Kesan dan Pengalamanku Merasakan Photo Facial di ZAP Clinic


Ini bukan kali pertama saya mencoba treatment di ZAP. Ini justru pengalaman kedua saya treatment di ZAP. Buat yang ngikutin cerita saya, sebelumnya saya cerita tentang face rejuve di ZAP. Kali ini saya mau share pengalaman saya treatment Photo Facial disini.

Siapa diantara kamu yang belum pernah di facial? Wah, kalau khusus cewek-cewek kayaknya pasti pernah ngerasain facial. Buat kamu yang belum tahu apa itu facial, secara sekilas, facial itu gunanya untuk mengeluarkan komedo yang ada di kulit wajah kita, alasannya adalah jika ada komedo di kulit wajah dan komedonya makin membesar, maka kulit wajah akan kasar dan akhirnya berpengaruh dengan tekstur dan kekenyalan kulit wajah, nah yang tidak pernah dan jarang facial biasanya kulit wajah terlihat kusam atau gak fresh. Treatmentnya, komedo pada wajah di pencet-pencet agar keluar, yang sakit itu yah waktu di pencet-pencet itu dengan menggunakan alat facial gunanya untuk mengeluarkan komedo. Makin banyak komedo pada wajah, yah makin lama treatmentnya. Setelah selesai facial wajah akan kemerahan ditambah cenat-cenut di seluruh wajah, biasanya bisa 1-2 hari efeknya baru hilang. Nah jaman kan semakin canggih dan moderen, teknik facial konvensional seperti diatas sudah mulai ditinggalkan, sekarang sudah ada teknologi modern facial yang dinamakan Photo Facial. Penasaran apa itu Photo Facial? Yuk baca sampai selesai :)


Akhir November lalu, tepatnya tanggal 29 November 2016, saya diundang kembali oleh ZAP Clinic, tepatnya di ZAP Clinic Menteng yang berlokasi di Djati Bistro and Drinkery, Oria Hotel Menteng Jakarta (kalau dari arah Sarinah menuju Hotel Cemara, ZAP Clinic ini sekitar 20 meter dari lampu merah di sebelah kanan). Acara sharing session dan funtalk ini dihadiri oleh sekitar 34 beauty blogger dan vlogger.

Siapa aja sih pembicara di Funtalk ini? Para speaker yang dihadirkan adalah Fadly Sahab sebagai CEO ZAP, dr. Endi Novianto, SpKK sebagai Medical Consultant ZAP, dr. Fika Putri Aesthetika B.Med.Sci.,MARS sebagai Head of Medical & Training ZAP dan Paola Tambunan sebagai Beauty Enthusiast dan Client setia ZAP.

Ki-Ka: dr. Endi Novianto, Paola Tambunan, Fadly Sahab - Doc: Pribadi

Dalam acara ini, juga disampaikan bahwa sebagai brand yang bergerak di bidang kecantikan, ZAP terus konsisten memenuhi kebutuhan pelanggannya (customer satisfaction), berkat pencapaian itu, ZAP mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand Award 2016. Congrats for ZAP! 

Seiring perkembangan teknologi dan tuntutan zaman akan kebutuhan para wanita Indonesia yang super sibuk, untuk itulah ZAP berinovasi dan memperkenalkan treatment baru yaitu PRP Treatment, yang telah tersedia di seluruh outlet ZAP dan Hifu treatment yang akan segera diluncurkan.

Sekilas info tentang PRP

PRP adalah singkatan dari Platelet Rich Plasma Treatment. Jadi treatment ini menggunakan sebagian darah pasien (tenang, jangan parno) untuk dijadikan plasma yang kaya akan faktor pertumbuhan dan mampu membantu regenerasi kulit serta memberikan efek peremajaan. Plasma darah ini akan diaplikasikan kembali ke permukaan kulit untuk bertujuan terapi medis dan estetika.

Fungsi dari PRP disini yaitu :


1. Peremajaan Kulit dan Anti Aging
Meremajakan kulit wajah dan leher dengan cara mengurangi garis-garis halus dan menambah volume pada kulit secara alami sehingga terlihat lebih muda.

2. Mengurangi Stretch Mark 
Biasanya stretch mark terjadi karena regangan kulit terjadi secara cepat dan melebihi kemampuan elastisitas kulit, sehingga lapisan kulit jadi pecah. Biasanya terjadi di sekitar paha, perut dan lengan, dengan begini gak malu kalau kamu pakai pakaian sexy :)

3. Perawatan luka bekas jerawat
Caranya dengan memicu pertumbuhan sel-sel baru dan pembentukan kolagen yang bikin luka bekas jerawat beransur-ansur hilang.

4. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut
Biasanya dilakukan di bagian kulit kepala, yaitu dengan cara menyuntikkan plasma darah pasien pada kulit kepala, hal ini bisa mengatasi kerontokan pada rambut.

Durasinya?

Untuk PRP Treatment ini durasinya kurang lebih 60 - 90 menit untuk masing-masing area perawatan. Sambil menunggu darah diproses steril, area yang akan ditreatment akan dilapisi dengan krim anestesi. 

Bagaimana dengan Proses Perawatannya?

1. Pertama-tama pembersihan areanya dulu yang akan diberikan treatment
2. Pemberian obat anestesi pada area yang akan ditreatment 
3. Pengambilan darah pasien
4. Proses pengolahan darah pasien secara steril
5. Plasma darah diaplikasikan dengan dermaroller atau penyuntikan pada kulit wajah atau leher atau lokasi di tubuh lain. 

ZAP di Mall?

Oya, di sela-sela funtalk, mas Fadly Sahab mengatakan "Bagi wanita yang tinggal di Jakarta pasti banyak menghabiskan waktu weekdays dan weekendnya di mall, nah yang mau ke outlet ZAP ingin treatment, mungkin agak sedikit effort, makanya kami memenuhinya dengan membuka cabang di dalam mall. Supaya mempermudah untuk menjangkau outlet ZAP. Jadi sambil menunggu antrian, bisa window shopping terlebih dahulu di mall". Saat ini mall yang sudah ada ZAP Clinic adalah Mall Kota Casablanca, One Bell Park Mall, Lotte Shopping Avenue, Emporium Pluit Mall, Mall Of Indonesia dan Bintaro Xchange Mall. Ssstt, dalam waktu dekat ini, ZAP Clinic akan dibuka di Paris Van Java Bandung, Trans Studio Mall Bandung, Tunjungan Plaza Surabaya, Galaxy Mall Surabaya dan Summarecon Mall Serpong.

Di tengah sharing session Paola Tambunan menceritakan bahwa dia sangat-sangat puas terhadap treatment di ZAP. Khususnya untuk waxing under arm. Sebelum mencoba ZAP, yang dia rasakan selalu sakit kemudian bagian ketiaknya tampak hitam. Tapi sejak dia mencoba treatment di ZAP, dia sangat-sangat puas. 

Selesai acara talkshow, seperti biasa, kita foto bersama.

Photo dokumentasi ZAP
Selesai acara talkshow, para beauty blogger dan vlogger yang hadir akan mendapatkan kesempatan mencoba Photo Facial Treatment di ZAP Clinic Menteng. Karena waktu itu saya kebetulan masuk dalam kloter pertama, jadi saya langsung treatment Photo Facial saat itu juga deh. Jadi selesai foto bersama, saya langsung turun ke bawah (basement), karena ZAP outletnya ada di lantai basement (untuk aksesnya bisa menggunakan tangga dari luar, ataupun lift ya).

Saat saya konfirmasi ke bagian registrasi, mba-mba bagian registrasi menyapa dan melayani saya dengan sangat ramah. Sayapun langsung diberikan form registrasi dan nomor antrian. Setelah mendapat nomor antrian, sayapun dipersilakan masuk dan menunggu di ruang tunggu di dalam.

Kebetulan saya masuk antrian nomor 3, jadi saya manfaatkan waktu untuk menikmati sejenak ruang tunggu di ZAP ini.


Saat memasuki ruang tunggu ZAP, saya sangat merasakan ada kenyamanan dan kehangatan disini. Full of sofa, wangi ruangan yang khas, serta ketenangan. Kira-kira seperti ini ruang tunggunya. Untuk laki-laki tidak diperbolehkan masuk ya. Walaupun pasangan sendiri :)


Sebelum masuk ke ruangan treatment, di dekat pintu masuk ada ruangan untuk konsultasi dokter.



Setelah menunggu kurang lebih 10 menit, saya dipersilakan masuk ke ruangan. Sebelum dilakukan treatment, saya foto untuk beforenya dulu ya. 


Ini adalah pertama kalinya saya treatment Photo Facial, yang sebelumnya saya facial dengan treatment tradisional, kali ini saya mencoba menggunakan laser.

Berikut langkah Photo Facial Treatment di ZAP

1. Membersihkan wajah

Yang paling saya suka di ZAP adalah mereka sangat menjaga kebersihannya. Sebelum dimulai treatment, para therapistnya memakai sarung tangan terlebih dahulu.


Lalu rambut saya dipakaikan hair cap terlebih dahulu


Setelah dipakaikan hair cap, wajah saya mulai dibersihkan. Jadi sebelum kamu melakukan treatment di ZAP, sebaiknya kamu tidak usah make up terlalu berat dan full ya, sayang kan sampai di ZAP, make up kamu juga langsung dihapus total, kecuali bagian bibir dan mata :)

Wajah saya mulai dibersihkan

2. Konsultasi Dokter

Setelah wajah saya bersih, konsultasi dokter terlebih dahulu. Konsultasi dokter ini perlu supaya dokter mengetahui kondisi kulit wajah kita dan apa permasalahannya. Karena yang melakukan face treatment adalah dokternya.

Wajah saya terasa bersih

4. Proses face Toning dilakukan.

Pertama mata saya ditutup menggunakan kacamata khusus. Karena seluruh treatment di ZAP menggunakan laser.


Lalu wajah saya disinari dengan menggunakan laser. Sejujurnya sebelum dilakukan treatment Photo Facial ini perasaan saya takut banget. Saat saya tanyakan kepada dokternya apakah sakit atau tidak, dokternya bilang, tidak terlalu sakit, rasanya seperti digigit semut aja.


Face toning juga bisa dilakukan bila kondisi wajah kamu dalam keadaan berjerawat, seperti saya ini. Dengan catatan, hanya saja tidak dalam keadaan parah ya. Di pipi kanan saya ada jerawat kecil-kecil, waktu saya konsultasi dengan dokter, dokter bilang jerawatnya tidak bermasalah, karena tidak besar dan berpotensi besar. Jadi bila kulit wajah saya dilakukan face toning akan semakin lebih baik, nantinya jerawatnya akan mengering dan mengecil pori-porinya lebih cepat. Dibandingkan dengan bila kita melakukan treatment tradisional, yaitu dengan memencet jerawat.


Menurut saya ini bagian yang paling sulit, saya harus mengatupkan kedua bibir saya, untuk bisa dilakukan treatment di sekitar hidung dan atas bibir. Sementara saya harus menahan rasa sakit seperti digigit semut :)

Face toning menggunakan tehnik laser yang memiliki target melanin (sel pembentuk flek pada kulit), hemoglobin (sel darah merah), dan air yang terdapat pada lapisan dermis (kulit bagian dalam). Treatment ini efektif untuk meratakan warna kulit dan mencerahkan warna kulit, mengurangi flek (pigmen) pada lapisan dermis, mengecilkan pori-pori, menyamarkan kerutan halus, mengatasi bekas jerawat serta mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. 


5. Formulated Gel

Setelah selesai, wajah saya diberikan gel untuk melindungi kulit dari energi panas yang akan diberikan. Rasanya dingin bangeet. Ini sama persis saat saya di USG oleh dokter kandungan saya dulu :) Diberikan formula gel karena treatment akan dilanjutkan dengan face rejuvenation. 


6. Proses Face Rejuvenation 

Setelah itu masuk ke proses face rejuvenation


Face Rejuvenation adalah proses facial yang menggunakan teknologi berbasis cahaya yang bekerja pada lapisan epidermis (kulit bagian luar), dan dermis bagian atas yang berfungsi untuk mengurangi flek hitam, menyembuhkan jerawat dan mengurangi peradangan. Serta meremajakan kulit wajah dengan merangsang regenerasi kolagen dan mengurangi pigmentasi sehingga kulit wajah terlihat lebih cerah dan halus. 

Karena di bagian wajah pipi kananku ini bermasalah (kulit berjerawat), dokter sengaja melakukan treatment laser agak lama disini. Rasa yang ditimbulkan dari face rejuve adalah rasa hangat. Saat alat laser ini ditempelkan ke wajah, rasanya hangat-hangat kuku gitu deh. Jangan khawatir, gak sepanas yang kamu kira kok. Jadi face rejuve ini seperti kulit kamu ditempelkan setrika panas gitu deh. 


7. Setelah itu, formula gel-nya dibersihkan dari wajah.


Mau lihat wajah saya setelah di face rejuve? Seperti ini.


Lihat deh, bagian kening saya merah-merah kan? Iya itu terasa sangat gatal dan panas akibat di face rejuve. 

Setelah itu, dilanjutkan dengan proses Oxy Infusion. Yaitu kulit disemprotkan oksigen secara optimal.


Saat proses Oxy Infusion, saya hampir tidak bisa bernafas, karena tekanan oksigennya membuat saya sulit bernafas. Saya sempat bilang ke therapistnya, bisa gak kalau tekanannya di lowest sedikit? Mba-nya bilang, tidak bisa, karena sudah otomatis. Mba-nya menyarankan, jika saya tidak kuat, distop saja tidak apa-apa, tapi mungkin proses dan hasilnya tidak maksimal. Kenapa saya tidak tahan dengan proses Oxy Infusion? Karena saya punya riwayat asma, jadi saya ada kesulitan di pernafasan. Itulah sebabnya saya tidak bisa berenang, karena saya susah mengambil nafas panjang. 


Karena saya ingin hasilnya maksimal, demi kulit saya cantik dan sehat, saya tetap lanjutkan treatmentnya. Caranya, saya mencari akal, yaitu sebelum proses Oxy Infusion berpindah tempat, saya selalu berusaha untuk mengambil nafas panjang. Karena tekanannya benar-benar membuat saya sulit untuk bernafas. 


Untuk treatment Oxy Infusion ini durasinya kurang lebih 10 menit. Terkadang kita lupa bahwa kulit kita kan juga butuh oksigen. Seringkali kita tutup dengan make up yang berjam-jam lamanya. Nah, dengan bantuan Oxy Infusion ini kulit kita bisa lebih maksimal mendapat oksigen. Dengan begitu kulit kita bisa terlihat lebih fresh dan tidak kusam.

8. Setelah selesai, saya diberikan sublock dan ZAP After Care untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV.

Dokter Fika bilang, setelah treatment ini bisa langsung menggunakan make up kok, gak ada larangan. Hanya saja kan sayang, kulit kita ibaratnya masih fresh, jadi sebaiknya jangan diberikan make up dulu. Saya pikir juga, toh kan ini malam hari, saya akan perjalanan pulang, jadi saya memilih tidak memakai make up sama sekali.

Testimoni

Face Rejuvenation
Ini kali kedua saya merasakan treatment Face Rejuve di ZAP ini. Karena saya merasa cocok, jadi saya sangat merasa nyaman dengan treatment ini. But to honest, saya tidak bisa sering datang ke counter ZAP untuk melakukan treatment ZAP, karena lokasi rumah saya nun jauh disana, yaitu di Bekasi. Di Bekasi tidak ada counter ZAP, dan counter ZAP yang terdekat dari rumah saya hanya di Rawamangun atau Kota Kasablanka (Tebet). Sedangkan jika saya ke Jakarta, I must take 4 hours for the journey. I wish someday ZAP will be near the location of my house. So, I can take the treatment regularly. Jadi sekarang saya kalau ke counter ZAP menunggu suami saya rela menemani dan mengantarkan saya aja deh ke Jakarta :) 

Oxy Infusion
Ini juga pertama kalinya saya merasakan Oxy Infusion ZAP. Rasanya dingin, seperti ditiupkan angin ke wajah kita. Dan itu prosesnya lama sekitar 10 menit. Agak effort juga untuk saya, karena saya harus sering-sering mengambil nafas panjang setiap berpindah tempat. 

Photo Facial
Jadi Photo Facial adalah serangkaian perawatan dari Face Toning, Face Rejuve dan Oxy Infusion. All in one ini adalah IDR 500ribu (harga promo), harga normal adalah IDR 750ribu. Tapi kalau kamu gak mau serangkaian perawatan itu, kamu bisa memilih masing-masing treatmentnya kok sesuai kebutuhan. Tapi, kalau aku, melihat kondisi aku yang kadang berjerawat, sering mobile, sering terkena paparan matahari, radiasi notebook karena aku setiap hari menulis dari ruangan ber-AC, sering terpapar make up, sudah mulai ada kerutan di bawah mata, saya memilih yang paket (Photo Facial) saja, karena sudah all in one.

Setelah treatment Photo Facial, saya merasakan ada gatal-gatal di seluruh wajah saya. Saat konsultasi dokter, dokter sudah mengingatkan, jika nanti ada perasaaan gatal atau panas setelah proses treatment photo facial, jangan khawatir, itu proses yang wajar, karena sebagian kulit wanita mungkin ada yang sensitif. Jadi dokter memberikan saya salep anti radiasi untuk dipakai 2 jam setelah treament. Waktu itu saya treatmentnya malam hari, selesai jam 7 malam. Dokter menyarankan untuk dipakai di rumah saja. Karena walaupun salep ini adalah obat luar, dia akan menyebabkan ngantuk. Sangat riskan karena saya ingin perjalanan pulang. 

Sampai di rumah, saya langsung memakai salep tersebut. Dokter juga menyarankan, pakailah salep anti radiasi ini bila kondisi wajah gatal saja. Jika tidak, tidak usah dilanjutkan. 

Dokter juga berpesan, selama kurang lebih 1 minggu saya tidak diperkenankan untuk aktivitas outdoor, atau aktivitas yang terkena paparan matahari terlalu lama. Karena sayang kulit saya habis diberikan treatment dan oksigen, seperti kulit bayi yang masih fresh (ibaratnya), jadi kasih waktu dulu untuk si kulit bernafas. Dokter sih tidak menyarankan saya absen dari make up, tapi saya berinisiatif untuk bebas dari make up selama seminggu penuh. 

Dan inilah before dan after saya setelah treatment Photo Facial di ZAP



Waktu itu saya sempat posting di IG, apakah saya akan kembali lagi ke ZAP dan melakukan perawatan Photo Facial di ZAP, walaupun reaksi kulit wajah saya panas dan gatal setelah itu? Jawabannya, ya! Karena setelah kurang lebih 4 minggu sejak saya terakhir kali sejak saya treatment photo facial itu, kulit wajah saya terasa lebih moist. Dan jerawat saya jadi sedikit kempes dan mengering. 

Dan inilah foto saya H+1 keesokan harinya

Moist banget kayak kulit baby ^^
Saya jadi makin sering memakai sunblock setiap harinya, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Finally, terima kasih ZAP untuk free treatmentnya, funtalk serta ilmu yang bermanfaat kali ini. Saya menunggu undangan ZAP berikutnya :)


Setiap blogger yang hadir mendapatkan 1 buah goodie bags dari ZAP.


Itu aja sih, kesan dan pengalaman saya merasakan Photo Facial di ZAP. Semoga review dan testimoni saya cukup membantu teman-teman ya.




For more info, contact them by :

website : www.zapclinic.com
phone : 1500310
Web chat : Active (Right side bar)
Facebook : Facebook.com/zap.co.id
Twitter : Twitter.com/Zapcoid
Instagram : Instagram.com/zapcoid
Youtube : Youtube.com/user/zapcoid/videos

Last but not least, 

HAPPY ZAP LIFE! ^^
And Happy New Year 2017

No comments