Yuk Lari Sehat Candi ke Candi 10K

Indonesia terkenal dengan beragam budayanya. Salah satunya adalah Candi. kamu tahu Candi itu apa? Kalau menurut KBBI, Candi itu adalah bangunan kuno yang dibuat dari batu (sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abu jenazah raja-raja, pendeta-pendeta Hindu atau Buddha pada zaman dulu kala). Dan biasanya Candi ini digunakan untuk tempat pemujaan dewi-dewi atau memuliakan Buddha. Apakah dari kamu ada yang belum pernah ke candi?

Sejarah Candi

Kalau saya sebutkan dari candi-candi berikut : Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Plaosan, mana yang lebih familiar di telingamu? Saya yakin 99% adalah Candi Prambanan. Benar tidak? :)) Yang pasti semua candi-candi tersebut terletak di Pulau Jawa, tepatnya kabupaten Klaten dekat Jogjakarta. Karena saya pun beranggapan begitu. Karena waktu sekolah, cerita yang paling terkenal adalah legenda dari Candi Prambanan.



Apa yang terbersit di pikiranmu saat saya tanya soal Candi Prambanan? Ada yang hapal sejarahnya gak? Hayoo.. kalau kamu ngaku #CintaIndonesia harus tahu sejarahnya lho :D

Legenda Candi Prambanan
 
Singkat cerita, asal mula dongeng tentang Candi Prambanan adalah kisah tentang Bandung Bondowoso yang jatuh hati dan ingin memperistri Roro Jonggrang. Bondowoso adalah seorang raja yang sangat kejam. Semua permintaannya harus segera dituruti. Dan Roro Jonggrang adalah anak dari Raja Prambanan yang sangat cantik jelita. Nah, karena Roro Jonggrang tidak menyukainya, tapi juga tidak bisa menolak permintaannya, akhirnya Roro Jonggrang mempunyai persyaratan. Jika Bondowoso ingin mempersuntingnya, Bondowoso harus bersedia membuatkan 1000 buah candi untuknya hanya dalam semalam sebelum subuh tiba.
Roro Jonggrang tahu bahwa permintaannya tidak akan bisa dipenuhi oleh Bondowoso. Diam-diam Roro Jonggrang mengamati gerak gerik dari Bondowoso. Ternyata Bondowoso memakai bantuan dari para jin untuk mengabulkan semua permintaannya. Melihat bahwa perlakuan Bondowoso sangat tidak adil, maka Roro Jonggrang pun segera mencari akal, ia mengumpulkan para dayang kerajaan dan segera untuk mengumpulkan jerami, sebagian dayang lain menumbuk lesung, Dung… dung…dung! Semburat warna merah memancar ke langit dengan diiringi suara hiruk pikuk, sehingga mirip seperti fajar yang menyingsing. Mengira sudah fajar tiba, akhirnya para jin menghentikan aktivitas membagun candinya dan segera memberitahukan kepada Bondowoso bahwa pekerjaannya telah selesai.

Lalu Bondowoso memberitahukan kepada Roro Jonggrang bahwa 1000 candinya telah siap. Namun setelah dihitung ternyata candinya hanya ada 999 saja. Akhirnya Bondowosopun marah. Karena tidak percaya dan hal itu tidak mungkin terjadi. Akhirnya karena ia murka, ia menunjuk Roro Jonggrang dan langsung menjadi arca untuk melengkapi 1000 buah candi katanya.

Nah, itulah mengapa Candi Prambanan sangat familiar di telinga kita, dengan cerita Roro Jonggrangnya. Nah, ke-5 candi-candi yang saya sebutkan itu letaknya antara 5-10 Km. Jadi candi-candi tersebut masih berada dalam satu lingkungan candi prambanan. Bentuknya yang kecil-kecil.


Nah, kalau ke Candi untuk berwisata saya yakin kamu semua pasti udah sering dong yah? Nah, kalau lari pagi di area candi gimana? Kamu sudah pernah belum? :) Nah, mau gak kamu lari pagi di Candi lalu dapat hadiah? Pastinya mau dong! Nah, ada nih acara yang keren banget, udah lari, selfie trus dapet hadiah lagi, namanya Candi Ke Candi 10K.

Oya, selain lari wisata, nanti disana juga ada Festival Musik dan Festival Kuliner di Lapangan Brahma Candi Prambanan 1 hari penuh. Festival ini gak cuma untuk peserta lari saja, tapi juga masyarakat setempat dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Nusantara dan menikmati band-band indie lokal yang akan ditutup oleh penampilan Shaggy Dog, band asal Yogjakarta yang sudah terkenal di tanah air.

Nah, kira-kira disini tempatnya
Udah selfie dapat hadiah, lari wisata juga bisa dapat hadiah, pastinya penasaran dong, siapa sih penyelenggara event yang keren ini? Ya! Acara ini didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata dan juga Teh Javana, teh cita rasa asli Indonesia produksi Wings Food.

Kenapa Harus Prambanan?

Perhelatan lari wisata 'Teh Javana Candi ke Candi 10K' ini dilatar belakangi oleh semangat Teh Javana untuk mengangkat kekayaan Indonesia yang sudah dikenal di dunia seperti teh Indonesia yang sudah diakui di dunia internasional. Hmm.. selain candi Indonesia juga terkenal akan budaya teh-nya lho. Maka dari itu Wings Food memilih candi ini menjadi tempat pelaksanaan Teh Javana Candi ke Candi 10K, karena pada tahun 1991, Candi Prambanan telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia atau world heritage.

Acara ini juga turut terselenggara atas kerjasama dari beberapa pihak, seperti Tempo Impresario dan juga Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Taman Wisata Candi (TWC), PB PASI, Personil Kepolisian dan TNI dari Klaten dan Sleman sampai Komunitas lari Jakarta deBrads dan komunitas lari playon Yogja.

Syaratnya apa?

Yang pasti pertama kamu harus Warga Negara Indonesia (WNI) dan sudah berusia 15 tahun keatas. Jika dibawah 15 tahun, kamu wajib didampingi oleh orangtua.

Hadiahnya apa?

Yang pasti untuk acara keren ini hadiahnya hingga puluhan juta rupiah. Sebanyak 2000 Javanatics sudah mendaftarkan dirinya dalam perhelatan ini. Javanatics adalah sebutan untuk para fans dari Teh Javana.

Pak Aristo Kristandyo, Group Head of Marketing Beverages Wings Food dalam press confrence di fX lalu bilang bahwa mereka berharap masyarajat sekitar Candi Prambanan dapat terhibur dan berdampak juga terhadap kemajuan usaha mereka. Teh Javana terus berkomitmen untuk menyuarakan kampanye bangga potensi budaya Indonesia dengan gerakan Mana Indonesiamu. Di tahun-tahun berikutnya, mereka akan terus mengadakan on ground-activation dari kampanye digital Mana Indonesiamu ini agar tercipta engagement antara brand dengan pelanggannya.



Tentang "Mana Indonesiamu"

Saya bangga sekali menjadi warna negara Indonesia. Karena Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan yang luar biasa indahnya. Alam, kuliner, seni dan budaya kita juga gak kalah saing dengan negeri tetangga. tapi sayangnya ternyata sebagian dari masyarakat Indonesia masih kurang atau bahkan gak peduli dengan kekayaan alam Indonesia tersebut. Nah, sekarang kita sama-sama tunjukkan kekayaan yang kita miliki kepada dunia melalui Manaindonesiamu.com.



Manaindonesiamu adalah gerakan untuk mengajak kita untuk mengumpulkan cerita, tulisan, foto, video, dan segala bentuk ungkapan positif lainnya mengenak potensi Indonesia yang tanpa kita sadari telah diakui dunia Internasional selama ini. Ajakan untuk mengenal, mengetahui, memahami, dan menghargai atas egala potensi serta kekayaan budaya, komoditas, ilmu pengetahuan sampai potensi sumber daya manusia bangsa Indonesia inilah yang coba dikobarkan kembali melalui 'ManaIndonesiamu' campaign ini.



Seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia dapat bangga, merasakan dan menikmati segala potensi tadi serta dapat membagikannya kepada dunia internasional.



Facebook : ManaIndonesiamu
Twiter : @manaIDmu
Instagram : @manaindonesiamu

Jangan lupa sertakan hashtag #manaindonesiamu dan #ManaIDmu di dalam postinganmu ya.


7 comments

  1. Sejak teh javana hadir, saya selalu suka minum teh ini. Tapi kalau soal lari sehat, bisa selfie plus dapat hadiah, baru kali ini tahu. Hehehe. Sayangnya jauh dari Malang nih.

    ReplyDelete
  2. rasanya pengen cuzz ke Prambanan, deh. Sayangnya jauh, euy!

    ReplyDelete
  3. Terima kasih nih untuk infonya, jangan lupa juga mampir ke blog aku yah.
    OBAT ANTI MENOPAUSE DINI

    ReplyDelete
  4. hmm menarik juga nih infonya, di tunggu juga nih di blog aku, mampir yah.
    CARA MENYEMBUHKAN MATA MINUS TANPA OPERASI

    ReplyDelete
  5. pertama ngicipin langsung kepingin minum lagi teh Javana. Kalau aku yang ditanya pertama ya Prambanan, secara gagal terus ke sana

    ReplyDelete
  6. Saya sependapat bahwa kita wajib ikut mempromosikan keindahan tanah air Indonesia.
    Terima kasih atas artikelnya yang menarik dan bermanfaat
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  7. Aku lari dari kenyataan aja lelah, ah lupakan
    Kalo prambanan, yg gw inget cuman sendratari ramayana ballet nya yg keren banget

    ReplyDelete