya aja sih, di rumah suami dan Narend jadi ikut-ikutan mengkonsumsi pisang. Kan katanya apa yang anak lakukan adalah cerminan dari orangtuanya. Saya mau Narend mengikuti apa yang dilakukan oleh orangtuanya, yaitu rajin mengkonsumsi pisang. Walaupun gak banyak sih, hanya setengah buah saja, tapi paling tidak dia tahu kebiasaan orangtuanya adalah selalu makan makanan sehat.

Lalu bagaimana cara kerja pisang bisa menjadi obat diet sehat?

Yaitu dengan mengkonsumsi pisang sebelum makan utama, bukan setelah makan utama. Cocok banget buat yang ingin atau sedang menjalankan program diet sehat.

Karena pisang termasuk buah yang kaya akan nutrisi dan antioksidan yang baik. Dalam satu buah pisang ukuran sedang (118 gram) terkandung kalori 105 kkal, protein 1.3 gram, lemak 0.4 gram dan karbohidrat total 24 gram. Selain itu mengandung vitamin B6 33%, vitamin C 11%, mangan 14%, tembaga 10%, magnesium i% kalium 9%, dan besi 1%,


Buah pisang masih ada kandungan karbohidratnya kok, tapi sedikit sekali, hanya sekitar kurang dari 30 gram.

Selain itu pisang juga bisa membantu metabolisme lemak. Karena pisang mengandung kolin, yaitu vitamin yang larut air dan seringkalu dikategorikan dalam satu kelompok vitamin B. Dalam 1 buah pisang ukuran sedang (118 gram) mengandung kolin sebanyak 11.56 mg. Jadi fungsi si kolin ini untuk membantu membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh dan menjaga berat badan tetap ideal.

Nah, sekarang udah tahu dong ya, kenapa mengkonsumsi pisang adalah cara yang paling efektif untuk menstabilkan berat badan? Salah satunya bisa untuk diet sehat. Kurangi karbo, gula dan perbanyak sayuran.

Ya, dan rajin mengkonsumsi pisang inilah cara saya untuk menjaga berat badan saya tetap stabil. Walaupun saya belum berhasil menurunkan berat badan saya, setidaknya berat badan saya gak naik, dan gak juga turun sejak proses melahirkan Narend :)

1 comment

  1. Pisang banyak banget manfaatnya mbak. Apa lagi pisang membuat kenyang.

    ReplyDelete