Bagaimana Mendapatkan DHA dan Gangliosida Yang Aman Bagi Janin Saya

Foto waktu saya hamil Narend 8 bulan

Kalau kamu saat ini sedang hamil, kamu mungkin bertanya-tanya, ada gak sih blog yang isinya tentang keseharian ibu hamil mulai dari jenis makanan yang dimakan, kontrol ke dokter, sampai persiapan-persiapan menjelang kehamilan? Well, ada dong, coba deh kamu buka blog aku Oline Pregnancy, disana ada diary saya dari hari ke hari saat saya hamil sampai kelahirkan, daripada penasaran, silahkan langsung meluncur ke sini :)

Waktu saya hamil, saya sering banget mendengar teori bahwa ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung DHA. karena DHA sangat penting untuk pembentukan sel otak si kecil. Hmm, ya sedikit banyak saya paham sih, karena setiap saya control ke dokter obgyn, saya selalu diingatkan oleh dokter bahwa jangan lupa untuk mengkonsumsi obat yang sudah diberikan oleh dokter, disitu saya langsung bertanya, "Dok, masa sih cuma makanan, kalau minuman gak ada ya?" dokter saya bilang bahwa tidak banyak minuman yang mengandung DHA, namun saya bisa mencari produk susu yang memiliki kandungan DHA. Sebenarnya sih saya termasuk mommies yang tidak suka akan susu. Tapi karena saya tau manfaatnya besar sekali untuk perkembangan otak si janin, mau gak mau saya jadi memasukkan susu ke dalam jadwal menu harian saya deh.

Sebenarnya DHA itu mahluk apa sih?
DHA atau Docosahexaenoic Acid adalah asam lemak Omega-3 yang menjadi komponen struktural utama otak manusia. Dengan kata lain DHA adalah unsur utama pembentuk otak dan retina (untuk mata).

Sebagai asam lemak essensial, DHA sangatlah diperlukan oleh tubuh, terutama di saat kehamilan dan awal kanak-kanak. Oleh karena itu diperlukan asupan dari luar melalui makanan dan minuman. 

Kandungan DHA tertinggi biasanya terdapat pada ikan salmon dan ikan-ikan laut lainnya. Itulah sebabnya ibu hamil disarankan untuk mengkonumsi ikan laut 2 porsi dalam seminggu. Tapi mengkonsumsinya juga tidak boleh berlebihan, karena ikan laut juga mengandung zat-zat berbahaya seperti Mercuri atau logam yang bersifat toksik yang muncul akibat polusi air laut oleh limbah-limbah berbahaya yang dibuang orang ke dalamnya. Karena selain dari ikan, asupan DHA yang diperlukan tubuh juga dapat dipenuhi dari bahan makanan lain seperti telur, daging, hati, dan sebagainya. Bisa juga dari jenis biji-bijian seperti kedelai, dan sayur-sayuran walaupun jumlahnya kecil.

Biasanya kalau ada makanan atau minuman yang suka kita lihat 'mengandung DHA dan omega 3', pastinya akan diikuti harga yang juga sedikit pricey ya. Karena kandungan DHA menjadi indikator kualitas dari bahan pangan. Misalnya kita lihat susu formula yang ada DHA pastinya lebih mahal dari yang tidak mengandung DHA. yah, ada harga ada baranglah ya :)

Tapi DHA juga gak selalu mahal kok, dari makanan sehari-hari kita juga sebenarnya sudah mengandung DHA kok, contohnya telur, daging, ikan sarden, dan lain-lain. Untuk bayi, DHA bisa didapatkan dari ASI. Asupan DHA ibu juga akan mempengaruhi jumlah DHA di dalam ASI, Karena itu ibu menyusui sebaiknya memilih makanan yang sehat dan cukup.

Sejak lahir otak anak tumbuh dengan sangat cepat. Otak tidak tumbuh secara seragam, tapi berbeda-beda. Karena itu mungkin ada teman-teman yang sering melihat perkembangan anaknya pesat di sisi tertentu (misalnya motorik) pada periode waktu tertentu sampai berbulan-bulan selanjutnya.

Lalu pertumbuhan tubuh juga mencakup pembentukan sel-sel baru, otak anak telah memiliki hampir semua neuron yang ia butuhkan. Neuron atau sel otal membentuk cabang (akson dan dendrit) dan membentuk jaringan seperti sarang laba-laba. Lalu neuron itu berkembang dari satu cabng ke cabang lain melalui cela-celah kecil atau sinapsis. Nah, perluasan itu mendorong ukuran otak anak kita menjadi meningkat. Selain itu juga koneksi antara bagian otak juga meningkat. Hal itu juga mendorong komunikasi dan mendukung fungsi-fungsi lain yang semakin kompleks. Semakin kompleks sinaps otak si anak, makin tinggi juga konektivitas otaknya.



Pada gambar tersebut membuktikan bahwa semakin kompleks, konektivitasnya semakin baik. Semakin nyambung untuk komunikasinya.

Tapi ternyata selain DHA, ada juga faktor penting lainnya, yaitu GA (Gangliosida). 


Apa sih fungsi DHA dan GA itu sebenarnya? 

Ada 2 nutrisi penting yang penting untuk membantu perkembangan otak si kecil, yaitu DHA dan GA. Fungsi DHA adalah untuk membantu pembentukan sel-sel otak dan GA untuk membantu pembentukan hubungan sel-sel otak. Keduanya bekerjasama untuk pembentukan dan koneksi otak si kecil supaya kinerjanya lebih optimal. lalu bila keduanya bekerja berkolaborasi akan membantu pembentukan dan koneksi sel otak.

Pembentukan Sel Otak

Sel-sel otak anak kita dibentuk sejak hari ke-28 kehamilan. Anak kita terlahir dengan memiliki 100 milyar sel-sel otak. Dan untuk menunjang pembentukan sel otak tersebut, kita perlu nutrisi ataupun susu yang paling tepat. Salah satunya adalah Susu Anmum dengan DHA dan GA. 

Selain itu juga ada vitamin dan mineral lain yang diformulasikan khusus untuk membantu perkembangan dan koneksi otak anak kita sejak perencanaan kehamilan sampai tahap perkembangan anak. 

Jenis-jenis susu Anmum

Susu Anmum sekarang hadir dengan innovasi baru, yaitu dengan Nuelipid.


Jenis-jenisnya yaitu :

1. Anmum Essential 3 adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1 sampai 3 tahun. Diperkaya dengan Gangliosida (GA) serta 14 vitamin dan 11 mineral lainnya untuk perkembangan kognitif si kecil yang lebih optimum.


2. Anmum Essential 4 with new innovation Nuelipid, yaitu susu bubuk untuk anak berusia 3 sampai 5 tahun

Susu Anmum Essential untuk masa perkembangan anak (usia 1 tahun ke atas) yang diperkaya dengan GA serta 14 vitamin dan 11 mineral lainnya untuk perkembangan kognitif si kecil yang lebih optimum. 

3. Anmum Materna, susu yang diperuntukkan untuk ibu hamil dan sejak perencanaan kehamilan. Dengan GA, 13 Vitamin dan 8 mineral penting untuk ibu dan janin. Tersedia dalam rasa coklat.


4. Anmum Lacta dengan GA, 13 Vitamin dan 9 mineral penting, diperuntukkan untuk ibu yang sedang menyusui dan juga si kecil selama masa menyusui. Tersedia dalam rasa coklat.

Sejak saya hamil dan menyusui, saya sempat mengkonsumsi kedua susu tersebut. Karena saya tahu betapa pentingnya peran DHA untuk pembentukan otak ia dalam kandungan dan masa menyusui. Tapi sempat sih, saat saya menyusui hanya minum beberapa bulan saja. Karena kesibukan saya yang waktu itu tidak ada ART.

Kalau boleh saya flashback, maunya saya bisa maksimal saat saya hamil, atau bahkan saat saya masih merencanakan untuk hamil. Karena dokter saya juga bilang, saat saya memutuskan merencanakan kehamilan, saya harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, makanan sehat dan juga rajin mengkonsumsi susu. 

Sayapun sedang merencanakan kehamilan ketiga, jadi back to basic lagi nih, menerapkan pola hidup sehat, berdiet, dan  mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Nah, para mommies, yang memang sedang merencanakan kehamilan, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung DHA atau asam folat ya. Karena selain bisa menambah kesuburan, juga bisa untuk tabungan asam folat si janin. 








11 comments

  1. Anakku dua duanga kebanyakan DHA waktu hamil wkwkwk over bangett ngga bisa diem *hadeuh
    Etapi ada hubungannya ngga ya wekekek

    Yang pasti percaya, kalo memang DHA bagus untuk janin jadi pas hamil bener bener konsumsi yang mengandung DHA

    ReplyDelete
  2. aku hamil ini lagi g bisa susu kebetulan sekarang. tapi tetep nyari cara biar pembentukan otak ttp bagus :))

    ReplyDelete
  3. Yang nomor 4 tadi, Anmum Lacta, maksudnya bisa juga untuk si keci juga? Mantap nih, bisa untuk buteki juga bayinya

    ReplyDelete
  4. Waktu hamil anak2 dulu, aku suka banget susu hamil. Pokoknya disuruh minum susu, ayo aja karena emang dasarnya suka susu dan hamilnya juga ngebo :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka rasa apa? Plain, Vanilla, Coklat? Strawberry? :)

      Delete
  5. Aku juga minum Anmum pas hamil Danisha tahun lalu. Aslinya sih ga suka susu tapi demi masa kehamilan yg sehat ya dibela-belain banget deh. Dan Anmum pas rasanya buat lidahku. Ga eneg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, itu alasan aku pilih Anmum, rasanya gak bikin eneg

      Delete
  6. Anmum ini rasanya sesuai dengan lidah saya, dan pastinya ketika mencari susu, saya nyarinya yang udah ada kandungan DHAnya, biar sehat buat janinnya.

    ReplyDelete