Ngeblog Kreatif bareng Faber Castell


Kalau hari minggu biasanya saya habiskan untuk berjalan-jalan ke mal bareng keluarga, kali ini cerita hari  minggu saya sedikit berbeda. Yes, berjalan-jalan sambil berkreativitas bersama keluarga. Jadi judulnya hari minggu saya kemarin itu adalah minggu kreatif bersama keluarga.

Hari minggu tanggal 7 Agustus 2016 kemarin saya ikutan acara seru bersama Faber Castell di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan. Disini saya bisa belajar menggambar dan mewarnai yang dipandu oleh tim Faber Castell. Dibagi menjadi 2 sesi. Sesi ppertama menggambar diatas media (gelas, piring atau topeng). Dan sesi kedua yaitu belajar tehnik mewarnai dan merakit dari kertas yang kita warnai sebelumnya. Karena saya datang terlambat, jadinya saya tidak ikut sesi pertama.



Ohya, karena acara ini bertepatan di hari minggu which is hari keluarga, saya hadir kesini dengan mengajak suami dan anak saya. Selalu menyenangkan bila saya bisa hadir ke suatu acara jika boleh bersama dengan anak dan suami :)


Selain acara menggambar dan mewarnai, di acara ini juga disediakan pojok kreatif untuk anak-anak. Jadi suami saya membantu menjaga Narend sekaligus Narend belajar mewarnai di art corner ini. Terima kasih suamiku :)


Di sesi kedua, para peserta diminta untuk mewarnai dari gambar-gambar yang telah diberikan. Gambar-gambar tersebut berupa gambar kupu-kupu, mata kupu-kupu dan juga roket. Semuanya masih dalam draft dan masih dalam 1 kertas putih.




Tentang Faber Castell

Faber Castell sebagai produsen pensil tertua di dunia yang memproduksi produk-produk untuk kreativitas banyak terlibat dalam usaha meningkatkan kreativitas terutama di kalangan muda. Di Indonesia, Faber Castell banyak menyelenggarakan lomba kreativitas dan membuka peluang bagi anak muda kreatif untuk tampil di pentas seni, sastra dan panggun kreatif lainnya.

Perkembangan di negara maju menunjukkan proses kreatif telah berubah dari Creative Thinking menjadi Creative Making. Itu artinya kreativitas bukan lagi diukur dari ide saja tapi lebih kepada produk secara nyata. Oleh karena itu Faber-Castell berinisiatif mengadakan pameran seni bertemakan Kreativitas Tanpa Batas.

Dan inilah produk-produk dari Faber-Castell, pastinya beberapa dari kamu sudah familiar ya.







Tehnik Mewarnai Kreatif Dengan Spidol

Di beberapa toko buku sekarang sudah banyak dijual buku-buku bertemakan buku mewarnai untuk dewasa. Dulu mewarnai yang saya tau hanya untuk anak-anak, tapi sekarang aktivitas mewarnai, menggambar dan melukis jadi trend lagi, dan juga ini merupakan salah satu trik dan tips untuk menghilangkan stress.

Dalam mewarnai tidak ada peraturan yang baku, tapi jika kita tahu bagaimana mewarnai yang baik dan benar, hasilnya tentu akan jauh berbeda. Serunya di acara ini para peserta diajarkan kombinasi tehnik pewarnaan, seperti blocking, gradation, shadow, dan hasil mewarnainya juga nampak lebih 'hidup' atau efek 3 dimensi.

Ada beberapa tehnik pewarnaan yang diajarkan oleh Kak Rizal Susanto disini.


1. Blocking
Tehnik ini yang sangat biasa kita lakukan. Jadi tinggal mewarnai saja

2. Pointillism
Tehnik yang menggunakan titik-titik untuk mewarnai bidang gambar

3. Shading
Tehnik menimpa warna yang lebih ternag ke warna yang lebih gelap.

4. Contouring
Tehnik mengisi bidang gambar dengan mengikuti bentuk terluar.

5. Patterning
Tehnik yang menggunakan pola atau motif yang berulang

6. Squiggling
Tehnik yang berulang tapi dengan gerakan memutar seperti kabel telpon yang kusut

7. Mosaic
Tehnik pewarnaan dengan membuat pola heksagonal terlebih dahulu. Lalu heksagonal tersebut diwarnai berselang seling dengan warna gradasi.

Dan inilah contoh hasil belajar pewarnaan saya.




Setelah selesai, ketiganya disiapkan beserta 1 buah connector, 4 buah tutup spidol connector pen, dan 2 (dua) buah spidol. Kita akan membuat roket-roketan dan kupu-kupu.




Tehnik ini bisa dijadikan mainan untuk anak-anak lho, mudah, murah dan mengajak anak untuk kreatif.

Dan inilah saya berfoto bersama hasil karya saya, robot dan kupu-kupu :)



Di acara ini juga ada beberapa hasil karya para creative marker.

1. Tanz der Kreativitat
Dance of Creativity

Cerita dibalik Pencil Sculpture ini.

Sebuah gaun pesta yang mewah mengingatkan kita pada musik waltz yang indah, suasana pesta yang meriah dan memberikan sentuhan pribadi pada imaginasi masing-masing orang yang melihatnya.


2. Sepeda Kesayanganku
by Maulidin Taufiq


3. Home Sweet Home
by Maulidin Taufiq


4. Kaos (Jatayu) dan Topi (RC Batik): Rizal Tri Susanto


5. Extreme
by Rizal Tri Susanto


6. Wanderlust
by Maulidin Taufiq


7. Wahana
by Tri Purnama Malik


8. Rainbow Seahorse
by Rizal Tri Susanto


9. Love
by Rizal Tri Susanto


10. Arjuna Karna Tanding
by Try Purnama Syukur


Semua cantik-cantik ya.

Ohya, saya juga buat beberapa hasil karya nih menggunakan connector pen, permanent dan stabillo Faber Castell.




Maaf ya kalau gambarnya jelek dan garisannya masih kaku. Maklum udah lama banget gak menggambar. Terakhir saya  melukis dan menggambar itu SMP. Dan sekarang setelah 20 tahun lebih saya baru memegang alat gambar lagi :)

Acara Kreatifitas Tanpa Batas bersama Faber Castell ini sungguh menyenangkan untuk saya. Sepertinya adrenalin saya dalam hal art and drawing bangkit kembali. Selesai pulang dari acara saya langsung ke toko buku Gramedia, lanjut mencari buku tentang menggambar dan doodle. Katanya menurut banyak teori dengan menggambar, bisa menghilangkan stress, terlebih lagi untuk anak-anak. Bisa melatih otak motoriknya.

Akhirnya saya percaya bahwa proses berpikir kreatif dapat dilatih dalam tingkat usia. Salah satunya adalah dengan lebih sering bersentuhan dengan produk-produk dan suasana kreatif. Dan mungkin ke depannya saya bisa menjadikan ini sebagai sebuah hobby. Yah itung-itung bisa melepas kepenatan di rumah :)















9 comments

  1. keren - keren yah, apalagiyang dress itu, unik

    ReplyDelete
  2. Waaah seru! Penasaran lihat pameran kreasinya. Masih buka kah?

    ReplyDelete
  3. Ih pengen ikutan, tapi perbayian masih menantii hihii
    Aku ngga bisa gambar tapi suka klo hand lettering, cakep mba olin kupu2nya.
    FaberCastell dari jaman sekolah dulu, apik yaa

    ReplyDelete
  4. inspiratif ya mba karya seni yang dipamerkan

    ReplyDelete
  5. Narend ikutan juga yah kmrn, ga liat :)

    Btw seru yah kmrn acaranya, sayang gw lsg cussss kmrn jd fotonya ga kumplit :)

    ReplyDelete
  6. Gyaaa apik banget karyanya Mak Olin. Faber Castell mampir Semarang dooong, anak2ku juga suka mewarnai gambar nihhh

    ReplyDelete
  7. Aku gak liat Narend ikutan mewarnai loh!

    ReplyDelete
  8. Mwnggambar ini bukan gw banget, dulu jaman smu kalo pelajaran gambar, pasti ngak pernah ngumpulin hahaha.

    Btw gw blm pernah ke mall kemang ihik ihik ihik

    ReplyDelete