5 Rahasia Cara Menjual Perlengkapan Bayi Supaya Laris Manis


Minggu lalu saya baru saja chat dengan seorang teman kuliah. Sekarang profesinya bukan hanya seorang guru, tapi juga pebisnis. Dan you know what, dia berjualan apa? Perlengkapan bayi. Saat saya tanya, kenapa dia buka perlengkapan bayi? Yah simple aja, karena dulu waktu ia hamil, di dekat rumahnya tidak ada yang menjual perlengkapan bayi secara lengkap. Mungkin ada yang menjual, tapi tidak secara lengkap. Akhirnya ia berinisiatif untuk membuka sendiri toko perlengkapan bayi. Dia mengakui barang-barang yang ia jual kebanyakan adalah kerjasama dengan para supplier dan beberapa ada yang import. Siapa disangka, dalam waktu 6 bulan ia sangat puas dengan omset yang didapatnya, yaitu 50 juta per bulannya. Yang ia sangka ini bisnis sampingannya, tapi justru sangat membawa berkah.
Dia membuka bisnisnya dulu di tahun 2007. Saat awal 2 tahun setelah menikah dengan suaminya. Sekarang anaknya sudah masuk SMP, dan ia sudah tidak lagi mengajar, tapi fokus membesarkan bisnisnya ini. Saat ini omset per tahunnya mencapai 5 M. Karena saya tertarik ingin mengulik lebih dalam lagi tentang rahasianya bagaimana bisa mengelola bisnisnya ini. Dari dulu saya memang punya cita-cita pengen banget buka toko perlengkapan bayi. Karena prinsip saya selama wanita bisa hamil, bisa punya anak, pasti ia akan mencari barang-barang perlengkapan bayi dimanapun dan kapanpun. Bahkan waktu saya hamil, saya pun rela mencari kebutuhan bayi di toko perlengkapan bayi di dekat rumah, itu juga tokonya tidak terlalu besar. Tapi karena lengkap, jadilah si toko ini selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan setianya. 

Nah, beruntunglah teman saya ini rela banget membagi sedikit rahasia bisnisnya ini :

1. Penampilan tempat jualan 

Ada baiknya apabila ingin menarik datangnya pelanggan mulailah dengan mengubah penampilan tempat jual menjadi lebih menarik tampilan tempat jual lebih menarik bisa saja terjadi karena kondisi toko yang rapi, bersih dan nyaman. Dengan demikian maka pembeli yang datang akan lebih nyaman memilih barang yang akan dibeli sebelum sampai ke kasir. Selain penampilan toko yang bersih dan rapi sehingga membuat pelanggan menjadi lebih nyaman. Ada baiknya memberikan wallpaper yang menarik juga bisa dilakukan. Terkadang beberapa toko tidak memperhatikan estetika atau interior ruangan. Yang diperhatikan hanya stock barang saja. Tapi ada benarnya juga, toko yang memiliki interior yang eye catching, nyaman di mata, saya akan betah dan akan datang kembali. Gak usah yang terlalu rame, cukup diberikan wallpaper bertemakan babies atau moms day out misalnya. 

2. Kelengkapan barang 

Untuk membuat pelanggan merasa lebih puas hendaknya mengecek kelengkapan barang yang dijual sebelum membuka toko. Dengan mengetahui mengenai kelengkapan barang tentu saja pembeli yang datang tak harus kecewa. Apabila barang yang dijual mengalami kehabisan catat barang yang tidak ada. Dengan demikian akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan belanja barang untuk dijual kembali. Caranya bagaimana mengetahui barang yang sering dibeli oleh pelanggan? Simple aja, kamu bisa searching di google, di beberapa babies store, disana akan terlihat stock-stock barang yang jumlahnya banyak atau sedikit. Survey kecil-kecilan dengan para competitior kita juga bisa dilakukan sendiri. Karena semakin lengkap toko kita, pastinya toko kita akan selalu ramai oleh pembeli.

Ohya, bisa juga menyediakan baju-baju yang lucu-lucu atau unik. Terkadang saya suka betah mampir ke baby store yang di dekat rumah itu, karena dia menjual pakaian bayi yang tidak saya temukan di toko lain. Itu bisa menjadi salah satu daya tarik pembeli juga. Manjakan mata para ibu atau wanita. Dijamin akan betah mampir lagi.

3. Lokasi usaha 

Sebaiknya memilih lokasi usaha jual perlengkapan bayi  ini yang dekat dengan jalan umum yang ramai. Dengan demikian akan lebih mudah diperhatikan oleh orang lain. Sehingga akan menyedot banyak pembeli yang datang untuk membeli produk tersebut. Kamu tentu saja akan lebih mudah dalam menarik minat pengunjung untuk membeli produk yang dijual. Ini salah satu tips yang diberikan juga oleh teman saya. Kebetulan teman saya ini bukanya di ruko pinggir jalan yang merupakan akses jalan utama. Dan di dekat perumahan, bukan di mall. Jadi pelanggan-pelanggannya yang tinggal di seputar rukonya tersebut.

4. Pelayanan yang ramah 

Teman saya bilang, kesuksesan sebuah penjualan bergantung dengan keramahan penjualnya. Apabila penjualnya ramah tentu pembeli akan lebih senang belanja ke toko tersebut. Dengan demikian akan membantu dalam meningkatkan omset penjualan. Misalnya saja ada salah satu produk yang kehabisan. Maka dengan pelayanan yang baik tentu saja akan memudahkan dalam memberikan pembeli datang lagi pada waktu yang ditetapkan. Dia selalu mengusahakan setiap para pengunjung yang datang, baik pelanggan atau calon pembeli, disambut dengan ramah oleh para staffnya. Karena dia selalu mempercayai bahwa pelayanan yang ramah adalah investasi. Hmm, ada benarnya juga ya, saya juga malas kalau saya dilayani jutek oleh pelayan sebuah toko. Pernah waktu saya mau beli sesuatu barang, pelayannya ogah-ogahan gitu jawabnya, entah dia lagi putus sama pacarnya, atau emang belum gajian, pokoknya ngebetein banget, pada di meja kasir langsung saya batalkan seketika. Saya utarakan juga alasannya apa, karena saya kurang suka dengan pelayanan disana. 

5. Menawarkan harga lebih rendah 

Tips yang terakhir ini penting banget ya. Setiap wanita pasti menyukai yang satu ini. Bila menetapkan harga jual perlengkapan bayi tentu harus diperhatikan. Setiap penjual tentu saja menginginkan untuk mendapatkan banyak keuntungan. Akan tetapi ada baiknya apabila tidak memberikan harga yang terlalu tinggi. Untuk lebih bijaksana demi kelanggengan usaha mulailah dengan menurunkan sedikit keuntungan namun pembeli yang datang semakin banyak. Apabila demikian tentu saja keuntungan bisnis kamu cepat atau lambat akan menjadi semakin besar.

Wah ternyata tips-tips sederhana itu saja ya rahasia omset bisnisnya bisa milayaran seperti itu. Dia berikan tips lagi, usahakan step-step diatas dilakukan secara konsisten. Jangan hanya satu atau 2 tahun saja. Jangan hanya dilakukan saat di awal buka bisnis saja, tapi lakukan secara konsisten. Karena sukses itu datangnya gak tiba-tiba, semua butuh proses. 

Nah, buat kamu yang mau buka bisnis, bisa memakai tips-tips diatas nih. Mudah-mudahan bermanfaat ya.




4 comments

  1. Wah tips yang kece Mbk, salah satu impianku bisa buka toko jualan perlengkapan bayi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Akupun juga punya cita2 pengen banget buka toko perlengkapan baby. Gak kan ada matinya deh usaha yang satu ini :)
      makasih ya udah mampir :)

      Delete
  2. Tips yang bermanfaat. Baru ada ide buat jual perlengkapan bayi. :) Makasih, ya?

    ReplyDelete
  3. Tips bagus bagi yang mau jualan perlengkapan bayi khusus offline apalagi online...makasih mba Caroline

    ReplyDelete