Kamu Sudah Jenuh Menjadi Karyawan? Dan Ingin Memulai Bisnis Online? Simak 5 Hal Berikut Ini Terlebih Dulu



Melihat aktivitas saya yang bisa fleksible bisa mengurus keluarga dan juga bisnis, salah seorang teman di perusahaan tempat saya bekerja dulu ini curhat, ia jadi berkeinginan untuk membuka bisnis. Ia mulai jenuh akan keberadaannya menjadi seorang karyawati, yang mengharuskan pergi subuh pulang malam. Ditambah lagi bisnis online kian marak saja. Ia ingin resign dan mau berbisnis saja. Lalu ia bertanya lebih baik mana, bisnis online atau offline? 

Banting stir dari karyawan menjadi entrepreneur, itu bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Bagi saya pribadi, berbisnis mungkin bisa dibilang passion saya sejak dulu. Karena sesaat setelah resign saya gak merasa lonely, atau bingung ngapain, dan bagaimana. Yah santai aja. Malahan tambah sibuk dengan bisnis yang saya jalani waktu itu. Tapi bagi sebagian orang, tak jarang pula yang tidak tahan menjalani profesinya sebagai seorang pengusaha dan akhirnya kembali lagi menjadi seorang karyawan. Nah lho, kok bisa begitu? Kalau saya mah dulu, saat sebelum resign, saya sempet ngebatin, jangan sampai saya kembali lagi ke meja perusahaan atau back to office, setelah saya memutuskan berbisnis, sambil mengetuk-ngetuk meja tiga kali :D 

Nah, buat kamu yang masih bingung memutuskan berbisnis online atau offline, mungkin hal berikut bisa menjadi pertimbangan, yaitu :

1. Work with Passion

Bekerja yang dilandasi dengan passion (minat) dan hati kamu akan jauh hasilnya lebih maksimal. Berbisnislah yang sesuai dengan apa yang kamu kuasai, minati, jangan asal ikut-ikutan trend saja. Bekerja tidak terasa membosankan karena kamu menggeluti sesuai yang kamu sukai.

2. Everybody deserve to be success

Yes, semua orang punya kesempatan yang sama untuk sukses. Berbisnis online tidak diwajibkan mempunyai ijazah master ataupun gelar. Asalkan kamu mau belajar, banyak membaca, buka wawasan, and open your network with everybody.

3. Free to choose your annual leave

Gak perlu ijin bos lagi buat minta cuti. Kamu bisa cuti atau rehat kapan saja. Coz you're the boss ;) Kebebasan itu kamu yang menentukan. Begitu juga dengan pendapatanmu.

4. No Nanny Drama

Berbisnis online itu bisa dilakukan sambil mengurus anak. Ini jadi pekerjaan ideal untuk para ibu-ibu rumah tangga. Seiring perkembangan jaman sepertinya mengurus anak sambil bekerja kantoran agak repot ya? Apalagi yang tidak mempunyai pengasuh, wah repotnya minta ampun. Bangun harus pagi-pagi sekali untuk menyiapkan sarapan buat keluarga, lalu setelah itu ia harus mandi and siap-siap ke kantor, karena jam 8 pagi ia sudah harus sampai di kantor. Lalu pulang kantor sampai rumah jam 8 malam, lanjut pekerjaan rumah lagi sampai jam 11 malam. Itu kayaknya ceritaku deh, hahaa. Yah tapi itu kenyataan. Tapi dengan berbisnis online bisa menjadi solusinya.

5. Jakarta got traffic

Yeah, semua orang juga tau ya Jakarta macet. Itulah yang menyebabkan saya malas untuk beraktivitas pergi pagi pulang malam dan itu dilakukan setiap hari. Apalagi sekarang saya lihat jalanan ibukota udah gak nyaman lagi. Macetnya jadi menggila, gara-gara meningkatnya orang yang punya dan membawa kendaraan sendiri. Dulu saya ke kantor hanya butuh 40 menit dari Bekasi Barat menuju Cilandak via tol JORR. Kalau sekarang mungkin saya butuh 2 jam untuk bisa sampai di lokasi. Terasa ya bedanya :)

Nah, sudah mulai terpikir untuk berubah haluan untuk berbisnis online setelah membaca 5 hal yang saya share diatas? :)

Semoga bermanfaat.









5 comments

  1. Ini juga yang saya pikirin sekarang sih mba...oke saya masih muda, tapi juga harus punya ancang-ancang dari sekarang. Nyari passion...hahaha. biar ngga kerasa kerja gitu

    ReplyDelete
  2. No 1 tuh yang paling jadi buruan ya mbak. Tapi emang agak sulit juga sih passion itu harus dinikmati dan cenderung membuat kita jadi perfeksionis dan malah ga santai di bidang tersebut hihihi
    Tapi itu mah sebagian kecil ( cerita saya ) aja hihi

    ReplyDelete
  3. banyak alasan yang menarik dan mendukung utk stop kerja kantoran n ngerjain bisnis, pernah nyoba disambi dan sebenernya cukup lumayan tp memang bener2 kelimpungan bagi waktu. tp blom ada restu dr suami utk stop bekerja ...smp akhirnya kayak pasrah aja walopun dlm hati msh ada passion utk itu heheh *numpangcurcol*

    ReplyDelete
  4. Wahhh harus segera bikin planning nih.
    Ada cerita suka duka saat pertama kali membangun bisnis ga, Mbak?

    ReplyDelete