Ini Dia Rahasia Saya Bisa Belajar Make Up


Sebenarnya sih saya gak jago-jago banget dandan, cuma setiap kali ketemu orang pasti aku dituduh *haiis* maksudnya dituduh dalam arti positif, mba Oline beauty blogger ya? Yahh apalaah saya, saya cuma penikmat make up aja. Seneng aja sih dandan. Menghargai ciptaan Tuhan. Saya sangat mensyukuri semua bagian-bagian pada wajah saya. Nah, untuk itulah saya memeliharanya dengan perawatan dan juga make up yang oke.

Nah,  bicara soal make up, sudah banyak yang bertanya ke saya, gimana caranya sih bisa dandan oke? Atau buat belajar make up untuk yang pemula gimana caranya sih? Mulai darimana? Sayapun bisa dibilang 'bisa make up' kayaknya sejak saya kenal sama yang namanya 'blogger'. Dulu sih make up asal aja. Kalau sekarang makin kesini, makin paham make up tools antara satu dengan yang lainnya. Trus cara memilih sesuai kulit gimana. Saya makin kenal untuk beberapa brand make up. Awalnya saya coba-coba satu persatu sendiri, trus saya review, tanpa bayaran ya. Semua saya niatkan memang mau 'belajar', trus proses and hasilnya saya sharing deh di blog. Terlepas tulisan saya bagus atau gak, foto saya bagus apa gak, saya gak terlalu ambil pusing. Namanya juga sharing. Gak ada bagus atau jelek. Toh juga kalau jelek, gak ada yang marahin juga. Palingan gak ada yang lihat aja postingan saya, Bhahaaa! Lama kelamaan saya jadi jatuh hati sama yang namanya make up. Tapi yah sampai sekarang masih on process sih. Sayapun masih dalam tahap belajar. Belajar dan terus belajar sampai akhir hayat :) *Halaagh berat amat*

Mau Tau Rahasia Saya Bisa Belajar Make Up?

Rahasianya saya bisa make up? 

1. Buku Tutorial

Semua saya pelajari sendiri melalui buku. Saya beli buku-buku yang bergenre  make up di Toko Buku Gramedia. Lalu saya pelajari baik dari tehnik mengulasnya, pemilihan warna yang pas untuk kulit, sampai beli dimana juga saya pelajari. Selain melalui buku tutorial, saya juga sering banget beli majalah. Diantaranya majalah yang sering saya beli adalah Majalah Grazia, Majalah Femina. Makanya di rumah numpuk banget majalah :D. Coba aja bisa diliat stock buku saya di rumah. Abis saya beli, trus saya praktekkin dong. terkadang kalau saya lagi gak perlu beli, saya tinggal datang aja ke toko buku, nongkrong selama 2 jam, trus pelajarin deh buku-buku make up disana. Belajar singkat and kilat bisa kok. Kan cuma lihat sekilas, gak diapalin kayak materi kuliahan :D Pengennya sih ke depannya, apa yang saya pelajari sekarang ilmunya, bisa saya praktekkin. Alias sukur-sukur saya bisa make up-in orang, walaupun gak pede sih, itu juga kalau orangnya mau, ahaha... 

2. Beauty Assistant

Kalau saya punya waktu senggang, saat saya ke mall, saya sering mendatangi counter-counter make up. Seringnya saya lakukan saat weekend, jadi sekalian jalan-jalan bareng keluarga, sayanya mampir ke counter make up. Datang dengan bare face, alias gak make up sama sekali. Trus saya tanya-tanya deh ke mbanya. Seakan-akan saya gak bisa make up. Nanti mba-nya akan terangin gimana caranya make up menggunakan make up yang saya pilih itu.

3. Instagram

Instagram itu paling ampuh untuk belajar apapun, salah satunya make up. Banyak banget tutorial di IG yang bisa kita pelajari. Salah satu akun yang jadi favorit saya adalah Indobeautyvlogger , Indobeautygram, @minyo33, dan beberapa akun official dari beberapa brand make up. Plus follow juga akun-akun beauty blogger yang keren-keren.

4. Youtube

Youtube emang sarana belajar semuanya. Semua hal bisa dipelajari di Youtube. Dan di youtube memang paling enak buat belajar make up. Saya itu kerjaannya kalau gak download video tutorial make up, atau gak masak-masakan :)

5. Join at workshop

Selain belajar dari BA, atau youtube, kamu juga bisa belajar melalui workshop-workshop yang diadakan beberapa brand. Caranya gimana? Yah kepoinlaah akun sosmed mereka. Sering banget mereka ngadain acara-acara workshop. Males bayar karena mahal? Udah jelaslaah. Ilmu make up itu gak ada yang murah. Lha wong belajarnya aja susyaah Cyin. Jadi please dont complain kalau lihat harga workshop make up itu mahal. Belajarnya cuma sekali, cuma investasi bisa seumur hidup. Itu prinsip saya.

6. Join At Beauty Community

Kamu bisa join ke komunitas apa saja yang di dalamnya adalah penggiat dan penggila make up.

7. Practise Makes Perfect

Yaa, yang terakhir adalah practise. Alias action. Udah dapet teorinya, udah punya toolsnya, tinggal praktek. Gak usah takut gagal. Gak usah takut salah. Make up itu kalau salah tinggal hapus. Make up yang dibeli trus salah? Yah tinggal kasih tetangga, kasih temen, buang. it's done. Dulu soalnya saya tipe yang sayangan and takutan. Jadi takut gak cocoklah warnanya, takut anehlah pas dicoba. Tapi sekarang mikirnya udah beda, 'Dengan mencoba dan tau salah dimana, kita jadi belajar jadi lebih expert right? :)

Dengan kita bisa pastinya kita gak perlu lagi ke salon kalau lagi ada acara formal cuma buat make up aja. Saving money, saving time. Dengan make up sendiri kamu bisa tahu kelebihan and kekurangan wajah kamu juga. Karena belajar make up itu menyenangkan.

Bersambung ke Make Up Tools Yang Wajib dimiliki Oleh Pemula ya.

9 comments

  1. Mba oline menebarkan virus positif, aku juga kalo liat mba pengen ikutan dandan, tp pas dipraktekin hasilnya gk sama.. Hhee

    ReplyDelete
  2. Mba Oline ..aku setuju banget sama kamu. sampai skrg aja aku buat alis gak pernah bisa cetar.. bingung. tapi yaaa bener kata kamu practice makes perfect, kalo lagi waktu kosong aku bljr dandan sndri dr youtube..

    ReplyDelete
  3. Emaknya Narend niy kalo dah dandan kece banget. Iya bener banyak belajar ya, aku ga bisa ajaa dandan, tapi lagi belajar juga, ya minimal khusus buat bikin alis (karena bulu alis tipis n bule) .
    Hahhaa...

    ReplyDelete
  4. Wah Oline mah udah bening, didandanin dikit tambah kinclong. Kalau sama BA tu aku sering takut, takut terpaksa beli, nggak enak wkwkwwkk

    ReplyDelete
  5. Ngikutin komen yang di FB... Mbak Oline mah ngga dandan juga udah cantiiikk :")

    ReplyDelete
  6. Semuanya juga kalo latihan jd bisa y mba :)

    ReplyDelete
  7. Nyimak cerita mak cantik berikutnya

    ReplyDelete
  8. Aku harus sering-sering latihan make up nih mba :)

    ReplyDelete
  9. wah..make up paling banter cuma lipstik ma bedak... :) mesti banyak latihan dan liat tutorial..

    ReplyDelete