Bag Fashion Vocabulary for Woman


Hari minggu lalu saya mendapatkan undangan dari Kriya Indonesia yang bertempat di Museum Tekstil (buat kamu yang belum pernah kesana lokasinya kalau dari arah Slipi, ambil arah ke Stasiun Tanah Abang, nanti lokasinya sebelum jembatan belokan ke arah Stasiun dan Pasar Tanah Abang). Waktu menerima undangan tidak diinfokan adanya dress code, padahal saya berharap ada dress code biar nanti seru-seruan waktu foto bersama :) Karena tidak ada dress code ya sudahlah, saya tetap berusaha untuk tampil maksimal, karena mau datang ke museum yang old fashion dan retro saya memilih style berpakaian dengan tema Black and White atau jaman sekarang disebut Classic Monochrome.
Karena saya biasa datang ke acara Fashion dan Beauty Blogger, membuat saya harus memiliki koleksi atasan dan bawahan dengan beraneka warna. Kembali ke monochrome, untuk atasan saya memilih warna netral hitam, karena kalau yang putih kebanyakan kaos, acara ini saya yakin bakal outdoor dan minim AC, karena itu walaupun atasan yang saya pilih berwarna hitam, bahannya mudah menyerap keringat dan tebal. Untuk bawahan saya ada sih celana warna hitam polos atau putih polos, namun menurut saya sangat tidak pas, karena gak mungkin kan saya pakai celana hitam polos, memangnya mau ngelayat, dan kalau putih polos bakal ribet notabene acara outdoor duduk bisa dimana-mana, karena itu saya memilih celana motif zebra hitam putih, nah untuk mendukung penampilan, pastinya sepatu atau sandal yang saya pakai warnanya juga menentukan. Lagi-lagi karena outdoor saya memilih sepatu dibanding sandal agar bisa melindungi kaki saya jika dibawah terik matahari (jangan lupa pakai body lotion untuk melindungi tangan dan kaki dari terik matahari, plus pakai sunblock). Untuk warna tidak jauh dari atasan yang saya kenakan yaitu sepatu warna hitam.

Apakah selesai sampai disitu? Wah belum dong, bagi seorang wanita ada hal yang penting loh, apa ayoooo? :) jawabannya adalah tas. Loh kok tas? Iya dong, bagi seorang wanita, kalau tidak membawa benda yang namanya tas itu bagaikan makan sayur tanpa garam, jadi ibarat Doraemon yang tidak membawa kantong ajaib. Bayangkan saja, dalam tas seorang wanita itu banyak sekali isinya, mulai dari makeup tools yang isinya seperti makeup remover, eye lashes, tissue makeup remover, tissue body wash, lipstick, facial spray, bedak, pensil alis, lem eye lashes, mini pack kuas, blush on, pensil alis, pensil mata, pinset, eye liner, sampai yang non makeup seperti parfum, handphone, power bank, dompet, charger, tisu, pulpen, sisir, tongsis, cermin dan kamera mirrorless.\

Gimana banyak gak isinya, nah yang paling ribet itu buat saya adalah saat harus mengganti tas saya dengan tas yang lain, karena sebelumnya hari Sabtu akses saya jalan bersama Narend menggunakan Hobo Bag berwarna merah, minggu saya terpaksa menggunakan tas yang berwarna hitam, untuk tas warna hitam saya ada beberapa macam seperti Barrel Bag, Clutch Bag dan Bucket Bag, saya harus memiliki Bucket Bag yang memang bisa memuat banyak barang.

Memangnya ada berapa jenis tas sih?

Kalau ditanya ada berapa jenis tas, kamu akan jawab berapa? 3, 4, 10, 15?  Well, kalau saya pribadi tahunya tas itu dibedakan menjadi 18 jenis yang memang digunakan untuk berbagai jenis acara atau keperluan, seperti dibawah.

Source : Pinterest

Ok, tidak usah berlama-lama, buat kamu yang masih bingung, saya akan jelaskan dibawah secara detail :) tapi tidak saya jelaskan semua ya, cukup 4 tas dulu :)

1. Backpack


Tas yang bernama backpack ini, biasa disebut Ransel, dari desainnya memang tas ini diperuntukan untuk aktivitas outdoor karena isinya bisa sangat banyak sekali dan memudahkan kamu untuk bergerak dan beraktivitas tanpa direpotkan oleh tas. Bagi wanita terkadang backpack diharamkan loh, karena modelnya itu-itu aja dan tidak fashionable, namun beberapa tahun belakangan desain backpack sudah mulai bagus dan bisa di mix and match dengan pakaian kamu mulai dari model sampai warna.

2. Hobo Bag


Nah tas ini wajib kamu miliki, karena biasanya modelnya tidak biasa dan umumnya bentuknya lucu-lucu (bentuk tas seperti huruf U), kalau saya pribadi biasa memakai tas ini dulu waktu kerja, karena simpel tinggal dibawa langsung seperti handbag, yang saya suka dari tas ini adalah kuat karena pegangannya menyatu dengan badan tas. Btw nama Hobo diperkenalkan oleh Kartun yang berjudul Hobos.

3. Baguette Bag



Tas ini ukurannya cukup kecil, biasanya saya gunakan tas ini untuk acara-acara yang tidak membutuhkan banyak peralatan makeup, karena isi tas ini memang tidak bisa banyak-banyak jadi cukup yang penting-penting seperti handphone, dompet dan peralatan makeup secukupnya. Kalau kamu suka nonton film Sex and the City di HBO, tas ini sering sekali dipakai loh :)

4. Messenger Bag



Kalau kamu perhatikan dari namanya messenger, tas ini memang umumnya dipakai oleh messenger seperti tukang pos sampai tukang koran. Nah agar lebih feminim biasanya untuk wanita tas dibuat warna-warni dan berbagai macam aksesoris. Bentuknya yang tipis dan lebar adalah ciri khas tas ini, didalamnya biasanya dibagi menjadi 2-3 kompartemen. Waktu narend masih bayi, kemana-mana selalu membawa tas ini dibandingkan backpack karena lebih fashionable :)

5. Barrel atau Duffel Bag


Bentuknya yang benar-benar khas, yaitu bentuk silinder atau tabung, Barrel atau Duffle bentuknya hampir mirip, posisi resleting di bagian atas, dengan 1 tali.

6. Clutch Bag



Hampir sebagian besar orang tahu jenuis clutch bag ini. Bentuknya ada yang kecil sampai ukuran medium. Tidak memiliki tali dan cara memegangnya dengan mencengkram di pergelangan tangan. Bentuknya seperti amplop. Dulu sih tas ini dipergunakan untuk acara-acara pesta, tapi seiring perkembangan jaman, banyak juga kok para wanita yang suka banget memakai tas ini.

7. Tote Bags

Tote bags ini bentuknya sangat sederhana, kotak persegi panjang aja dengan tali yang cukup panjang. Biasanya dipakai untuk shopping. Ukurannya juga bermacam-macam.


Sekarang beberapa fashion store udah banyak banget yang menjual tas seperti ini. Sayapun punya Tote Bags seperti ini. Biasanya saya pakai untuk shopping dan barang bawaan saya juga tidak terlalu banyak. Tapi harus hati-hati kalau membawa barang berharga, karena model tas seperti ini tidak ada resleting atau pengamannya. Kalau saya sih ngakalinnya, misalnya keukeuh mau pakai model tas seperti ini, barang-barang berharga saya masukkan ke dalam pouch kecil lagi. Jadi selain lebih aman (tidak terlihat sangat frontal), dan lebih rapih. Karena tas ini tidak ada partisinya. Jadi kalau isi tasnya dimasukkan semua dalam 1 tas, jadi berantakan gitu deh :)


8. Frame Bags

source : Pinterest

Bentuknya ada yang trapesium, atau segi lima, dengan bingkai tas dari bahan logam. Buat kamu yang familiar, bisa kamu temukan model ini di dompet koin (ukuran kecil). Untuk buka tutupnya tinggal di strap aja bagian atasnya. Biasanya tas-tas model kayak gini dipakai untuk keperluan membawa barang yang tidak banyak aktivitas, seperti acara pesta, cocktail party, hangout bersama teman, pokoknya yang simple event aja. Karena volume tas ini tidak terlalu besar, biasanya hanya membuat 2 buah smartphone, dompet ukuran kecil, sisir, make up pouch ukuran kecil dan tissue.

9. Doctor Bags


Awalnya tas ini digunakan oleh para dokter dengan bentuk tas yang memanjang untuk membawa peralatan medis. Ciri khasnya ada engsel di bagian atas yang terbuka lebar memanjang, bagian bawahnya datar dan bagian dalamnya cukup luas. Ada ciri khas lain, yaitu untuk akses buka/tutup tas ini menggunakan magnet flap, gesper atau zip.


Tapi seiring perkembangan fashion, kegunaannya sudah tidak lagi diperuntukkan untuk dokter, tas ini juga banyak diminati oleh para fashionista lho. Untuk talinya ada yang bentuknya pendek dengan model dijinjing, ada juga yang disandang seperti gambar kedua diatas.

Nah, gimana banyak gak jenis-jenis tasnya? :) yah tidak harus punya semuanya sih, kalau saya bisa dibilang punya seluruh 18 jenis tas itu, karena yah memang faktor kebutuhan yang membuat harus punya berbagai jenis tas diatas :) Nah terkadang untuk mendapatkan jenis-jenis tas itu tidak bisa didapatkan sekaligus, butuh waktu, kalau saya sendiri butuh waktu sampai tahunan. OK selamat mencari tas yang akan jadi soulmate kamu ya :)

Semoga bermanfaat.

8 comments

  1. Aku baru tahu itu namanya messenger bag. :'D

    ReplyDelete
  2. Aku kok jadi pusing ya menghapal nama nama tas ini. Hihihi. Taunya tas selempang sama ransel doang

    ReplyDelete
  3. ahaha istilahnya banyak ya mba. taunya tote, backpack, sling, cluth...

    ReplyDelete
  4. taunya cuma hand bag untuk yang semua dicantelin di tangan ..ama ransel dah itu ja.... hi2

    ReplyDelete
  5. Wuiiih banyak banget ya istilahnya. Selama ini aku nyebut messenger bag itu tas selempang, hehehe...

    ReplyDelete
  6. paling suka sama hobo bag, karena bisa menampung segala kebutuhan saat jalan2 ... klo kondangan pakai clutch bag ajaaa

    ReplyDelete
  7. Nice info mba, saya biasanya membagi tas sesuai keperluan aja, ada tas buat kondangan, tas buat jalan-jalan, tas buat ke pasar dll hihi

    ReplyDelete