Taman Pandang Istana, Pandanglah Istana Dari Sini



Siang itu percakapan antara saya dengan driver saya.

"Mas, tolong antar saya ke Taman Pandang Istana ya."
"Oke.. Mau lewat mana bu?"
"Hmm... Rutenya Mayestik - Blok M - Sudirman - Thamrin - Bunderan HI - Monas - Stasiun Gambir - Taman Pandang Istana."

Setelah beberapa menit, saat melewati jalan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, driver saya baru sadar.

"Ini kita kemana ya bu?"
"Taman Pandang Istana."
"Itu dimana ya? Itu Taman Monas?"
"Hmm.. saya juga kurang tau sih, kayaknya sih diujung Taman Monasnya. Lokasinya sebrang RRI."
"Ohh okeee... Berarti kita lewatin Monas dulu yah bu, baru ke Taman Monas ujung sebelah sana."
"Iya." (Sambil saya membaca maps)
"Ibu ada acara apa ke taman ini?"
"Saya ada liputan pak. Nanti akan ada Pak Ahok sekaligus meresmikan Taman Pandang Istana ini."
"Ohh gitu... Ini taman baru ya bu?"
"Iya."
"Oalaah,. pantes ajaa. Karena setau saya disini cuma tau Taman Monas aja yang dekat gambir. Oke Sip. Saya tau jalan pintasnya lewat mana. Akan saya antar ibu ke tempat tujuan secepatnya."

Nampaknya driver saya ini paham Jakarta. Pahamlah ya maksud saya. Maksudnya dia tahu rute mana saja (yang tercepat) untuk mencapai lokasi tujuan saya. Saya sebagai penumpang suka gak mau terima beres selama di perjalanan. Maksudnya, tinggal duduk manis terus sementara si driver mencari sendiri rutenya kemana dengan membaca maps. Karena saya juga sehari-harinya adalah seorang ladies driver, jadi pahamlah gimana bingungnya kalau di jalan itu. Dan kebetulan hari itu adalah hari sabtu, hari termacet se-Jakarta! Jadi kudu pintar-pintar mencari jalan alternatif. Karena saya harus tiba di lokasi pukul 2.30 siang,

Emang Mau Ngapain ke Taman Pandang Istana?

Kalau saya menyebut Taman Monas kayaknya semua orang udah tau kan? Hari Sabtu, 30 Juli 2016 lalu, Pak Basuki Tjahaya Purnama atau yang biasa disebut dengan Ahok telah meresmikan satu taman baru di Jakarta yaitu Taman Pandang Istana di halaman Plaza Monumen Nasional (Monas). Lokasinya persis di ujung Monas. Gak terlalu luas sih, tapi cukup menarik perhatian untuk orang yang lalu lalang di jalan protokol sekitar Monas dan Istana itu.

video





Acara peresmian kali ini agak sedikit berbeda karena disini diisi dengan sejumlah pertunjukkan seni dari karya anak bangsa dan melibatkan berbagai kalangan seperti ibu rumah tangga, anak-anak dan juga seniman.

Performance dari Animal Pop Dance

video

Ada komunitas Rajut Kejut juga disini.


Dan juga ada performance dari Robot Holcim lho! Anak-anakpun seneng banget :)



A video posted by Oline (@carolineadenan) on

Eksterior Taman Istana

Taman Pandang Istana ini dibangun bertujuan untuk sebagai wadah ruang terbuka hijau bagi masyarakat untuk menyampaikan gagasan dan aspirasi dan pastinya melalui kegiatan positif dan kreatif ya. Konsep taman ini adalah go green dan modern. Pembangunan taman ini diprakarsai oleh Pemprov DKI Jakarta dengan berkolaborasi bersama Holcim Indonesia, CARAS (suatu organisasi yang bergerak di bidang seni), dan juga designer taman tersebut adalah Yasser Rizky. Beliau mendesign empat jenis instalasi tipografis 3 dimensi yang mengisi Taman Pandang Istana. Keempat jenis instalasi tersebut adalah patung, bangku taman, dan kutipan tokoh Indonesia.


Taman ini dibangun dengan harapan membawa semangat membangun bersama, mencari inovasi dan mendukung pembangunan yang modern dan juga ramah lingkungan. Holcim terlibat dalam pembangunan taman ini memiliki komitmen untuk membangun bersama, dan dilandasi semangaat kolaborasi, semangat kreativitas dan ekspresi positif.

Dan inilah sekilas tentang Taman Pandang Istana


Tentang PT Holcim Indonesia Tbk

PT Holcim Indonesia Tbk (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (80,65%) dimiliki dan dikelola oleh LafargeHolcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 115,000 karyawan dan beroperasi di lebih dari 90 negara di seluruh benua. 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan empat pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat, Cilacap, Jawa Tengah, Tuban di Jawa Timur dan Lhoknga, Aceh dengan total kapasitas gabungan per tahun 15 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

PT. Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya. 

Kontribusi Holcim

Masih bingung gak kenapa dan peranan Holcim dalam pembangunan taman ini? Kok bisa dikatakan ramah lingkungan? Padahal kita tahu Holcim adalah produk semen kan?
Ada beberapa dukungan material Holcim untuk taman ini.

1. ThruCrete

Solusi perkerasan beton berpori yang berfungsi untuk mengurangi genangan air pada permukaan. Juga sebagai media resapan limpasan air hujan untuk menjaga debit air tanah yang menjadikan ThruCrete menjadi Beton Ramah Lingkungan.

Keuntungan Thrucrete :

• Mengontrol limpasan air hujan dan polusi
• Jumlah area fasilitas parkir meningkat karena menghilangkan kebutuhan untuk daerah retensi air.
• Menghilangkan atau mengurangi ukuran storm water.
• Memungkinkan udara dan air untuk mencapai akar pohon
• Mengurangi hydroplanning pada permukaan jalan dan jalan raya
• Mengurangi silau pada permukaan jalan terutama ketika basah pada malam hari .
• Mengurangi interaksi kebisingan antara ban dan aspal.

Untuk total pemasangan ThruCrete adalah 68 m3. 

2. EzyFloCrete

Yaitu beton expose yang mempunyai workabilitas tinggi, memadat degan sendirinya, cocok diaplikasikan pada bentuk yang rumit. 

Keuntungan EzyFloCrete :

• Mengurangi alat bantu dan jumlah tenaga kerja. Proses pengecoran dapat berlangsung tanpa perlu tenaga kerja terampil yang banyak.
• Dapat diaplikasikan pada penulangan yang rapat dengan lebih cepat, tanpa mengurangi kualitas.
• Mengurangi tingkat kebisingan proyek karena EzyFloCrete tidak membutuhkan vibrator untuk pemadatan.
• Jaminan kualitas akhir bebas keropos (honeycomb).

Untuk total pemasangan EzyFloCrete adalah 8 m3.

3. Holcim Mortar

Yaitu mortar instan berdaya rekat tinggi yang menghasilkan permukaan dinding lebih halus dengan resiko keretakan yang minim. 

Keunggulan Holcim Mortar :

• Terbuat dari bahan terpilih dengan daya rekat lebih unggul. 
• Praktis, cukup tambahkan air, bisa langsung diaplikasikan.
• Adukan lebih pulen, hasil akhir menjadi lebih presisi.
• Waktu kering yang cukup untuk perataan dan perapihan.
• Untuk Holcim Pasangan, spesi adukan lebih sedikit dengan daya rekat lebih kuat
• Untuk Holcim Plesteran, adukan lebih ringan, waktu kering yang cukup, untuk daya sebar lebih halus dan lebih luas.
• Untuk Holcim Acian, dengan adukan lebih halus untuk tarikan yang lebih ringan dan warna lebih terang (untuk langsung diaplikasikan pengecatan).

Untuk total pemasangan Holcim Mortar adalah acian 47 bag, holcim mortar pasangan 160 bag, Holcim mortar plesteran 175 bag.

Kalau kamu punya komunitas dan ingin mempergunakan taman ini boleh kok. Karena tujuan taman ini dibangun sebagai tempat unjuk kebolehan atau kreativitas kamu disini.

Acara peresmian ditutup dengan pemasangan lampion lukis dari perwakilan anak-anak SD Kembang.

Ohya, daritadi kan kamu sudah liat foto-foto eksterior saat siang hari. Kalau malam hari, lampion-lampion lukisnya nyala lho, dan itu bagus banget!

Credit by Holcim Indonesia

Credit by Holcim Indonesia
Dan percaya gak foto yang ini adalah di suasana outdoor? :) Beneran kayak di ruangan indoor ya, seperti nonton konser :)

Credit by Holcim Indonesia
Ohya, kata Pak Ahok nantinya Monas akan ada toilet yang ber-AC lho, harapannya orang-orang ke Monas jadi semakin nyaman dengan adanya toilet yang bersih dan terawat. "Tapi jangan colong tissuenya ya!" Demikian celotehan ringan Pak Ahok. Nampaknya Pak Ahok udah paham banget karakter orang Indonesia bakal dicolongin kalau ada tissue numpuk banyak yang nganggur gitu ya, kudu dirubah atuh yah habit negatif kayak gitu :)

Taman ini bisa dibilang project percontohan untuk yang go-green. Nantinya akan ada planning pembangunan taman-taman yang hampir mirip seperti ini di area lain, seperti Lapangan Banteng, Jakarta. Trus juga di Kalijodo akan ada skateboard untuk internasional. Selain itu Pasar Rakyat juga akan dilakukan renovasi. Artinya semua akan dibuat senyaman mungkin.

Sempat heran juga sih namanya kenapa Taman Pandang Istana. Baru saya mau tanya, ternyata Pak Ahok bilang sendiri, "Dinamakan Taman Pandang Istana karena lokasinya dekat dengan Istana. Tuuh... liat aja... keliatan dari sini Istananya kan? Pandanglah Istananya dari sini. Tadinya mau dinamakan Taman Aspirasi. tapi kok kayaknya buat aspirasi aja. Nanti malah gak bisa buat yang lain. Yaudah deh namakan aja Taman Pandang Istana. Udah gak usah ribet-ribetlah!" Demikian penjelasan pak Ahok :))





16 comments

  1. Saya pikir ini lokasinya d istana. Ooh ternyata punya pemprov..nice

    ReplyDelete
  2. jiah, tau aja pak gubernur org suka gatel ngeliat ada tissue banyak :)))) Jadi tertarik mau melihat langsung ah...Mau cek jg, supir taksi dan pramudi busway tau gak kalau ditanyain letaknya di mana

    ReplyDelete
  3. makin malem lampionnya makin keren romantis... kesana lagi ah tapi malem hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bener. Kalo malem romantis banget kayaknya ya..

      Delete
    2. Iyaaa bener. Kalo malem romantis banget kayaknya ya..

      Delete
  4. Ya ampun lengkap banget penjelasannya :) keren :) hana juga suka lampionnya :D

    ReplyDelete
  5. lampionnya itu menarik perhatian sangat, apalagi di malam hari :)

    ReplyDelete
  6. Dan postingan mba oline masuk di page pertama pencarian google soal taman pandang istana selain berita dari kompas, tempo dan media besar lain. Cakep!

    ReplyDelete
  7. Semoga taman yang sudah susah payah di bangun di jaga oleh masyarakat ya mbak, desainnya udah bagus.

    ReplyDelete
  8. Sayang kita dah keburu kelaparan jadi ngga bisa sampai malem ya hahahhahahah, cantik lampionnya di malam hari ya mba Oline.

    ReplyDelete
  9. aku terpesona sama lampionnya itu lho

    ReplyDelete
  10. Bagus mbak tulisannya, banyak videonya lagi :D bahasanya pak gubernur ajaib ya mbak, aku terhibur pas dengernya😂

    ReplyDelete
  11. Kepengen ke sanaaa. Semoga aja ga salah jalan. Jadi selain masuk ke monumen nasional ada taman ini juga ya. Mantep deh.

    ReplyDelete
  12. Tamannya bagus ya Mba, jadi pengen kesana terus jajan deh banyak makanan pula keren

    ReplyDelete
  13. Keren, pas malem lampionnya cantik bgt mbak

    ReplyDelete
  14. Tulisannya komplit nih, mba Olin, plus dialog dengan sang driver, ha ha...

    ReplyDelete