Welcome Fashion Trend 2016!

Sebenarnya postingan ini adalah potongan-potongan slide untuk materi saya live streaming on youtube on Thursday, Januari 7th 2016. Mumpung masih awal tahun 2016, masih baru awal bulan Januari, dan belum terlambat, jadi sekalian aja aku sharing hasil ngebeam aku kamis ini ya. Sekalian buat rangkuman knowledge aku juga fashion 2016. Tapi sebelumnya, ini semua fashion trend yang saya sharing adalah versi saya ya, dan ini adalah hasil saya googling dari beberapa website fashion luar negeri, buku dan majalah fashion. Jadi mungkin ada versi lain yang lebih lengkap atau lebih up to date, monggo aja ya friends! :)

Oke, here we go. Saya mulai dari fashion ya. Yaitu warna. Di tahun 2016 ini warna yang paling mendominasi adalah silver, monochrome and earth tone

Silver Dress Metalik
Contohnya warna silver metalik bisa tampil dalam bentuk long dress. Untuk silver metalik seperti ini pas untuk dipakai acara formal, karena walaupun warna silver tapi tampil dalam nuansa metalik, pastinya pas untuk acara malam hari. Jika dipakai untuk malam hari, untuk make up nya juga harus seimbang, yang lebih glowy dan juga lebih berani. 


Formal Dress

Formal dress ini mix dari bahan satin dan tile berwarna silver. Dengan design long dress. Pastinya untuk formal dress gak harus dalam design long dress kok, bisa dengan short dress. Dengan pemilihan bahan yang pas, pastinya design yang simple bisa pas untuk acara malam hari.


Sweater Coats

Silver coats dipadukan dengan white shirt dan leather pants, pastinya bikin penampilan casual kamu semakin oke. Saya pribadi suka banget tampilan casual stylish seperti ini. Alasannya, pertama, saya memang suka banget dengan coats yang model panjang yang tanggung, alias hanya sebatas sepanjang lutut saja. Karena bisa menutupi pinggul saya yang (sedikit) besar, dan juga jika duduk, jongkok atau bungkuk terlihat lebih sopan aja. Bisa dipadukan dengan kaos bermotif atau putih polos. 
Soal celana berbahan kulit, itu sih selera aja. Kalau mau tampil stylish, bisa kamu padu padankan seperti ini. Jadi wool + katun + leather jadi kombinasi yang oke kan? :)

Silver Blazer

Silver blazer itu oke banget loh. Bener-bener warna dan outer yang aman. Karena outer silver itu bisa dipadu padankan dengan warna apa aja. Terutama blazer dengan list hitam seperti ini. Blazer dengan lengan panjang lalu kamu tarik lengannya sampai panjangnya 7/8, black shirt dan short pants, kayaknya udah jadi tampilan casual ya. Apalagi jika ditambah sepatu keds yang sporty.
Tapi tampilan casual edgy seperti ini akan jadi formil bila kamu padankan dengan sepatu high heels atau angkle boots, berubah jadi casual stylish deh :)


Outwear Long Sleeve Jacket

Cardigan atau jacket model seperti ini dengan design layering pada bagian perut, pas banget bila dipakai untuk menyamarkan selulit atau tumpukan lemak di pinggang lho *lirik perut sendiri*. Jadi padu padannya, long dress sleeveless sampai selutut, lalu mix dengan long sleeve jacket seperti ini. 
Untuk yang berhijab bisa memilih inner atau long dress sleeveless yang tidak terlalu ketat dengan rok bawah model A-line. Lalu mix dengan hijab berwarna senada seperti silver dan inner berwarna hitam atau putih.

Outwear Blazer

Outwear berbahan wool seperti ini sepertinya bakalan trend lagi di 2016. Model blazer seperti ini muncul pada jaman mama saya hits di jamannya. Dulu saya sempat punya blazer ini turunan mama saya di jaman tahun 90-an. Model seperti ini cocok dipakai untuk season apapun. Mau formal, nonformal atau casual. Saya sudah punya model ini, pengen nambah lagi, cuma nyarinya susah. Maksudnya nyari yang diskon hahaa.


STREET STYLE

Bicara soal street style pastinya banyak ya. Kamu tinggal buka aja di instagram, pasti bakalan nemuin berbagai selebgram yang bertebaran dengan OOTD nya disana. Mau yang lokal atau mancanegara ada disana.

Nah, saya mau bahas 1 orang aja yang cukup ifluencer kehadirannya di dunia maya. Her name is Alexa Chung. She is a model, fashion icon and powerfull influencer. Dont ask me why karena aku belum browsing kenapanya, hahaa. Tapi tetap curious. Hmm ternyata setelah saya googling fashion style-nya, seperti 'gue banget'. Ya, Alexa Chung itu selalu tampil dalam kesederhanannya tapi tetap edgy en enak aja diliat.

Contohnya seperti ini. Dia tampil dalam nuansa silver, dipadukan dengan white shirt (sepertinya berbahan kaos), lalu dipadukan dengan flare jeans. Tau gak yang bikin beda itu apanya? Yess, her pants! Alias celananya. Coba kalau ia kenakan jeans biasa model pencil atau boogy atau classic, pastinya gak terlihat special kan? 

Nah, yang mau aku tekankan, model flare jeans seperti ini bisa jadi pilihan juga kita berbusana. Dengan satu design yang berbeda aja bisa bikin penampilan kamu jadi terlihat 'tidak biasa'. 


Silver Skirt and Sweater

Alexa Chung tampil dengan sweater dan midi silver skirt. Bagian top ia memilih warna hijau tosca berbahan wool, bagian bawah ia memilih silver skirt untuk membuat penampilannya sedikit elegant. Roknya ia pilih hanya sepanjang setengah betis, lalu dipadukan dengan leather boots. Cukup kece yah :)


Silver Sweater

Kalau tampilan yang ini, ia cukup mengenakan sweater dan short pants dari bahan kulit. Memakai black stocking and black heels.

White Peter Pan Collars

Kalau kamu mau tampil sedikit feminin, Alexa punya acuannya. Sweater dengan keraj Peter Pan Collars dipadukan dengan rok motif flowers. Keren juga yah? 
Lalu untum bagsnya bisa memilih tote bag atau hand bag. 

Stylish

Kalau mau tampilan stylish, bisa nyontek style Alexa yang satu ini. Long jackets + shirt dress warna yang contrast diatas lutut. Lalu padukan dengan heels berwarna nude.


Fringed Sweater Dress Look

Kali ini bahan sweaternya adalah dijadikan inner, lalu outernya ia memakai jaket dan sepatunya ia memakai boots. Ihh kece ya. Pengen nyobain tampil seperti ini nanti. Ia masih tampil dalam kesederhanaan kan? :) dan warna yang dipakai semua masih dalam nuansa monochrome, dan silver.


Shoes

Untuk urusan sepatu, juga masih didominasi model-model seperti ini. Dengan sol (hak) yang tidak terlalu tebals, pastinya bikin kita nyaman jalan seharian.


Selain itu juga model pantofel (flat shoes) dengan heels yang tidak terlalu tinggi juga masih jadi favorit. Selain nyaman beraktifitas, dengan sedikit heels ini (kira-kira 3-5 cm) bikin penampilan kamu jadi sedikit elegan dan formil.
Nah, sepatu model seperti ini, leather shoes androginy ini juga jadi favorit di 2016. Beberapa departemen store juga banyak menyajikan sepatu model seperti ini. Agak wondering juga sayanya, kenapa banyak banget menyajikan model seperti ini, ternyata setelah saya kulik dan browsing website fashion week prancis dan italy, semua memang lagi trend model seperti ini. 
Saya udah hunting model kayak gini cuma belum ada yang cocok. Baik design maupun bahannya. Terkadang ada yang modelnya bagus tapi dari kulit sintetis, jadinya di kaki jadi kurang nyaman. Ya, kalau mau 100% kulit pastinya harganya juga sebanding ya (baca : mahal).

Sepatu model diesel black gold ini juga masih jadi favorit di 2016. Di akhir 2015 lalu juga banyak yang pakai. Model keds, sporty, tapi stylish. Model seperti ini banyak dipakai oleh anak muda (baca : abege). Dan di beberapa departemen store yang sudah aku hunting harga untuk sepatu seperti ini paling murah ada di BATA store. Hahaa iya, aku udah keliling ke H&M, Berskha, New Look, dan sebagainya, model seperti ini harganya 500rb-an. Di Bata itu waktu akhir desember lalu sekitar 300ribuan. Lagi hits banget nih model kayak gini. Saya waktu itu hunting belum dapet, karena keabisan stock :)
Tahun 2016 saya hunting lagi :)





Berikut ini ada beberapa tips yang mau aku share soal minimal way in look in 2016. Di 2016 ini nampaknya penampilan yang clean and minimalis masih jadi favorit.
1. White on White

Contohnya seperti ini, white on white. Berpakaian yang senada warna juga gak bikin kamu flat kok. Cukup kece kan white colour semua? :)


2. Play with Texture

Selain senada, kamu juga bisa bermain di texture bahan. Bisa warna yang sejenis tapi dengan texture yang beragam. Misalnya seperti di bawah ini, shirt bahan katun atau kaos, wool jacket lengan panjang, dipadukan dengan long skirt setengah betis dari bahan kulit. Sepatunya mengikuti bahan roknya yaitu kulit juga, cukup kece kan? Dan gak bikin flat kan? :)

3. Accecories

Misalnya baju kamu sudah senada, white on white from head to toe, kamu bisa memakai aksesoris (tas atau kalung) untuk menambah glowing penampilan kamu. Kalau kamu cukup pede, kamu bisa memakai yellow clutch ini untuk menunjang penampilan kamu makin chic. Yes, perhatian orang akan tertuju kepada aksesoris yang kamu pakai itu. 
4. Play with Layering

Selain bermain warna, texture, kamu juga bisa bermain design seperti tehnik layering ini. Supaya gak bikin penampilan kamu makin nude, kamu bisa memilih top (blouse) yag berbeda seperti ini, layering di bagian perut. Cocok banget buat kamu yang bermasalah dengan pinggul atau perut besar. Jadi tehnik ini bisa mengcoverage bagian kekurangan kamu.


5. Statement Invest is a must

Adakalanya kamu males untuk dress up, nah jacket atau outwer dengan warna aman bisa jadi baju andalan kamu di kala waktu bad mood. Cukup kenakan long coat seperti ini, jadi baju kamu yang lagi gak oke, akan dicoverage semua kan?

6. Be Confidence

Ini yang paling penting dari semua. Kalau kamu udah berpenampilan kece tapi kalau kamu gak confidence, bikin hari kamu seharian bete aja. Jadi yang penting ya pede aja sama penampilan kamu. Orang akan lihat kamu enak-enak aja kok :)
7. Break The Rules

Last but not least, gak selalu pakai baju itu sesuai aturan kok. Contohnya blazer dipadukan dengan pantofel (flat shoes), kalau kamu mau sesuatu yang beda, tampil casual, kamu bisa memadukan dengan sneakers black on white seperti di bawah ini. Ini cocok banget buat kamu yang siang harinya meeting, lalu malam hari lanjut hangout, tinggal ganti sepatu, selesai deh! :)



Semoga sharing saya ini bermanfaat untuk kamu semua ya.

15 comments

  1. Wiih, dunia fashion memang ga ada matinya, suka banget sama warna silver. Cuma mungkin harus pinter mix n mach

    ReplyDelete
  2. tetep yah... simple is the best, aku juga suka something layering, terlihat lebih feminim dan nutupin kekurangan, nice info ...

    ReplyDelete
  3. tetep yah... simple is the best, aku juga suka something layering, terlihat lebih feminim dan nutupin kekurangan, nice info ...

    ReplyDelete
  4. ahahahahaha silveeerrr semuaaa.. aku item 😭😭 nda PD pake silper

    ReplyDelete
  5. Wuaaahh kalo aku pake silver, tambah keliatan itemnya nih. :D

    ReplyDelete
  6. Sepatu keds atau Fiat gtu empang paling enak deh untuk dipakai

    ReplyDelete
  7. Aku kmrn dpt mantel silver, lg diskon....hihihi. Oiya, sama lg ngelirik dinner set yg silver tembaga gitu.

    ReplyDelete
  8. Dari tahun ke tahun, fashion selalu saja berkembang dengan oke. Dan kayaknya tahun ini emang flat shoes yang lebih digemari ya mbak Oline :)

    ReplyDelete
  9. Yang silver bikin tampilan lebih elegan ya Mba

    ReplyDelete
  10. Boleh juga nih yang silver dan white. Dua warna yang aku suka dan memang "aku". Khawatirnya kalo sekadar ikut tren, tapi kitanya ga nyaman, malah bisa berabe. Tfs, Oline.

    ReplyDelete
  11. Dressnya kece-kece banget mbak, apalagi sepatu yang model diesel black gold itu, aaahhh.. bikin mupeng

    ReplyDelete
  12. Blazer sweater model ala2 gombrong bakal trend lagi nich

    ReplyDelete