My Favourite Nursing Room

Sejak saya jadi hot mommies, kalau jalan ke mall yang saya perhatikan cuma dua, toilet dan nursing roomnya. Karena saya tipe orang yang concern banget akan dua hal itu. Yah maklumlah, namanya juga punya anak masih balita, pastinya kalau ke mall gak jauh-jauhlah, kalau perginya lebih dari 2 jam di mall itu, pasti pernah mampir ke nursing room.

Nah, nursing room favorit saya itu sampai saat ini di Mall Summarecon. Entah di Summarecon Bekasi atau Summarecon Serpong. Dua-duanya merupakan nursing room favorit. Mau tau gak kenapa saya bilang jadi favorit? Wait, sebentar ya, akan saya jelaskan di point-point yang harus ada di nursing room.

Ini adalah nursing room di Summarecon Mal Bekasi, dan ini adalah foto saya waktu Narend berusia 3 bulan. Dulu saya sering banget mampir ke nursing room ini untuk menyusui atau sekedar ganti popok.

Dan ini adalah nursing room Summarecon Mal Serpong. Agak susah nih untuk dokumentasiinnya. Karena waktu itu ada ibu-ibu yang juga mau masuk ingin menyusui anaknya, tapi saya hadang dulu untuk foto-foto, hahaa... Saya baru dua kali mampir ke nursing room SMS, ruangannya agak sempit, tapi cukup nyaman untuk menyusui.


Dan inilah nursing room di Grand Galaxy Park, yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Ini juga menjadi tempat langganan saya ke mall ini. Walaupun rumah saya dekat dengan mall ini, saya juga tetap memakai fasilitas nursing room. Di nursing room GGP ini sudah lumayan lengkap ya kalau menurut saya. Tersedia tissue basah, baby taffel, sabun cuci tangan, sanitizer, sofa, kecuali popok buang.



Ohya, bicara nursing room, gak cuma di mall, tapi juga di beberapa gedung perkantoran atau bahkan di rumah sakit juga ada yang memiliki nursing room, ada juga yang tidak. Jadi inget deh dulu jaman saya kerja dulu di kantor tahun 2009, waktu itu saya sih belum punya anak, cuma liat aja mommies lainnya yang sibuk memerah ASI per 2 jam. Dan gedung perkantoran tempat saya bekerja itu tidak dilengkapi adanya nursing room. Akhirnya para mommies tadi memerah ASI di mushola. Atau bahkan ada juga yang toilet. Padahal menurut UU no. 36 tahun 2009 pasal 128 ayat 2 : Selama pemberian air susu ibu, pihak keluarga, pemerintah daerah dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus. Atau malahan ada juga lho gedung perkantoran sekarang memang sengaja membangun satu ruangan khusus untuk ibu menyusui dan memerah. Atau paling tidak satu ruangan yang tidak terpakai diberi sekat sebagai ruang privasi para mommies.

Nah, sekarang fasilitas nursing room yang memadai menurut saya itu :

1. Cukup udara (ber-AC).
Karena menyusui dan memerah ASI itu butuh ketenangan dan kenyamanan. 

2. Kedap suara
Kondisikan sedemikian mungkin agar ruangan benar-benar aman dari bising dan suara yang mengganggu.

3. Ada sofa
Nah, ini penting banget. Adanya sofa membuat si mommies akan merasa relax dan ASI yang dihasilkan juga jadi lebih maksimal.

4. Dispenser lengkap dengan Pemanas Air
Gunanya untuk membasuh pantat atau anggota tubuh dari bayi kita jika ada yang kotor. Biasanya kalau air panas digunakan untuk menyeduh makanan atau susu formula.

5. Tersedia Popok buang
Tidak semua mall bisa menyediakan hal ini. Kalaupun ada, biasanya kita sebagai pengunjung bila memerlukannya bisa menghubungi cleaning service setempat disana.

6. Tersedia Tissue Basah
Penting tapi gak penting. Terkadang ada mommies yang kelupaan atau mungkin malahan tissue basahnya habis. Jadi di nursing room menurut aku wajib ada fasilitas yang satu ini.

7. Tersedia Sabun cuci tangan dan sanitizer
Nah, ini bagian yang terkadang dilupakan oleh pihak manajemen gedung. Terkadang sabun cuci tangan suka habis dan tidak direfill kembali.

8. Ada tissue
Ada juga mall atau gedung perkantoran yang tidak memperhatikan 1 hal ini, padahal tissue penting banget guna menjaga tangan kita untuk tetap higenis.

Saya sih berharap gak terkecuali mall, seluruh gedung perkantoran dimanapun hendaknya memfasilitasi ruang untuk para ibu menyusui. Sehingga aktivitas breastfeeding tetap terlaksana dengan baik serta anak-anak kita tumbuh dengan cinta.


Ohya mommies, saya tidak lupa terus mengingatkan, jangan lupa untuk ikutan kompetisi Cussons Bintang Kecil 4 (#CBK4). Karena hadiahnya milyaran rupiah. Caranya mudah, tinggal mengirimkan foto atau video si kecil bersama minimal 2 produk Cussons Baby & Cussins Kids varian apa saja. Lalu upload di website cussons. Untuk setiap anak yang ikut serta kompetisi CBK4 ini, Cussons Baby akan mendonasikan Rp. 500. Dana donasi ini akan digunakan untuk membangun nursing room di lokasi umum. 


Wah ternyata Cussons peduli ya, untuk keberlangsungan breastfeeding di dunia khususnya di Indonesia. Karena masih banyak nursing room umum yang tidak terawat kondisinya.



Buat yang mau ikutan, bisa langsung mengunjungi facebook, twitter atau webnya untuk keterangan lebih lanjut ya moms.




11 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Popok buang maksud nya diaper ya mak?
    Eh beneran dia menyediakan diaper? Wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya popok buang maksudnya pospak alias popok sekali pakai, diapers.
      Iya memang mereka menyediakan diapers. Tapi yagitu, gak tiap kali kita pas kesana. Mungkin aku pas beruntung aja kali ya pas minta, pas mereka ada stock juga. Karena setiap minta juga belum tentu ada :)

      Delete
  3. Mba Ollin...
    Kalo ke mall aku juga suka melongok ke nursing room loh, aku kepooooo sama apa isinya hahahhaha. Pernah juga gantiin popok ponakan disini tapi tissue basah ngga ada, boro - boro popok gitu. Nursing room di Kokas itu lokasinya jauhhhhhhhh banget deh dan kayaknya cuma 1, kasian ibu - ibu yang urgent mau menyusui atau ganti popok jadi harus jalan jauh lagi *sigh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiiii suka kepo juga yaa sama nursing room di berbagai mall :)

      Delete
  4. Nursing roomnya pasti keren kalo buatan cussons, apalagi kalo pihak sana baca artikel ini. Biar makin sip tempatnya. :D

    Sayangnya di sini gak ada tempat seperti itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pasti keren ya kalau sudah di full support oleh Cussons. Karena banyak banget nursing room yang memang belum terawat dan bahkan fasilitasnya juga gak lengkap..

      Delete
  5. Ah iyaa.. nursing room penting jg u toddler buat numpang ganti baju. Soalnya klo d toilet kan sempit yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nursing room itu sahabat para mommies deh pokoknya. Yang menyusui atau gak. Bahkan bisa untuk tempat istirahat juga kan, hahaa...

      Delete
  6. gambarnya beda-beda ya padahal di mall yang sama. Asyik banget emang di summarecon tiap rst room ada nursing room. pilih lantai agak atas agak kosong

    ReplyDelete
  7. Di Purwokerto sini belom ada nursing room yang bener-bener nyaman.. kebanyakan ya cuma ruangan sepetak aja gitu ada kursi sama ac nya. Malah ada yang kotor dan dibiarin.. Udah :/

    ReplyDelete