Make Up Tools Yang Wajib dimiliki Oleh Pemula

(Source : Google and Editing by my self)

Bersambung dari edisi sebelumnya (Baca : Rahasia Saya Bisa Ber-Make Up). Karena pada banyak yang penasaran, saya mau berbagi ilmu juga waktu saya awal-awal belajar make up. Karena dibalik make up yang kece, ada peralatan yang kece juga. Tapi buat pemula, gak usah yang sampai lengkap kayak MUA, yang sederhana and murmer juga udah bisa dandan cakep sih.

Peralatan dandan yang wajib dimiliki untuk seorang pemula apa sih?

Mungkin setiap orang akan beda-beda jawabnya. Dan saya sharing yang menurut pendapat saya aja ya. Pada dasarnya make up itu cuma pakai : Bedak - Lipstik - Blush On - Eyeliner. Itu aja udah cukup kok. Tapi saya coba bahas detail yah.

1. Loose Powder (Bedak Tabur) Ultima

Dulu jaman-jaman saya belajar make up, bedak tabur ini semacam barang wajib punya. Dulu saya punya dari beberapa brand. Gara-gara nyoba-nyoba. Ada promo di mall, ya beli. Trus liat harganya murah, beli. Tapi jangan ikutin yang terakhir ya, saya mah emak galau, gak bisa liat make up harganya murah dikit, apalagi kalau lihat di online langsung nyoba and beli, ahahaa.

Ohya, saya belinya dimana? Biasanya saya beli di counter make up Ultima. Tanya aja disana untuk jenis kulit yang sesuai skintone kamu.


2. Compact Powder by Carings

Untuk pemula compact powder Carings kayaknya udah cukup deh. Formulanya gak terlalu berat trus bentuknya juga gak terlalu besar. (Baca : My Review : Dual Action Cake with Skincare Caring by Biokos Martha Tilaar)

Koleksi Pribadi

3. Pensil Alis Merk Viva

Buat yang mau melukis alis, pensil alis Viva ini kayaknya wajib punya deh. Dan menurut saya juga pensil ini juaranya. Dari semua MUA yang saya kenal dan yang pernah saya ikuti workshopnya, pensil alis Viva ini selalu saya temukan. Alasan semua orang memakai Viva itu, dia itu pensilnya gak gampang patah kalau diraut, trus isi pensilnya juga lembut saat di swatch ke alis. Warnanya juga natural banget di wajah. Dia itu ada 2 warna, hitam dan coklat. Plus murah lagi cuma 30ribuan. Saya juga masih pakai pensil alis Viva sampai sekarang. Udah hampir 6 bulan gak abis-abis. Yaiyalaah, orang dipakenya cuma buat alis, gak dimakan. Lol. Pensil alis ini awetnya keterlaluan. Bisa 6 bulan lebih habisnya.

Source : Viva Cosmetics

Tips memilih warna pensil alis, usahakan 1 tingkat lebih rendah dari warna rambut asli kita. Kalau ada warna coklat, sebaiknya pilih warna coklat saja. Supaya wajah kamu tidak terlihat lebih 'galak' and looks natural. Karena kalau hitam itu terkesan lebih tegas and galak. Coba aja kalau mau tau perbedaannya, kamu bisa beli 2 macam warna pensil alis, trus kamu cobakan ke wajah, warna apa yang kira-kira pas dengan wajah kamu. 

4. Lipstik Butter by NYX

Kalau saya sampai sekarang suka banget sama butter lipstick NYX ini. Walaupun hasilnya satin and glossy, tapi bikin bibir moist juga. Jadi gak kayak makan gorengan tapi bibir kering.

Sebenarnya sih lipstik cocok-cocokan. Kalau saya sarankan untuk pemula, pakai yang ada pelembabnya dan warnanya yang soft aja. Kalau mau beli yang matte, dan udah pede pakai yang matte, sok aja.

Source : NYX cosmetics

Tips mendapatkan warna lipstik yang oke sesuai wajah kita, dua kata : Coba Terus. Sampai kamu menemukan warna yang cocok untuk wajah kamu. Saya aja sampai sekarang masih terus coba-coba warna lipstik yang pas dengan kulit saya. Karena warna lipstik terus berkembang. Pastinya selalu ada inovasi dan selalu ada warna baru :)

Beranikan untuk mencoba semua warna. Awalnya nude, naik ke pink, naik ke peach, naik lagi ke dark, naik lagi ke colour. JANGAN PERNAH TAKUT COBA! Gak ada yang marahin kok. Paling gak cocok aja alias kelihatan aneh. Kalau udah ngerasa aneh, yah gantilah lol. Jangan dipaksain pakai terus.

Pakai warna lipstik itu yang berbeda-beda tampilan kamu juga berbeda-beda lho. 2 brand dengan warna yang sama aja bisa menghasilkan hasil yang beda kok. Sesuaikan juga dengan warna blush on kamu ya.

Lip matte

Buat yang ingin praktis tapi hasilnya matte dan masih tahap pemula, bisa juga pakai lipstik jenis ini. Tetap moist di bibir tapi hasilnya matte di bibir. Recomended banget.



5. Eyeliner Liquid by Revlon

Kalau saya lebih suka belajar memasang eyeliner yang berjenis liquid. Pertama kali saya juga belajarnya dengan liquid. Kenapa bukan pensil? Karena dengan liquid, kamu bisa mudah naik ke level berikutnya, yaitu yang berjenis gel. Gel ini pengaplikasiannya lebih susah soalnya. Biasanya orang yang belajar pakai pensil, punya kepribadian takut salah, trus takut mencong-mencong ya? :) Yah kalau mencong-mencong tinggal diapus aja. Belinya juga jangan yang waterproof Cyin. Belinya yang biasa aja. Supaya bisa cepet diapus.

Source : Revlon


6. Powder Blush On by Wardah

Bentuknya kecil, trus compact. Easy to carry on. Bisa dibawa kemana aja. Bisa dibawa untuk travelling. Harganya murmer sekitar 40ribuan. Bahkan saya punya semua jenis varian blush on-nya wardah saking jatuh cinta sama warna-warnanya wardah. Trus juga kelebihan wardah ini, wana-warnanya pas banget ke kulit wajah kita, apapun skintone kita. Mau yang light atau dark. Variannya bisa masuk ke jenis apa aja.


7. Brushes

Kuas yang dipakai bisa merk apa aja. Yang penting sesuai dengan fungsinya. Karena kuas itu ada bermacam-macam fungsinya. Kalau untuk pemula cukup 2 yang saya sarankan, kuas eyeshadow dan blush on.

Kuas Eyeshadow (Source : Google)
Sebenarnya kuas eyeshadow banyak macamnya. Cuma kalau buat pemula punya satu ini aja udah cukup kok.

Kuas Blush On (source : google)

Kuas blush on ini pilih yang bulunya miring seperti ini. Supaya gak dua kali beli, kuas jenis seperti ini bisa buat shading juga nantinya. Trus pemakaiannya dari luar ke dalam ya, bukan dalam keluar. Jadi dari telinga ke cuping hidung. Supaya di bagian pipi tidak terlalu ngumpul warna blush on nya.

Udah segitu aja sharingnya. Semoga bisa mencerahkan buat yang pemula.

Akhir kata, selamat berexperience dengan make up tools yang kamu punya ya!

Hasil Make Up Sendiri :)






6 comments

  1. Mak Oline sih emang canggih dandannya...simple dan gak menor, aku sukaaa :)

    ReplyDelete
  2. Aku lagi investasi ke brush.. Biar hasil dandan keliatan cetar hihi

    ReplyDelete
  3. Aku belum berani pakai blush on bubuk...masih pakai yang cair.

    ReplyDelete
  4. Didaftar tadi yg blm aku coba pensil alis mba,blm berani pakai

    ReplyDelete
  5. Cantik mba, aku kira dulu juga biutiiii blogger mba Olin hihii.. aku skip pencil alis : D

    ReplyDelete
  6. Mba oliinn..ini membantu sekali artikelnya buat emak2 yg gakbisa dandan tp pingin belajar kayak saya.
    Harus berani latihan juga kan yaa..
    Terima kasih ya.

    ReplyDelete