17 Hal Yang di Lakukan oleh Blogger dengan Smartphonenya


Bisa dibilang hampir 24 jam aktivitas saya berhubungan dengan internet dan dunia digital, hal ini karena aktivitas dan pekerjaan saya memang di tuntut seperti itu, selain menjadi ibu rumah tangga yang luar biasa (supermom), saya merangkap sebagai seorang Entrepeneur yang mengelola online shop Batik dengan label Aurabatik, dan sebagai penyaluran hobi saya dalam menulis, saya akhirnya menjadi seorang Blogger :) jadi mulai bangun sampai tidur aktivitasnya lebih banyak di dunia online. Gak percaya? :)

Sekilas tentang aktivitasku

Kegiatan saya mulai dari waktu saya bangun tidur dan memulai untuk sholat Shubuh bersama suami, sesuai sholat Shubuh langsung deh saya cari smartphone kesayangan yang biasanya saya tinggal untuk di charge malam hari, untuk melihat email pesanan batik dan juga job review, karena kebiasaan customer membeli barang dilakukan malam hari menjelang tidur dan beberapa brand mengirim email menjelang jam pulang kantor. Nah saya favorit email-email itu agar bisa saya followup nanti jam 10an. Lanjut deh, menyiapkan sarapan pagi. Mungkin sudah kebiasaan saya saat menyiapkan sarapan pagi selalu saya cari menu sarapan yang berbeda-beda tiap beberapa hari biar suami dan narend tidak bosan. Jadi sebelum menyiapkan sarapan dan makan siang, saya sudah browsing untuk mencari ilham menu makanan :)
Oya, sejak suami saya memutuskan untuk diet, makin ketat deh menu makanan yang harus dibawa ke kantor, alhasil saat suami berangkat kantor, selalu membawa 2 bekal makan (makan siang dan malam sekaligus). Seperti biasa jam 9-10 saya mengantar narend ke KB (Kelompok Bermain) dekat rumah, selama 1.5-2 jam menunggu narend, selain ngobrol dengan ibu-ibu lain dan guru, kegiatan saya adalah merespon email pembeli online shop batik saya dan beberapa brand yang ingin melakukan kerjasama sebagai influencer.

Sampai dirumah, saya sudah ready untuk menyiapkan makan siang narend, usai makan siang baru deh, saya lanjutkan aktivitas saya untuk online shop saya seperti foto produk, merespon email, packing pesanan customer. Untungnya saya sudah langganan dengan salah satu vendor jasa delivery, jadi tinggal telp, datang ke rumah untuk pickup pesanan saya (Sttt.... bayarnya juga tidak langsung loh, tapi bayarnya akhir bulan hihihi). Nah biasanya narend tidur jam 1-3 siang, saat itulah saya mulai aktivitas saya sebagai blogger. Karena sambil jagain narend, terkadang saat membuat draft dan menulis artikel tidak saya lakukan via laptop, tapi dilakukan semua via smartphone. Lumayan lah, benar-benar bisa memaksimalkan aktivitas saya.

Waktu narend bangun, biasanya ajak main, tentunya sambil mengecek online shop dan membuat draft/artikel, sampai nanti waktu untuk mandi. Saat suami pulang, dia biasanya sudah makan dikantor dari bekal makan yang sudah saya siapkan, nah malam hari langsung deh, ngajak narend main di dekat rumah seperti GGP (Grand Galaxy Park) atau McD Pekayon, alasannya biar narend capek dan cepat tidur, saat capek dan mau tidur, barulah saya dan suami lanjut aktivitas untuk foto produk online shop sampai mengurus blog di rumah. Gimana aktivitas kamu? :)

Smartphone VS Tablet VS Laptop

Kalau membaca aktivitas saya diatas, sebagai seorang entrepeneur dan blogger, pasti sudah terbayang deh membutuhkan gadget yang mumpuni dan bisa mendukung pekerjaan saya. Kalau ditanya "Kira-kira apa gadget yang cocok untuk saya?" Saya yakin jawabannya ada 3 yaitu Smartphone, Tablet dan Laptop. Di dunia per-bloggeran, banyak yang bilang "Gak penting punya hape kece, nah yang terpenting laptopnya kece", ayo para blogger yang membaca artikel ini, ngaku bener gak seperti itu? :) Dulu tahun 2012-2014 mungkin hal itu benar, hal itu karena smartphone yang muncul ukuran layar masih dibawah 4 inch, jadi untuk mengetik pasti susah banget. Tahun 2015-2016 mulai muncul smartphone yang ukurannya diatas 4.5 inch, dan kerennya teknologi layar AMOLED dan tingkat sensifitas touch screen makin akurat, jadi apa yang kita lihat di layar smartphone sama seperti yang kita lihat di laptop, Kalau ngomongin wish list, dari dulu sampai sekarang, saya masih mencari laptop yang baterenya tahan sampai 10 jam jadi gak butuh cari colokan listrik pas lagi kerja di coffee shop :) Sayangnya sampai sekarang belum ada laptop yang seperti itu, yang ada, adalah Netbook yang daya tahannya sampai 5-6 jam, hanya sayangnya Netbook sangat lambat dan rakus.

Tapi setelah saya jalani, antara smartphone dan laptop, dua-duanya juga harus mumpuni. Nah setelah makin "terperusuk" ke dunia blogger, terutama menjadi Food Blogger dan Beauty Blogger, beberapa teman bilang "Gak perlu pakai smartphone mahal, yang penting punya mirrorless high-end dan tercanggih". Hmm, quotesnya sih benar, tapi karena dunia pekerjaan saya (as a blogger) menuntut untuk selalu tampil narsis di setiap kesempatan, tidak jarang juga saat saya mengeluarkan mirrorless, security setempat langsung menghampiri saya, trus bilang "Maaf ibu bisa lihat ijin untuk foto disini? Karena harus ada ijin untuk foto", harus ada ijinlah, gak boleh pakai kameralah, bla..bla.. dan sebagainya. Padahal saya cuma mau foto #OOTD aja. Syedih ya. Itulah kenapa saya bilang smartphone oke juga penting.


Jujur saya pribadi, dari 3 gadget yang saya miliki, porsi penggunaannya smartphone lebih banyak dari yang lain loh, bisa sampai 80%. Alasannya, karena mulai membuat artikel, cek email agensi, editing SPK, nonton Youtube, editing foto dan video, semua bisa saya lakukan via Smartphone :) Bahkan kalau mau dibilang, smartphone yang saya miliki sekarang adalah asisten pribadi saya loh. Kalau kamu sendiri bagaimana?

Sebenarnya sebagai blogger ada 1001 hal yang bisa saya lakukan dengan smartphone, tapi secara umum, ada 17 hal yang biasanya saya dan blogger-blogger lakukan dengan smartphonenya, penasaran kenapa 17? :) Kalau penasaran yuk baca satu persatu

1. Ngeblog

Yup, 80% artikel yang saya tulis di www.catatanoline.web.id ini menggunakan smartphone loh. Waktu saya bilang begini ke teman-teman blogger lain, mereka pada bilang "Kok bisa sih lin, aku gak bisa nulis banyak di HP, kalau nulis harus di laptop", well, iya memang sulit kalau menulis artikel di smarthone berukuran kurang dari 5 inch, kuncinya smartphone kamu minimal memiliki 5.2 inch dan layar Super AMOLED, alasannya area pengetikan dan kualitas layar yang tidak bikin mata lelah.

2. Checking Mail

Hampir setiap smartphone sekarang sudah bisa untuk mengakses email. Hanya saja tetap perhatikan spacenya. Mengaktifkan email untuk di push mail ke smartphone, harus diimbangi dengan space yang cukup. Ini terbukti dari curhatan teman saya sendiri, dia bisa cek email, tapi loadingnya lama, karena kebanyakan memory di smartphonenya.

Saya pribadi tipe yang mengaktifkan fitur push mail ke smartphone saya. Email bagi saya menjadi sangat penting, karena semua komunikasi baik tawaran pekerjaan, undangan event, order, mengirim dan menerima invoice, newsletter dan sebagainya, hampir 100% melalui email. Jadi bisa dibilang hampir 24 jam saya aktif mengecek email.

3. Google Maps

Aktivitas saya menuntut untuk selalu mobile. Saat saya menerima undangan event blogger yang harus saya hadiri, biasanya saya berangkat menggunakan kendaraan sendiri (mobil). Mengendarai mobil sendiri ke suatu lokasi baru, pastinya saya membutuhkan maps sebagai directions to locations. Maps sangat berarti untuk saya. Karena berkat mapslah yang selalu memberikan saya petunjuk jalan tanpa nyasar.

Maps bukan hanya berguna untuk mencari lokasi, tapi maps berguna untuk memberikan alternatif perjalanan. Misalnya jalan A heavy traffic, maps akan memberikan suggestions ke jalan B. Itulah kenapa saya selalu menggunakan maps saat saya bepergian kemanapun (walaupun lokasinya sudah saya ketahui).

4. Browsing

Hampir 90% browsing saya menggunakan mobile (smartphone). Dan browser yang paling saya gunakan adalah Google Chrome. Karena Chrome selalu memberikan kenyamanan untuk saya.

Apa saja yang saya browsing?
Wah banyak! Khususnya ngeblog. 75% aktifits ngeblog saya menggunakan smartphone. Jadi saya buka blogger.com di chrome, langsung saya post deh di new post untuk artikel yang saya ingin tuliskan. Seperti contohnya membuat artikel ini :)

Kenapa gak ngeblog di laptop?
Terkadang ada waktu-waktu yang tidak memungkinkan buat saya ngeblog di laptop Khususnya saya di rumah punya anak balita (hampir 3 tahun), kerjaannya gerecokin mamanya :( Kemanapun saya berada, dia pasti deh ngintilin. Pernah suatu waktu saya ngeblog di laptop di kamar, dia di samping saya, terus dia loncat-loncatan, akhirnya saya snewen, daripada laptopnya jatuh, akhirnya saya kembali lagi menggunakan smartphone. Yah jadi kucing-kucingan gitu deh :)

Selain itu juga saya sering browsing untuk belanja online, dan browsing berita lainnya.

5. Microsoft Office

Penting banget untuk diinstall di smartphone. Saya biasanya menggunakan words untuk membuka attachment yang saya terima via email. Misalnya Surat Perjanjian Kerjasama, Invoice, Surat Antar Barang, Undangan event, dan sebagainya. Fungsi word di smartphone saya hanya sebagai viewer saja, untuk melihat sekilas. Saat saya ada waktu luang di malam hari, baru saya buka attachment wordnya di laptop. Terkadang ada beberapa undangan yang mengharuskan saya baca saat itu juga. Kalau saya pulangnya malam, sementara harus kasih jawaban, wah bisa-bisa sudah telat?

6. Memo atau Notepad

Memo saya gunakan untuk mencatat password apapun. Ya, saya tahu, bahwa mencatat password di smartphone sangat tidak disarankan. Tapi kalau saya harus bawa-bawa catatan berisi password setiap saat, malah lebih beresiko (menurut saya ya). Resiko kertasnya hilang, hancur, rusak, dan sebagainya. Karena saya memiliki email lebih dari 5, sosial media hampir semuanya saya punya, semua ada passwordnya masing-masing.

7. Colour Note

Colour Note ini penting banget, biasanya saya gunakan untuk mencatat acara atau event yang sedang berlangsung. Saya sudah jarang menggunakan atau menulis langsung di buku.

Ohya, selain mencatat untuk event, biasanya saya juga mencatat pengeluaran harian di smartphone. Nanti kalau sudah di akhir bulan, saya share di email, kemudian saya susun di excel.

8. Agenda atau kalender

Kalender disini penting untuk saya. Setiap aktivitas atau apapun yang menyangkut dengan pekerjaan saya, saya selalu menuliskannya di agenda. Biasanya saya gunakan untuk menyusun agenda harian, menulis pending task, deadline pekerjaan, jadwal event blogger, jadwal meeting, reminder, dan sebagainya.

Ohya, walaupun segala aktivitas saya ditulis di agenda di smartphone, bukan berarti saya tidak punya agenda fisik lho, saya punya :) Saya tetap menulis di agenda.

Lalu jadi double agenda dong?
Jadi gini, saat saya ingin mobile, atau keluar rumah, agenda hari tersebut saya pindahkan secara digital ke smartphone saya. Saat saya di rumah, saya tetap menggunakan agenda fisik itu. Menulis di agenda fisik ini tetap saya lakukan secara rutin, guna untuk melatih tangan saya supaya tidak kaku, tulisan saya juga tetap rapih dan masih tetap terbiasa menulis. Jadi harus dikombibasi antara digital dan fisik :)

9. Editing Photo

Melalui smartphone saya juga sering editing foto, untuk keperluan posting di blog atau sosial media. Aplikasi yang paling sering saya gunakan adalah Snapseed.

10. Social Media

Melalui smartphone saya bisa mengakses semua social media yang saya miliki dengan cepat dan mudah (Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest).

11. Editing Video

Seluruh video saya di Youtube, saya editing ya menggunakan smartphone. Saya menggunakan Kinemaster untuk mengedit semua video saya.

12. Ojek Online

Terkadang tidak selamanya saya membawa kendaraan sendiri. Karena plat nomor saya ganjil, saat saya harus menghadiri satu acara, salah satu alternatifnya adalah saya menggunakan ojek online. Atau juga misalnya saya membutuhkan kecepatan waktu, saya menggunakan ojek online ini. Hmm ya tau sendiri kan ya, Jakarta macet sementara menjadi blogger gak boleh telat datang ke suatu acara, wah bisa-bisa ketinggalan berita deh. Ada 2 aplikasi ojek online yang saya install di smartphone saya, yaitu Uber dan Gojek.

13. Dengerin lagu

Kalau yang ini sih sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah pasti menemani saya diperjalanan.

14. Messenger

Yup, aplikasi yang pasti ada Whatsapp, Telegram dan LINE :)

15. Youtube

Youtube saya gunakan bukan sekedar untuk hiburan namun juga untuk mencari referensi tutorial makeup


16. Pakai google drive dan dropbox

Sudah menjadi rahasia umum kalau memory smartphone cukup terbatas, memang sih bisa dimasukan memory card, namun tetap saja kurang, karena itu biasanya saya upload ke Google Drive atau Dropbox.

17. Resize Photo

Aplikasi ini karena kecil sizenya, akhirnya saya instal juga. Buat apa aplikasi ini? Gunanya untuk merisize foto saat masuk ke dalam blog. Foto dengan kualitas terlalu besar akan menyulitkan para readers membuka artikel dan foto kita. Wah bisa-bisa bounce-nya makin besar :)) Sebisa mungkin kita memudahkan para readers membaca artikel kita.


Nah, waktu kemarin saya ikutan blogger workshop bersama Female Daily, saya sempat mampir ke boothnya Samsung, disana sedang ada promo Samsung Galaxy J5 J7. Karena acara workshop belum mulai, saya jadi mampir sebentar kesini and nyobain semua menu-menu yang ada di Samsung Galaxy J5 J7.







3 comments

  1. PERTAMAX sebelumnya hihi....

    dari beberapa hal di atas semua sya lakukan, hanya satu mbak yang kurang, aplikasi blogger di android wajib di donlot tu buat blogger hihih... hanya menambahkan. salam

    ReplyDelete
  2. Hahah soal ditegur satpam itu aku srg bgt. Yakalli padahal cm ootd..huft

    ReplyDelete
  3. Kalo aku simpan password di apps password keeper. Ada kunci gemboknya jadi lebih aman

    ReplyDelete