Samsung Galaxy S7, Evolution by Rethink What a Phone Can Do


Samsung Galaxy S7 - Masih ingat gak? Dulu komunikasi masih terbatas pada Telp dan SMS, setiap kita ingin mengetahui keberadaan atau kabar orang lain, tinggal SMS aja atau kalau mau tahu kabarnya langsung tinggal Telp. Masih inget gak tiap mau lebaran, kita menyiapkan SMS yang akan di broadcast ke teman-teman, bahkan kadang-kadang kita bisa menerima isi SMS lebaran yang sama dari orang yang berbeda, iya gak? :) ayo ngaku siapa yang sering copy paste :) atau bahkan sebelum menelpon orang lain kita cek dulu pulsa kita sebelum menelpon berapa sisa pulsanya, iya gak, ayo ngaku? :) Atau bahkan waktu kita melihat nomor tujuannya berbeda operator kita urungkan untuk menelpon, iya gak? :) Well, that's the past.

Pernah mendengar pepatah "Lain dulu lain sekarang, Lain ladang lain ilalang" ? Semenjak ada smartphone, tidak hanya kebiasaan kita yang berubah namun smartphone mengubah gaya hidup kita juga loh, kalau kita ambil contoh untuk lebaran sekarang kamu pasti sudah tidak pernah menerima SMS lebaran kan? :) semenjak ada Facebook, kita mengucapkan lebaran via status, dan nanti teman-teman kita akan like status dan yang jika hubungannya dekat dengan kita, akan comment di status kita. Semenjak ada Twitter, untuk mengucapkan lebaran kita tinggal menuliskan status di twitter sambil mention ke teman kita, nanti teman kita akan merespon pesan lebaran kita, dan bahkan tidak jarang kita memberikan hashtag #SelamatLebaran dan bisa jadi orang lain yang tidak kita kenal mention kita dan bahkan like status lebaran kita jika kata-kata kita bagus dan menarik, that's technology.

Technology that change the way we Think and Act

Teknologi smartphone yang paling banyak berkembang dan berperan menurut saya adalah operating system, kalau dulu setiap brand memiliki operating system masing-masing bahkan mengeluarkan aplikasi khusus untuk brand mereka, namun sekarang dengan adanya operating system yang open source hampir seluruh brand menggunakan operating system yang sama, nah yang membedakan antara 1 brand dengan brand lain adalah spesifikasi hardware smartphone masing-masing dan UI (User Interface) yang mereka custom menyesuaikan karakter brand mereka.

Penetrasi Smartphone di APAC - Doc: dazeinfo.com

Indonesia termasuk salah satu negara APAC, yang penggunaan smartphonenya terus meningkat sejak tahun 2012 dari 10.6% selama 6 tahun bisa naik menjadi 42.6% di tahun 2018. Jadi buat kamu yang sampai sekarang belum merasakan smartphone, saya sarankan segeralah bertobat :)

Operating System Market Share - Doc: sourcebits.com

Kalau kamu bertanya "Operating system apa yang paling banyak digunakan diseluruh dunia?" jawabannya sesuai grafik diatas, yaitu Android, yup android adalah salah satu dan satu-satunya operating system di dunia ini yang open source, karena itu banyak brand developer yang "mengoprek" aplikasi dan UI-nya menyesuaikan karakter dari smartphone yang mereka ciptakan. Dari grafik diatas tahun 2014 Android menguasai pasar operating system sampai 78.9% :) Sebagai informasi ya, saat ini versi android terbaru adalah Android 6.0 atau disebut Marshmallow (cek gambar dibawah untuk versinya ya)

Android Timeline - Doc: edascreative.com

Nah tadi diatas sudah OS yang paling banyak digunakan, bagaimana dengan brand smartphone itu sendiri? :) saya salah satu orang yang memilih smartphone berdasarkan jumlah orang yang banyak memakai di pasaran,  mau tahu smartphone saya apa? Merunut kebelakang, tahun 2012 bukan sebuah judul film tentang End of World ya, tapi 2012 adalah masa dimana mindset saya tentang brand dan smartphone berubah, waktu itu saya tertarik dengan open source OS yang bernama Android 2.1 Eclair, sebuah operating system yang menurut saya mendekati komputer, kenapa? Karena saat itu smartphone sudah menggunakan CPU dan RAM setingkat dengan komputer, CPU 1.0Ghz dan RAM 512MB sudah ada pada smartphone saat itu.

Evolution from Handphone to Smartphone

Smartphone itu adalah Samsung Galaxy S, smartphone ini mengubah paradigma saya dari handphone menjadi smartphone. Melalui smartphone saya bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya harus saya lakukan melalui laptop dengan mudah, seperti mengetik Word, membuat tabel di Excel, membuat smartphone sebagai modem WIFI, memfoto dengan kualitas seperti kamera pocket bahkan menonton film kualitas HD di smartphone.

Smartphone Brand Market Share - Doc: dazeinfo.com


Grafik diatas memang data dari Q2 2014 sampai Q2 2015, saya tidak menemukan data untuk tahun 2012, namun bisa menjadi gambaran kenapa saya mempercayakan smartphone saya ke Samsung. Sejak lama Samsung sudah menjadi market leader untuk urusan Smartphone, bahkan menurut dazeinfo.com pada Q2 2015 pasar Samsung menyentuh angka 45.5% sudah hampir 50% dari pasar dunia. Karena itu sejak 3 tahun lalu. Wah gak terasa ya? Jujur saja, awal saya menggunakan Android, terasa asing bagi saya, karena saya agak kagok menggunakannya. Layar besar, touchscreen, typo terus, pokoknya sangat-sangat tidak familiar. Tapi lama kelamaan saya merasa sangat terbiasa, bahkan smartphone itu sekarang menjadi salah satu tools selain laptop untuk membantu pekerjaan saya sehari-hari.

Transformasi My Samsung Galaxy S-series

Ada beberapa tipe samsung yang pernah saya coba. Mulai dari Samsung Galaxy Fit, Samsung Galaxy Mega, Samsung Galaxy S4, sampai Samsung Galaxy S6 keluaran terakhir. Samsung minded? Yes, maybe you're right. Saya memang susah pindah ke lain hati :)

Ada 3 hal dari Android yang membantu pekerjaan saya sesuai dengan peringkat :

1. Microsoft Office

Aplikasi office ini sangat memudahkan pekerjaan saya. Disaat saya tidak bisa membuka laptop dan ada file yang harus diedit, saya bisa membuka dan bekerja dimanapun dan kapanpun. Bahkan waktu saya sedang menyusui Narend dulu. Di Word saya bisa membuat draft blog. Tinggal ketik artikel di word, lalu saya copy paste ke blogger.com, selesai. Besoknya saatsaya sedang ada waktu luang, saya bisa mengeditnya di depan laptop. Lalu yang aplikasi office yang kedua adalah Excel. Excel ini juga membantu saya melisting pengeluaran pribadi ataupun bisnis. Tampilan office di Android ini juga tidak ada bedanya dengan Office di laptop.

2. Read Mail

Saya merasa nyaman membuka dan membacanya di android. Hampir seluruh email-email, saya membalasnya melalui smartphone

3. Keyboard Friendly

Yes, dengan layar 5 inchi, tampilan touch screen keyboard sangat pas dengan kebutuhan saya.


Keseharian saya di rumah gak jauh-jauh dari nonton Youtube. Hah? Youtube-an mulu tiap hari? Iya, karena saya merasa nyaman nonton youtube di smartphone saya. Pertama saya nonton Youtube untuk tayangan edukasi buat si Narend. Setiap hari tanpa absen pasti saya membuka youtube. Kedua, saya membuka youtube untuk belajar tutorial. Hampir semua tutorial saya pelajari. Mulai dari cara editing foto, cara mengambil foto, cara make up, fashion, masakan, sampai kepada segala sesuatu yang berhubungan dengan parenting.

Nah, kemarin ceritanya saya lagi liat trailer film baru di youtube. Tiba-tiba di bawahnya saya melihat ada Official Introduction dari Samsung Galaxy S7.

Karena saya penasaran, akhirnya saya tinggalkan trailer movie saya, dan beralih ke Official Samsung S7 ini.



Samsung Galaxy S7 and S7 Edge : New way of thinking about what the phone can do

Ternyata Samsung baru saja mengeluarkan seri terbaru yaitu Samsung Galaxy S7. Penasaran review dari saya gimana? Buat saya ada 11 hal penting kenapa saya harus memiliki Samsung Galaxy S7, penasaran apa aja? :)



1. Android OS 6.0

Marshmallow, sudah menjadi rahasia umum bahwa makin baru versi android maka makin banyak peningkatan dan tambahan yang akan didapatkan, sama halnya jika kamu jumping dari OS 5.1 Lollipop ke OS 6.0 Marshmallow, mulai dari Now on Tap, Smarter Battery, Doze, App Standby, App Permission, Fingerprint Security, makin banyak aplikasi yang ditambah, maka makin banyak hal yang bisa kita lakukan.

2. Rear Camera with 12MP dual-pixel sensor, f/1.7

Saya yakin kamu akan bertanya-tanya dalam hati "Smartphone lain ada yang resolusi-nya sampai 18MP, ini kenapa Samsung cuma 12MP aja sih?", Samsung kali ini tidak main-main loh, dengan memberikan 12MP dengan dual-pixel sensor yang artinya Samsung menggunakan teknologi kamera professional yang biasa kita kenal dengan sebutan DSLR, itu berarti 100% pixelnya digunakan untuk focus loh dan memiliki kemampuan seperti mata kita, karena itu foto yang dihasilkan sangat tajam dan kaya warna, belum lagi aperture f/1.7 yang bisa dibilang terbaik di smartphone untuk foto low light, jadi saat kamu mau foto namun kurang cahaya, sensor Samsung bisa menampilkan foto terbaiknya tanpa menggunakan flash sehingga tidak ada over exposure.

3. Front Camera with 5MP dual-pixel sensor, f/1.7

Sama halnya seperti kamera belakang, kamera depan ini sangat penting sekali untuk para selfie mania, nah dengan dual-pixel sensor dan f/1.7 akan membuat semua foto kamu menjadi sangat bagus dan tajam.

4. 4K Video Record Quality

Jujur saja saya kurang puas dengan kualitas video record smartphone, karena memang walaupun sudah memilih kualitas HD, waktu di upload ke youtube terkadang kualitasnya menjadi turun, jadi video kurang tajam dan tidak detail, nah dengan teknologi 4K maka seluruh video yang di rekam akan disajikan dengan tajam, sehingga orang-orang akan maksimal menikmati video buatan saya di youtube.

5. RAM 4GB

1 kata, WOW, beneran lega banget deh dengan RAM 4GB, kita tidak usah nutup aplikasi yang kiranya makan memory :) bisa dipastikan sistem berjalan lancar tanpa ada masalah, apalagi dukungan fitur App Standby di Android 6.0 makin membuat aplikasi berjalan cepat dan lancar.

6. 3000mAh Battery

Sampai sekarang, saya tidak bisa pisah dengan yang namanya Power Bank, karena walaupun pagi hari battery diisi full, dengan aktivitas saya yang sering sekali membuka social media yang hampir dikatakan 24 jam standby, battery jadi cepat terkuras, alhasil baru setengah hari udah habis. Nah dengan kapasitas baterai 3000mAh seharian pakai social media aman deh, apalagi endurance test Samsung Galaxy S7 mampu bertahan selama 80 jam loh :)

7. IP68 Certified

Sudah jadi rahasia umum, kalau smartphone itu tidak tahan air apalagi debu, namun tenang saja mulai Samsung Galaxy S7, samsung memberikan IP68 yang artinya smartphone bisa digunakan saat hujan, bahkan di kolam renang sekalipun, weitss tidak hanya tahan air, namun juga tahan debu loh, jadi Samsung Galaxy S7 dibawa ke gurun pasir pun tetap aman :)

8. Fast Battery Charging, 60% in 30 minutes

Teknologi USB fast charging saat ini sudah menjadi hal yang umum tegangan 2.1A sudah ada dibeberapa smartphone, namun tetap saja, untuk charge 50% saja butuh waktu 1.5 jam, lumayan ribet kan kalau kamu butuh buru-buru, nah Samsung dengan teknologi Fast Battery Charging-nya memungkinkan untuk mengisi 60% dalam waktu 30 menit saja loh :)

9. Micro SD Slot

Di seri Samsung Galaxy sebelumnya, micro sd slot sempat dihilangkan, akibatkan waktu saya mau transfer data antar device menjadi sulit, untungnya di seri Samsung Galaxy S7 kali ini, micro sd slot kembali hadir.

10. Amoled Display

Pernah gak kamu melihat foto di smartphone Samsung dengan smartphone lain? pasti tampilan di layar Samsung lebih jelas dan terang kan? :) hal itu karena super Amoled display, sehingga warna yang ditampilkan lebih beraneka ragam dan akurat sesuai aslinya.

11.Auto Focus

Samsung Galaxy S7 memungkinkan untuk meng-capture object yang sedang moving dengan cepat.


Samsung S7 Edge

Sama seperti keluaran seri sebelumnya yaitu S6 S7 kali ini juga mengeluarkan 2 varian, yaitu S7 dan S7 Edge. Untuk keseluruhan spesifikasi hampir sama. Yang berbeda hanyalah dari sisi battery dan display. Well, like I said above, ada harga, ada barang. Pastinya harga yang ditawarkan oleh S7 Edge ini lebih agak pricey.


Buat kamu yang penasaran dengan fitur-ftur unggulan serta update terakhir tentang Samsung Galaxy S7, kamu bisa kunjungi official website Samsung Galaxy S7. Yuk, saya tunggu kamu untuk ber-evolusi :)

No comments