Belanja Online dengan Mudah dan Aman bersama BNI Debit Online

Belanja Online secara Mudah dan Aman - Sumber: blog.cashcashpinoy.com

Belanja Online di Internet - "Ayo siapa disini yang belum pernah belanja online di Internet?" Saya yakin dengan perkembangan teknologi saat ini, dimana internet sudah bisa diakses melalui Smartphone serta sudah banyak online store seperti Lazada, Elevania yang menyediakan aplikasi pada Play Store dan Apple Store makin memudahkan orang untuk berbelanja online. Sistem transaksi pun beraneka ragam, mulai dari yang conventional seperti COD (Cash on Delivery) atau ketemuan deal lalu bayar, lalu Rekber (Rekening Bersama) ala Kaskus dengan transfer uang ke pihak ketiga terlebih dahulu, kalau barang ok barulah uang ditransfer pihak ketiga ke penjual barang, lalu adalagi Transfer antar Bank, dimana kita transaksi dengan men-transfer uang ke bank, lalu online shop melakukan verifikasi uang yang kita transfer, jika sesuai maka barang baru di kirim.

Lalu adalagi yang terbaru sekarang yaitu E-Money, dimana sistem pembayaran menggunakan E-Money pada bank tertentu, hal ini masih terbatas pada 1 bank saja, dan hanya beberapa online shop. Saya yakin kalau kamu pasti sudah sering deh belanja online menggunakan salah satu dari 4 cara pembayaran diatas, namun pernahkah kamu benar-benar belanja online menggunakan Kartu Kredit? Dimana kamu memasukkan informasi kartu kredit pada online shop? Saya yakin tidak banyak orang Indonesia yang berani melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Alasannya ? Karena saat melakukan transaksi harus memasukkan Nomor Kartu Kredit dan CVC, nah biasanya nomor inilah yang disalah gunakan oleh Hacker untuk menguras uang sang pemiliki kartu.


Nomor Kartu Kredit dan CVC - Sumber: blog.cartviper.com

Bisa kamu lihat, saat berbelanja online, kita diminta memasukkan "Card Number", "Expiry Date" dan "Card Verification Code". Dimana kita mendapatkannya ?

PENTING: Buat kamu yang punya CC, jangan pernah memperlihatkan CVC ke orang lain - Sumber: now.avg.com

Namun tidak semua orang mengetahui CVC, biasanya orang hanya sadar nama pemilik kartu, nomor kartu dan kapan kartu expired. Dari pihak bank pun jarang mengingatkan atau memberitahu apa itu CVC dan seberapa penting CVC itu. Nah trus kamu bertanya "Trus solusinya gimana dong untuk bisa transaksi online di Internet, terutama jika mau belanja di situs luar negeri seperti eBay?", kalau kamu sampai takut dan kawatir, mungkin sama seperti teman saya Susi dibawah.





Buat kamu yang sering transaksi online, pasti tahu yang namanya Paypal, buat kamu yang belum tahu, Paypal adalah jasa yang memungkinkan kita memiliki VCN dengan batas waktu tertentu (ada Expiry Date seperti kartu kredit), kelemahannya yah untuk membuat VCN di Paypal, kita tetap harus memasukkan kartu kredit asli dan kelemahan lain, biasanya dikenakan biaya $10 untuk 1 VCN.

"Ada solusi lain gak selain Paypal untuk belanja online dengan mudah, aman dan tanpa biaya tambahan ?"


Sebelum saya memberikan solusi, coba kamu nonton video Youtube dibawah ini


"Gimana udah nonton? Udah ngerti belum?", buat yang belum mengerti akan saya coba jelaskan ya, BNI Debit Online adalah salah satu layanan di BNI yang memungkinkan nasabah Bank BNI yang memiliki Kartu Debit BNI untuk request VCN sebagai pengganti nomor asli kartu Kredit BNI untuk belanja online di semua online shop di seluruh dunia yang menerima Master Card.

Syarat-syaratnya apa sih supaya kita bisa request VCN ?

1. Wajib punya rekening tabungan di Bank BNI dan memiliki BNI Debit Card (Contohnya seperti BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Taplus Mudah, BNI Emerald dan BNI Giro Perseorangan).

2. Sudah registrasi dan mengaktifkan BNI SMS Banking

Gimana sih caranya Request VCN ?

Gimana gampang kan, tinggal buka tabungan trus aktifkan SMS Banking, trus kamu sudah bisa request VCN loh. Nah buat kamu yang sudah punya Kartu Debit BNI dan sudah mengaktifkan SMS Banking, mau tau caranya request VCN, gampang kok :)


Pertama, siapkan HP kalian yang nomornya sudah registrasi BNI SMS Banking, buka SMS, lalu ketik REQ VCN <nominal yang kamu inginkan> setelah selesai kirim ke 3346
Kedua, kamu akan terima SMS notifikasi dan meminta kamu untuk memasukkan digit sekian dan sekian dari PIN SMS Banking kamu, setelah dimasukkan pilih Reply
Ketiga, jika PIN kamu valid, nanti kamu akan mendapatkan reply yang berisi "Nomor VCN", "Nomor CVC2" dan "Valid Thru", nanti data ini yang akan kamu masukkan ke keranjang belanja online shop yang barangnya sudah kamu taksir.


Nah beberapa merchant Online Shop di Indonesia yang turut mengkomunikasikan tentang BNI Debit Online seperti : Bhinneka, Lazada dan Blibli.




Mungkin ada dari kamu yang tetap mau menggunakan Paypal, dibawah ini saya summary kelebihan dan kekurangan antara Paypal dan BNI Debit Online.

Data untuk Paypal, dari pengalaman saya, dan bisa berubah - Sumber: Pribadi

Kenapa BNI ?

Karena BNI adalah bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia tepatnya pada 5 Juli 1946, lalu BNI telah go-public sejak 1996 dan tahun 2015 ini menerima score A (excellent) untuk kategori Indonesia Good Corporate Governance Award (1st IGCGA 2015) serta terdapat di 6 kota besar dunia seperti : Singapura, Osaka, Tokyo, London, Hongkong dan New York. Karena itu sejak 2004 saya sudah mempercayakan investasi tabungan saya di BNI.

Sejak 2004 nih saya mulai nabung di BNI - Sumber: Pribadi

"Gimana sekarang setelah ada BNI Debit Online, sudah tidak takut lagi kan transaksi online?", saya yakin kamu akan menjawab sudah pasti berani dong, kan memakai VCN alias Kartu Kredit Virtual dan bukannya Kartu Kredit Fisik :) Buat kamu yang sudah memiliki BNI Debit Card namun belum mengaktifkan BNI SMS Banking, buruan aktifin deh, dan buat kamu yang belum punya BNI Debit Card, buruan ke Bank BNI terdekat untuk buka rekening, sekarang juga :)

Me and BNI - Melayani Negeri, Kebanggan Bangsa - Sumber: Pribadi

2 comments

  1. Betul banget, dulu buat dapetin VCN aja ribet, kudu register Paypal, dan gak asiknya butuh verifikasi 2x24 jam kalau gak salah en kalau mau komplain ribet via email. Baru tau nih ada BNI Debit Online, bakal gantin Paypal nih :)

    ReplyDelete
  2. Aku belum punya BNI. Gak ngerti paypal juga. -,-

    ReplyDelete