Tata Motors Meluncurkan Kendaraan Komersial Terbaru di GIIAS 2016


Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) masuk ke Indonesia sejak tahun 2013 dan kini telah memasuki tahun ke-tiga pada bulan September 2016 ini.

Tentang Tata Motor

Tata Motor adalah perusahaan mobil terbesar di India. Melalui anak perusahaan dan perusahaan asosiasi, Tata Motors telah beroperasi di Inggris, Korea Selatan, Thailand, Afrika Selatan dan termasuk Indonesia.

Di India terkenal dengan kendaraan yang menjadi primadona khusus untuk usahawan baru, yang membutuhkan efisiensi. Customernya mulai dari karyawan, usahawan logistic, perusahaan logistic.

Light Truck - Tata Ultra 1012

TDMI dan Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia memperkenalkan Tata Ultra 1012, yaitu sebuah light truck yang kuat dan total cost of ownership (TCO) terendah di kelasnya di ajang Gaikindo Internasional Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016. 

Truk ini ringan, kuat, aman, multi guna dan juga hemat BBM. Desain Tata Ultra juga telah disesuaikan dengan perkembangan terkini sesuai kebutuhan konsumen saat ini. Performa yang superior, kabin ternyaman di kelas dunia, daya angkut tinggi serta konfigurasi beban bodi yang beragam. Jadi bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Tata Ultra 1012 juga dilengkapi tilt dan telescopic collapsible steering yang dapat menambah kenyamanan posisi mengendara dan mengoptimalkan stabilitas saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi. Untuk suspensi, Ultra 1012 dilengkapi parabolic leaf spring bagian depan dan semi eliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi shock absorber dan rubber brushing.

Tata Ultra 1012 memiliki kapasitas kursi 3 buah dengan konfigurasi berjajar 1 sopir dan 2 penumpang. Kursinya juga bisa disesuaikan. Bisa digeser maju mundur, bisa direbahkan ke belakang juga.

Ada 5 keunggulan yang ditawarkan oleh Tata Ultra :

1. Ultra Versatile
Memiliki berbagai varian yang sesuai untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Kapasitas angkut tata Ultra 1012 berkisar 4 - 7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan panjang 4-6 meter.

2. Ultra Style
Tampilannya lebih modern. Tata Ultra didesain kendaraan komersial yang ringan di Indonesia dengan biaya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur.

3. Ultra Performance
Dibekali mesin diesel tata 497 TCIC 3.783 cc. Transmisi Tata Ultra menggunakan transmisi G-550 dengan enam gigi dengan overdrive (OD)

4. Ultra Comfort
Kabinnya diciptakan untuk kenyamanan dan keselamatan 

5. Ultra Safe
Ada fasilitas Full Air Brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya cengkeram kuat sehingga meningkatkan keamanan berkendara. Selain itu juga ada neutral switch, side beam impact, three points active retractable safety belt. Lalu untuk chassisnya menggunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensille.

Source : Tata Motors
Tata Xenon - XT D-Cab 4x4

Selain Tata Ultra, Tata Motors juga meluncurkan kendaraan komersialnya di Indonesia, yaitu Tata Xenon XT D-Cab 4x4. Memiliki kabin 4x4, dan kendaraan ini sangat pas untuk transportasi angkut barang serta kebutuhan pokok atau pertambangan dan perkebunan.

Tata Motors dikenal sebagai produsen kendaraan komersial yang tangguh dan berkarakter kuat. Tata Xenon ini memiliki tenaga dan torsi yang melimpah, emisi yang rendah, kenyamanan pengendaraan dan biaya operasional paling efisien di kelasnya.

Muatan Tata Xenon XT D-Cab dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kebutuhan bisnis. Loading deck-nya berbahan double galvanized steel, memiliki daya angkut hingga 1 ton.  Lalu mesinnya adalah mesin diesel yang dikombinasi dengan transmisi manual 5-percepatan. Untuk speednya mampu mencapai 160 km/jam dengan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya. Model 4x4 memberikan fitur shift on fly 4x4 system yang mendukung kemampuan off-road sangat optimal. Selain itu juga perpindahan gigi dan kenayamanannya sangat terbukti dengan dilengkapi teknologi gearbox GBS- 76-5/4.1 dengan overdrive dari Xenon D-Cab.

Fitur-fitur yang dimiliki Tata Xenon adalah :

Collapsibble Steering Column, Twin circuit braking system, dual airbags, side impact beams dan reinforce 3 layer body construction.

Semua kendaraan Tata Motors di Indonesia didukung program Peace of Mind, yaitu memiliki garansi terbaik di kelasnya, jaminan ketersediaan spareparts dan jaminan 24 jam oengantaran pasti sampai atau gratis jika tidak sampai.

Tata Motors juga sudah memiliki jaringan yan dinamakan Customer Touch Points sebanyak 119 outlet Touch Points yang terdiri dari fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts), 2S (Service, Spareparts) yang dinamakan Tata Certified Workshop (TCW) di seluruh Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi.

Tata Ace 

Selain Tata Ultra dan Tata Xenon, Tata Motors juga mengeluarkan kendaraan berjenis pick up, masih berbahan dasar diesel, yaitu Tata Ace Ex2Moko, dan Super Ace.





Persamaan kendaraan ini sama-sama digunakan untuk berwirausaha. Misalnya buat para UKM yang ingin berjualan kuliner tapi belum mamp menyewa kios, bisa memanfaatkan atau berjualan mobile dulu. Nanti jika sudah mendapatkan lokasi dan uangnya sudah terkumpul untuk menyewa atau membeli kios, baru bisa pindah. Hanya saja perbedaan dari kedua kendaraan ini adalah yang Ace Ex 2, ada tutupnya, tapi untuk super Ace 2 full pick up.

Kedua kendaraan ini termasuk dalam primadona Tata Motors :

1. Super Ace, mobil pick up ini berkapasitas 1400 cc (mesin diesel). Bisa menghemat sampai 25%
2. Ace Ex2Moko, mobil pick up berkapasitas 700 cc, bisa membawa sampai maksimal 1 ton.

Perkembangan penjualannya ke depannya Tata Motors akan mengembangkan penjualan via online. Supaya memudahkan orang untuk membeli atau mencari spareparts.

Untuk pemakaian BBM-nya 1:7, dan sudah dibuktikan dengan testimoni seorang customer dalam perjalanannya ke Lombok. Pastinya sudah gak diragukan lagi ya, Tata Motors memang menyediakan kendaraan operasional untuk usaha.

Buat kamu yang ingin memiliki usaha, bisa memilih jenis kendaraan ini untuk beroperasional.







22 comments

  1. waww... mak oline, mobilnya gahar nih ya xixixixi

    ReplyDelete
  2. Banyak pilihannya ya Mba Oline mobilnya, tinggal disesuikan dengan keperluan dan jenis usaha yang ditekuni. tapi kalo saya tertarik dengan yang MoKo, bisa jaualan kuliner :)

    ReplyDelete
  3. bnyak macemnya ya mbk si tata ini, inovatif pisaann

    ReplyDelete
  4. Oline bisa distribusikan Aura Batik pakai Tata Xenon nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa, kan penjualanku concern di Online aja mba'e :)

      Delete
  5. Ace EX2 si Biru yang simpel dan cantik, efisien ya untuk pengusaha pemula

    ReplyDelete
  6. emang keren2 kendaraan komersil/niaganya. Pilihan yang tepat Tata Motors bs bantu bangkitkan ukm indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya termasuk murah ya mas? Yang paling aku suka pemakaian bahan bakar benar2 efisien..

      Delete
  7. Truknya lucu2, keren juga ya India...

    ReplyDelete
  8. Tata Motors kereeenn apalagi yang moko

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mas Agung udah tertarik banget ya sama si Moko. Ayuk mas dibeli buat usaha kulinernya :)

      Delete
  9. mejeng bareng moko serasa pemiliknya ya mbak, jd pgn punya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee iyaa. Yuks langsung cus dibeli mba :)

      Delete
  10. Narenddd rayuuuu mama buat beli ace biar buat usaha butiknyaa kelilingg

    ReplyDelete