AC Kamu Suka Bermasalah? Ini Solusinya!


Pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) adalah salah satu barang elektronik yang sering digunakan di rumah. Coba cek di rumah ada berapa AC di rumahmu? Dan berapa jam per hari AC dinyalakan di rumahmu? Terlebih lagi bagi orang yang tinggal di daerah lembab dan panas. Seperti Jakarta, pasti AC akan selalu ON di rumahnya. Tapi gimana kalau AC di rumah mengalami gangguan, baik karena kesalahan penggunaan atau kerusakan teknis? Duh, pastinya kalau kata orang Sunda mah gringsangan banget yah (alias gak nyaman aja gitu) seharian. Rumah pasti jadi kurang nyaman karena ruangan pengap dan panas. Bahkan bisa berujung stress dan tidak harmonisnya rumah tangga. Percaya gak? :)

Cuma gara-gara AC, suami saya telat ke kantor! 
Cuma gara-gara AC saya jadi ribut sama suami terus!

Seringkali saya mendapat curhatan temen soal AC? Padahal saya gak ngerti banyak soal AC. Ini mah cuma gara-gara waktu itu dia pernah curhat trus saya kasih solusi. Saya banyak tahu gara-gara sering nanya juga oleh tehnisi AC yang sering datang ke rumah. 

Nah, saya coba share aja deh ilmu yang saya, siapa tau berguna buat ibu-ibu rumah tangga yang pernah atau sering ngalamin AC yang pernah bermasalah :)

AC BOCOR
Kalau masalah ini saya juga sering ngalamin nih. Hampir berkala. Mungkin sekitar 3 bulan sekali. Jadi, setiap AC dinyalakan pasti airnya selalu netes ke dalem. Solusinya gimana sih?
Ada beberapa penyebab AC bocor. Pertama, saluran pembuangan AC mampet, jadi air tidak bisa mengalir dengan lancar. Hal ini menyebabkan air meluap pada bak penampungan, sehingga air menetes keluar. Solusinya? Cari penyebab mampetnya itu dan bersihkan saluran tersebut. Kedua, karena bagin pompa drain pada AC tidak berfungsi dengan baik. Nah, kalau sudah begini, bisa segera hubungi tehnisi AC terdekat ya.
AC bocor bisa terjadi karena saluran pembuangan air yang kurang tepat. Solusinya, kamu bisa merapatkan selang saluran pembuangan air tersebut atau menggantinya jika terjadi kerusakan atau kebocoran.

FREON BOCOR
Pernah ngalamin freon bocor dan mengakibatkan ruangan tidak dingin? Banyak hal yang bisa menyebabkan kebocoran freon, tapi biasanya kebocoran ini disebabkan adanya sambungan instalasi pipa yang kurang kencang atau kendur. Solusinya? Kencangkan sekrup dan nut. Bila perlu lakukan flaring (melebarkan pipa) ulang. Jangan lupa lakukan pengecekan sambungan las pada instalasi pipa untuk memastikan da tidaknya kebocoran.

MERAWAT KONDENSOR
Penting gak sih kalau kita melakukan perawatan pada kondensor AC? Jawabannya, perlu banget! Karena kondensor adalah tempat pelepasan panas pada sistem AC. Supaya AC bisa bekerja dengan sempurna, pastikan kondisi kondensor selalu bersih dan tidak terhalang oleh benda apapun. Perawatan kondensor dilakukan dengan pencucian secara berkala, umumnya 3 bulan sekali (tergantung kondisi lingkungan).

AC BERBAU
Pernah ngalamin AC berbau? Sebenarnya AC tidak mengeluarkan bau. Misalnya mendapati AC berbau saat dinyalakan biasanya disebabkan oleh sumber bau yang berasal dari ruangan itu sendiri, misalnya makanan. Bau dari makanan akan terbawa dari udara, lalu menempel pada kisi-kisi evaporator. Saat AC dinyalakan kembali, bau-bauan tadi ikut tertiup oleh udara dingin yang dikeluarkan oleh AC. Solusinya? Sebaiknya pilih AC yang bisa mengatur operasi AC. Jadi sebelum AC dinyalakan, kisi-kisi evaporator akan dibasahi secara otomatis sehingga bau-bauan yang tadinya menempel akan hilang dan udara yang keluar dari AC jadi lebih fresh dan tidak berbau.

AC BERDERIT
Berderit itu seperti ada tikus di dalamnya, cit cit gitu deh bunyinya, yang suaranya timbul tenggelam. Ada beberapa hal yang menyebabkan AC kita berbunyi seperti itu. Antara lain karena sekrup yang kendur. Nah,kalau seperti itu kencangkan aja sekrupnya supaya suaranya hilang. Penyebab keduanya bisa dari pipa yang bersentuhan dengan cover atau bagian penutup AC. Solusinya? Atur posisi pia sehingga tidak bersentuhan dengan cover.

Tips dan Trik Seputar AC

Nah, daritadi kan udah ngebahas permasalahan dan solusinya. Saya mau berbagi tips juga, berbagi pengalaman yang saya punya.

1. Service AC secara berkala, paling tidak 3 bulan sekali.

2. Jika AC sudah tidak dingin, jangan dipaksakan untuk dinyalakan. Bisa saja freonnya habis. Jika freonnya habis tapi dinyalakan terus, bisa merusak sistem kerja AC.

3. Bila ingin membeli AC, sesuaikan kondisi ruangan, kebutuhannya berapa pk, jangan sampai ruangannya besar 6 x 6 meter, tapi kita membeli AC hanya 1/4 pk.

4. Sebaiknya berikan waktu AC kita untuk beristirahat. Jadi disarankan untuk tidak dinyalakan terus menerus selama 24 jam penuh. Karena bisa membuat AC kotor dan kinerja AC menjadi cepat lelah. Kalau saya, saya hanya menyalakan AC jika ada Narend di dalam ruangan kamar. Jika Narend sedang bermain diluar bersama omanya, atau ke rumah saudara saya, saya lebih baik mengistirahatkan kinerja AC (mematikan AC). Lalu menggantinya dengan AC alam, alias kipas :)

5. Simpan nomor telepon tukang service AC yang kinerjanya capable. Karena kapanpun kita butuh mengubungi mereka. Lebih baik menghubungi tukang service yang terpercaya, lebih baik dari referensi saudara atau teman.

6. Service AC itu gak selalu menambah freon. Freon itu ditambahkan jika AC dirasa sudah tidak dingin bila dinyalakan, atau dengan kata lain freon AC telah habis.

7. Berikan pengharum ruangan di pojok kamar atau ruangan agar ruangan lebih fresh.

Itu aja yang mau aku share tips dan pengalamanku seputar masalah AC. Semoga bisa menjawab semua permasalahan yang pernah dialami ya.

*Dari berbagai sumber






25 comments

  1. Iya AC di kamarku sering bocor :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bocor, permasalahan yang sering terjadi karena kotornya evaporator. Segera diservice sebelum AC nya rusak ya.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Kalo aku cuci AC 3 bulan sekali.
    Kemaren AC ku ga dingin, ternyata condenser luar ga muter gegara kabelnya sambung2an. Akhirnya service ke service resmi nya, ganti kabel. Kabel AC ga boleh sambung2an katanya.
    Juga kalo katanya freon abis karena bocor, jangan percaya kalo si tukang AC ngisi sedikit. Kalo freon bocor, harus dicari dimana kebocorannya, diperbaiki, baru trus diisi lagi (bukan ditambah) freonnya.
    Aku juga mau nulis ttg AC lupa mulu. Hehehe
    Skrg AC nya udah berfungsi lagi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berfungsi lg dong. AC-ku alhamdulillah baik2 aja. Berkat perawatan yang rutin :)
      Iya bener. Kabel itu gak boleh sambung2an, bahaya. And plus freon abis itu juga perlu dicek, apakah bocor, atau memang bener2 habis.
      Makasih sharingnya mak ratu :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Waaaw lengkap nih infonya tentang ACnya. Hehe. Makasi sharingnya ya Maaaak

    ReplyDelete
  4. iya nih mba ACku jarang perawatan, jadi cepet rusak

    ReplyDelete
  5. iya nih mba ACku jarang perawatan, jadi cepet rusak

    ReplyDelete
  6. Bisa jadiin referensi nih, keren tipsnya..Thanks ya..

    ReplyDelete
  7. Harus rajin merawatnya juga ya biar gak cepet rusak, minimal sering membersihkan ya mak

    ReplyDelete
  8. Nggak punya AC aku Mbaaa...
    Kalau kipas angin bisa ngitung. Ada tujuh, wkwk banyak juga ya XD

    ReplyDelete
  9. AC berbau sering kali terjadi kalau jarang dirawat, biasanya sih saya langsung pangil tukang service, :)

    ReplyDelete
  10. keren nih infonya, makasih ya . sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Thank u infonya mba Caroline
    Saya terapkan yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas/mba ulul. Semoga bermanfaat.

      Delete
  12. AC aku udh sembuuh trus bocor lagi bzzzzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bocor biasanya itu karena kotor. Coba dicek deh selangnya.

      Delete
  13. padahal pnya ku hampir sebulan sekali di service tp suka ga berasa dingin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normalnya service AC 3 bulan sekali. Kalau gak dingin, coba saat service dicek freonnya, takutnya sudah habis. Kalau sudah habis tapi didiamkan, bisa mengakibatkan AC jadi cepat rusak yang memaksa AC bekerja lebih keras

      Delete
  14. tempat saya yg ber AC buat ngerokok itu jdi gampang rusak apa pengaruhnya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di tempat atau ruangan yang ring terkena asap rokok harus sering2 dibersihkan (service), karena kalau tidak menyebabkan penyumbatan pada selang pembuangan dan AC menjadi bekerja lebih keras dari yang semestinya. Akibatnya jadi cepat rusak.

      Delete
  15. sekitar semingguan yang lalu AC saya abis diservice, kok sekarang jadi brisik ya bunyinya, itu kenapa ?
    jd suka kebangun klo tidur berisik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat diservice ACnya sudah dicek blom? Apakah ada baut yang kendur, atau pipanya bersentuhan dengan cover AC?

      Delete
  16. Saya baru saja beli ac lg bekas.. 24" udah dingin yah hehehe

    ReplyDelete