HOOQ, Asyiknya Menonton Film Bioskop Dalam Genggaman


Sejak banyaknya smartphone dengan harga yang cukup terjangkau, baik middle low and middle up, habit semua orang sekarang beda. Nonton via smartphone. Mau nonton gosip, nonton apa aja via smartphone. Saya sih paling sering nontonnya di Youtube. Ya itu juga kalau ada yang upload sih. Tapi sejak ada lisensi Youtube memproteksi tidak boleh lagi mendownload film-film, saya jadi jarang lagi menonton film deh :(
Saya sering memperhatikan temen saya (sebut saja Tari), dia sering banget download film-film dari smartphonenya. Jadi langsung nonton di smartphonenya. Jadi asyik sendiri gitu deh. Lalu saya tanya,

Saya : Lagi nonton apa? Kok seru banget sihh..
Tari : Film Indonesia, ini 24/7.
Saya : Hah? Itu dari DVD ya terus di compressed ke smartphone?
Tari : Gak. Itu dari aplikasi. Namanya HOOQ. Emangnya gak tau?
Saya : Gak.
Tari : Yahh kudet banget sihh :)
Saya : Ya ampuun. Itu film gue bangeet. Aku sukaaa banget film itu. 
Tari : Yah download ajaa itu HOOQ-nya. Banyak kok film-film yang baru bisa ditonton. Cuma beberapa gak bisa didonwload ya.

Akhirnya gara-gara temen saya si Putri bilang gitu, saya penasaran, saya coba download. Untunglah memorynya gak terlalu besar.


Nah, setelah download, saya coba browsing film apa aja sih yang ada disini?


Waaa ternyata bener, ada film Hollywood yang baru, gak jadoel-jadoel amat. Terus ada film Indonesia juga. Duh happy banget! Pasalnya ada beberapa film Indonesia yang gak sempat saya tonton di bioskop.

Terus pas saya ketemu beberapa film pilihan disini, langsung saya coba nonton. Dan jernih banget lho kualitas gambarnya. Ibaranya kayak nonton film bioskop dalam genggaman :)

Ya ampun kalau diinget lagi jaman dulu belum ada ya teknologi seperti ini, bisa nonton via smartphone. Dulu kalau saya mau nonton film bioskop, saya harus menunggu DVD originalnya keluar dulu. Lalu saya rendering dan compressed biar ukurannya jadi kecil, terus saya masukkan ke smartphone. Ya itu dulu. Jaman sekarang sudah berubah. Itulah kenapa saya bilang, dengan teknologi seperti ini memudahkan semua orang untuk menikmati apa yang menjadi hobbynya.

Terus pas saya kasih tau ke suami, dia ternyata udah tau! Ahaaa.. ya ampun, kenapa gak dikasih tau ke istrinya. Kan saya jadi gak lama nunggu film originalnya muncul di DVD? Soalnya kalau film Indonesia itu munculnya lama DVD Originalnya. Bisa sekitar 3 bulanan.

Ohya, asyiknya di HOOQ ini, film terakhir yang saya tonton ini posisinya masih sama saat saya pause, atau keluar dari aplikasi HOOQ. Gara-garanya waktu itu saya ada telpon, lalu saya gak sengaja keluar dari aplikasinya. Terus hari ini pas saya buka, film yang tanggung saya tonton masih ada, dan posisinya ada diatas.

Film di HOOQ apa bisa di download?

Terus saya coba iseng lagi, saya kan suka mobile, pastinya wifi di lokasi terkadang suka tidak bisa diharapkan. Mau pakai data provider sendiri kok kayaknya sayang ya :) So, saya coba deh klik download itu ada bacaannya download. Eh ternyata bisa!


Film Remember When ini ternyata ada di HOOQ lho. Film ini diangkat dari sebuah novel karya Windhy dan belum sempat aku tonton. Ohemji, ternyata ada di HOOQ, aku happy! ^^

Film yang di download apa bisa ditonton tanpa koneksi internet?

Nah, saya coba iseng lagi nih, film udah saya download, terus takutnya internet setempat gak bersahabat, saya coba nonton film yang download tadi dengan saya matikan koneksi internetnya. Dan ternyata bisa!

Jadi kesimpulannya, film-film di HOOQ itu bisa banget nonton dalam kondisi tanpa internet. Asalkan film-filmnya sudah di download ya. Karena tersimpan di dalam smartphonemu. Tapi tidak semua film bisa didownload sih. Hanya ada beberapa yang bisa. Mungkin terkait lisensi kali ya.

Apa Kelebihan dari HOOQ?

Karena saya masih gratisan, jadi film yang ditawarkan masih seputar yang itu-itu aja. Kemarin saya sempat ngulik ternyata kalau kamu mau film lain, kamu bisa berlangganan HOOQ hanya dengan membayar IDR 49.500 per bulan. Kalau kamu movies geek, saya sarankan sih langganan aja. Soalnya kamu bisa nonton sepuasnya. Gak bakalan ngerasa rugi.

Terus juga bebas iklan, bebas gangguan, gak ada tuh yang tiba-tiba pop up iklan. Terus bisa download and tonton offline di semua perangkat dimana saja dan kapan saja.

Terus kalau mau tiba-tiba membatalkan langganan gimana, bisa gak? Bisa bangeet tanpa biaya tambahan.

Asyiknya lagi di HOOQ itu bisa make favorit, alias film-film yang akan kita tonton bisa kita bookmark, jadi gak terlewat atau harus cari-cari lagi. Karena tampilan HOOQ setiap kita buka suka beda-beda film rekomendasinya. Jadi seperti ini tampilan favoritnya.


Apa aja yang harus disiapkan untuk menikmati film di HOOQ?

1. Smartphone dengan space lumayan. Kalau kamu ingin mendownload film-filmnya. Tapi kalau mau nonton langsung, siapkan saja space untuk aplikasinya.

2. Headset
Penting banget nih, supaya orang-orang di sekitar kamu tidak merasa terganggu.

3. Cellphone Ring Holder
Ini yang lagi happening nih. Itu lho yang dipasang di belakang smartphone. Jadi smartphone kamu bisa langsung stand up, bisa langsung dipakai untuk menonton film. Atau bisa juga beli monopod DSLR.

4. Kuota Internet
Siapin kuota internet yang kenceng. Kamu gak bakalan matgay deh. Tapi kalau kuota kamu habis, kamu bisa mengakalinya dengan ke coffee shop, kamu bisa download-download deh tuh film-film pilihan kamu :) Asalkan point no.1 sudah kamu penuhi :)

5. Hati yang gembira
Karena kalau gak bahagia gak kan bisa menikmati film-film yang oke di HOOQ ^^


Jadi sekarang nonton film bisa dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. Tapi hati-hati ya, bisa lupa waktu! Hihii..

Eh iya, sampai lupa mau infoin. HOOQ lagi ngadajn lomba blog lho. Hadiahnya Iphone7. Kalau kamu tau lebih lanjut seperti apa mekanismenya, bisa klik disini ya.


Last but not least, selamat mencoba and happy watching! ^^





4 comments

  1. Asyik ya punya bioskop dalam genggaman. bisa buat nemenin me time juga

    ReplyDelete
  2. Aku dah nonton juga dong dari HOOQ nonton AADC2 pula hahaha. Gampang & enak banget, ngga ada buffering pula :D

    ReplyDelete
  3. makasih info nya,sekarang bisa nonton film sepuasnya tanpa harus nunggu di youtube yang ga jelas judulnya.

    ReplyDelete