6 Tempat Menarik Yang Akan Saya Kunjungi di Negeri Jiran

Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Diantara friends disini sudah menentukan liburan
akhir tahun belum? :)

Biasanya akhir tahun sebagian orang akan menghabiskan liburannya sesuai destinasi impian. Dulu kalau orang berlibur atau sekedar menghabiskan malam tahun baru di luar negeri kok kayaknya kedengarannya mewah banget ya? Padahal kalau kita kreatif, kita bisa dapat harga murah lho. Dan kalau kamu ingin bepergian keluar negeri, destinasi terdekat dengan negara kita itu bisa jadi pilihan, seperti Malaysia, Brunei dan Singapura.
Kenapa ketiga negara tersebut? Karena ketiganya mempunyai tempat wisata yang gak kalah menarik dengan negara lainnya. Meskipun di negara tersebut musimnya tak jauh berbeda dengan negara kita, tapi yang paling penting adalah kamu bisa berjalan – jalan ke luar negeri dengan budget yang minim. 

Saya bukan tipe orang yang suka travelling dadakan. Saya tipe orang yang sangat terencana dan detail. Untuk keberangkatan akhir tahun, pastinya destinasi serta akomodasi saya persiapkan jauh-jauh hari, yaitu 6 bulan sebelumnya. Kenapa? Karena supaya saya bisa dapat harga murah. Dan untuk bisa travelling dengan budget yang pas-pasan, hunting harga tiket harus dilakukan 1 tahun sebelumnya. Tapi hati-hati hangus ya friends, karena kelupaan terlalu lama :)

Untuk terbang menuju Malaysia saja misalnya, kamu dapat memilih maskapai penerbangan yang sesuai dengan budget kamu. Jika kamu ingin menggunakan maskapai penerbangan nasional yang full service, kamu bisa memilih maskapai yang kamu suka, seperti Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Singapore Airlines, Royal Brunei dan yang lainnya.

Namun jika kamu ingin menggunakan maskapai dengan tarif Low Cost Carrier (LCC) , kamu bisa memilih maskapai seperti AirAsia, Citilink, Lion Air dan lainnya. Harga tiket dan pelayanan yang diberikan oleh maskpai – maskapai ini juga bersaing ketat nih friends. So pastikan kamu membeli dengan harga tiket yang sesuai dengan keinginan dan ketersediaan budget yang kamu miliki. 

Ya, ada harga, ada barang ya.

Hmm... kali ini saya mau bahas negara Malaysia. Karena beberapa bulan lalu saya baru saja menghadiri satu pameran travel fair di salah satu mal di Jakarta. Dan destinasi kami saat itu adalah Malaysia. Kalau kamu memilih destinasi ke Malaysia, ada beberapa tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di negara ini. Check this out!

1. Kuala Lumpur

Sebagai ibukota negara dari Malaysia, siapa sih yang tidak kenal dengan kota Kuala Lumpur. Kota ini merupakan kota tujuan yang favorit. Sebagai Ibukota Negara Malaysia, gak lengkap nih friends rasanya kalau kamu gak mengunjungi kota ini. Karena di kota ini terdapat berbagai tempat wisata, seperti yang menjadi ikon Malaysia yaitu Menara Kembar Petronas. 

Menara Kembar Petronas merupakan salah satu gedung kebanggan warga Malaysia, yang juga termasuk sebagai gedung tertinggi di dunia dengan tinggi sekitar 450 meter. Dari ketinggian tersebut pastinya kamu bisa melihat cantiknya kota Kuala Lumpur. Terlebih jika kamu datang di malam hari, gedung ini akan nampak menjadi lebih indah karena lampu – lampu yang didesain dengan sedemikian rupa.



Selain Menara Kembar Petronas, kamu juga dapat mengunjungi Kuala Lumpur Bird Park, Kuala Lumpur Tower, Aquaria KLCC, Lake Garden, dan tempat wisata lainnya. Jika kamu ingin berbelanja, kamu pun bisa mendatangi Bukit Bintang yang merupakan mall terbesar di Kuala Lumpur.

Ohya, kalau para wisatawan berlibur ke Kuala Lumpur (KL), biasanya yang jadi tujuan utama adalah berfoto di belakang twin tower ini. Karena kalau kamu gak berfoto di belakang twin tower ini sama saja kamu belum menginjakkan kaki ke KL :)

2. Kota Kinabalu

Kota Kinabalu merupakan Ibukota Sabah, Malaysia. Kota Kinabalu juga menawarkan beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi friends, seperti Kota Kinabalu Wetland Centre, Lok Kawi Wildlife Park, dan juga Taman Nasional Kinabalu. Di Taman Nasional Kinabalu kamu dapat melihat beberapa hewan liar seperti bekantan, orangutan, gajah dan juga harimau.

Kamu pun dapat melakukan beberapa aktivitas di taman nasional ini seperti mendaki, gunung, trekking hutan, arung jeram, berkemah dan aktivitas petualangan lainnya.

Kinabalu (Source : Google)
3. Cameron Highland

Cameron Highland merupakan sebuah tempat di pegunungan Titiwangsa yang sangat indah. Pemandangan hijau sejauh mata memandang akan membuat siapa saja yang melihatnya terpesona friends. Tempat ini bisa dikatakan merupakan tempat wisata yang paling tua di Malaysia. Dataran tinggi ini yang indah ini dibuat dengan konsep taman inggris.

Disini kamu dapat menikmati pemandangan hamparan kebun teh, perkebunan bunga, hutan, danau, dan fasilitas rekreasi lainnya yang dapat kamu nikmati di alam terbuka.

Kalau kamu kesini, dipastikan kamu akan nyaman dan lupa akan kampung halaman :)

Source : Google
4. Taman Nasional Gunung Mulu

Taman Nasional Gunung Mulu adalah salah satu wisata alam yang menakjubkan di kawasan Asia Tenggara. Taman nasional ini terkenal karena memiliki gunung kapur yang luar biasa dan sistem gua terbesar di dunia. Salah satu dari sistem gua tersebut yaitu Sarawak Chamber, yang luasnya di perkirakan bisa menampung pesawat Boeing 747 hingga 40 buah. Wah, kira – kira bisa ngebayangin luasnya gak friends?

Taman nasional ini terteletak di hutan hujan tropis dengan pegunungan yang terjal. Beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini seperti tour gua, hiking, dan juga Canopy walk Penang.



5. Penang

Salah satu yang terkenal dari Penang adalah George Town yang memiliki keanekaragaman budaya, arsitektur bangunan, dan juga kulinernya. Selain mengeksplor kota ini, ada juga beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi nih friends, seperti pantai berpasir putih Batu Ferringhi, Taman Kupu-Kupu, Bird Sanctuary, Botanic Gardens, dan Supreme Bliss yang pastinya sayang jika kamu lewatkan



6. Taman Negara

Taman Negara merupakan salah satu hutan hujan tropis yang tertua di dunia friends. Disini terdapat berbagai macam aktivitas petualangan yang bisa kamu coba, seperti mendaki, menjelajah gua, safari, memancing, dan mengunjungi canopy walk.

Disini kamu dapat melihat tanaman langka, dan satwa langka seperti Badak Sumatera, Gajah Asia, Harimau Malaya, jamur glow in the dark, burung hantu, kucing macan tutul, dan naga air.



Sebenarnya masih banyak banget nih friends tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Malaysia. Tapi setidaknya kunjungi salah tempat menarik ya friends, 

For the last, happy holiday! ^^

1 comment