Miao Mi, Tayangan Edutainment Untuk Anak Berbahasa Mandarin Produksi Celestial Tiger Entertainment

For honestly, saya di rumah terbilang sangat jarang sekali menonton TV. Udah ditinggalkan deh jauh-jauh yang namanya saluran sinetron. Eh tapi ada sih satu atau dua channel TV yang masih sering saya tonton tiap hari di jam-jam tertentu, yaitu NET TV dan TRANS 7. Nonton Net TV karena tayangannya benar-benar uptodate dan nonton 7 karena kalau lagi pengen update soal hosip artess aja sih :) Soalnya di TRANS 7 paling sering banget tayangin gosip-gosip selebritis ya kan :D Selebihnya saya nonton cable TV di rumah. Yes, saya di rumah berlangganan cable TV dan semua program saya buka. Alias tidak ada yang di lock sama sekali.

Nonton cable TV tuh di rumah bener-bener kejar-kejaran sama Narend. Misalnya saya mau nonton HBO, sementara Narend maunya tiap hari Baby First dan Disney Junior terus. Udah jadi kebiasaannya dia nonton dua channel itu. Baby First adalah tayangan edukasi untuk anak-anak khususnya batita, yang lebih menayangkan belajar tentang warna, motorik, sosialisasi sampai ada mencocokkan gambar. 

Ada kalanya saya ganti ke channel Discovery Channel dan Animal Planet, sepertinya Narend tidak terlalu suka. Narend itu lebih suka ke tayangan-tayangan yang lebih banyak menayangkan tokoh kartun, banyak lagu dan banyak geraknya. Supaya dia bisa menirukan gayanya sambil loncat-loncat di kasur. Alhasil per kasur saya jadi agak sedikit down deh gara-gara tuh bocah LOL :D

Yah tapi gapapalah ya, namanya juga kalau anak senang, orangtua juga ikutan senang kan? :) Tapi saya juga pengennya di usia Narend sekarang, saya maunya Narend udah bisa berbicara, tapi saat ini dia masih terbatas 2-5 kata aja. Belum terlalu lancar.

Saya dan suami prinsipnya tidak terlalu membebani Narend dengan segala pencapaian di usia yang seharusnya. Kami setiap hari selalu memberikan stimulasi dengan kata-kata baru setiap harinya secara berulang-ulang. Yah targetnya sih Narend nanti bisa berbahasa Inggris sebelum ia masuk ke sekolah dasar :) yah kita liat aja ya nanti :)

Memasuki tahun 2016 ini, dimana kita sudah memasuki area MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), pastinya Bahasa Inggris menjadi bahasa wajib yang harus dikuasai oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dan nenurut survey, ternyata bukan cuma bahasa Inggris saja, tapi juga Bahasa Mandarin termasuk salah satu bahasa wajib yang harus kita kuasai. Wahh berarti kita kudu bisa ya bahasa Mandarin. Kalau kita gak bisa, gimana anak-anak kita nanti?

Bulan lalu tepatnya akhir januari, saya menghadiri acara grand launching PT. MNC SKY bersama CELESTIAL TIGER ENTERTAINMENT (CTE) meluncurkan saluran anak mandarin Miao Mi di Indonesia. Alasan saya tertarik untuk datang ke acara ini, karena saya di rumah punya saluran cable TV, saya ingin tahu apakah Miao Mi ini bisa didapatkan di saluran cable TV tertentu atau di semua channel. Dan juga saya ingin tahu tayangan Miao Mi ini seberapa edukatifnya sih untuk anak-anak? Karena katanya Miao Mi ini untuk anak-anak pra sekolah. Wah, berarti pas banget dong infonya untuk Narend? :)



Bertempat di Lollipop Lotte Shopping Avenue Jakarta, perusahaan TV berbayar terbesar di Indonesia meluncurkan saluran anak-anak mandarin dari CTE, Miao Mi. Miao Mi adalah saluran edutainment Mandarin yang diciptakan untuk anak-anak pra sekolah di seluruh Asia. MSKY menghadirkan saluran ini secara eksklusif di paket Galaxy, Super Galaxy, dan venus yang ditawarkan di Indovision. Serta tersedia juga di paket basic Okevision. Dan Indonesia adalah pasar pertama untuk Miao Mi, yang selanjutnya akan diluncurkan di pasar Asia lainnya pada tahun ini.

PYT MNC Sky Vision selalu memiliki prioritas untuk menghibur, mendidik dan menginspirasi pelanggannya, dan menciptakan saluran ini dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut. Ada begitu banyak saluran anak dari negara Barat di Indonesia dan mereka sangat yakin Miao MI menawarkan saluran alternatif berkualitas tinggi untuk para pelanggan dengan program-program yang diciptakan secara matang untuk memghibur anak[-anak dengan perspektif Asia. Saluran anak ini juga mendorong anak-anak untuk belajar Mandarin melalui fitur audio track dua bahasa, Mandarin dan Bahasa Indonesia dan juga program khusus Miao Mi Classrom.

Yuk kita lihat dulu tayangan Miao Mi itu seperti apa.



Deputy CEO PT. MNC Sky Skyvision, TBK, Yudha Wibawa mengharapkan melalui saluran ini anak-anak Indonesia dapat belajar bahasa Mandarin dengan cara menyenangkan dan menghibur.


Saat saya tahu Indovision memgeluarkan channel Miao Mi, saya langsung berpikiran apakah saya harus mengganti cabel TV di rumah saya dengan Indovision? Karena tayangan edukasi Miao Mi ini bukan hanya bermanfaat untuk anak-anak, tapi juga para orangtua yang ingi belajar bersama anak-anaknya. Ya memang sih tidam semua percakapan bahasa Mandarin pasti ada di Miao Mi ya, tapi paling tidak tau sapaan-sapaan dasar, seperti 'selamat pagi', atau 'Namanya siapa?' Dan sebagainya.

Contoh nyata adalah Mellisa Karim. Ia sudah menggunakan Miao Mi untuk pembelajaran anak-anaknya di rumah. Karena ia juga menyadari bahwa Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa wajib yang harus dikuasai. Miao Mi didesain untuk anak-anak usia tiga hinga enam tahun, yaitu berupa program-program edutainment dari para produser konten anak-anak terkemuka di China serta wilayah lain di Asia.




Berikut percakapan Mellisa Karim sewaktu diwawancara mengenai keluarganya.

1. Bagaimana cara Melissa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga?

Seperti ibu – ibu lain pada umumnya, untuk membagi waktu antara pekerjaan dengan anak sangat sulit, tapi saya lebih memprioritaskan Jazz. Untuk anak, saya lebih mempercayakan ibu saya untuk menjaga Jazz dan selama di rumah oma nya, jazz juga senang menonton acara atau tayangan yang sesuai dengan usianya


2. Berbicara mengenai tayangan TV, menurut Melissa apa kriteria tayangan TV anak berkualitas?


Yang pasti harus sesuai dengan usia anak, menghibur sekaligus mendidik, usia Jazz saat ini berusia 4.5 tahun jadi saya harus memilih tayangan yang cocok untuk Jazz. Saya senang dengan adanya Miao Mi, karena membawa nilai-nilai Asia dalam tayangannya seperti hormat kepada yang lebih tua. Selain itu, ada kriteria umur di Miao Mi, seperti tayangan untuk anak usia 3-5 tahun dan 5-6 tahun. Jazz dengan usia yang hampir 5 tahun lebih senang menonton Pleasant Goat & Big Big Wolf di Miao Mi yang masuk dalam kategori tayangan usia 5-6 tahun. Satu hal lagi, Jazz juga bisa belajar Bahasa Mandarin dasar secara menyenangkan.

3. Melissa sendiri apa bisa Bahasa Mandarin? Apa punya keinginan Jazz bisa Bahasa Mandarin?

Saya tidak bisa berbicara bahasa Mandarin, sebenarnya dari kecil saya sudah coba les dimana – mana tapi tetap tidak berhasil juga. Sayang sekali, Miao Mi hadir telat 30 tahun di Indonesia karena saya ingin sekali bisa berbahasa Mandarin. Harapan saya Jazz bisa berbahasa Mandarin dan Miao Mi bisa membantu Jazz belajar dengan menyenangkan. Jika dalam 20 menit bisa belajar 2 kata Mandarin kan lumayan.

4. Seberapa penting sih belajar Bahasa lain untuk anak?

Seperti yang kita ketahui penduduk Chinese kan banyak sekali menyebar dimana – mana dan saya juga setuju dengan ucapan dari Bpk. Yudha (selaku Deputy CEO PT. MNC Skyvision, Tbk) bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa kedua internasional setelah bahasa Inggris, bahkan di Venezuela sendiri ada perkampungan China, maka dengan begitu bahasa Mandarin memegang peranan penting di dunia saat ini…


Miao Mi hadir dalam dua bahasa. Khusus untuk program Miao Mi Classroom hanya tersedia dalam Bahasa Mandarin yang menampilkan lagu-lagu dan cerita sederhana untuk pelajaran bahasa.

Yuk kita lihat pembelajaran seperti apa yang ada di Miao Mi.





BellBug Popo
Hadi di Hari Senin sampai Jumat pukul 05.40 - 14.40 WIB
Di sebuah kolam kecil dalam huta, seekor bayi bell bug yang menggemaskan bernama Popo lahir. Saat popo mulai tumbuh, ia mulai berpetualang dengan teman-temannya, berbagi kisah mengharukan yang akan membuat Anda tersentuh seperti suara bel yang indah dari para bellbug. Seiring waktu, Popo juga mendapat pelajaran berharga dari bug yang lebih tua dan orangtuanya.






Miao Mi Classrom
Hadir setiap hari setiap 20 menit di Miao Mi
Miao Mi Classroom memperkenalkan Bahasa Mandarin kepada anak-anak secara menyenangkan dan interaktif. Melalui flash card menari, animasi, musik video dan lagu-lagu yang mudah diingat, Miao Mi Classroom mengajak anak prasekolah untuk belajar kata-kata dasar Mandarin setiap hari.





Beberapa program yang tayang perdana dan eksklusif adalah Star Babies, serial animasi pemenang penghargaan mengenai sekelompok balita yang terinsporasi dari ikon film China seperti Bruce Lee dan Monkey King : Little Rabbit's Kung Fu Academy, serial yang diproduksi khusus untuk anak pra sekolah yang menampilkan para karakter dari film animasi 3D peraih penghargaan di China yaitu Legend of a Rabbit; Eori, serial animasi Korea berkualitas tinggi yang sudah ditranslate ke bahasa Mandarin, yang mengangkat cerita rakyat di Asia dan internasional; Rubi, serial menghibur yang diproduksi oleh studio animasi pemenang penghargaan di China, Zoland Animation; Happy Friends, serial animasi dengan rating tinggi di saluran televisi nasional China, CCTV, yang diproduksi oleh sutradara serial megahit Pleasent Goat and Big Big Wolf.

Miao Mi diluncurkan sebagai saluran linear di Indovision (Channel 38), Okevision (Channel 66), dan Play Media (Channel 38). Versi on-demand dan over-the-top (OTT) akan tersedia dalam waktu dekat.

Yukk, mulai mengajarkan anak-anak bahasa Mandarin dari sekarang :)





3 comments

  1. wah bagus neh ya buat balita kita secara sekarang udah pasar bebas jadi kita musti persiapkan generasi bangsa agar ga kalah ama bangsa lain.

    ReplyDelete
  2. Huhuhu, aku gak punya tipi :( Padahal pingin banget liat ini

    ReplyDelete
  3. wahh mantep banget nih buat perkembangan balita, jd ga kalah pertumbuhannya sama orang luar negeri

    ReplyDelete