Buah Kiwi itu Manis Lho, Gak Percaya? Cobain Kiwi Zespri



Kalau mendengar ada yang sebut buah Kiwi, kerongkongan dan lidah saya mendadak tiba-tiba berubah jadi ASAM! Tapi sepertinya saya bukan satu-satunya yang beranggapan bahwa buah Kiwi itu rasanya asam. Saya yakin kamu juga :) Dari sejak sampai sekarang saya tidak pernah suka sama buah ataupun makanan yang rasanya asam. SAYA PALING ANTI dengan buah yang rasanya asam. Seperti jeruk, anggur, atau bahkan kiwi. Kalaupun rasanya asam, saya pasti akan memilih yang tingkat keasamannya hanya 10%. Ya, saya tau, buah yang paling baik itu adalah buah yang rasa asamnya tinggi, karena ada kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan waktu saya hamil dulupun juga gak suka segala sesuatu yang rasanya asam. Yang katanya ibu-ibu hamil doyan rujak, atau buah yang asam-asam, itu tidak berlaku untuk saya :)

Tapi ternyata ada lho buah kiwi yang rasanya gak asam. Namanya Kiwi Zespri. Sudah pernah makan? Atau sudah pernah dengar? Dan saya merasa beruntung bisa mencicipi buah yang satu ini di acara blogger gathering bersama Kiwi Zespri pertengahan September 2016 lalu.


Sebelum acara dimulai, para tamu undangan dipersilakan untuk mencicipi hidangan snack yang telah disiapkan. Semua snack ini mengandung kiwi. Dan untuk bisa makan snack ini saya membutuhkan waktu 30 menit. Karena saya paling anti banget sama yang namanya rasa asam, jadi saya butuh testimoni dari teman samping kiri dan kanan saya. 

Akhirnya saya penasaran juga, kok mereka makan kiwi tanpa ada ekspresi asam ya? Saya finally benar-benar penasaran. Dan akhirnya saya ikut mencoba semua snack disini.





Bahkan minumannya disini juga kiwi lho :)



Nara sumber yang dihadirkan pertama adalah Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, Msc. Ms. SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Beliau membahas fakta tentang Vitamin C terlebih dahulu. Buah yang mengandung vitamin C, betakaroten. Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pembentukan kolagen, mengandung vitamin E, dan asam folat. Buah yang banyak mengandung vitamin C adalah mangga, jeruk. 

Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan. Manfaatnya apa?

1. Mencegah kerusakan sel akibat adanya radikal bebas
2. Mencegah penyakit degeneratif,
3. Mencegah penuaan dini
4. Mencegah penyakit keganasan

Biasanya radikal bebas bisa disebabkan akibat makanan kalori tinggi, timbal, lemak, dan adanya polusi.

Tentang KIWI Zespri

Zespri International adalah perusahaan asal New Zealand yang memiliki kantor di Eropa, Inggris, Amerika Utara, Jepang dan Asia Pasifik. Zespri System menawarkan jaminan keamanan produk kiwi alami berkualitas dengan rasa yang lezat. Perusahaan yang dimiliki oleh para perabu buah kiwi ini, adalah market leader dalam pasar buah kiwi di dunia.

7 Fakta Tentang Kiwi Zespri New Zealand

1. Buah Kiwi adalah buah kaya dengan nutrisi

Buah kiwi adalah buah yang secara konsisten memiliki nutrisi paling banyak dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Ini berarti kita akan mendapatkan vitamin dan mineral lebih banyak per gramnya, maupun per kalorinya dari buah kiwi dibandingkan dengan buah lainnya.

2. Buah kiwi akan vitamin C

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk atau lemon. Jadi hanya membutuhkan dua buah kiwi per hari untuk memetnuhi kebutuhan vitamin C kita.

3. Buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin lain yang lebih tinggi dibandingkan buah lain.

Vitamin E
Biasanya makanan yang mengandung rendah lemak bukan merupakan sumber yang baik bagi vitamin E. Buah kiwi memiliki kandungan lemak yang rendah tapi sumber alami vitamin E yang tinggi sebagai antioksidan dan dibutuhkan untuk kesehatan jantung.

Asam Folat
Adalah sumber alami asam folat yang sangat dibutuhkan untuk mencegah kelainan tabung syaraf pada janin (folat dibutuhkan sebelum dan selama kehamilan). Juga bagi perkembangan otak dan kognitif anak-anak, juga mencegah penyakit kardiovaskular.

Potasium
Kandungan potasiumnya sama dengan pisang, hanya memiliki setengah kalori, jadi kiwi sangat baik untuk menjadi sumber potasium, rendah sodium dan memiliki manfaat untuk menjaga kondisi tekanan darah dan kesehatan jantung.

4. Buah kiwi mengandung antioksidan alami yang tinggi.
Phytochemical atau phynutrient adalah zat natural yang ditemukan di buah dan sayur. Mengkonsumsi  buah kiwi bisa meningkatkan antioksidan secara signifikan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

5. Mengkonsumsi buah kiwi bersama makanan lainnya, terbukti mengurangi stres oksidatif akibat makanan yang kita konsumsi, terutama makanan dengan lemak tinggi.

Stres oksidatif adalah dimana sejumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Stres oksidatif adalah penyebab utama penuaan dini dan timbulnya penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, alzheimer dan sebagainya. Stres oksidatif bisa dicegah dan dikurangi dengan asupan antioksidan yang cukup dan optimal ke dalam tubuh. Seperti konsumsi antioksidan melalui konsumsi buah kiwi.

6. Buah Kiwi membantu dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Perlindungan secara alami dari kesibukan sehari-hari membantu dalam menanggulangi tekanan, radang dan serangan dari bakteri dan virus yang banyak berkembang. Percobaan yang perna dan sedang dilakukan membuktikan bahwa buah kiwi efektif memberikan manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Buah kiwi sangat baik untuk mengurangi sebah dan kembung karena kandungan enzim pencernaan Actinidin dan serat tinggi yang membantu kelancaran proses pencernaan.

Buah kiwi dikenal sebaai sumber pencerna lamai, karena kombinasi yang unik dari serat dan komponen lainnya dalam buah kiwi terutama enzim actinidin. Enzim ini hanya ada di buah kiwi hijau, untuk memperbaiki pencernaan dan meningkatkan pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap dan mempercepat penyerapan nutrisi. Kandungan serat tinggi pada buah kiwi juga membantu proses kerja pencernaan dan meringankan konstipasi.

Beberapa fakta dan manfaat tentang Serat 

Pastinya sebagian dari kamuu tahu manfaat dari serat untuk tubuh itu sebagai apa. Yup! Membantu pencernaan. Tapi sebenarnya lebih daripada itu lho :

1. Membantu menjaga kadar gula darah
2. Membantu menjaga kadar lemak darah
3. Membantu membuat rasa kenyang
4. Sumber serat bisa dijumpai pada buah kiwi, apel, jeruk, strawberry.
5. Serat yang tidak larut akan membantu gerakan usus
6. Serat bisa mencegah konstipasi
7. Memberi makanan bakteri baik
8. Serat dan bakteri baik akan menjaga sel usus tetap sehat karena mencegah masuknya bakteri patogen dan racun ke dalam tubuh.

Beberapa enzim pencernaan yang ada dalam buah :

Papaya
Papain - enzim proteolitik

Nanas
bromelain - enzim proteolitik

Kentang, tomat, apel, jeruk, strawberry
Katalase dan pektinase

Kiwi
Actinidin - enzim proteolitik (berfungsi untuk mencerna protein sehingga lebih mudah diserap)

Beberapa manfaat buah 

1. Melindungi tubuh dari penyakit
2. Mencegah kerusakan sel
3. Mencegah penyakit diabetes
4. kesehatan saluran cerna
5. Membantu mencerna protein
6. Sebagai sumber protein dan elektrolit

Pola Makan Gizi Seimbang

Untuk pola makan gizi seimbang seringkali keberadaan buah dan sayuran dilupakan. Padahal dengan tidak ada keduanya gizi kita tidak seimbang.

Ada beberapa akibat yang ditimbulkan jika kita kekurangan sayur dan buah :

1. Kematian akibat kanker saluran cerna sebesar 14%
2. Kematian akibat jantung koroner sebesar 11%
3. Kematian akibat stroke sebesar 9%

Untuk rekomendasi konsumsi sayur dan buah 

1. 2 jenis buah dan 5 jenis sayuran per hari

2, 8 porsi tau 4,5 mangkok dari berbagai jenis buah dan sayur per hari.

3. 400 gram buah dan sayur per hari.

2 Perbandingan tentang habit orang Australia dengan orang Indonesia :

Australia : 48,3% penduduk dewasa tercukupi asupan buah dan hanya 8,3% tercukupi asupan sayur
Indonesia :  Menurut data WHO, rata-rata konsumsi buah dan sayur penduduk Indonesia hanya 2,5 porsi per hari dan yang termasuk di dalamnya adalah para penduduk yang berusia lebih dari 10 tahun sebesar 93,6%.

How To Enjoy KiwiFruit

Gimana caranya bisa menikmati buah kiwi yang enak tanpa rasa asam? Begini caranya friends :

1. Buah kiwi zespri bisa bertahan lebih lama apabila disimpan di suhu yang cukup dingin. Simpan buah kiwi Zespri di suhu ruangan agar matang lebih cepat.

2. Buah kiwi Zespri membutuhkan waktu 1-3 hari di suhu ruangan untuk matang dan memiliki rasa lebih manis

3. Buah kiwi Zespri akan matang lebih cepat bila disatukan dengan buah lain seperti apel dan pisang.

4. Buah kiwi Zespri lebih manis saat lunak.

5. Buah kiwi juga dapat digunakan sebagai dressing pada salad dan sebagainya, tapi tidak direkomendasikan dimasak dalam suhu panas karena akan mengurangi nutrisinya.

6. Buah kiwi juga dapat dinikmati dengan memasukkan potongan buah kiwi ke dalam air mineral sebagai KiwiFruit Infused Water.

7. Hindari melunakkan kiwi dengan cara dijemur atau terpapar sinar matahari langsung. Cara ini akan melunakkan kiwi tapi tidak matang sempurna jadi rasanya tidak akan jadi manis.

Bagaimana cara memilih buah kiwi Zespri untuk siap santap?

Sebenarnya mudah lho, cuma dengan menekan bagian atas dengan ibu jari, dan menekan badan buah dengan jari lainnya. Jika terasa lunak, maka buah kiwi sudah manis dan bisa dimakan. Jika dibiarkan terlalu lunak buah bisa menjadi terlalu matang jadi menurunkan kualitas rasa buah.

Selain dengan cara menekan badan buah dengan telapak tangan, kematangan buah juga bisa dideteksi dengan warna buah. Warna buah kiwi yang lebih gelap menunjukkan tingkat kematangan dan kemanisan yang lebih tinggi.

Tentang Sweeter Than You Think 2016

Campaign Kiwi Zespri kali ini adalah Sweeter Than You Think, artinya kira-kira buah kiwi zespri lebih manis dari yang kamu kira. Nah tujuan dari campain ini adalah untuk menghilangkan persepsi bahwa rasa kiwi itu asam. Kiwi zespri memiliki rasa asam manis yang menyegarkan, jika sudah matang.

Dan tips mematangnya Kiwi Zespri adalah dimatangkan di suhu ruang (buah yang masih keras, jangan diletakkan di kulkas), atau bisa juga digabungkan dengan buah-buahan lainnya yang menghasilkan ethylene.

Tips lainnya jangan terkena sinar matahari langsung saat mematangkan kiwi, dan genggam kiwi untuk mengetahui tingkat kematangannya.

Jadi kesimpulannya adalah :

1. Mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin
2. Minimal 3 porsi sayur dan 2 porsi buah per hari
3. Bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, membantu menjaga kadar glukosa darah, mencegah gangguan pencernaan dan berbagai penyakit lainnya.

Selesai dari talkshow, ada sharing dari Fooodie Couple MyFunFoodiary - Mulie (d nya 1). Mereka adalah Andy Pau dan Mullie Marlina.


Ci Mulie mengajarkan tentang Food Photography Using Our Smartphone




Ada beberapa tips yang diberikan oleh mereka, yaitu :


 BASIC RULES Photography Using Smartphone :

1. Know Your Passion

2. A Great smartphone camera to suport your activities

3. Natural light

4. Bring Colours to your picture, mix and match props

5. Stand up shots

6. Focus Lick and hands dont shake

7. Rules of 3


Usahakan selalu memberdayakan sinar yang ada di sekitar kita. Kita bisa menggunakan cahaya matahari.


Waktu terbaik untuk foto adalah pertengahan pagi - siang, waktu brunch, sekitar jam 10 pagi atau juga sore sekitar jam 4 sore. Jadi matahari tidak terlalu strong, dan masih ada cahaya alami yang bisa kita manfaatkan.

Menggunakan flash tidak disarankan. Dan sebaiknya tidak menggunakan fitur zoom digital. Karena bila nanti fotonya di stretch, kualitasnya akan pecah.



Pintar-pintarlah me-mix and match dengan props yang ada di sekitar dan kita punya. Perhatikan komposisinya dan juga warnanya.



Banyak-banyaklah latihan mengambil gambar dari berbagai sisi. Banyak bermain dari beberapa angle. Nanti kita akan tahu sendiri kok angle yang terbaik itu ada dimana.


Sebaiknya gunakan tripod, untuk menghindari adanya 'shake' and lock the focus. Perhatikan juga unsur exposure, bermain-main settingan exposure, jangan selalu automatic, seperti halnya dengan kita bermain dengan DSLR.


Ohya, Ci Mullie juga berbagi tips, supaya fotonya kece, jangan lupakan Rules of 3. Apa itu? Jadi dalam 1 frame, usahakan kita menaruh atau mengkomposisikan produknya berjumlah 3 items. Supaya kompoisisinya oke. Sesuatu yang terlihat ganjil lebih menarik. 1,3,5, 7 dst. Untuk 1, terlalu sedikit. Untuk 5, 7 dst, sepertinya terlalu banyak. Sepertinya 3 sudah cukup.



Tips terakhir yaitu editing dan share. Selesai bermain-main dengan agle dan komposisi, kita bisa meng-edit gambarnya supaya lebih oke. Jangan lupa juga untuk dishare di sosial media.


Selesai acara talkshow, para peserta diminta untuk ikut partisipasi ikutan lomba foto dengan tips yang diberikan oleh Myfundiary itu, dengan memakai produk, ataupun media yang telah disajikan disini.


Sebagai penutup acara, para peserta foto bersama.


Seneng banget deh saya bisa datang ke acara ini, banyak banget ilmu yang saya dapat, selain tentunya bersilahturahmi dengan para blogger-blogger keren disini.

Sebelum pulang para blogger diberikan 1 buah dus buah kiwi dan 1 buah flash disk yang lucunya kebangetan! :)



4 comments

  1. aku pun penggemar kiwi mba...bahkan yang asem pun oke juga hehehe

    ReplyDelete
  2. Iyap, aku kayak Mak Indah juga. Suka dengan kiwi. Bahkan yang gak manis sekali pun. Tapi kalo yang manis kayak Zespri, tentu lebih enak.

    ReplyDelete
  3. Aku suka kiwiiii. Enak kiwi itu, yg asem pun segeeeer..

    ReplyDelete