Cuma Seribu Rupiah Untuk Jadikan Masa Depan Anak-Anak Indonesia Yang Lebih Cerah


Sudah menjadi rahasia umum kalau dunia anak-anak itu yaitu bermain ... bermain dan bermain. nah tugas kita sebagai orangtua mengupayakan menciptakan dunianya itu selalu menyenangkan. Menciptakan lingkungan yang nyaman, sehat dan menyenangkan. Bisa dibilang bahwa visi orangtua itu sama seperti visi yang sama seperti Unilever yaitu memahami bahwa pentingnya membangun dunia yang baik demi masa depan generasi mendatang. Yang menjadi persoalan itu umumnya adalah minimnya tempat bermain (outdoor) yang asri nan sehat untuk anak-anak. Untuk itu Unilever dan Blibli.com menyelenggarakan campaign Bright Future "Selamat Tinggal Dunia Lama". Sebenarnya campaignnya seperti apa sih itu? Penasaran? ..... Nanti saya jelaskan di bawah ya :)

Hari Sabtu, 17 Desember 2016 bertempat di D.LAB by SMDV Jalan Riau No.1 Menteng Jakarta Pusat, Theurbanmama beserta TUMBloggers, Unilever dan Blibli.com menyelenggarakan acara talkshow bertemakan Selamat Tinggal Dunia Lama” - Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Lewat Dunia yang Sehat dan Gembira. Sebelum mulai talkshow, para tamu undangan dipersilakan untuk makan siang terlebih dahulu yang sudah disajikan disini. Usai makan-makan, acara dilanjutkan dengan talkshow. MC kita siang ini adalah mba Fika. Dan dresscode untuk hari ini adalah Blue and White, sesuai dengan tema warna Blibli dan Unilever ^^


Narasumber yang dihadirkan ada 3 orang, yaitu Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk., Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com, dan Psikolog Retno Dewanti Purba dari SAUH Psychological Services. Ada yang kamu kenal gak? :)


Sharing pertama yaitu dari mba Maria Dewantini Dwianto atau biasa yang disebut dengan mba Mia, menjelaskan tentang campaign dari Unilever. Sebagai informasi ya, tahun 2015 lalu, Unilever sempat menyelenggarakan edukasi dan issue tentang deforestasi (penanaman hutan kembali). Beda dengan isu tahun 2015, tau gak permasalahan yang dihadapi saat ini ternyata banyak loh anak-anak yang meninggal dibawah usia 5 tahun #shock "Kok bisa?" biasanya karena hal yang sepele, yaitu diare. Dan permasalahan simple seperti ini sebenarnya bisa dicegah loh, dan sebenarnya andil tersebesar itu adalah peran serta dari konsumen. Kalau konsumen mau dan sadar untuk ikut peduli terhadap lingkungan hidup di Jakarta , pastinya anak-anak terhindar dari masalah-masalah seperti itu. Pemilihan produk yang digunakan sehari-hari dan gaya hidup konsumen adalah dua hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan seperti apa dunia kita di masa akan datang. Unilever percaya kekuatan konsumen dan brand-brandnya akan mampu membuat perubahan positif bagi generasi yang akan datang. Kenapa daritadi membahas anak-anak? Ya, karena anak-anak adalah masa depan, cikal bakal generasi yang akan datang, yang menentukan Indonesia akan menjadi seperti apa. Ibaratnya anak-anak adalah penentu masa depan dari Indonesia. Unilever percaya langkah kecil ini bisa berdampak pengaruh yang lebih baik. 


Selanjutnya sharing dari mba Lani. Mba Lani menjelaskan kesamaan misi dengan campaign Unilever ini, yaitu punya kepedulian yang sama terhadap anak-anak. So, peran serta Blibli.com dalam campaign ini juga tidak lepas dari peran serta ibu rumah tangga di rumah. Karena wanita memiliki 95% pengambilan keputusan dalam rumah tangga. Itulah kenapa Blibli bermitra dengan Unilever karena Blibli percaya mama-mama sekarang sudah lebih smart. Sudah tau belanja hemat itu seperti apa. Dan Blibli percaya campaign melalui blogger-blogger ini pesan campaign bisa tersampaikan secara luas. 


Nah, di sela-sela penjelasan tentang campaign ini, mba Lani juga menyelipkan bagaimana caranya untuk How To Be A Smart Shopping?

1. Belanja = Investasi
Ini ketika kita bisa bijak terhadap barang yang kita sukai, dan kita lihat potensinya ke depan.

2. Keinginan vs Kebutuhan
Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Yang paling sering itu kita mau beli apa, tapi waktu windows shopping malah belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan. Kalau belanja online, kita bisa jadi lebih hemat waktu. Di online shop ada kebutuhan anak, ibu dan juga ayah. 

3. No Wifi for Shopping
Ini yang tidak banyak orang tahu, bahkan saya sendiri juga tidak tahu, baru tahu sekarang, ternyata untuk berbelanja sebaiknya tidak menggunakan fasilitas free wifi, di public corner. Karena bisa jadi ada data-data privacy kita yang tersimpan disana. Jadi tidak secure dan pastinya karena ada wifi unlimited, jadinya kita mau belanja segala keinginan kita.

Campaign Unilever x Blibli.com

Unilever bergandengan tangan dengan Blibli.com, bersama mengajak konsumen untuk berpartisipasi langsung. yaitu mengedukasi konsumen melalui program kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar. Program ini tidak hanya mengajak peran aktif masyarakat dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat dan gembira lewat ranah digital, tapi juga menggandeng komunitas dan pemerintah di sekitar taman bermain umum untuk memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang dibangun. Tentunya fasilitas yang sudah ada bisa dimanfaatkan dengan baik bila komunitas setempat ikut merawat. Kampanye brightFuture bersama Blibli.com yang berlangsung mulai 1 Desember 2016 sampai dengan 31 Desember 2016. Selama masa periode kampanye ini, setiap pembelian produk Unilever tertentu yakni; Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band, Domestos, Vixal dan Rinso di Blibli.com, konsumen secara otomatis turut mendonasikan Rp. 1.000,- untuk program edukasi kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di arena taman bermain. 
Nantinya akan ada ruang baca terbuka yang akan dibangun, salah satunya di Jakarta (ada di Cideng), dan Jogja (ada di Taman Dengung). Disana ada ruang terbuka untuk anak-anak sambil baca buku. Nantinya juga akan ada fasilitas cuci tangannya. 

Campaign Bright Future

Campaign ini sebenernya adalah lanjutan dari campaign sebelumnya tahun 2013. Dan campaign tersebut berlangsung secara digital. Jadi campaign-campaign tersebut adalah bukti nyata bahwa tidak selalu campaign tentang ruang baca. Tapi campaign yang dilakukan Unilever selalu berubah. Dan semuanya bertujuan untuk kehidupan lebih baik. Buat yang ingin tahu campaign apa saja yang sudah dilakukan, bisa mampir ke websitenya tentang Bright Future.

Selanjutnya sesi sharing dari mba Retno, menjelaskan bahwa campaign ini adalah satu bentuk kolaborasi yang sangat baik. Mba Retno bilang, kalau kita menginginkan perubahan, gak selalu kita menunggu bantuan dari pemerintah. Kita bisa lakukan sendiri. 

Taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik akan memungkinkan (enabling) anak untuk beraktivitas dan mengembangkan diri secara optimal. Mempromosikan dan mendorong perilaku bermain yang menyenangkan adalah hal yang esensial untuk hidup yang membahagiakan dan masa depan yang lebih cerah. Pembentukan kebiasaan baik bagi anak-anak melalui pembelajaran sosial.” 
Dari program edukasi yang dilaksanakan, diharapkan komunitas dapat memelihara taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik, memanfaatkan taman bermain untuk beraktivitas sambil mengeksplor sarana edukasi yang ada di taman, dan juga menerapkan perilaku hidup bersih, sehat dan bijak dalam berbelanja online.



Tanggapan Mba Retno Terhadap Ruang Baca Terbuka

Bermain adalah salah satu belajar yang paling efektif untuk anak. Dan taman adalah salah satu contoh arena belajar yang menyenangkan bagi anak. Arena taman ini bisa menjadi sarana belajar toleransi bagi anak-anak. Jadi anak-anak perlu tau juga dunia luar, tidak harus selalu di rumah. Campaign yang dilakukan Unilever lebih banyak fokus kepada pengembangan dan edukasi. 

Harapan dari Unilever, Blibli dan mba Retno, edukasi ini bisa dirasakan oleh semua orang, bukan hanya di Jakarta saja, tapi seluruh daerah. Dan harapan jangka panjangnya, setelah campaign ini selesai di tahun-tahun berikutnya bisa melakukan campaign edukasi lainnya. 

Selesai acara talkshow, para peserta berfoto bersama.




Mama, yuk sama-sama kita ciptakan generasi masa depan yang lebih baik. Kita bisa turut serta dengan membeli produk-produk Blibli (terpilih), karena dengan begitu kita sekaligus menjadi bagian dari campaign Bright Future ini untuk Indonesia yang lebih sehat. 


2 comments

  1. Acara yang keren. Semoga bisa sukses terwujudkan. ^_^ Senang saat bayangin wajah ceria anak2

    ReplyDelete
  2. Keren banget. Semoga sukses ya? ^_^

    ReplyDelete