Kamu Termasuk Tipe Orang Yang Lama Sembuhnya Kalau Sakit? Perhatikan Hal Berikut Ya


Ini cerita saya beberapa bulan yang lalu. Waktu pergantian musim dari kemarau ke hujan, tiba-tiba tenggorokan saya sempat bermasalah, saya obati dengan obat hisap tenggorokan akhirnya malah berlanjut jadi batuk. Saya obati deh tuh pakai obat batuk warung. Sudah hampir 1 botol gak kunjung sembuh juga. Karena saya tidak mau berlarut-larut dan ingin segera sembuh, akhirnya saya ke dokter langganan. Mungkin yang sempat baca facebook saya tahu beberapa bulan lalu saya rajin banget ke dokter.
Karena saya sempatnya ke dokter selalu malam hari lewat jam 21:00, jadi yang saya datangi adalah dokter UGD, alias dokter yang praktek tidak selalu sama, jadi terkadang resep obat yang saya terima pun tidak selalu sama. Nah, karena obatnya beda-beda terus akhirnya saya jadi tambah lama sembuhnya. Hal ini baru saya sadari setelah gonta-ganti dokter sampai 3x.

Sempat bete juga sih, akhirnya saya putuskan ke dokter lagi untuk berobat lagi. Kata suami, coba deh walaupun berbeda dokter, kan ada history obat yang diberikan, akhirnya saya coba minta resepkan obat yang sama beberapa waktu yang lalu yang obatnya cocok dengan kondisi sakit saya. Alhamdulillah akhirnya saya mendapat resep obat yang sama.

Sembuh? Iya, sembuh. Tapi lumayan lama sih, karena saya tidak diberikan antibiotik. Suami saya sempat bertanya ke dokternya "Dok, kenapa istri saya tidak diberikan antibiotik ya?" Dokternya bilang "Tidak perlu, karena ini sakitnya tidak berat, bisa sembuh dalam waktu 3 hari". Yah tapi nyatanya saya sembuh dalam waktu seminggu. Waa lama juga.

Saya bingung apa saya harus ke dokter lagi ya? Jujur aja bukan apa-apa sih, tapi lebih kepada saya malu aja kalau ketemu dokter yang sama, sakit saya gak sembuh-sembuh. Kayaknya saya penyakitan banget! Suami saya bilang "Mbok ya gak usah malu, namanya orang sakit mau gimana?"

Karena dengar saya mau ke dokter, akhirnya mama mertua dengar keluhan saya dan heran kenapa sakit saya kok belum sembuh juga? Padahal udah minum obat racikan dari dokter kan? Mama mertua menyarankan kalau saya coba untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah untuk bisa fit kembali di apotek generik dekat rumah.

Berhubung  harus berangkat keluar kota, akhirnya gak saya hiraukan ke apotik itu dan lupa untuk beli suplemen, padahal ini waktu itu keluar kotanya cuma buat hunting kulineran aja sih, saya berangkat bertiga dengan suami dan Narend. Karena one day trip, pulang dari luar kota sudah malam banget sampai rumah, saya harus berangkat lagi pagi-pagi besoknya, alhasil besoknya saya jadi kurang fit lagi.

Setelah baca sana dan sini, akhirnya saya baru tahu, kenapa waktu itu mama mertua saya menyarankan saya untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah. Hal ini karena orang-orang yang cepat letih atau capai biasanya diakibatkan oleh :

1. Kurang Tidur

Orang yang kurang tidur akan mengakibatkan seseorang itu kurangnya konsentrasi. Kurang tidur akan menyebabkan kelelahan. Dan saya flash back sedikit emang benar sih beberapa minggu ini kerjaan saya lagi overload banget. Normalnya kan orang dewasa tidur minimal 6-7 jam sehari, nah saya beberapa minggu ini cuma 3-4 jam aja.

2. Kurang zat besi

Setelah baca-baca saya baru tahu kalau kekurangan zat besi bisa menyebabkan kita cepat lelah dan selalu cepat mengantuk, jadinya kegiatan yang harusnya bisa maksimal diikuti atau dikerjakan malah setengah-setengah.

3. Kurang zat Magnesium dan Zinc

Zinc termasuk salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral ini memiliki berbagai manfaat, misalnya untuk membantu penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu pertumbuhan sel. Begitu juga dengan magnesium, berfungsi untuk membantu mempertahankan tingkat normal kalium, fosfor, kalsium, adrenalin dan insulin. Magnesium juga penting untuk pengembangan dan pemeliharaan kesehatan tulang. Kalau dikonsumsi dalam jumlah relatif tinggi, bisa membantu menjaga tulang dan mencegah osteoporosis. 

Khawatir berlanjut jadi sakit, akhirnya keesokan harinya saya mencoba ke apotik generik dekat rumah. Sesampainya disana, saya bertanya "Mba, minta suplemen untuk penambah darah dan sumplemen untuk menjaga kondisi badan supaya tetap fit dong?. Akhirnya saya diberikan satu suplemen Theragran-M. Saya sempat bertanya "Loh kok cuma satu mba, saya minta untuk penambah darah dan suplemen", kata mba apotekernya "Theragran-M ini satu paket bu, karena ada kandungan Zat Besi jadi bisa sekaligus penambah darah dan menjaga kondisi tubuh".

Saya tipe orang yang yang gak gampang percaya, jadi di apotek saya coba googling dulu Theragran-M ini untuk apa. Karena saya khawatir takut salah minum suplemen. Saat itupun saya masih mengkonsumsi obat dari dokter. Saya baca-bacaTheragran-M ini adalah multi-vitamin mineral yang cocok untuk masa penyembuhan berbagai jenis sakit yang membutuhkan dukungan daya tahan tubuh yang maksimal. 

Dan ternyata setelah aku browsing, Theragran-M memiliki kedua zat mineral tersebut. Selain itu suplemen keluaran dari PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk ini memiliki komposisi zat lain sebagai berikut :


Apotekernya juga menceritakan bahwa minggu lalu dia baru saja mencoba Theragran-M ini, sebelumnya dia terkena batuk pilek parah selama kurang lebih 3 hari. Setelah mengkonsumsi suplemen Theragran-M ini dia recovery lebih cepat, dan karena jenisnya multivitamin dan mineral jadi bisa di konsumsi bersamaan dengan obat dokter.


Suami bilang, "Udah beli aja, kebetulan aku juga lagi butuh multivitamin kan abis pilek 2 hari lalu", akhirnya saya coba untuk membeli dan mencobanya.


Dosis Pemakaian 

Untuk dosis pemakaian yaitu Sehari 1 kaplet, sewaktu atau sesudah makan, atau sesuai dengan anjuran dokter (Oiya bagi yang mengkonsumsi bersamaan dengan obat dokter, berikan jeda 30 menit ya baru meminum multivitamin ini).

Ngobrol-ngobrol sama apotekernya, dia menyarankan saya, selain mengkonsumsi suplemen ini, juga menerapkan pola hidup sehat. Karena setelah ngobrol, dia tahu bahwa saya ternyata tergolong orang yang lama sembuhnya. Harus membutuhkan suplemen tambahan untuk mempercepat proses recovery, tentunya selain dibantu dengan antibiotik ya.

Dibawah ini tips yang saya dapat dari hasil obrolan mba apoteker apotek generik dekat rumah (setelah beberapa kali datang baru tahu namanya mba Santi). Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat pemulihan kesehatan kamu setelah sakit :

1. Rutin mengkonsumsi jus atau sayuran

Jus buah yang disarankan adalah pepaya, bayam atau wortel.

2. Diet makanan sehat

Jauhi makanan fast food atau makanan cepat saji.

3. Perbanyak konsumsi bawang putih

Menurut teori yang saya baca, bawang putih bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah mengapa saya selalu stock bawang putih banyak di rumah, dan mencampurkannya pada bumbu masakan. Komposisi bawang putih dengan bumbu lainnya 3 : 1. Jadi saya selalu memakai bumbu bawang putih dalam jumlah yang banyak.

4. Perbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi protein

Contohnya adalah susu tinggi kalsium, ikan dan juga kacang-kacangan seperti kacang panjang.

5. Minum air yang cukup
Minimal 8 gelas per hari, syukur-syukur bisa lebih, gunanya untuk memperingan kinerja ginjal.

6. Mengkonsumsi suplemen tinggi magnesium

Hampir setiap minggu saya pasti rajin mengkonsumsi sayur bayam. Karena bayam selain sayuran yang murah meriah, juga mengandung zat magnesium yang tinggi. Selain itu saya juga memasukkan menu sayuran brokoli, kacang-kacangan, ikan, pisang dan juga alpukat setiap minggunya. Sebenarnya mengkonsumsi makanan dengan tinggi magnesium bukan hal yang asing sih bagi saya, karena kebiasaan ini sudah saya lakukan saat saya masih hamil, dan kebiasaan itu terbawa sampai sekarang.


Mineral ini penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan membantu penyerapan vitamin D pada tubuh. 

Namun sayangnya, proses pengolahan makanan serta pola makan yang kurang tepat, dapat menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan Magnesium harian. Para ahli gizi merekomendasikan 250-350 mg per hari dari suplemen magnesium untuk orang dewasa. Nah untuk mengatasinya, saya mengkonsumsi suplemen Magnesium Theragran-M yang mengandung Magnesium tinggi. Karena Magnesium berperan penting dalam mengembalikan, meningkatkan serta mempertahankan daya tahan tubuh agar cepat pulih dari sakit.


Saya memang tipe orang yang kalau sakit, pasti membutuhkan waktu yang lama untuk full recovery. Ada yang mengatakan bahwa orang yang memiliki golongan darah B memang sulit untuk sembuh dari sakit. Saya termasuk orang dengan golongan darah B, dan ternyata kebanyakan dari teman-teman saya juga seperti itu juga loh.

Kalau kamu memiliki kebiasaan waktu tidur yang sama seperti saya, penting banget untuk mengkonsumsi suplemen dan zat besi supaya tubuh kamu gak gampang letih dan stamina kamu tetap terjaga. Salah satunya multi-vitamin Theragran-M ini. Apalagi di musim hujan begini, pastinya sakit flu dan demam akan lebih cepat menyerang.

Tetap jaga kesehatan ya friends. Jangan lelah untuk selalu menjalankan pola hidup sehat.



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."


52 comments

  1. Aku skrg udah ngga berani lagi begadang, mbak. Tubuh udah ngerti sendiri kondisinya. Malah drop jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Kita hrs tau alarm tubuh kita.

      Delete
  2. Bener banget mbaa, kurang tidur bisa bikin gak fit.
    Btw, makasih tipsnya mba Oline!

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Blogger identik dengan begadang ya mbak, tapi abis itu badan lemes dan di kantor ngga fit. ‌Vitamin bisa jadi solusinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhuu iyaaa. Blogger kenapa identik dengan begadang ya? Apa karena deadline ya :(

      Delete
  5. Sama dong gol darahnya, pantesan kalau abis sakit lemesnya lamaaa banget :))

    ReplyDelete
  6. Mak Oline ini kulihat hebring banget, aktivitasnya padat. Memang harus didukung multivitamin yg jos seperti theragran-M.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuhhh maacih banget dibilang begitu :)

      Delete
  7. aku dah g pernah bedagang babay wes xD
    Selalu jaga kesehatann :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa kalo bumil mah jangan begadang atuuh.... :)

      Delete
  8. aku mah udh ga kuat begadang. maklum usia cantik hihihi
    moga sukses buat lombanya yaa

    ReplyDelete
  9. Iya, minum muktivitamin tuh kayak doping utk mempercepat kesembuhan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayak doping. Makasih kunjungannya mba Ade :)

      Delete
  10. Makasiii tipsnya mbaaa. Duuh, kece paripurna banget dikau mbaaa

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga untuk kunjugannya ya mba :)

      Delete
  11. Jd the ragran ini bkn obat ya mba, tp multivitamin utk membantu daya tahan tubuh. Berarti busui kayak aku boleh minum ya

    ReplyDelete
  12. Utk fast food, skrg aku udah ngga bandel2 banget kek dulu. Lebih mentingin kesehatan anak. Secara Jasmine masih ASI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh jangan deh, kalo masih ASI.. jangan suka makan makanan yang fast food.

      Delete
  13. aku kalau badan drop suka kesel ih padahal kerjaan banyak, makasih infonya mbak ada vitamin ya cocok buat aku nih

    ReplyDelete
  14. Waha saya juga goldar B Mbak dan sering sakit terutama masuk angin, makasih sharingny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya gitu. Orang yang goldar nya B sering sakit..
      sama2 mas. Terima kasih juga kunjugannya :)

      Delete
  15. kurang tidur sama vitamin emang buat kurang fit ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. harus cukup dan cukup vitamin supaya badan tetap fit..

      Delete
  16. Kalau aku nggak tahan kalau disuruh begadang dari dulu mbak, cuma kalau suami kuat banget. Karena itu sekarang dia juga rutin minum Theragran-M. :)

    ReplyDelete
  17. Saya jarang bangeeeet terkena flu bisa jadi karena saya suka banget makan bawang. Kalau masak bawangnya selalu banyak.

    Theragran-M multivitamin komplit ya, bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Aku juga skrg jadi rajin perbanyak konsumsi bawang putih. ternyata manjur ya.

      Delete
  18. Duh bener banget mbak, saya cepet capai kalo kuota tidur belum terpenuhi.
    Sekarang rutin konsumsi Theragran dan memperbaiki pola hidup, jadi lebih baik deh kondisi tubuhnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. kalo tidur yang kurang emang bikin badan cepet capek.
      Makasih kunjungannya ya Noniq :)

      Delete
  19. Baru tahu kalau bawang putih bisa membantu proses pemulihan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang bisa. Kan bawang putih itu bisa sebagai obat alami :)
      Makasih kunjugannya ya

      Delete
  20. Yang pasti untuk jus jangan sampai pakai gula, usahakan jus murni saja, buat yang gak suka dengan wortel, bisa ditambahkan jeruk sebagai pengganti gula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Segala sesuatu yang murni selalu lebih baik.

      Delete
  21. duhh,aku sering kurang tidur nih, Lin, secara bisa kerja kalo anak2 dah pada tidur, trus sekitar jam 2an baru tidur, subuh dah bangun lagi, huhuhuu..

    ReplyDelete
  22. Multivitamin ini sangat saya butuhkan, cobain ah biar selalu fit

    ReplyDelete
  23. akhir2 ini tidurku juga mulai terganggu. tidurnya paling akhir, bangun paling awal. udah musti ada penunjang daya tahan tubuh. padahal paling males minum vit. apa perlu coba theragran ya?

    ReplyDelete
  24. Sakit, apalagi enggak sembuh2, meski "sekedar" batuk pilek emang enggak enak banget ya mbak? Untung ketemu dokter yang baik yg gak langsung nembak pakai antibiotik ya, mbak...

    ReplyDelete
  25. aku doyan begadang dan gara2 kebiasaanku itu aku mengalami hal yg gak enak ... penting punya theragran-m,buat daya tahan tubuh

    ReplyDelete
  26. wah, terimakasih sarannya ya. sangat berguna :)

    ReplyDelete
  27. Minum Theragran-M juga ya Mbak?
    Saya baru coba juga

    ReplyDelete
  28. Kurang tidur, ini mah aku banget hihihih karena si kecil masih suka bangun untuk nyusu malam-malam, biasalah problem mamak punya bayi :D dan emang penting banget multivitamin untuk menunjang tubuh biar gak ngedrop. Jadi pengin coba theragran ini.

    ReplyDelete
  29. Masih kurang minum air putih kalau aku. Heu

    ReplyDelete
  30. Gw kalo batuk flu jarang minum obat jadi ahgak lama sembuh nya, kebanyakan sech kasih makan ama minum air putih yang banyak.
    Kalo vitamin, kayak nya ngak pernah kecuali minum uc1000 hehehe boleh juga nich nanti di coba

    ReplyDelete
  31. Saya bgt mba, klo udah sakit lama sembuhnya... makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  32. Aku Mba, nggak shanggup banget kalau begadang. Langsung berasa kliyengan besoknya. Sehat-sehat ya Mba Oline :*

    ReplyDelete
  33. hem... saya sih milih cari obat yang enak... :D
    klw berobat suka jadi percumma mbak... soalnya aku paling gk suka minum obat...
    klw mau sakitnya di obatin cari obat dari buah sayur atau yang lainnya asal jangan obat dari dokter...

    salam kenal :D

    ReplyDelete
  34. eh, golongan darah B rupanya memang lama ya baru pulih? pantesaaaan... aku jg termasuk lama sembuh kl lg sakit *pdhal sempet kepikiran apa karena faktor U? hahahah*

    ReplyDelete
  35. Seumuran aku nih, kudu mulai pola hidup bener hahaha. kalo enggak mau ambruk.
    Sekarang enggak mau sok-sokan begadang, badan ladi lesu

    ReplyDelete