Sulitnya Mencari Tour Wisata Halal ke Jepang


Hari Minggu untuk saya adalah hari yang pas untuk istirahat, terutama setelah hari Sabtu banyak aktivitas yang saya lakukan bersama keluarga. Namun minggu ini saya tidak bisa istirahat dengan tenang, karena sejak minggu lalu saya dan suami sudah menjadwalkan untuk beres-beres dokumen di lemari, yah untuk beres-beresnya sih sebenarnya 95% dokumen saya sebagai blogger, dan 5% dokumen adalah dokumen suami :) Waktu beres-beres, saya menemukan brosur Tour Wisata ke Jepang yang saya dapatkan tahun lalu sekitar bulan September 2016 saat menghadiri Travel Fair di Senayan.
Sudah menjadi impian saya dan suami untuk pergi ke Jepang bersama, karena itu brosur yang kami ambil adalah brosur-brosur perjalanan ke Jepang. Saya masih ingat betul, waktu datang ke Travel Fair itu, tidak ada yang menawarkan Tour Wisata Halal di Jepang, dan waktu saya tanyakan, memang dari pihak travelnya tidak memiliki paket tersebut. Concern saya dan suami adalah dari buku dan informasi di internet, kami tahu di Jepang, banyak sekali makanan dan restoran yang tidak halal, jadi agak repot kalau saya sudah memiliki travel tapi Tour Guidenya sendiri tidak mengetahui tempat-tempat yang boleh di datangi oleh muslim seperti saya dan suami.

Apalagi kalau kamu menuju pusat kota Jepang, yaitu Tokyo, banyak sekali makanan non-halal disana, dan karena orang Jepang tidak fasih dalam berbahasa Inggris, conversation pasti akan sulit cuma untuk menanyakan makanan di restoran itu halal atau tidak. Karena tidak ada paket tur wisata halal ke Jepang, akhirnya saya dan suami memutuskan, untuk mengambil paket travel jepang namun untuk destinasi coba searching searching tempat-tempat yang bersahabat dengan muslim, seperti mesjid, tempat-tempat yang menyediakan ruang sholat sampai restoran yang menyediakan menu halal. Destinasi pertama yang ingin saya datangi tidak lain adalah ibukota dari Jepang, yaitu Tokyo.

Saya pribadi tidak begitu tahu tentang Tokyo, tapi suami saya yang Japan Freaks, sedikit banyak tahu beberapa hal tentang Tokyo, hal itu karena sejak kecil dunianya tidak jauh-jauh dari komik dan film kartun jepang. Kalau berbicara soal Tokyo kata suami, ada dua distrik yang wajib di datangi yaitu Asakusa dan Ueno. Oya, buat kamu yang belum tahu dari Tokyo ke Ueno hanya 6 menit loh dengan naik kereta JR Yamanote Line dengan harga tiket 160 yen, sedangkan dari Ueno ke Asakusa hanya 5 menit saja dengan naik Ginza Line dengan harga tiket 170 yen. Yuk, ikuti perjalanan yang saya rancang ini seharian di Ueno :)

Jalan-jalan di UENO

Saya yakin, banyak orang-orang yang belum tahu tentang Ueno, di sekitaran Tokyo, pasti taunya gak jauh-jauh dari distrik Akihabara atau Harajuku. Nah, buat kamu yang belum tahu, Ueno terkenal sebagai pusat perniagaan dimana kita bisa belanja barang-barang rumah tangga dan pastinya tempat makan yang halal. Destinasi pertama yang akan saya datangi adalah kebun binatang, yang bernama Ueno Zoo, Tidak jauh seperti Kebun Binatang Ragunan, untuk masuk ke kebun binatang ini kamu cuma bayar 600 yen (siapkan uang cash ya, karena disini tidak menerima kartu kredit). Oya di kebun binatang ini hewan yang paling populer adalah Panda, karena itu kamu akan menemukan banyak patung dan tulisan Panda di berbagai lokasi.

Gerbang masuk Ueno Zoo - Doc: chillchilljapan.com

Setelah puas melihat panda di Ueno Zoo, kamu bisa mampir ke Ueno Park, yang lokasinya pas di seberang Ueno Zoo, berbeda dengan di Indonesia seperti Taman Menteng atau Taman Suropati, atau bahkan jika kamu bandingkan dengan Taman Bunga Mekarsari, di Ueno Park kamu bisa menikmati bunga Sakura loh yang sangat banyak sepanjanga jalan kenangan, dan kerennya pas musim semi saat diadakan Ueno Cherry Blossom Festival, believe it or not pengunjungnya konon sampai 2 juta orang loh.

Sakura Blossom di Ueno Park - Doc: Tokyo Fashion Youtube

Setelah puas melihat bunga Sakura, di Ueno Park, berikutnya kita akan shopping. Nah masih dikisaran sana, kita akan menuju Ameyoko Market, disini semua dilakukan dengan berjalan kaki, jadi kamu tidak akan menemui mobil atau motor disini, kalau di Jakarta mungkin yang mirip-mirip seperti Pasar Baru dimana kiri dan kanan adalah toko-toko, nah Ameyoko ini adalah sebuah jalan yang terkenal sebagai tempat belanja yang asal mulanya dikenal sebagai Black Market setelah perang dunia ke-2, tenang saja, sekarang barang-barangnya legal kok, sekarang disini kamu bisa menemukan banyak hal mulai dari hasil laut, kembang gula, pakaian, buah-buahan sate sampai berbagai macam makanan unik khas Ueno. Oya mampir saja ke Jumbo Doner Kebab, dengan uang 500 yen kamu bisa merasakan sensasi makan kebab yang ukuran besar dan pastinya 100% halal, kalau tidak habis kamu bisa makan bareng sama teman-teman loh :)

Ameyoko Market - Doc: japantourlist.com

Setelah puas menghabiskan uang di Ameyoko, ada destinasi yang wajib kamu datangi di Ueno, kamu bisa naik kereta ke Stasiun Naka-Okachimachi atau bisa juga jalan kaki (asal kuat), turun di stasiun nanti kamu akan melihat bangunan dengan tembok warna putih, mirip gedug-gedung sebelahnya, tapi jangan kaget waktu melihat namanya "Assalam Masjid", yup ini adalah mesjid satu-satunya di Ueno jadi bakal rame muslim disini, btw lantai pertama mesjid ini yaitu Community Center berfungsi sebagai tempat pusat kegiatan, nah baru di lantai atas yang digunakan sebagai tempat ibadah (oya, tempat ibadahnya dipisahkan antara pria dan wanita seperti di Indonesia) dan terkadang mesjid ini juga digunakan sebagai pusat seminar Islam di Ueno.

Mesjid As-Salaam - Doc: matcha-jp.com

Usai dari Mesjid As-Salaam, mudah-mudahan uang kamu tidak habis waktu di Ameyoko, karena tempat berikutnya tempat shopping seperti Ameyoko tapi yang ini bentuknya mall, beda dengan Jakarta dan Bekasi yang memiliki banyak sekali mall, di Ueno hanya ada satu mall loh, namanya Matsuzakaya Departement Store, beda dengan Ameyoko, disini kamu bisa menemukan pakaian dan barang-barang bermerek disini, harganya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, jadi kalau tidak ada yang urgent untuk di beli di dept store ini, tahan uang kamu, minimal kamu jalan-jalan didalam mall sambil ngadem :)

Matsuzakaya Dept Store - Doc: panoramio.com

Nah kalau kamu bisa menahan belanja di Matsuzakaya Dept Store, malamnya saya sarankan kamu menuju Yakiniku-Panga, lokasinya tidak jauh dari Mesjid As-Salaam, disini kamu bisa menikmati hidangan halal mulai wagyu bakar sampai barbeque yakiniku dan tempat ini adalah tempat makan wajib yang harus didatangi kalau kamu mau makan makanan enak di Ueno, untuk harga cukup mahal tapi cobain deh, dijamin pasti kamu nagih :) Oya, selagi kamu di Ueno dan butuh makanan ringan dan minuman, mampir saja ke Nikinokashi Big Hall, selain kembang gula, disana juga menjual berbagai makanan dan minuman seperti Alfamart dan Indomaret di Indonesia, dan asiknya barang-barang disana ber-label halal.

Makanan halal di Ueno - Doc: japantourlist.com

Pusat Informasi di Jepang


Sama seperti di Jakarta, di Toko juga ada pusat informasi seperti Asakusa Culture Tourist Information Center dan Tokyo Tourist Information Center Ueno Branch, tapi kalau kamu gak pede nanya-nanya disana, dan mau mengetahui berbagai macam makanan, tempat sholat, mesjid dan fasilitas bagi wisatawan muslim termasuk rekomendasi, kamu bisa buka Halal Media Japan. Kamu bisa dapatkan semua itu disana.


Ada gak sih Free WIFI di Jepang?

Di Jakarta banyak spot-spot untuk mendapatkan akses internet gratis, mulai dari public area seperti di dalam mall sampai di taman, semua terkoneksi oleh internet. Nah buat kamu yang mau menikmati free wifi di Jepang, wajib buka Japan Free WIFI di http://japanfreewifi.jnto.go.jp kamu tinggal masukan lokasi kamu di Jepang dimana, nanti kamu akan mendapatkan akses untuk login ke Wifi disana, dan tenang, walaupun gratis, kecepatannya super banget :)



Travel Khusus Muslim?

Gimana guys, sudah hapal lokasi-lokasi yang mau kamu datangi di Ueno terutama tempat-tempat yang menyediakan makanan halal? :) kalau tidak hapal bisa di save di HP atau di print supaya tidak lupa :) Nah kalau kamu gak mau ribet, ngapalin tempat-tempat itu, saya mau share sedikit tentang pengalaman teman saya yang pergi ke Jepang tahun lalu, dia dan suami baru pertama kali datang ke Tokyo karena mau Honeymoon disana, nah mereka tidak menyangka bahwa di Jepang tempat makan yang halal itu susah, apalagi tempat untuk sholat, teman saya ini akhirnya memutuskan mencari Paket Tour Wisata Halal Jepang berbeda dengan saya, kalau saya langsung datang ke Travel Fair, teman saya ini mencarinya di Internet, dan info dari teman saya hasil ubek-ubek di Google, ternyata ada loh tour travel yang khusus untuk wisatawan muslim, nama tour travelnya adalah Cheria Halal Wisata. Kalau daftar disini, gak pake ribet, semua hal yang saya ceritakan diatas, tur guidenya sudah fasih sekali, mulai dari makanan halal, restoran mana yang menyediakan tempat sholat, lokasi mesjid sampai tempat-tempat yang ok untuk foto-foto.


Untuk Wisata Halal di Jepang, Cheria Halal Wisata, menyediakan paket perjalanan 7 Hari 6 Malam loh, mulai dari :

Hari 01 : Jakarta - Singapore
Hari 02 : Singapore - Kansai - Universal Studio Osaka + Harry Porter
Hari 03 : Osaka - Kyoto - Hamamatsu
Hari 04 : Hamamatsu - Mt. Fuji - Lake Kawaguchi
Hari 05 : Lake Kawaguchi - Hakone - Tokyo
Hari 06 : Tokyo Disney Sea - Narita
Hari 07 : Narita - Singapore - Jakarta

Kebayang gak tuh, mulai dari Kansai, Osaka, Kyoto, Hamamatsu, Hakone, Tokyo lalu Narita, berapa banyak lokasi yang membutuhkan pemandu atau tur guide yang benar-benar mengerti kebutuhan seorang muslim :)


Gimana dari hari pertama sampai ketujuh, padet gak tuh :) yang pasti nanti sudah dipastikan mulai dari kita sholat sampai bersantap makanan semuanya sudah pasti halal :) Oya, buat kamu yang mau contact Cheria Wisata Tour Travel bisa tanya-tanya dulu ke WA : 0878 9964 1375 (24 jam). Sooo, yuk mulai rencanakan liburan ke Jepang mulai sekarang :) Cheria Wisata Tour Travel Terlengkap di Indonesia


Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

6 comments

  1. Jepang memang keren, selain banyak wisata wisata menarik, Jepang juga semakin terbuka dengan wisatawan muslim. Yang paling saya suka dari orang Jepang adalah budaya produktif dan gemar membaca, sehingga masyarakatnya hidup makmur

    ReplyDelete
  2. klo makanannya, apa gak sulit tuh mbak untuk dapetin makanan halal di jepang sono?

    ReplyDelete
  3. Saya mempunyai teman dapat beasiswa kuliah di Jepang. Sejak ia cerita-cerita tentang Jepang, saya jadi semakin ingin ke Jepang. Apalagi setelah membaca postingan ini, duh... duh... :)

    ReplyDelete
  4. Aku pengen liat sakura di jepang .... please angkut dakuuuu

    ReplyDelete
  5. wah ini artikelnya bermanfaat banget, jadi tahu tempet-tempet di Jepang yang ramah buat muslim.

    semoga bisa segera ke Jepang juga kayak penulisnya.

    ReplyDelete