How To Teach Your Kids To Love Reading with Reading is Fun

Beberapa minggu lalu saya hadir ke acara blogger gathering bersama Reading is Fun di Rumah Kerinci. Saya tertarik hadir ke acara ini karena menurut info yang saya baca di internet, Reading is Fun adalah semacam program atau perpustakaan untuk anak-anak belajar membaca. Karena saat ini usia Narend memasuki usia yang wajib lancar baca, saya jadi ingin tau metodenya seperti apa dan bagaimana.





Lokasinya gak jauh dari Mayestik, Kebayoran baru, Jakarta Selatan. 


Sharing sesi pertama dibawakan oleh Ms. Ria tentang program Your Baby Can Read (YBCR). Program ini diperuntukkan untuk anak belajar membaca mulai dari usia 3 - 7 tahun.



Program YBCR ini adalah penemuan dari Dr. Titzer, beliau adalah seorang professor dan juga peneliti dari Amerika. Masuk ke Indonesia pada tahun 2015. Dulunya program ini diciptakan untuk anak-anaknya belajar membaca. Beliau percaya bahwa periode keemasan dan pertumbuhan anak dimulai sejak 5 tahun pertama sejak ia lahir. Dan di 5 tahun pertama ini juga lebih mudah mengajarkan anak-anak membaca ataupun menulis.


YBCR ini adalah metode pembelajaran yang menyenangkan untuk balita. Jadi anak-anak bukan hanya sekedar bermain tapi juga ada unsur edukasi di dalamnya. Anak belajar kata, bentuk warna, maupun arti dari kata tersebut.

Program ini bisa diterapkan di rumah selama 5 - 10 menit per harinya. Baik melalui kartu bergambar maupun DVD.

Di Reading is Fun diajarkan juga metode Brain development, yaitu meliputi :

1. Receptive Languange yaitu dalam hal bahasa, bicaralah dengan nada yang lebih tinggi, agar anak bisa lebih fokus dan mendengar apa yang kita ucapkan
2. Bicaralah sebanyak mungkin
3. Jika kita mengajarkan kata kepada anak, kita bisa langsung menggambarkan barang yang dimaksud.
4. Selalu gunakanlah kata yang lebih simple, agar anak mudah mengerti
5. Percayalah, 50 kata pertama akan memakan waktu lebih banyak, setelah itu kata-kata berikutnya bisa lebih cepat diserap.

Selanjutnya ada Ms. Lily. Seorang ibu dengan 3 orang anak ini bercerita tentang pengalamannya menggunakan progrm YBCR ini. Dia merasa sangat terbantu sekali dengan program ini. Awalnya ia hanya ingin mempraktekkannya untuk anaknya yang pertama. Tapi setelah itu anak pertamanya berhasil, barulah ia melanjutkan kembali ke anak kedua dan ketiganya.


Ms. Lily menyarankan sebaiknya bila orangtua yang ingin anaknya bisa cepat belajar membaca dan berbicara, bisa menggunakan program ini. Dan bacakanlah dongeng setiap hari minimal 15 menit. Hasil pembelajaran ini, anaknya (Laura) di usia 1 tahun sudah bisa membaca buku Harry Potter dengan lancar :)


Begitu juga dengan adiknya


Selanjutnya adalah Ms. Betty, yang juga salah satu founder dari Reading is Fun ini. Ms. Betty bersama Ms. Lily and Ms. Humaira mendirikan Reading is Fun ini karena ingin menyebarkan minat baca sejak dini pad anak-anak. Dulunya program ini diperuntukkan untuk anak-anaknya. Tapi karena merasa berhasil, selanjutnya ia mendirikan Reading is Fun ini.



Buku-buku yang ada disini adalah koleksi mereka. Bisa dibaca oleh siapa saja. Jadi Reading is Fun ini bukan hanya sekolah tapi juga dibuka untuk perpustakaan dan kelas membaca untuk anak-anak.


Metode pembelajaran di Reading is Fun adalah Love of Reading. bertujuan supaya anak-anak mencintai buku bacaan. erbukti dari interior disini adalah dipenuhi oleh buku-buku :)


word cards


Dan inilah paket DVD beserta words cardsnya.



Interior disini sungguhlah sangat nyaman, disediakan kostum juga supaya anak-anak bisa bermimpi seperti yang ia inginkan dari membaca.


Buat yang ingin sekedar baca aja, biaya perpustakaannya adalah IDR 20ribu per 2 jam. Cukup terjangkau ya. Atau mau beli buku-buku programnya Your Baby Can Read ini harganya sekitar IDR 1,5 - 1.8 juta. Atau mau ikut sekolah disini juga bisa. Untuk harga detailnya bisa lngsung menghubungi ya. Karena ada kelas-kelasnya sesuai dengan usianya. Dan setiap anak yang bersekolah disini juga mendapatkan buku program YBCR, dan bisa dibawa pulang.



Saya jadi penasaran dan menarik juga mau coba masukkan Narend ke sekolahnya. Karena sudah waktunya Narend sudah bisa berbicara dan membaca buku dengan lancar, cuma dengan metode rajin membacakan buku kepada anaklah kuncinya. Selain itu juga di Reading is Fun menciptakan suasana belajar jadi menyenangkan.







11 comments

  1. Wah, bisa sekalian belajar berbagai bahasa asing juga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa utamanya tetap bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sih :)

      Delete
  2. Bunda juga lagi mikir nih gimanya caranya cucu bunda yang udah 10 tahun gak suka baca, sukanya main teka-teki or tebak gambar, waah, kalau udah begini, bunda kalah terus, hehe...#OOT ya, maapkeun. Keren juga ya, sang mama juga bisa ikut belajar berbagai bahasa dalam menemani si kecil belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau Narend udah 10 tahun mungkin sama bunda Yati, maunya main teka-teki :) intinya sih kebersamaan saat mengajarkan anak untuk mau dan menyukai membaca

      Delete
  3. Wah asik banget skrng udh ada tempat yg mampu merangsang minat baca anak.. Biar ngomongnya juga makin pinter nih anak saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rumahnya dekat dengan Mayestik, langsung menuju kesana aja :)

      Delete
  4. Ada materi pelajaran bahasa daerah gak ya ? *ehhh

    ReplyDelete
  5. Seru yaaa.. Bisa aku tiru ni mbaa, supaya anakku lancar ngomongnya, huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi untuk anak umur 2-5 tahun yang lagi mulai belajar ngomong

      Delete
  6. Edukasi membaca sejak dini penting banget mba hehehe

    ReplyDelete