4 Langkah Mudah Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh


Kalau saya bilang, kulit adalah bagian terpenting dari manusia, kamu setuju kan? Khususnya wanita, biar tampil kece, kulit halus dan putih, biasanya beberapa wanita tidak segan-segan untuk mengeluarkan budget lebih hanya untuk perawatan wajah dan tubuh. Bahkan sampai berjuta-juta. Ada yang rela berjam-jam menghabiskan waktunya di salon kecantikan. Tapi ada juga, seiring banyaknya aktivitas, terkadang kita sulit membagi waktu hanya untuk merawat kulit.

Curhat dikit, dulu waktu saya masih gadis dan belum menikah, untuk urusan ke salon, saya paling rajin deh. Paling tidak sebulan 2 kali untuk creambath, hair spa, ataupun body massage. Hmm, sejak menikah, boro-boro dua kali, sekali saja sudah alhamdulillah :)

Sejak saya punya anak, saya lebih sering melakukan perawatan tubuh di rumah. yah yang simple-simple aja. Misalnya, untuk urusan hair treatment, saya menggunakan lidah buaya. Tinggal dioleskan saja di rambut sebelum atau sesudah keramas. Atau, bisa menggunakan minyak kemiri. Caranya, kemiri dibakar, lalu digerus, kemudian minyaknya bisa dipakai untuk di rambut. Saya selalu memakainya setelah keramas. 

Lidah Buaya (Source : Google)
Selain itu, setelah keramas, saya juga sering menggunakan vitamin rambut. Karena hampir setiap hari rambut saya tanpa absen dari paparan alat pengering rambut. Supaya rambut tidak pecah-pecah dan bercabang, saya menggunakan hair vitamin. Tinggal dioleskan saja ke rambut, sesaat setelah keramas dan rambut dalam keadaan setengah kering. 

Sedapat mungkin, jika saya tidak ada urusan keluar rumah, saya meminimalisir penggunaan alat pengering rambut atau catokan. Jadi rambut dibiarkan kering alami.

Untuk urusan body treatment, saya selalu menggunakan hand body setelah mandi. Pemakaiannya cukup 2 kali sehari. 

Untuk urusan face treatment, saya selalu menggunakan sublock kapanpun dan dimanapun. Biasanya saya menggunakannya setelah mandi, atau sebelum make up. Walaupun saya tidak keluar rumah, saya selalu menggunakan sunblock. Karena sunblock yang saya gunakan itu sudah mengandung pelembab. 



Untuk iklim tropis seperti di Indonesia ini,kamu bisa menggunakan sunblock dengan SPF 50 (khusus outdoor). Tapi jika kamu bekerja di dalam ruangan, kamu cukup menggunakan sunblock dengan SPF 20 saja. Yup, bekerja di dalam ruangan juga membutuhkan sunblock lho, apalagi yang selalu bekerja di dalam ruangan ber-AC. 

Perawatan Dari Dalam Tubuh

Saya selalu mencukupi kebutuhan mineral dengan 8 gelas per hari serta selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Sayur dan buah selalu menjadi menu wajib setelah makan besar. Dan hindari makan gorengan. Mengkonsumsi gorengan (yang berlebih) bisa meningkatkan kadar kolesterol, meningkatnya berat badan dan juga membuat kulit kita kering. Kalaupun ingin makan gorengan, kamu bisa membuatnya sendiri kok. Tapi konsumsinya jangan tiap hari yah :)

Ohya, big NO NO juga untuk junk food yah. Untuk junk food saya hanya membatasi maksimal 1 kali per bulan. 

Ini beberapa langkah perawatan kulit yang sering saya lakukan setiap hari :

1. Sebelum tidur, biasakanlah mandi dan mencuci muka sampai benar-benar bersih. Jadi saat kamu tidur, sudah tidak ada lagi debu atau kotoran yang menempel pada wajah atau tubuh kamu. Karena kotoran bisa menyebabkan komedo ataupun jerawat. 

2. Selalu memilih produk perawatan kulit yang cocok dan sesuai degan jenis kulit. Perhatikan kandungan yang tertera sebelum membeli,

3. Untuk wajah, gunakan pembersih wajah sesaat setelah wajah dibersihkan dengan sabun pembersih wajah. 

4. Setiap minggu, lakukan scrubbing atau luluran pada wajah dan seluruh tubuh. Gunanya untuk menghilangkan kulit mati yang menempel pada kulit kita. Jangan lupa, lakukan masker wajah juga, minimal satu kali seminggu ya. Atau kalau malas melakukannya di rumah, kamu bisa melakukannya di salon langganan kamu. Biasanya kalau saya maskeran, saya awali dulu dengan peeling atau totok wajah dan facial, ditutup dengan masker wajah. Agar hasilnya bisa maksimal. 

Ohya, buat kamu yang suka bereksperimen dengan bahan-bahan alami, bisa menggunakan buah Alpukat, pepaya, kandungan olive oil ataupun kopi lho. Karena semua yang saya sebutkan itu mengandung antioksidan tinggi sehingga sangat cocok untuk menjaga kelembaban kulit, kulit kita menjadi kencang dan berguna untuk regenerasi kulit. Thats why, kalau ke supermarket, saya suka stock tuh buah Alpukat lebihan di rumah, selain digunakan untuk dijus, atau dibuat es buah, sisanya yang tidak habis termakan, saya gunakan untuk masker wajah. Untuk sabun dan lotion, juga usahakan yang mengandung bahan-bahan tersebut diatas. 


Jangan lupa, sediakan waktu juga untuk berolahraga. Karena dengan berolahraga  bisa mengeluarkan toxin sehingga kulit kamu terlihat lebih sehat dan segar. Juga pola tidur usahakan 8 jam per hari. Karena jika kurang dari batasan normal, bisa merusak kulit kamu dan bisa menyebabkan kantong mata pada wajah. Walaupun dicoverage oleh make up, tetap saja terlihat lho. Tapi, bisa diakali sih. Kantung mata pada wajah bisa dihilangkan dengan treatment totok wajah yang rutin. Namun hasilnya tidak bisa instan ya. Harus dilakukan secara rutin dan menerapkan pola tidur yang cukup.



Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan bahan dasar bengkoang, pepaya dan kentang. Untuk kamu yang mempunyai kulit kering dan kusam, bisa menggunakan produk berbahan dasar minyak olive oil, pisang, almond, yogurt dan alpukat. Untuk kulit yang sensitive, bisa menggnakan bahan dasar madu, minyak kelapa, mangga, kentang, kopi serta mentimun. So, kenali jenis kulit kamu supaya kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah secara tepat.

Begitulah ulasan mengenai perawatan kulit. Semoga informasi ini berguna bagi kamu yang memiliki masalah kulit dan sangat menyayangi kulit kamu . Lakukanlah perhatian dan perawatan ekstra karena kulit selalu menjadi daya tarik bagi setiap orang. Sesibuk apapun kamu, luangkan waktu untuk merawat diri, tidak perlu lama yang penting kamu harus rajin merawatnya. Cintailah kulit indahmu mulai dari sekarang.




3 comments

  1. Wah asyik nih tipsnya, kuda banyak yg orang sering tau tapi ga banyak yg lakuin, heehe

    ReplyDelete
  2. Ishhh makasih tipsnya yg oke mak ^_^

    ReplyDelete
  3. Nah, aku baruaa aja melakukan perawatan Totok Wajah. Dan bener deh, berasa muda kembali. Atau ini perasaan aku aja kali ya, wkwkwk

    ReplyDelete