My Review : 4 Steps to Repair Your Damage Hair In A Week with Rudy Hadisuwarno Cosmetics


Rambut adalah mahkota wanita. Pasti semua setuju ya. Dan semua wanita pasti menginginkan rambut yang sehat.

Rambut yang sehat tidak terlepas dari perawatan rambut yang teratur. Mau yang berhijab atau tidak, soal rambut ya sama-sama dilakukan perawatan. Bedanya, ya kalau yang berhijab tidak terlihat, dan yang tidak berhijab bisa langsung terlihat sehat atau tidaknya rambutnya. Nanti saya akan berikan tips and how to-nya supaya rambut kita tetap sehat.

Saya ingat betul deh sejak kecil sampai remaja saya sering banget diberikan treatment-treatment rambut oleh si mama. Bahkan sampai saya kerja juga saya pernah diapa-apain. Ya dikeriting papan waktu masih SD, direbonding waktu jaman masih kerja kantoran, terus di colouring sampai sekarang. 

Selain itu juga rambut saya gak pernah lepas sama yang namanya pengering rambut atau catokan. Bisa dibilang hampir setiap hari kali ya. Karena saya keramas 2 hari sekali. Dulu sih saya keramas setiap hari, walaupun rambut saya sepanjang ini, tapi keramas tetap saya lakukan setiap hari. Kebiasaan dari si mama sih. Dulu sebelum nikah mama selalu mengajarkan ke saya, katanya kalau rambut itu kudu dikeramas tiap hari, alasannya ya supaya bersih. Tapi saya pernah diberi tahu waktu acara beauty blogger juga soal kesehatan rambut, katanya kalau keramas sebaiknya jangan tiap hari, karena bisa bikin rambut kering. Berikan waktu rambut kita untuk memproduksi minyak. Waktu yang tepat untuk keramas adalah setiap 2-3 hari sekali. Nah, sejak itulah akhirnya saya tidak pernah lagi keramas tiap hari.

Sering menggunakan alat catokan dan pengering rambut, pastinya cepat membuat rambut saya kering. Jadi sekarang saya harus benar-benar memilih shampoo yang tepat untuk rambut.

Sebesar 78% orang banyak yang tidak menyadari bahwa rambutnya kering akibat pemakaian alat pengering rambut yang berlebihan. Padahal rambut kering itu harus segera diatasi. Karena jika tidak, rambut kering itu bisa mudah patah dan menyebabkan rambut jadi tidak sehat.

Kemarin kebetulan saya mendapat kiriman dari Rudy Hadisuwarno Cosmetics. Isinya 1 paket perawatan rambut seperti ini :


Isinya ada :

1. Shampoo
2. Conditioner
3. Hair Mask
4. Serum

Dan semuanya varian Damage Defense, alias untuk rambut rusak.

Sekilas tentang Rudy Hadisuwarno yaa :

Beliau adalah seorang maestro tata rambut dan pakar kesehatan rambut. 

Sebenarnya saya takut untuk coba-coba, karena saya paling takut ada masalah sama rambut saya nantinya. Tapi karena brand Rudy Hadisuwarno ini adalah brand kecantikan rambut sejak dulu kala, jadinya ya saya percaya aja deh. Kan seperti quotesnya Rudy "Soal kecantikan rambut, percayakan pada Rudy" ahahaa, iklan banget. Gak, ini serius. Saya kenal brand Rudy Hadisuwarno ini sejak saya masih SD. Karena seringnya rambut saya diberikan treatment aneh-aneh sama si mama, mama selalu memberikan hair tonic untuk rambut saya, karena waktu itu rambut saya pernah rontok banget. Nah, hair tonic Rudy inilah yang jadi andalan si mama. Sampai akhirnya saya pakai terus sampai saya kerja ^^ Jadi kali ini saya coba untuk produk shampoonya.

Tahapan dan Tips Memakai Damage Defense Rudy Hadisuwarno :

1. Shampoo


Awalnya saya takut pakai shampoo ini, karena rambut saya kan normal, dipakaikan shampoo untuk rambut rusak, takut malah tambah rusak lagi? Ternyata setelah saya coba, dan pakai, gak lho. 

Shampoo ini tersedia dalam 2 varian ukuran, yaitu 100 ml dan 200 ml. Shampoo ini bisa membersihkan sekaligus merawat rambut rusak setelah proses pewarnaan, pelurusan dan pengeritingan supaya tidak kering dan kusam dan juga terlihat indah bercahaya. Dan juga anti radikal bebas, sumber nutrisi dan sun guard.

2. Conditioner



Conditioner ini menurut saya pakainya 'situasional' aja. Jadi misalnya hari ini kamu ngerasa rambut kamu kering banget, baru deh pakai conditionernya. Tapi kalau gak, jangan pakai tiap hari ya. Dan memakai conditioner juga harus dibersihkan sampai benar-benar bersih. Karena kalau tidak bisa menyebabkan ketombe. 

Manfaat Conditioner :

Untuk melembutkan dan menutrisi batanh rambut setelah melalui proses kimia (pewarnaan, pelurusan, pengeritingan supaya nampak mudah bercahaya dan mudah diatur.

Cara pakai conditioner

Cukup dioleskan pada rambutnya saja, tidak boleh sampai ke akarnya. Karena bila tidak dicuci sampai bersih, bisa meninggalkan bekas dan menjadi ketombe. Kemudian diamkan selama 1 menit, lalu bilas sampai benar-benar bersih.

Tersedia dalam ukuran 200 ml.

3. Hair Mask


Manfaat hair mask :

Merawat dan menutrisi batang rambut, serta melindunginya dari kekeringan supaya tetap kuat, halus dan berkilau. 

Tips dari saya untuk penggunaan hair mask :

Sebaiknya dipakai setiap 2-3 kali seminggu, jangan tiap hari. Dan pakainya juga sedikit-sedikit aja sesuai banyaknya rambut. 
Pakailah dibagian rambutnya saja, jangan diakarnya. Karena prinsipnya sama seperti conditioner, jika pembersihannya tidak sampai bersih malah bisa menjadi ketombe.
Yang rusak dan perlu perawatan kan rambutnya, bukan akar rambutnya kan?

Oleskan ke rambut, diamkan selama 5 menit, lalu bilas sampai bersih.

4. Serum


Yang terakhir adalah penggunaan serum (Hair Intense Repair Serum). buat yang sama seperti saya, penggunaan serum ini penting pakai banget. 

Ada 2 zat aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu pomegranate extract, yaitu berguna sebagai antioksidan dan melindungi rambut dari proses kimiawi san suhu panas. Selain itu juga mengabdung Argan Oil. Yaitu Vitamin E, asam lemak tak jenuh, omega 3 dan omega 9 serta membantu memperbaikin folikel rambut rusak.

Cara penggunaan serum rambut :

Pakailah saat keadaan rambut setengah kering. Jangan saat basah banget sehabis keramas, karena tidak berefek apa-apa (ini katanya beauty advisor saya di salon waktu itu). Atau justru saat keadaan rambut kering benar-benar kering, itu juga tidak disarankan. Karena malah akan membuat rambut jadi lepek. Jadi pakailah saat rambut dalam keadaan setengah kering.

Begitu juga saat kamu ingin memakai pengering rambut. Rambut dikeringkan dulu dengan hair dryer sampai setengah kering, pakai serumnya, baru dilanjutkan lagi pakai hair dryer atau catokan. Jadi ibaratnya rambut kita dikasih tameng dulu sebelum ditempa macem-macem. Itu kata BA saya di salon ^^

Alhasil sekarang rambut saya terjaga dengan sehat. Walaupun sering memakai alat pengering.

Dan happy banget saat saya tau saya dapat serum sebanyak ini ^^


Ini bisa saya pakai bisa 6 bulan ke depan ini ^^ Iya, kan pakainya dikit-dikit. Bukannya pelit, tapi kalau kebanyakan juga bisa bikin rambut lepek. Harus tau tips and triknya dong.


Sekecil ini bisa bikin rambut saya sehat, happy banget deh ^^ 

Kelebihannya

Serumnya dalam bentuk botol seperti ini, its so easy to use. Jadi penggunaannya sesuai dengan panjang-pendeknya rambut pastinya. Jadi lebih hemat. Selain itu bentuknya mungil banget, jadi bisa hand and carry, bisa saya bawa kemana aja. Terlebih lagi saya yang suka travelling kemana-mana, ke hotel atau kemana aja bisa saya bawa. Selain itu HIRS ini tidak berminyak dan juga tidak lengket di tangan. 


Selain perawatan harian, kamu juga harus imbangi dengan perawatan bulanan ya, seperti creambath. Lengkapi dengan Damage Defense Creambath, supaya rambut kamu tetap sehat.

Manfaat creambath :

Menjaga dan menutrisi rambut yang rusak dan juga melindunginya dari kekeringan supaya rambut nampak lebih lembut indah bercahaya.

Tips dari saya :

Lakukan creambath minimal sebulan 1x. Kalau saya sih 1 bulan 2x. Karena rambut saya sering terkena paparan alat pengering.

Buat yang bermasalah dengan rambut kering atau bercabang, mungkin bisa coba produk RHC yang satu ini.

Semoga bermanfaat ya.


5 comments

  1. Produknya rudy emang udah keren dari dulu! :D Jempol dah!

    ReplyDelete
  2. Kayanya harus benar dicoba nih. :o

    ReplyDelete
  3. Baru ingat, bulan ini belum creambath. :(

    ReplyDelete
  4. Baru tahu kalau pakai conditioner gak boleh sampai akar. Pantas aja kalau ketombe bermunculan. :D

    ReplyDelete
  5. waaa kebetulan banget nih Lin, rambutku rontok dan pecah2 akhir2 ini.., padahal lagi niat mau manjangin lagi :(. Beneran ah mau cobain perawatan dari Rudy Hadisuwarno ini. Thanks yaaa infonya...

    ReplyDelete