Jong United, Sumpah Pemuda Reborn

27 Oktober
Tepat kemarin, Kamis 27 Oktober, saya mengikuti acara Jakarta Fashion Week 2017 di Fashion Tent - Senayan City, kali ini menampilkan fashion show Hannie Hananto dan Silly Sally Shoes Collections. Di JFW kali ini mba Hannie menampilkan koleksi fashion gamis dengan tema New York City, sedangkan Silly Sally Shoes sendiri menembus pasar internasionalnya melalui Little Bandung Store yang ada di Malaysia :) Buat kamu yang pingin tahu liputan aku tentang JFW kemarin, baca aja "New York City by Hannie Hananto & NYS.Co Feat Silly Sally Shoes at Jakarta Fashion Week 2017".



Tidak hanya JFW, kemarin itu juga merupakan hari kebangsaan saya loh yaitu Hari Blogger Nasional :) buat kamu yang belum tahu tentang dulu namanya Pesta Blogger loh, yang pertama kali dirayakan pada 27 Oktober 2007, nah sejak 2008 berubah menjadi Hari Blogger Nasional :)


28 Oktober

Lain kemarin, lain lagi hari ini (ya iyalah hihihi), kalau hari ini 28 Oktober hari apa coba??? :) Apa hari Jumat? Hm... iya sih hari Jumat, tapi tanggal 28 Oktober itu punya arti special loh untuk para pemuda pemudi Indonesia :) Coba liat gambar dibawah


Gimana udah tahu kan diatas itu teks apa? :) Yup. teks diatas adalah putusan hasil Kongres Pemuda Kedua yang diadakan di Jakarta pada 27-28 Oktober 1928. Eitss, jangan salah loh ya, waktu selesai putusan kongres tidak di mention tentang sumpah pemuda, barulah setelah selesai kongres, putusan diatas disebut Sumpah Pemuda :) Saya ingat betul waktu masih sekolah, setiap tanggal 28 Oktober pasti selalu upacara, dan pasti selalu mengulang bersama-sama teks Sumpah Pemuda diatas, makanya sampai sekarang masih hapal. Buat kamu yang mau tahu tentang sumpah pemuda, bisa baca wikipedia.


Sumpah pemuda erat hubungannya dengan anak muda, anak muda jaman dulu sangatlah berbeda dengan jaman sekarang, yah karena memang teknologi mempengaruhi lingkungan dan perilaku mereka. Kok mereka, kalau dilihat dari sisi umur, emak-emak seperti saya sudah tidak bisa di kategorikan sebagai anak muda, tapi.... percaya tidak percaya, walaupun saya sudah kepala 3, sering banget loh orang-orang yang biasa ketemu di seminar, acara blogger sampai diskusi bisnis bilang kalau saya masih kuliah dan tidak keliatan kalau saya sudah punya anak. Yang paling sering saya ditanya "Mba oline kuliah dimana?" atau "Mba oline kuliah semester berapa?", kalau menurut saya umur tidak bisa menjadi patokan kita disebut sudah tidak muda lagi atau tidak, namun buat saya usia boleh kepala 3, tapi penampilan dan semangat tetap berjiwa muda dong :)

Jong United



Ayo kalau saya tanya "Kalau pemuda jaman dulu berjuang memperjuangkan kemerdekaan dengan berperang melawan penjajah, kalau pemuda jaman sekarang bagaimana memperjuangkan kemerdekaan?" jawabannya adalah pemuda jaman sekarang punya 4 hal yaitu Berani, Kreatif, Jujur dan Peduli.

Berani

Kita harus berani mengungkapkan apa yang ada di kepala kita, jangan disimpan sendiri bahkan hanya ditulis untuk diri sendiri. Berani disini juga bisa berarti kita harus berani memperjuangkan pendapat kita, jangan takut asalkan kamu yakin bahwa kamu memang benar.

Kreatif

Karena masih muda, pastinya kita punya banyak ide-ide unik yang bisa dituangkan menjadi sesuatu yang kreatif. Karena itu banyak anak muda yang mulai membuka usaha atau bisnis, kalau sekarang banyak banget yang buka usaha kafe.

Jujur

Ini loh yang paling sulit ditemukan, karena banyak orang yang berfikiran bahwa untuk apa jujur, kita bisa bohong untuk menuju tujuan kita, padahal anak muda harus bisa jujur agar nanti waktu dewasa bisa memegang teguh keyakinan itu.

Peduli

Untuk apa menjadi pemuda yang pintar dan cerdas tapi tidak peduli terhadap orang lain atau tidak peduli kepada lingkungan. Pemuda sekarang harus tanggap dan peka terhadap orang lain dan lingkungan, saat orang lain butuh bantuan maka kita harus bisa memberikan bantuan.


Sudah bisa ditebak deh, blogger seperti saya, join komunitasnya yah yang berhubungan dengan Blogger, seperti Blogger Perempuan (BP), Kumpulan Emak Blogger (KEB), Fun Blogging, Blogger Crony. Tapi kalau komunitas khusus untuk anak muda ada gak sih, dan komunitasnya gak sekedar hura-hura tapi lebih kearah produktif? Hm... kamu pernah dengar komunitas yang bernama Kemangteers dan Greeneration?

KeMANGTEER

Kemangteer singkatan dari KeSEMaT Mangrove Volunteer yang merupakan komunitas sukarelawan mangroove dibawah asuhan manajemen Yayasan IKAMaT yang memiliki misi untuk mengkampanyekan mangrove ke seluruh lapisan masyarakat, sebagai gaya hidup baik di dalam dan di luar negeri.



Masih ingat 4 hal diatas yang harus dimiliki oleh pemuda sekarang? Salah satunya Berani, berani yang berarti berani mengemukakan pendapat atau opini kepada orang lain, beropini di socmed sudah menjadi hal yang biasa, nah buat kamu yang suka ber-opini coba buka deh www.opini.id, nah Opini.id Situsnya Anak Muda yang Punya Kepedulian mendukung kegiatan-kegiatan untuk anak muda.

Di opini.id ini kamu bisa follow berbagai macam topik yang sedang hangat diperbincangkan, kamu juga bisa "voice your opinion" untuk menyuarakan opini kamu, bahkan juga bisa "ask the crowd" jika ada hal yang ingin ditanyakan. Gimana tertarik mau ber-opini yang positif diluar socmed, join aja www.opini.id :)


Hidup anak muda Indonesia, Hidup Sumpah Pemuda, JONG UNITED :)


1 comment