Begini Caranya Memilih Baju Bayi yang Bagus dan Aman

Semua mommies yang baru melahirkan pasti kebutuhan utamanya adalah baju bayi. Karena memang itu sangat dibutuhkan. Dulu sih waktu saya lahiran, saya sempat mengabaikan bahwa baju bayi adalah kebutuhan pertama setelah proses melahirkan. Saya terlalu concern terhadap persiapan pra-persalinan, seperti popok untuk bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan tidur dan juga kebutuhan saya untuk menyusui. 

Persiapan untuk membeli pakaian bayi dulu saya benar-benar sempit. Saya baru berbelanja baju bayi pada saat usia kandungan saya mencapai 8 bulan lebih. Dan itu benar-benar membuat saya kewalahan. Padahal menurut teori, waktu yang tepat untuk membeli baju bayi adalah saat usia kandungan memasuki trimester kedua. Karena di usia tersebutlah kita masih bisa berjalan dengan nyaman, santai, bisa berpikir dengan jernih dan juga tidak terburu-buru untuk cepat ambil keputusan.

Source : Jual baju bayi
Setelah saya melahirkan dan Narend sekarang usianya sudah memasuki usia toddler, barulah saya bisa mengerti bagaimana caranya memilih baju bayi yang baik dan juga nyaman. Hati-hati dalam memilih baju bayi, karena kulit bayi sangat sensitif, jadi tidak bisa asal sembarang memilih baju. Karena sekali kulit bayi sudah sensitif, perawatannya akan lama. 

Nah, saya mau share aja beberapa tips dalam hal memilih pakaian bayi, yah siapa tau aja bermanfaat :

1. 100% Cotton

Kalau mommies membeli via online, pastikan membaca keterangan pada details barang bahwa baju bayi tersebut terbuat dari 100% cotton. Hal ini kelihatannya sih sepele, dan biasanya orang sudah tau kalau baju itu terbut dari katun, tapi kalau untuk bayi, harus benar-benar 100% cotton. Karena kalau ada campuran polyesternya, membuat kulit si bayi jadi tidak nyaman.

2. Murah Bukan Berarti Murahan

Banyak para orangtua beranggapan beli baju yang murah-murah aja deh, kan pakainya cuma beberapa bulan aja, sayang juga duitnya. Iya sih betul, bayi akan cepat membesar dan baju yang kita belikan tidak awet dipakai sampai ia dewasa, tapi mbok ya untuk anak sendiri jangan beranggapan beli baju bayi yang murmer aja. Tapi pastikan walaupun murah tapi nyaman ya.

3.Ukuran baju 

Karena bayi cepat membesar, kalau tips dari saya, waktu saya membeli pakaian bayi, saya selalu melebihkan size baju sekitar 2 bulan ke depan mengantisipasi supaya tidak membeli lagi. Bukannya mau hemat atau pelit, tapi yang namanya ibu sedang menyusui, tau dong repotnya kayak apa? Belum nyusuin, belum repot ganti popok, belum nyiapin ASI. Nah, sebisa mungkin gak usah merepotkan diri dengan size baju si kecil. Setidaknya kalau mau beli baju bayi lagi, sekitar 2 bulan ke depan. Kalau saya sih dulu beli baju Narend 6 bulan sekali sesuai dengan trimesternya :) Setelah 1 tahun, saya baru membeli 1 tahun sekali. Tapi sekarang setelah usianya 2 tahun, 1 bulan sekali.

Kalau salah satu toko sedang promo besar-besaran, sebaiknya beli saja sampai 6 bulan hingga 1 tahun keatas. Karena model baju bayi gak terlalu uptodate kok, gak seperti fashion orang dewasa. Modelnya ya itu-itu aja. Supaya bisa berhemat. Seperti kata pepatah, ibu yang bijak adalah ibu yang bisa membelanjakan uangnya dengan baik. Setuju gak? :)

4. Berlabel SNI

Saat membeli baju bayi, alangkah baiknya pastikan ada label SNI nya. SNI itu adalah Standard Nasional Indonesia. Saya tidak menyarankan selalu beli di departemen store, membeli via online atau offline store seperti di toko perlengkapan bayipun juga ada kok label SNI nya.

5. Jahitan Rapi

Udah murah trus jahitan gak rapih, yakin deh pasti baju bayinya gak bakalan awet. Makanya saya bilang, pastikan 100% cotton. Selain warnanya gak cepat pudar, dia juga awet sampai 6 bulan ke depan. Cara cek jahitan rapih atau gaknya, gampang kok! Tinggal dilihat jahitan di tepinya, apakah miring atau tidak. Ada yang bolong atau tidak. 

6. Desain yang oke

Nah, kalau sudah nyaman, kita bisa memilih design yang oke. Sekarang baju bayi itu lucu-lucu loh. Sayapun gemes deh kalau liat baju bayi di online. Apalagi kalau baju bayi perempuan. Pengen beli tapi buat siapa? Yah kode aja gitu buat suami LOL.

Nah tips terakhir, setelah 6 tips diatas, adalah setelah memilih dan membeli jangan lupa dicuci dulu ya mommies, jangan langsung dipakai. Karena baju baru masih ada bekas pabriknya, dan sangat tidak baik bila bersentuhan langsung dengan kulit si kecil.

Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat ya.


2 comments

  1. saya aja baru beli baju lengan panjang 2 bulan yang lalu,ini udah mulai nggk muat..kalo buat bayi lebih baik beli yg ukurannya gede sekalian ya mak

    ReplyDelete
  2. Sekarang saya juga memilih-milih soal baju bayi. Makasih mbak tipsnya ya

    ReplyDelete