Aku dan Cerita Persiapan Mudikku

Haloo... Assalamualaikum. Wah gak terasa, bulan ramadhan tinggal sebentar lagi yah. Persiapan lebaran sudah 90%, bahkan persiapan mudik juga mendekati 90%. 

Tahun lalu saya pernah membuat persiapan memasuki bulan Ramadhan. Nah, kali ini saya mau membuat tips persiapan untuk sebelum mudik nih. Karena kali ini pertama kalinya saya mudik, bakalan jadi pengalaman pertama saya, karena tahun-tahun sebelumnya mamaku ada di Bekasi, jadi saat lebaran tiba, tidak ada perencanaan untuk mudik. 

Mudik perdana saya ini mungkin bakalan jadi pengalaman menarik, karena saya akan mudik dilanjutkan travelling ke beberapa kota. Bukan hanya itu, tapi juga perjalanan mudik saya bersama si kecil, Narendra. Waaa... gimana rasanya ya mudik bersama active toddler yang gak bisa diem selama perjalanan? Sebelumnya saya sudah mencoba untuk mengkondisikan mudik saat keluar rumah saat weekend, yaitu membiarkan si kecil duduk di Car Seatnya, dan terkadang mengajaknya naik KRL beberapa kali.

Source : Google

Nah, walaupun saya belum mengalaminya, tapi saya sudah mau share persiapan saya nih sebelum berangkat. Dibawah ini tips-tips yang sangat bagus untuk dipraktekan jika kamu sekeluarga berencana mudik bersama si active toddler.

1. Pilih jam pada tiket perjalanan saat anak tidur
Perjalanan saat anak tidur adalah saat yang paling aman untuk kita bepergian. Supaya tidak mengganggu penumpang lain juga. Percaya tidak percaya, hal ini sangat penting loh, karena saat tidur itulah si anak tidak rewel dijalan :) Jadi usahakan kalau kamu berencana naik pesawat jam 9 malam, dari pagi sampai sore, si kecil jangan sampai tidur deh, biarin aja melek dan beraktivitas seperti biasa.

2. Hunting tiket perjalanan 2 bulan sebelum hari-H
Ini penting banget, selain kamu dapat harga murah. Kamu juga bisa memilih jam berangkat atau penerbangan yang pas untuk anak tidur.

3. Membawa koper dan ransel yang bisa untuk mobile
Karena saya bakalan mobile dan tidak membawa kendaraan pribadi, pastinya aktivitas saya akan terus mobile. Soal koper, saya sudah persiapan dong. Kali ini saya mungkin akan membawa koper 2 buah beserta ransel 1 buah. Alasannya karena agar bisa mobile sekaligus menjaga si kecil agar tidak lari sana sini.

4. Membawa popok anak dalam jumlah yang cukup
Baju dan perlengkapan Narend masih menempati space terbanyak di koper, karena Narend belum lepas dari popok sekali buang, otomatis saya harus membawa popok yang jumlahnya agak banyak. Memang sih urusan popok bisa beli di supermarket di destinasi tujuan. Tapi saya tipe mommy yang gak bisa beli dadakan. Kalau seandainya gak ada brand yang sesuai bagaimana? Malah iritasi karena beli dadakan, repot kan? Lebih baik saya membawa popok Narend secukupnya saja.
Secukupnya, dalam arti, misalnya 1 hari ia memakai 3 pieces, berarti bila saya bepergian dalam waktu 7 hari, tinggal dikalikan saja 3 x 7 hari, yaitu 21 pieces. Nah ini nih, usahakan popok anak memilih yang tipis ya, agar bisa muat banyak di koper.

5. Menyiapkan Kantong Plastik
Sengaja saya membeli kanting plastik yang ukurannya sesuai kebutuhan. Jadi bukan kantong plastik bekas belanjaan. Kantong plastik ini gunanya untuk membungkus popok-popok Narend setelah pakai. Ada sih orangtua yang ambil simplenya aja, tinggal buang aja ke tempat sampah. Tapi saya bukan tipe mommy yang seperti itu. Apalagi kalau dia pup, wah kalau main buang saja, jadi mencemarkan lingkungan kan?

6. Menyiapkan Pembalut
Karena tanggal kepergian saya adalah kemungkinan tanggal saya haid, saya akan membawa pembalut secukupnya, nah hal ini juga berlaku buat kamu yang merasa sudah lewat masa haid, karena ini bisa untuk jaga-jaga, ribet kan kalau kamu harus mencari pembalus di stasiun kereta atau terminal penerbangan.

7. Menyiapkan Pantyliners
Pantyliners wajib saya bawa karena guna untuk menghemat pakaian dalam saya.

8. Menyiapkan detergen kemasan kecil
Saya selalu membawa detergen dalam kemasan kecil. Gunanya untuk mencuci pakaian dalam.

9. Menuliskan daftar makanan atau cemilan untuk Narend
Daftar makanan ini akan saya beli H-1 sebelum keberangkatan. Gunanya selain untuk cemilan Narend, dan juga supaya dia gak cranky selama perjalanan. Walaupun perjalanan keberangkatan saya hanya 1.5 jam, saya khawatir dia gak akan betah berlama-lama duduk tenang. Yah, setidaknya saya membawa cemilan andalan dialah, yang terkadang tidak saya perbolehkan sebenarnya :)

10. Membawa gadget
Nah, ini penting banget. Walaupun bukan jadi mainan utama, tapi gadget harus masuk dalam daftar barang yang wajib dibawa. Jangan lupa install beberapa permainan yang bisa membuatnya sedikit tenang selama perjalanan.

11. Membawa Sabun Yang Praktis
Praktis pertama, percaya deh, sering kali di stasiun atau terminal, air bersih menjadi sesuatu yang langka, jadi sabun untuk kulit muka itu harus bisa dipakai dengan atau tanpa menggunakan air. Jadi, misalnya di kereta atau pesawat atau di mobil saya ingin membersihkan wajah, tinggal usapkan aja, dibersihkan dengan tissue, langsung bersih deh. Kalau saya sih pakai Sabun Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Praktis kedua, Cetaphil ini bisa untuk double cleanser, bisa untuk susu pembersih wajah, atau juga sabun wajah, jadi bawa 1 botol untuk 2 kebutuhan.






Tuangkan secukupnya pada telapak tangan



Usapkan merata pada wajah secara lembut. Cetaphil saat dipakai ini tidak berbusa ya. Jadi saat diusapkan ke kulit (wajah), tidak muncul busa. Jadi benar-benar seperti susu pembersih wajah.



Setelah selesai, bersihkan dengan menggunakan tissue atau handuk yang lembut. Atau bisa juga menggunakan air.  


Wajah bersih dan kembali fresh :)


Sebenarnya bisa digunakan untuk seluruh badan. Hmm, tapi sayang ah, mungkin saya hanya menggunakan untuk kulit wajah saja :)


Pada bagian belakang tertera ingredients beserta cara penggunaannya. Sebelum membeli, perhatikan juga ya tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai kamu membeli sabun yang sudah kadaluarsa.


Selain 11 tips diatas, saya juga berikan 6 langkah mudah membersihkan wajah menggunakan Cetaphil. Yuk disimak.



Buat kamu yang masih sulit 6 langkah diatas, coba deh tonton video aku dibawah, cepat dan mudah :)


Dengan menerapkan 11 tips ditas, mudah-mudahan perjalanan mudik bersama keluarga jadi menyenangkan. Nah, kamu ada cerita apa seputar persiapan mudik? Share kepada saya ya pada comment dibawah. Siapa tau jadi new insight buat saya dan pembaca lain.

Buat kamu yang mencari sabun Cetaphil, teman-teman bisa mencari informasi lebih lengkap dibawah ini :
Akhir kata, selamat berlibur! :)

4 comments

  1. Selamat mudik mak oline, kita jg lg prepare buat mudik nih. Oh iya itu cetapil praktif bgt ya, juaranya g perlu pake air.

    ReplyDelete
  2. Pas banget ya kalau buat dibawa mudik itu cetaphilnya. Biasanya kan macet tuh ya, jadi kucel mukanya. Tinggal pake cetaphil gitu seger lagi ya Mba Oline?

    ReplyDelete
  3. Kulit wajahnya keliatan sehat yaaa, pengeeen hehe.
    Dan cerita mudik tahun ini, hmmmm bakalan mudik cuman sehari semalam doang nih huhuhu.

    ReplyDelete